10 Aplikasi Trading Saham Terbaik Indonesia

By Content Writer | Mei 23, 2022
Aplikasi Trading Saham Terbaik

Apabila mulai melakukan investasi saham tentu membutuhkan aplikasi trading saham terbaik Indonesia yang dapat diandalkan.

Merasakan kemudahan saat melakukan trading tentu menjadi tujuan bagi banyak orang sehingga harus cerdas dalam memilih aplikasi trading yang cocok digunakan.

Investasi saham saat ini berbeda dengan dulu, di mana investasi saham masih menggunakan kertas lembar fisik seperti sertifikat.

Baca juga: Aplikasi dapat Uang Gratis Langsung Masuk Rekening

Namun seiring berjalannya waktu, investasi saham berubah mulai dari bentuk fisik menjadi non-fisik yakni saham digital.

Selanjutnya, dunia investasi pun semakin berkembang dan bisa diakses dengan sangat mudah menggunakan aplikasi smartphone.

Ada cukup banyak aplikasi trading saham yang dapat digunakan pada smartphone berbasis iOS maupun Android. 

Anda tidak perlu repot-repot untuk membuka laptop atau komputer jika ingin mengecek transaksi saham.

Kelebihan lainnya dalam menggunakan aplikasi trading saham yaitu menyediakan berbagai fitur virtual trading yang sangat bermanfaat bagi para trader pemula.

Disclaimer: Kami tidak memiliki kerjasama apapun dengan aplikasi dibawah ini, sehingga bisa saja ada informasi yang kurang tepat. Untuk itu segala sepenuhnya menjadi tanggung jawab pembaca, anda kami sarankan untuk melakukan double crosscheck dengan sumber referensi lain.

Aplikasi Trading Saham Terbaik Indonesia

Seperti yang telah dirasakan oleh banyak orang bahwa pemerintahan merupakan pilihan terbaik bagi orang-orang yang ingin menanam investasi karena potensi keuangan yang bisa didapatkan nantinya.

Namun perlu diketahui bahwa harga saham selalu fluktuatif, sehingga butuh adanya bantuan aplikasi saham online yang terpercaya.

Dalam kondisi yang demikian ternyata kemajuan teknologi dapat membawa dampak positif dalam dunia saham sehingga setiap orang bisa bermain saham cukup menggunakan smartphone.

Lewat perangkat tersebut maka setiap orang yang akan lebih mudah untuk mengikuti pergeseran harga saham.

Informasi seputar harga saham pada bursa efek juga sangat penting untuk diketahui cepat informasinya sehingga tidak akan mendapatkan kerugian atas saham yang dimiliki.

Oleh karenanya, aplikasi trading digunakan untuk memantau pasar saham.

Berikut ini merupakan beberapa aplikasi saham yang dianggap terbaik di Indonesia yang tentunya dapat digunakan oleh para pemula.

Stockbit

Aplikasi Trading Saham Terbaik

Stockbit merupakan aplikasi pertama yang direkomendasikan untuk trading saham. Perlu diketahui bahwa aplikasi ini dapat memberikan simulasi terkait jual beli saham yang dapat dilakukan pada real-time.

Dalam aplikasi ini, para trader akan disimulasikan memegang modal dana 100 juta rupiah yang dapat dipakai untuk belanja saham di suatu perusahaan maupun saham-saham unggulan.

Di aplikasi stockbit terdapat fitur yang bisa membuat pengguna dapat melakukan diskusi dengan trader maupun investor lainnya.

Diskusi ini tentunya membahas terkait dengan informasi seputar saham. Selain itu, obrolan juga dapat dilakukan secara personal dengan trader lain untuk membahas analisis saham yang lebih intens.

Tentu saja aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk para pemula karena dapat membantu para pemula untuk belajar pengetahuan terkait investasi saham.

Dengan aplikasi stockbit, selain dapat melakukan trading secara real-time, para pengguna juga bisa melakukan trading virtual.

Pada aplikasi ini terdapat banyak sekali perusahaan milik yang namanya telah masuk pada daftar Bursa Efek Indonesia (BEI).

Oleh karena itu bagi yang ingin belajar trading, maka bisa mulai latihan membeli beberapa saham IDX dengan membeli saham-saham unggulan.

Untuk download aplikasi ini maka lalu menyiapkan smartphone Android versi 4.1.

StockMarketSim

Aplikasi Trading Saham Terbaik

Aplikasi saham selanjutnya yaitu aplikasi StockMarketSim yang sangat tepat digunakan bagi orang-orang yang ingin belajar trading saham.

Biasanya aplikasi ini digunakan oleh para pemula yang mulai berkecimpung dalam dunia trading.

Modal awal investasi saham di aplikasi ini cukup besar yaitu 10 miliar hingga triliunan rupiah di awal transaksi.

Selain itu aplikasi ini juga menyediakan saham publik dari perusahaan – perusahaan di Indonesia maupun luar negeri.

Dengan adanya aplikasi ini, maka para trader akan terbantu untuk bisa mengetahui pergerakan saham secara virtual. Namun demikian, aplikasi ini memiliki sedikit kekurangan, yaitu pop-up iklan.

Jika ingin memiliki aplikasi ini untuk trading saham maka bisa mengunduh di Google Play Store dengan smartphone Android versi 5.0 minimal.

Stock Trainer (Virtual Trading) dan Stock Trainer (Find Stock)

Aplikasi Trading Saham Terbaik

Ini merupakan pasang aplikasi terbaik untuk jenis saham khususnya untuk para pemula. Kedua aplikasi ini tentunya mempunyai peran yang tidak sama.

Untuk stock trainer (virtual trading), umumnya digunakan untuk transaksi jual beli saham.

Sementara untuk stok primer umumnya digunakan untuk memantau pergerakan harga saham pada perusahaan secara real-time.

Kelebihan dari kedua aplikasi ini yaitu mempunyai daftar saham dari berbagai perusahaan yang telah terdaftar pada Bursa Efek Indonesia.

Dengan demikian maka para trader akan lebih mudah dalam memahami saham dari berbagai perusahaan ternama.

Aplikasi ini dapat dipasang pada smartphone Android minimal versi 4.1 dan dapat diunduh secara gratis melalui Google Playstore.

RTI Business

Aplikasi Trading Saham Terbaik

Selanjutnya, para trader maupun investor juga bisa menggunakan aplikasi RTI business yang merupakan aplikasi jual beli saham terbaik dan terpercaya.

Pada aplikasi ini terdapat data terbaru Real Time dari Bursa Efek Indonesia sehingga para trader dapat mengakses informasi dengan mudah.

Selain itu aplikasi RTI business mempunyai fitur cukup lengkap sehingga dapat menjadi aplikasi trading saham terbaik yang diminati oleh para trader dan investor.

Kelebihan dari aplikasi ini salah satunya yaitu dapat melakukan analisis fundamental dengan sangat mudah.

Misalnya di tab financials terdapat gambaran terkait kemampuan kerja perusahaan dalam waktu 5 tahun terakhir.

Analisis ini meliputi income statement, cash flow, earnings, balanced sheet, profitability, hingga growth.

Para pengguna aplikasi ini pun akan mendapatkan fitur yang memudahkan mereka untuk mengetahui detail transaksi saham di hari tersebut.

Para trader juga bisa mengetahui riwayat pergerakan saham dalam satu bulan. Hal lainnya yang terdapat pada aplikasi ini yaitu fitur kalender dimana di dalamnya terdapat berbagai jadwal Gerakan Koperasi dari perusahaan.

Misalnya informasi terkait RUPS, dividen, IPO, dan lain-lain. Selain itu juga terdapat fitur simulasi trading saham yang bernama idx virtual online trading, sehingga para pemula akan lebih mudah untuk berlatih investasi maupun trading saham.

Perlu diketahui bahwa fitur yang terdapat pada idx virtual online trading mempunyai transaksi yang serupa dengan standar aplikasi di perusahaan sekuritas atau perusahaan unggulan.

Dengan demikian tentunya para trader pemula bisa mendapatkan pengalaman seperti halnya transaksi sungguhan.

New HOTS Mobile, Mirae Assets

Aplikasi Trading Saham Terbaik

Perlu diketahui bahwa aplikasi – aplikasi trading terbaik yang sangat cocok digunakan oleh para trader maupun investor.

Untuk bisa mempunyai hots mobile, maka perlu melakukan pendaftaran menjadi nasabah kemudian bisa melakukan download di menu “Products and Services” lalu pilihlah “Download MTS”.

Perusahaan sekuritas ini salah satunya memiliki keunggulan yaitu memiliki banyak fitur trading yang terpercaya.

Salah satu fitur yang ada pada aplikasi ini yaitu bisa memantau rekapan laporan terkait dengan data keuangan perusahaan yang sudah terdaftar pada Bursa Efek Indonesia.

Dengan demikian untuk para trader maupun investor akan lebih mudah dalam melakukan analisis keuangan.

Bagi para pengguna kios dan iPhone tidak perlu khawatir, karena aplikasi ini sudah dapat digunakan pada perangkat Android, iOS, dan iPhone.

IpotUltima, Indopremier

Aplikasi Trading Saham Terbaik

Perlu diketahui bahwa aplikasi indopremier ini mempunyai biaya deposit minimal yang cukup terjangkau bahkan tidak mempunyai batas minimal angka.

Investor maupun trader bisa membuka rekening trading jika mempunyai modal dengan jumlah setara dengan investasi yang dibeli.

Perusahaan sekuritas ini merupakan perusahaan yang cukup populer dan sangat mudah ditemukan di manapun seperti forum grup, forum online, maupun media – media online.

Aplikasi indopremier ipot sudah dapat digunakan untuk perangkat Android dan iOS sehingga Aplikasi ini sangat direkomendasikan bagi banyak orang.

Poems Id

Aplikasi Trading Saham Terbaik

Untuk yang ingin melakukan trading saham, maka bisa menggunakan aplikasi Poems Id karena dapat memantau pergerakan saham dengan mudah.

Selain melakukan trading saham, para pengguna juga dapat bertransaksi Reksadana melalui aplikasi tersebut.

Aplikasi ini tentu sudah sangat populer di kalangan investor karena merupakan produk Philips sekuritas Indonesia.

Perusahaan tersebut adalah salah satu perusahaan yang sudah menjadi perantara pembelian saham pada Bursa Efek Indonesia.

Jika ingin menggunakan aplikasi ini maka perlu melakukan login terlebih dahulu. Sebelum memasang, pastikanlah nama telah teregistrasi menjadi nasabah dari perusahaan Phillip sekuritas Indonesia.

Baik pengguna Android maupun iPhone sudah dapat menggunakan aplikasi saham online ini yang mudah.

Most, Mandiri Sekuritas

Aplikasi Trading Saham Terbaik

Aplikasi trading selanjutnya yaitu Mandiri Online Stock Trading atau sering disebut dengan MOST.

Bagi para trader pemula sangat direkomendasikan menggunakan aplikasi ini karena memiliki user interface yang sangat mudah digunakan.

Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan Mandiri sekuritas, yaitu broker saham terbaik di Indonesia, anak dari Bank Mandiri.

Jika ingin menggunakan aplikasi ini maka harus terlebih dahulu mendaftar menjadi nasabah Mandiri sekuritas. Namun demikian harga yang ditawarkan pun terbilang cukup tinggi.

Untuk setoran awal minimal saat membuka rekening saham untuk mahasiswa yaitu sebesar 2 juta sementara untuk umum 5 juta dan full service 100 juta.

Sedangkan fee jual saham yaitu sebesar 0,28% dari transaksi, dan fee beli 0,18% per transaksi.

BCAS Best Mobile

Aplikasi Trading Saham Terbaik

Perusahaan sekuritas PT BCA juga mempunyai aplikasi trading saham yang disebut dengan BCAS best mobile.

Dengan menggunakan aplikasi ini maka para pengguna dapat bertransaksi langsung pada Bursa Efek Indonesia.

Kelebihan dari aplikasi ini yaitu mempunyai fitur yang cukup lengkap sehingga baik nasabah maupun investor dapat melakukan kegiatan jual beli saham dengan mudah secara online.

Best mobile juga termasuk aplikasi user friendly yang lengkap adanya fitur quick order sehingga para pengguna dapat melakukan transaksi saham dengan cepat.

Setoran awal pada akun online ini sebesar 3 juta, sementara untuk akun offline adalah 25 juta.

MNC Trade New

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi trading saham 2022 yang saat ini memiliki kualitas dan layanan terbaik.

Nasabah syariah dan reguler bisa mengintegrasikan akun secara langsung pada satu aplikasi meskipun mereka mempunyai dua akun.

Selain itu aplikasi ini juga memiliki fitur rekomendasi jual beli saham unggulan yang dapat dilihat dari pergerakan grafik.

Para pengguna juga bisa melakukan analisis teknikal saham karena telah disediakan grafik dan domestik yang dapat dilihat secara langsung.

Hal yang Wajib Diketahui dalam Saham

Sebelum terjun masuk untuk bermain investasi saham, alangkah baiknya untuk memahami apa itu saham dan segala aspeknya.

Mungkin hal ini bisa dipelajari sambil jalan, tetapi akan lebih baik jika mengetahui yang terlebih dahulu.

Bagaimanapun juga agama saat melakukan trading nantinya pasti akan mendapatkan berbagai informasi yang menggunakan istilah-istilah dalam saham.

Berikut ini merupakan beberapa aspek pada saham yang perlu diketahui.

Saham

Aspek pertama yang tentunya harus dipahami dengan betul yaitu terkait dengan saham itu sendiri.

Singkatnya, saham merupakan bukti kepemilikan pada suatu perusahaan. Itulah mengapa saham sering disebut sebagai surat berharga. Secara umum, jenis saham ada dua, yakni saham biasa dan saham preferen.

Pada jenis saham biasa, trader atau investor bisa melakukan atau lain kepemilikan setiap keuntungan perusahaan sedangkan pemegang saham mempunyai kewajiban yang terbatas.

Jika perusahaan pailit dan menghadapi risiko, maka kerugian maksimum bagi investor hanya sebatas besaran investasi sahamnya yang diinvestasikan pada perusahaan.

Sementara saham preferen ini menggabungkan obligasi dan saham biasa. Keuntungan dari saham itu yaitu bisa memberikan pendapatan yang tetap seperti bunga obligasi.

Deviden

Dividen merupakan sumber keuntungan utama dari saham yang diperoleh dari pembagian keuntungan perusahaan terhadap pemegang saham.

Tentunya setiap pemegang saham akan mendapatkan jumlah dividen yang tergantung pada berapa porsi laba dan pembagian jumlah laba.

Artinya, pemegang saham mendapatkan keuntungan sesuai dengan porsi laba yang dibagikan bisa jadi perusahaan mengalami keuntungan maupun kerugian tetapi tidak membagikan semua laba sebagai deviden.

Jumlah deviden ini juga tergantung pada pembagian jumlah laba kepada pemegang saham yang disesuaikan dengan porsi kepemilikan saham.

Sumber Keuntungan

Selain dari dividen, sumber keuntungan saham juga berasal dari kenaikan harga saham pada bursa. Harga saham dipengaruhi oleh dinamika penawaran dan permintaan saham di bursa.

Hal ini seperti halnya orang dagang, di mana harga saham merupakan hasil tawar-menawar antara pemegang saham, pemilik barang, dan calon pembeli.

Apabila permintaan naik, harga juga akan naik, begitupun sebaliknya. Perlu diketahui bahwa kenaikan harga pada saham akan memberikan keuntungan bagi para pemegang saham yang didapatkan dari selisih harga jual dan harga beli.

Dalam hal ini, keuntungan dalam investasi saham bisa didapatkan dari deviden yang dibayarkan oleh perusahaan dan apresiasi harga saham pada bursa.

IPO

Perusahaan yang akan menjual saham pada publik, sebelum masuk ke bursa, maka akan melakukan penawaran saham yang disebut sebagai Initial Public Offering (IPO).

Dalam melakukan proses penawaran, pertama-tama perlu mempublikasikan prospektus pada media massa yang isinya terkait informasi penting tentang perusahaan dan harga penawaran saham.

Masyarakat yang akan membeli harus mengisi formulir pemesanan lalu membayar sesuai harga saham dan jumlah yang akan dibeli.

Sesudah penawaran selesai, perusahaan melakukan pencatatan saham kepada para investor.

Masyarakat yang telah mendapatkan penjatahan akan menerima saham pada rekening di setiap broker saham.

Saham kemudian dicatatkan pada Bursa Efek Indonesia di mana investor dapat menjual dan membeli saham lagi dari investor lainnya.

Bursa Efek Indonesia

Transaksi jual beli saham harus dilakukan di Bursa Efek Indonesia yang merupakan perusahaan terselenggaranya perdagangan efek sehingga lebih mudah diakses oleh setiap stakeholders.

Para investor saham sebaiknya mengetahui beberapa hal penting terkait Bursa Efek Indonesia seperti sumber informasi saham terbaik daftar perusahaan sekuritas yang resmi dan kursus saham gratis.

Analisa Saham

Analisa saham menentukan instrumen investasi yang dipilih sama alangkah baiknya untuk melakukan analisa dalam hal mengambil keputusan terbaik.

Bagaimanapun juga analisa saham merupakan hal yang sangat penting dan krusial karena dengan demikian maka dapat lebih mudah untuk mengelola risiko investasi saham serta bisa mendapatkan keuntungan yang optimal.

Oleh karenanya, perlu dipahami dengan baik terkait dengan analisa saham sebelum membeli saham. Jangan mudah terbawa oleh saran-saran yang tidak jelas sumbernya.

Umumnya ada dua jenis analisa saham yaitu analisa fundamental dan analisa teknikal.

Analisa fundamental digunakan untuk menentukan harga saham wajar yang didasarkan pada analisis laporan keuangan perusahaan dengan berdasarkan berbagai rasio keuangan.

Sementara itu, analisa teknikal digunakan untuk menentukan tren harga saham di waktu mendatang yang didasarkan pada pola pergerakan harga saham di masa sebelumnya.

Cara Jual Beli Saham

Jika ingin melakukan investasi saham, maka salah satu aspek yang harus diketahui yaitu cara jual beli saham.

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu membuka rekening saham pada Broker sekuritas yang sudah terdaftar pada Bursa Efek Indonesia.

Kedua, wajib membuka rekening dana nasabah di bank bersama dengan rekening saham di broker.

Ketiga, melakukan setoran dana ke rekening sehingga bisa melakukan transaksi saham.

Keempat, bisa langsung melakukan order jual-beli melalui aplikasi perdagangan saham pada broker tempat membuka rekening saham.

Mekanisme Perdagangan Saham

Diketahui bahwa mekanisme perdagangan saham dilakukan secara lelang dan berkesinambungan dengan sistem pembentukan harga berdasarkan prioritas waktu dan harga.

AKSes KSEI

Aspek ini membantu para trader dan investor untuk mengetahui saham yang investor atau trader miliki sudah sesuai jumlah dan sahamnya atau tidak.

Mungkin ada orang yang selalu mengandalkan informasi dari perusahaan di aplikasi sama online namun pertanyaannya, bagaimana mengecek kebenaran tersebut?

Oleh karena itu, fasilitas ini merupakan salah satu aspek penting dalam saham karena merupakan sarana bagi para investor dan trader untuk bisa melakukan monitoring posisi serta mutasi saham milik mereka yang tersimpan pada KSEI.

Ketika membuka rekening saham pada broker maka setiap investor dan trader akan mendapatkan fasilitas ini sehingga mereka dapat melakukan akses secara real-time terkait dengan data kepemilikan saham.

Diversifikasi

Bisa dikatakan bahwa diversifikasi merupakan kunci pada investasi saham. cara mengelola risiko pada investasi saham yaitu tidak meletakkan investasi di satu maupun dua saham, tetapi lebih mendiversifikasikan atau membaginya ke berbagai saham.

Dengan demikian maka saat harga saham anjlok, investor dan trader masih memiliki stamina untuk bertahan karena ada investasi yang ternyata sahamnya tidak anjlok.

Stock Screener

Pemilik saham bukanlah sesuatu yang mudah karena ada banyak sekali saham pada bursa.

Namun tidak perlu khawatir karena saat ini terdapat fitur stock screener yang bisa didapatkan secara gratis pada broker.

Fasilitas ini digunakan untuk memfilter saham berdasarkan kriteria yang telah dipilih.

Dengan menggunakan fasilitas ini maka para investor dan trader tidak perlu melakukan pengecekan saham satu per satu.

Tips Bermain Saham Online

Bagi para pemula yang ingin bermain saham, maka bisa dengan modal yang kecil.

Banyak orang yang telah membuktikan bahwa investasi melalui saham merupakan cara yang sangat menguntungkan Jika ingin mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu yang panjang.

Sebagai orang yang bermain di saham, maka perlu mengatur waktu pasar sehingga bisa mendapatkan peluang yang tepat untuk membeli saham saat harga rendah dan menjualnya saat harga tinggi.

Masyarakat umum bisa melakukan pembelian saham di Bursa Efek via broker umumnya di Indonesia saham dibeli kelipatan 100 lembar.

Masih ada orang yang berpikir bahwa investasi saham merupakan hal yang sangat rumit karena harus mengeluarkan banyak uang.

Banyak yang masih menganggap bahwa bermain saham modal kecil merupakan hal yang mustahil. Padahal investasi saham dengan modal kecil bisa menghasilkan keuntungan yang besar karena sebenarnya investasi saham itu cukup mudah.

Berikut ini merupakan beberapa tips untuk melakukan investasi atau trading saham.

Memulai Meskipun Dengan Modal Kecil

Jika sudah memiliki tekad yang bulat untuk investasi saham bagi pemula ada beberapa hal yang perlu dipahami dengan baik.

Hal utama yang harus dilakukan yaitu mempelajari cara investasi saham secara online karena saat ini transaksi online merupakan cara termudah dan termurah untuk dilakukan.

Tidak perlu khawatir terkait pembukaan rekening, karena ada berbagai sekuritas yang mengakomodasikan pembukaan online dan dokumen pun dapat dikirim melalui kurir sehingga lebih efektif.

Perlu dipahami juga bahwa modal kecil bukanlah masalah karena saat ini ketentuan dari pasar atau bursa terkait dengan minimal transaksi yaitu 100 lembar saham atau 1 lot.

Jangan lupa untuk memilih saham yang akan dibeli karena bagaimanapun juga tentunya akan memutuskan investasi pada saham apa.

Akan lebih baik jika melakukan investasi saham dari saham blue chip karena sudah memiliki legalitas.

Meskipun demikian keputusan untuk berinvestasi saham sangatlah subjektif sehingga apa yang cocok bagi satu trader belum tentu cocok bagi trader yang lainnya.

Buatlah rencana menabung saham dengan cara menetapkan anggaran investasi saham setiap bulan.

Hal ini bisa membantu para trader dan investor untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat karena yang paling penting adalah konsistensi.

Jadi meskipun sedang ada pasar crash, ekonomi yang terpuruk, jika menabung saham secara konsisten setiap bulan, maka risiko pun bisa diminimalisir.

Sekuritas Dengan Biaya Kecil

Perusahaan sekuritas merupakan perusahaan yang mendapatkan izin usaha resmi dari OJK sehingga dapat melakukan kegiatan usaha sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Selain bermain saham menggunakan modal kecil bagi pemula juga penting untuk memilih perusahaan sekuritas sebagai tempat untuk membuka rekening saham.

Rekening tersebut akan digunakan untuk melakukan penyetoran uang guna membeli saham yang diinginkan.

Bagi yang bermain saham modal kecil maka dapat memilih perusahaan sekuritas yang setoran awalnya di bawah 5 juta.

Para trader dan investor pemula juga harus mempertimbangkan biaya transaksi yang meliputi biaya penjualan dan pembelian saham.

Menggunakan Aplikasi Trading

Salah satu tips untuk bisa mendapatkan keuntungan yang besar dari bermain saham yaitu menggunakan aplikasi trading terpercaya melalui smartphone.

Saat ini terdapat banyak sekali aplikasi trading saham yang dapat didownload gratis melalui App Store maupun Play Store.

Dengan adanya aplikasi ini maka setiap orang dapat melakukan trading dimanapun dan kapanpun.

Biasanya aplikasi ini disediakan oleh perusahaan sekuritas tempat untuk membuka rekening efek.

Oleh karena itu pastikan bahwa perusahaan sekuritas tersebut menyediakan aplikasi trading.

Memilih Perusahaan Publik yang Tepat

Usahakan untuk berinvestasi pada perusahaan publik yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia.

Untuk mengetahuinya maka bisa mengunjungi laman website resmi Bursa Efek Indonesia sehingga mengetahui perusahaan apa saja yang telah resmi terdaftar.

Untuk para trader pemula maka dapat memilih perusahaan BUMN yang menyediakan penawaran saham dengan modal kecil. Perlu diketahui bahwa perusahaan BUMN mempunyai reputasi baik dengan risiko yang rendah.

Hindari untuk memilih perusahaan dengan nilai yang naik turun tidak stabil karena jenis saham tersebut biasanya lebih mudah dimanipulasi oleh investor yang memiliki modal besar.

Pilihlah Satu Maupun Dua Perusahaan Terbaik

Bermain saham menggunakan modal kecil untuk para pemula yaitu dengan cara memilih saham yang berasal dari perusahaan besar yang telah dikenal publik.

Bagi para pemula, 1 maupun 2 saham perusahaan sudah cukup karena bertujuan untuk meminimalisir risiko kegagalan.

Untuk melakukan seleksi perusahaan yang akan dipilih, maka langsung saja membuka laman resmi Bursa Efek Indonesia.

Pilihlah perusahaan yang sekiranya memiliki kinerja bagus dan cocok dengan modal yang dimiliki.

Apabila perusahaan tersebut sudah cukup berpengalaman maka bisa langsung memberikan saham.

Pantaulah Pergerakan Ekonomi

Hal yang sangat penting dalam memainkan saham modal kecil yaitu memantau pergerakan ekonomi baik ekonomi dalam negeri maupun luar negeri.

Jika sudah benar-benar mengetahui situasi bursa saham, maka akan lebih mudah untuk memprediksi pergerakan saham yang dimiliki.

Apabila kondisi pasar sedang stabil, maka dapat langsung memulai untuk investasi saham baru.

Namun jika kondisi pasar sedang tidak stabil maka jangan melakukan apapun, baik membeli saham maupun menjual saham.

Dalam hal ini, memahami sentimen pasar sangatlah penting untuk dilakukan karena menjadi salah satu faktor naik turunnya saham.

Memilih Indeks Saham Yang Tepat

Indeks saham adalah portofolio imajiner yang digunakan untuk mengukur pergeseran harga dari suatu pasar.

Ketika indeks saham sedang naik, artinya harga saham sebagian besar bergerak naik. Sementara apabila indeks saham turun, maka sebagian besar saham juga bergerak turun.

Carilah Info yang Valid dan Ikut RUPS

Peran informasi dalam melakukan investasi saham merupakan hal yang sangat penting. Bahkan keputusan untuk membeli maupun menjual saham sangat didasarkan pada informasi yang didapat.

Bagi pemula, dalam belajar saham harus memperhatikan sumber informasi yang ditemukan.

Salah satu kesalahan yang dilakukan oleh beberapa orang dalam berinvestasi yaitu tidak merujuk pada informasi yang valid.

Mereka hanya membeli karena rumor dan menjual saham karena mengikuti kata-kata orang lain.

Padahal terdapat informasi yang valid dari sumber yang dapat dipertanggungjawabkan.

Informasi tersebut pun dapat diakses gratis oleh siapapun sehingga sangat membantu para pemula untuk berinvestasi.

Analisa Saham

Pengelola Bursa Efek Indonesia memberikan akses informasi perusahaan yang telah terdaftar pada bursa secara gratis.

Jadi siapapun bisa mengakses informasi tersebut untuk bisa membantu mereka memilih perusahaan yang tepat dan membantu untuk melakukan analisa saham. Untuk mendapatkan informasi tersebut juga tidak harus menjadi pemegang saham.

Saat belajar terkait investasi saham ada beberapa hal yang sangat penting untuk dilakukan analisa saham.

Pertama, laporan keuangan yang harus disampaikan setiap kuartal tahun, tengah tahun, dan akhir tahun.

Bagaimanapun juga kondisi keuangan perusahaan sangatlah penting sehingga laporan keuangan ini dijadikan sebagai bahan evaluasi kinerja perusahaan.

Kedua adalah laporan tahunan yang wajib disampaikan di setiap akhir tahun. Laporan ini berisi tentang kajian komprehensif terkait prospek, keuangan bisnis dan manajemen perusahaan.

Ketiga adalah corporate action yang merupakan laporan tentang Corporate action perusahaan yang memberikan pengaruh terhadap harga saham.

Terakhir adalah public Expose yang wajib disampaikan setahun sekali oleh perusahaan dengan tujuan untuk menyampaikan presentasi terkait perkembangan kinerja perusahaan.

Manfaat Dari Investasi Saham Online

Persoalan terkait dengan manfaat dari investasi hingga saat ini masih terus menjadi perdebatan.

Bagi orang-orang yang mendapatkan keuntungan dari investasi tentu akan mendorong banyak orang untuk melakukan investasi karena ada banyak manfaat yang bisa diperoleh.

Begitu pula sebaliknya, bagi orang-orang yang mendapatkan kerugian tentunya akan berpendapat bahwa investasi memiliki risiko yang sangat besar dibandingkan keuntungannya.

Sebenarnya hal ini tergantung bagaimana melakukan investasi dan mengolah informasi yang didapat. Adapun beberapa manfaat dari investasi saham antara lain adalah sebagai berikut.

Dengan Modal Kecil Mendapatkan Untung Besar

Siapa sangka bahwa dengan melakukan investasi saham modal kecil ternyata keuntungan yang didapatkan sangatlah menjanjikan.

Namun investasi harus dilakukan dengan cerdas sehingga bisa sesuai dengan harapan. Dengan modal yang kecil, yaitu minimal transaksi pembelian lembar saham hanyalah Rp100.000, bisa mendapatkan keuntungan yang mencapai margin 100%.

Kapan lagi bisa mendapatkan keuntungan yang besar dengan modal yang kecil. Untuk jenis sahamnya bisa disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki, karena ada banyak investasi saham dengan modal kecil yang dapat dipilih.

Margin Keuntungan Naik Signifikan

Perlu diketahui bahwa dengan melakukan investasi saham maka margin keuntungan cenderung menunjukkan grafik kenaikan yang signifikan.

Jika harga lembar saham perusahaan semakin naik, maka keuntungan yang didapatkan pun semakin besar.

Bahkan trader dan investor dapat mencapai titik Capital Gain di mana perusahaan bisa memberikan bonus secara gratis berupa lembar saham baru maupun uang tunai.

Fleksibilitas Investasi

Dengan melakukan investasi saham secara online tentunya tidak perlu membuang waktu dan tenaga.

Hal ini menunjukkan bahwa melakukan investasi saham sangatlah fleksibel tanpa mengganggu pekerjaan utama.

Para trader dan investor bisa melakukan aktivitas investasi saham kapanpun dan dimanapun menggunakan smartphone dengan sambungan internet.

Hanya dengan memantau melalui smartphone maka bisa mendapatkan keuntungan investasi yang besar.

Presentasi Pajak Saham Relatif Kecil

Perlu diketahui bahwa manfaat investasi saham selanjutnya yaitu tarif yang relatif kecil untuk pajak jika dibandingkan dengan pajak instrumen investasi lain.

Untuk investasi saham hanya diberlakukan pajak 0,1% dari keuntungan yang diperoleh trader atau investor.

Persentase pajak ini tentunya jauh lebih kecil dibandingkan dengan investasi lainnya seperti halnya investasi properti.

Aman dan Transparan

Seperti yang telah diketahui bahwa jual beli saham dilakukan di satu pintu ya itu Bursa Efek, jadi setiap transaksi tentunya lebih transparan dan aman bagi publik.

Hal ini menjadi salah satu manfaat dari investasi saham karena para trader atau investor tidak perlu lagi khawatir jika terjadi penipuan maupun sabotase yang menyebabkan modal yang telah ditanamkan bisa hilang.

Setiap orang bisa lebih mudah untuk melakukan monitoring saham mereka di perusahaan yang telah dipilih.

Demikianlah penjelasan terkait dengan aplikasi trading saham terbaik Indonesia dan beberapa informasi terkait dengan trading saham.

Bagi yang ingin melakukan trading saham, maka penting untuk belajar dasar-dasar berinvestasi saham.

Saat ini ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk belajar trading, salah satunya melalui aplikasi trading online.

Berbagai informasi pun lebih mudah diakses, karena banyak aplikasi trading yang memberikan fitur informasi seputar investasi.

5/5 - (1 vote)
Author: Content Writer

Penulis lepas di toiletbisnis.com. Berikan komentar terbaik anda, untuk menyempurnakan blog ini.

One thought on “10 Aplikasi Trading Saham Terbaik Indonesia

  1. Pingback: Daftar Investasi yang Terdaftar di OJK 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.