Rekomendasi Aplikasi Saham di iPhone untuk Bermain Saham

By Content Writer | Juni 23, 2021
Aplikasi Saham di iPhone

Untuk membantu para investor menjalankan aktivitas investasi saham, sekarang sudah banyak aplikasi saham di iPhone.

Salah satu instrumen yang dapat menghasilkan dengan jumlah yang besar bila dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya ialah investasi saham. Namun, instrumen investasi ini juga tidak luput dari risiko yang tinggi.

Bagi para pemula, sebaiknya belajar memahami terlebih dahulu mengenai pasar saham hingga bagaimana cara melakukan transaksi saham sebelum benar-benar melakukan trading atau investasi saham.

Baca juga: Aplikasi Saham Android Terbaik

Selain itu, manfaatkan juga berbagai aplikasi saham untuk memudahkan proses pembelajaran, karena di sana tersedia informasi dan simulasi tentang trading saham.

Beberapa Rekomendasi Aplikasi Saham di iPhone

Berikut beberapa aplikasi saham yang bisa diunduh di Android maupun iPhone. Berikut informasinya:

RTI Business

Aplikasi Saham di iPhone

Banyak investor dan trader saham yang merekomendasikan aplikasi RTI Business untuk digunakan sebagai media investasi saham.

Di aplikasi ini terdapat data-data terbaru secara realtime yang bersumber langsung dari Bursa Efek Indonesia.

Fitur yang ada di RTI Business cukup lengkap sehingga menjadikan aplikasi ini disukai oleh banyak investor karena memudahkan para investor dalam melakukan analisa fundamental.

Investor dapat dengan mudah melihat gambaran kinerja sebuah perusahaan dalam 5 tahun terakhir, mulai dari balance sheet, cash flow, income statement, profitability, earnings, dan growth yang terdapat pada Tab Financials.

Selain itu terdapat pula data dari transaksi saham tertentu pada hari tersebut secara detail dan riwayat pergerakan saham dalam sebulan.

Aplikasi yang dibuat oleh PT. RTI Infokom ini juga mempunyai layanan Calendar yang berisi jadwal-jadwal aksi korporasi perusahaan, mulai dari right issue, RUPS, dividen, IPO, dll.

Terdapat pula fitur simulasi trading saham, seperti IDX Virtual Online Trading, sehingga dapat memudahkan para pemula yang masih belajar.

Transaksi-transaksi dalam fitur tersebut cukup mirip dengan standar aplikasi dari perusahaan sekuritas, sehingga dapat digunakan pemula untuk berlatih investasi saham dan akan memberikan pengalaman seperti sedang melakukan transaksi sungguhan. Mulai dari order book, sell, buy, trade list, holdings (portofolio), order list, notifikasi, dan account adalah layanan-layanan yang tersedia di fitur simulasi trading dalam aplikasi RTI Business.

Pengguna akan diberikan virtual dana untuk modal awal transaksi sebesar Rp 100.000.000 di IDX Virtual Online Trading. Registrasi sebagai member terlebih dahulu untuk dapat menikmati fitur simulasi trading tersebut.

Silahkan download pada link berikut: https://apps.apple.com/id/app/rti-business/id1114279125

Stockbit

Aplikasi Saham di iPhone

Layanan virtual trading yang terdapat di aplikasi Stockbit dapat digunakan oleh para pemula untuk belajar cara menggunakan aplikasi saham di iPhone.

Demo trading saham dalam fitur tersebut sesuai dengan pergerakan sesungguhnya yang ada di data bursa saham Indonesia. Pengguna juga dapat bertransaksi atau trading saham online dan real selain hanya virtual.

Pengguna harus terdaftar sebagai nasabah Sinarmas Sekuritas terlebih dahulu sebelum melakukan real trading, karena aplikasi Stockbit melakukan kerja sama dengan Sinarmas Sekuritas.

Para pengguna juga bisa melakukan diskusi atau bertukar informasi tentang berbagai macam info saham dengan trader dan investor lainnya yang ada di komunitas Stockbit.

Terdapat juga layanan chatting pribadi yang bisa dilakukan untuk menganalisa saham secara intensif dengan trader dan investor lainnya.

Hal ini tentunya akan membantu bagi para pemula yang baru belajar karena pengetahuan yang akan didapatkan.

Aplikasi Stockbit juga tersedia informasi mengenai jadwal aksi korporasi dan data keuangan perusahaan.

Silahkan download melalui link ini: https://apps.apple.com/id/app/stockbit-stock-investing-app/id1184800207

StockMarketSim

Aplikasi Saham di iPhone

StockMarketSim bisa digunakan oleh para pemula dalam belajar pasar saham, trading saham atau investasi dan dikeluarkan oleh perusahaan LineCentury.

