1 Lot Saham Berapa Lembar

By Content Writer | Mei 23, 2022
1 lot saham berapa lembar

Masih bingung tentang 1 lot saham berapa lembar 2022? Yuk simak artikel ini dari awal hingga akhir untuk mengetahui jawabannya!

Apa Itu Lot?

Lot adalah satuan resmi yang sudah ditetapkan oleh BEI atau Bursa Efek Indonesia dalam melakukan transaksi jual beli saham. Bursa Efek Indonesia sendiri juga sudah menentukan bahwa 1 lot artinya 100 lembar saham.

Jadi, saat seseorang ingin bertransaksi saham maka wajib hukumnya untuk membeli atau menjual minimal 1 lot atau 100 lembar saham.

Baca juga: Perbedaan Saham Biasa dan Saham Preferen

Perlu diketahui bahwa sebelumnya 1 lot saham itu berarti 500 lembar saham tetapi tepat pada tanggal 6 Januari 2014, BEI memutuskan untuk mengeluarkan aturan baru bahwa 1 lot berarti 100 lembar saham.

Hal ini dilakukan dengan tujuan agar pasar saham tidak dikuasai oleh perusahaan besar atau seseorang dengan modal besar saja.

1 Lot Saham Berapa Lembar?

Sesuai penetapan Bursa Efek Indonesia pada 6 Januari 2014, 1 lot saham sama dengan 100 lembar saham.

Saham adalah salah satu jenis surat berharga yang isinya menyatakan bagian kepunyaan seseorang dari suatu perusahaan.

Itu artinya jika seseorang telah memutuskan untuk membeli daham maka bisa dikatakan ia membeli sebagian dari kepemilikan perusahaan atau sederhananya pemegang saham sama dengan pemilik perusahaan walaupun dengan ketentuan tertentu.

Saat membeli saham maka seorang pemegang saham juga mempunyai hak atas suatu aset dan pendapatan yang dihasilkan oleh perusahaan sesuai dengan porsi sahamnya atau berapa banyak saham yang dimilikinya. Untuk bisa memiliki saham, maka Anda harus membelinya di pasar modal.

Harga saham pada umumnya ditentukan per lembar dengan nominal harga yang cukup murah tetapi untuk penjualannya tentu tidak dijual secara per lembar tetapi dalam satuan lot atau per 100 lembar.

1 Lot Berapa Rupiah?

Pertanyaan berikutnya, 1 lot berapa rupiah? Jawabannya adalah tergantung dengan emiten. Ada emiten yang menjual sahamnya dengan harga Rp 1500 per lembar sehingga 1 lot sama dengan Rp 150 ribu saja, ada pula yang lebih murah dan yang lebih mahal.

Pastinya, sejak peraturan 1 lot sama dengan 100 lembar saham diberlakukan calon investor sudah bisa memiliki saham dengan harga di bawah Rp 500 ribu.

1 Lot Berapa persen saham?

Untuk bisa mengetahui jawaban dari pertanyaan ini maka kita harus melakukan sedikit hitung-hitungan yaitu dengan rumus saham yang dimiliki x 100 %.

Bagaimana Cara Memulai Berinvestasi Saham?

Berikut adalah cara memulai investasi saham, yaitu:

Mengasah kemampuan dasar

Cara yang paling pertama dan mendasar adalah dengan mengasah kemampuan dasar berinvestasi.

Anda bisa mempelajarinya dari buku atau bergabung dalam komunitas belajar saham di berbagai platform media sosial.

Memilih sekuritas yang tepat

Saat akan berinvestasi saham maka Anda harus membuka rekening efek di perusahaan sekuritas terlebih dahulu.

Rekening ini yang nantinya akan dijadikan sebagai tempat menyimpan uang untuk jual beli saham.

Oleh karena itu pilihkan perusahaan yang tepat agar Anda mempunyai rekam jejak yang bagus.

Ada baiknya jika Anda meminta rekomendasi pada kerabat atau kenalan yang sudah berpengalaman dalam hal ini.

Cermat dalam memilih saham

Pilihlah saham dari perusahaan yang stabil sehingga harganya tidak naik turun atau fluktuatif.

Saham dari perusahaan perbankan dan customers goods sangatlah disarankan untuk investor yang masih belajar atau pemula.

Perusahaan tersebut dinilai cukup cocok karena digunakan oleh kebanyakan masyarakat dalam kesehariannya.

Pada umumnya, laba atau keuntungan yang dihasilkan pun akan semakin meningkat. Ini berarti harga sahamnya pun akan lebih stabil atau tidak naik turun.

Walaupun harganya anjlok secara tiba-tiba tetapi tidak membutuhkan waktu yang lama untuk kembali lagi seperti sedia kala.

Saham jenis ini merupakan saham yang sangatlah cocok untuk investasi jangka panjang.

Jangan utang

Saat memulai berinvestasi saham ada baiknya untuk jangan menggunakan uang hasil pinjaman atau utang.

Siapkanlah pos dana khusus penghasilan supaya tidak terus menambah beban utang. Lakukanlah investasi secara rutin setiap bulannya.

Walaupun awalnya berawal dari jumlah sedikit tetapi nilai investasi akan semakin bertambah jika dilakukan secara konsisten atau rutin.

Rekomendasi Saham Blue Chip Beserta Harga Slot 2022

Saham blue chip merupakan saham unggulan atau papan atas dalam pasar modal.

Saham ini dikenal sebagai saham yang mempunyai kualitas baik dan dianggap paling aman serta menjanjikan sehingga banyak diburu oleh investor apalagi yang masih pemula.

Berikut ini adalah rekomendasi saham blue chip, antara lain:

PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI)

PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) sektor perkebunan pada April 2022 harga 1 lembar saham AALI adalah Rp 10.300 sehingga harga 1 lot sahamnya adalah Rp 1.030.000.

PT Astra International Tbk (ASII)

PT Astra International Tbk (ASII) sektor manufaktur pada April 2022 harga 1 lembar saham ASII adalah Rp 5.350 sehingga harga 1 lot sahamnya adalah Rp 535.000

PT Bank Central Asia Tbk (BBCA)

PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) sektor bank pada April 2022 harga 1 lembar saham BBCA adalah Rp 30.775 sehingga harga 1 lot sahamnya adalah Rp 3.077.500.

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI)

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) sektor bank pada April 2022 harga 1 lembar saham BBRI adalah Rp 4.200 sehingga harga 1 lot sahamnya adalah Rp 420.000.

PT Bukit Asam Tbk (PTBA)

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) sektor pertambangan pada April 2022 harga 1 lembar saham PTBA adalah Rp 2.540 sehingga harga 1 lot sahamnya adalah Rp 254.000.

PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF)

PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) sektor manufaktur pada April 2022 harga 1 lembar saham INDF adalah Rp 6.650 sehingga harga 1 lot sahamnya adalah Rp 665.000.

PT Jasa Marga Tbk (JSMR)

PT Jasa Marga Tbk (JSMR) sektor infrastruktur pada April 2022 harga 1 lembar saham JSMR adalah Rp 4.110 sehingga harga 1 lot sahamnya adalah Rp 411.000.

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS)

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) sektor energi pada April 2022 harga 1 lembar saham PGAS adalah Rp 1.280 sehingga harga 1 lot sahamnya adalah 128.000.

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM)

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) sektor infrastruktur pada April 2022 harga 1 lembar saham TLKM adalah Rp 3.380 sehingga harga 1 lot sahamnya adalah Rp 338.000.

PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR)

PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) sektor manufaktur pada April 2022 harga 1 lembar saham UNVR adalah Rp 6.475 sehingga harga 1 lot sahamnya adalah Rp 647.500.

Sekian informasi mengenai 1 lot saham berapa lembar 2022 yang bisa kami sampaikan untuk Anda.

Diharapkan dengan membaca artikel ini kita semua bisa mendapatkan manfaatnya.

Terima kasih sudah membaca artikel ini dari awal hingga akhir dan sampai bertemu lagi di artikel menarik lainnya!

5/5 - (1 vote)
Author: Content Writer

Penulis lepas di toiletbisnis.com. Berikan komentar terbaik anda, untuk menyempurnakan blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.