Pengguna bisa melakukan transaksi tanpa batas kapan saja dan demo trading dengan dana virtual mulai US$ 10.000.

Di aplikasi ini juga terdapat data saham dari 30 negara lebih dan tidak hanya dari bursa saham Indonesia.

Silahkan download pada link ini: https://apps.apple.com/us/app/stock-market-simulator/id1454193469

Nabung Saham GO

Aplikasi Saham di iPhone

Para pengguna bisa belajar investasi saham dengan cara yang menyenangkan dan unik seperti sedang bermain gim melalui aplikasi Nabung Saham GO.

Pengguna harus membuat username dan avatar ketika pertama kali bermain. Saat memulai permainan, pengguna akan diberi cash didemonstrasikan sebagai salaryman yang memiliki penghasilan Rp 2.000 tiap 10 detik.

Dengan bertransaksi saham, upgrade skill hingga menjawab quiz yang tersedia, cash game dapat ditingkatkan.

Pengguna bisa melakukan 10 jenis saham dalam gim ini. Harga akan berubah secara otomatis setiap 1 menit dengan kenaikan maksimal 20 persen dan penurunan maksimal 10 persen.

Aplikasi ini juga menyediakan portofolio yang disajikan lengkap dengan perhitungan profit/loss sesuai dengan harga saham terakhir dan juga menampilkan laporan tentang investasi saham yang telah dimiliki.

PT Winratama Perkasa bersama BEI dan OJK bekerja sama mengkreasikan aplikasi ini melalui WinGamers.

Silahkan unduh pada link ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.agate.ojk&hl=en&gl=US

Cara Bermain Saham di iPhone

Pengguna harus bisa memanfaatkan perusahaan broker sahamketika bermain saham online.

Tapi jika mempunyai dana yang besar untuk melakukan investasi pada perusahaan yang dituju, hal tersebut tidak perlu untuk dilakukan.

Namun menggunakan broker bisa menjadi pilihan yang tepat jika hanya berniat menjadi trader retail.

Berikut ini cara bermain saham yang bisa diterapkan, yaitu:

Cari referensi Broker

Memilih broker adalah hal pertama yang harus dilakukan saat akan bermain saham eceran atau trader retail.

Carilah broker yang berkualitas, terpercaya, aman, dan sudah pasti yang terdaftar di IDX dan BEI.

Jatuhkan pilihan pada broker yang telah terdaftar karena nantinya data pribadi pengguna akan aman dan terlindungi.

Selain itu dana keuntungan yang pengguna miliki tidak akan hilang begitu saja sekalipun broker tersebut mengalami kebangkrutan.

Karena biasanya nasabah harus memberikan uang sebagai jaminan atau disebut deposit sebagai asuransi untuk dana yang dimiliki nasabah di broker yang terpercaya dan terdaftar di BEI atau IDX.

Melakukan Registrasi

Cara main saham di iPhone yang selanjutnya adalah dengan melakukan registrasi.

Hal yang harus dilakukan saat memilih untuk bermain saham secara online adalah dengan mendatangi perusahaan sekuritas terkait dengan syarat minimum deposit.

Umumnya perusahaan-perusahaan broker menawarkan deposit dana dengan minimum yang berbeda-beda. Jadi tanyakan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan bisnis saham.

Pastikan juga perusahaan yang akan dipilih mempunyai prosedur yang mudah dan simple.

Agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti penipuan dan kecurangan, disarankan untuk memilih broker yang merupakan salah satu dari anak cabang perusahaan sekuritas yang terjamin legalitasnya, sehingga akan mendapatkan perusahaan sekuritas terbaik.

Perusahaan broker yang profesional dan terpercaya akan terlebih dahulu memberikan informasi mengenai cara investasi yang menguntungkan.

Calon pengguna juga akan diajari tentang analisa pasar dan diajak mengenal platform trading saham online.

Mendepositokan dana

Cara terakhir adalah dengan mendepositkan dana berdasarkan kontrak yang dilakukan dengan perusahaan sekuritas. Namun pengguna harus menyelesaikan dulu proses registrasi.

Karena perkembangan teknologi yang semakin maju, saat ini nasabah sudah bisa bermain saham melalui smartphone.

Setelah melakukan proses unduh, nasabah sudah bisa melakukan trading yang akan diarahkan langsung oleh broker yang dipilih sebelumnya.

Itulah beberapa aplikasi saham di iPhone dan bagaimana cara bermain saham. Para traderatau investor sudah bisa melakukan transaksi dengan mudah karena adanya aplikasi saham yang saat ini sudah banyak tersedia.

Semoga informasi dalam artikel ini menjadi referensi, khususnya para trader atau investor pemula yang masih merasa kebingungan.

Author: Content Writer

Penulis lepas di toiletbisnis.com. Berikan komentar terbaik anda, untuk menyempurnakan blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *