Bisnis Jasa Titip Barang Dari Luar Negeri Lengkap Dengan Cara Kerja

By Content Writer | November 9, 2020
bisnis jasa titip

Sekarang ini bisnis jasa titip di Indonesia memang sedang mengalami perkembangan pesat, karena tak sedikit orang yang akhirnya banting stir untuk melakoni bisnis ini, sebab keuntungan yang dihasilkan jumlahnya tidak sedikit.

Lantas, apa itu jastip sebenarnya? Bagaimana cara melakoni bisnis ini? Simak ulasan ini sampai akhir!

Apa Itu Jasa Titip?

Jasa titip atau jastip merupakan suatu kegiatan ekonomi yang dilakukan dengan cara menawarkan jasa pembelian barang untuk mendapatkan keuntungan lewat setiap harga dari barang yang dibelikan.

Auto baca: Daftar Peluang Usaha

Umumnya, jastip dilakukan oleh mereka yang sering bepergian ke luar negeri maupun luar daerah.

Barang-barang yang paling sering menjadi buruan di jastip yaitu pakaian, tas, aksesoris, kosmetik, skincare dan lain sebagainya.

Mekanisme Usaha Jastip

Mekanisme dari usaha jasa titip yaitu konsumen akan mengirimkan lebih dulu permintaannya soal barang yang ingin mereka titip untuk dibelikan kepada penyedia jasa, kemudian mereka akan membayar harga barang ditambah dengan fee jasa titip serta ongkos pengirimannya.

Keuntungan yang Bisa Diperoleh dari Bisnis Jasa Titip

Ketika Anda memulai bisnis jastip ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh, diantaranya yaitu:

  • Mendapatkan lebih banyak reward points dari kartu kredit yang dipakai. Apabila jumlah transaksi yang dilakukan banyak, maka reward point yang akan diperoleh pun juga sama.
  • Bisa mendaftar sebagai member dari sebuah toko untuk memperoleh banyak keuntungan, mulai dari potongan harga, voucher belanja sampai dengan paket liburan.

Tips Melakoni Bisnis Jastip

Saat Anda hendak mendapatkan keuntungan atau profit ketika menjalankan sebuah bisnis jastip. Terdapat beberapa tips jitu untuk dipraktekkan, beberapa di antaranya adalah:

1. Menjual barang yang ready stock

Ketimbang menawarkan katalog bulan, ada baiknya untuk melakukan survei lebih dulu ke tokonya.

Selepas melakukan survei, Anda bisa memotret dan kemudian menjabarkan barang-barang apa saja yang ready stock.

Sebab, jika Anda lebih dulu menampilkan katalog bulanan namun ternyata barang yang dipesan habis, maka Anda akan dipusingkan dengan pengembalian uang.

2. Memilih jasa ekspedisi yang terpercaya

Selanjutnya Anda harus memastikan telah memilih jasa ekspedisi yang terpercaya agar barang yang dikirimkan bisa sampai sesuai dengan waktu yang telah ditentukan tanpa adanya kerusakan. Terutama untuk barang seperti furniture yang ukurannya besar dan berat.

3. Membuat jadwal belanja

Supaya Anda tidak terlalu lelah untuk berkeliling ke setiap toko, ada baiknya lebih dulu untuk membuat jadwal belanja yang diurutkan sesuai dengan kedekatan antar lokasi, sehingga akan membuat waktu belanja jadi lebih efisien.

4. Menjaga kepercayaan dari konsumen

Apabila Anda memilih untuk menerapkan pembayaran di muka, maka cobalah untuk membangun kepercayaan dari konsumen. Mengapa harus demikian?

Karena usaha jastip umumnya sangat rentan dengan penipuan, baik itu dari pihak pembeli hingga penyedia jasanya.

Itulah mengapa sangat penting untuk menjaga kepercayaan dari konsumen Anda agar mereka tidak kabur.

5. Memaksimalkan strategi penjualan

Berusahalah untuk terus memaksimalkan strategi penjualan supaya pembeli tertarik untuk menggunakan jasa Anda.

Promosi bisa dilakukan lewat berbagai cara baik itu online, entah itu menggunakan media sosial Anda dan platform e-commerce yang lain, atau bisa juga melakukan promosi dari mulut ke mulut.

Aplikasi Jasa Titip

Sekarang ini bisnis jasa titip barang luar negeri tidak hanya dapat dilakukan lewat open pre-order perorangan dari sosial media jasa, tetapi sudah dikelola dengan lebih profesional dengan menggunakan aplikasi jastip, yang dapat digunakan untuk memfasilitasi penjual dengan konsumennya.

Berikut ini aplikasi jasa titip yang direkomendasikan untuk Anda:

1. Aplikasi Airfrov

Airfrov merupakan aplikasi jasa titip beli barang luar negeri yang berasal dari Singapura dan telah resmi beroperasi sejak tahun 2015, dan kemudian pada akhir tahun 2016 mulai melakukan aplikasi ke Indonesia.

Cai Li merupakan CEO dan Co-Founder dari aplikasi yang mengkhususkan pada pecinta shopping untuk mendapatkan barang branded yang tidak bisa diperoleh di Indonesia.

Aplikasi ini juga sangat mudah untuk digunakan, Anda hanya perlu mendaftarkan diri langsung ke website resmi Airfrov atau bisa langsung mendaftar lewat aplikasi yang sudah diunduh lewat Android/iOS sebagai requester (pencari barang jasa titip).

Selepas itu, Anda bisa masuk ke laman utama yang tersaji empat kategori pilihan barang di sana.

Mulai dari request berdasarkan negara tujuan, kemudian melihat produk yang Open Pre-Order, kategori berikutnya yaitu produk request dan kategori terakhir produk yang direkomendasikan traveler.

Jika Anda mengklik setiap kategori maka akan mendapatkan informasi detail mengenai harga dari setiap produk, tanggal keberangkatan ke negara tujuan sampai dengan tanggal pengiriman barang ke alamat pemesan.

Bagi setiap traveler yang ingin menawarkan jasa titip, terdapat cara untuk melakukan kerja sama dengan requester, dimana caranya dengan membuat akun di Airfrov, dan selanjutnya pilihlah aktivitas Anda sebagai traveler, lalu masukkan informasi mengenai negara tujuan dan tanggal kedatangan Anda ke negara itu.

Ketika requester sudah menemukan barang yang mereka cari di profil traveler, maka selanjutnya mereka bisa melakukan negosiasi untuk menentukan berapa nilai upah dari barang yang dititipkan. Umumnya biaya upah akan berkisar 5% dari harga barang, tetapi bisa juga lebih dari itu.

Apabila ukuran dari barang yang diminta cukup besar dan repot untuk dibawa dan rentan pecah.

Untuk mekanisme pembayaran dilakukan sepenuhnya lewat Airfrov yang sudah bekerja sama dengan jasa ekspedisi di Indonesia, seperti JNE dan Go-Jek.

2. Aplikasi Bistip

Bistip juga merupakan aplikasi jastip lainnya yang berfungsi untuk menghubungkan antara penitip dan traveler yang akan membeli barang. 

Pada aplikasi ini, pencari barang tidak hanya bisa menitipkan barang tidak hanya di luar negeri saja, tetapi juga dalam negeri.

Terdapat sekitar 200 rute pada aplikasi ini, baik itu lokal hingga internasional, dan jumlah travel yang sudah bergabung pun sangat banyak karena aplikasi ini sudah beroperasi sejak tahun 2011 dan aplikasinya bisa diunduh di Playstore saat ini. Perihal biaya jasa titipnya bisa dilakukan negosiasi.

Ketika Anda membuka aplikasi Bistip, maka akan langsung tersaji kolom yang menjadi destinasi tujuan barang yang dicari dan lokasi keberadaan pencari barang.

Sistem pencarian akan memudahkan Anda sebagai pencari barang untuk menemukan barang apa yang dicari di traveler terdekat.

Lain dari itu, Anda juga bisa mencari tanggal keberangkatan serta negara yang menjadi tujuan traveler sesuai dengan kebutuhan.

3. Aplikasi Jaztip

Aplikasi Jaztip merupakan aplikasi social-commerce yang mengkombinasikan jastip online melalui chatting.

Aplikasi ini telah tersedia di Playstore dan Appstore yang dapat diunduh agar memudahkan para penjual dan pembeli untuk memposting barang yang ingin dibeli atau dijual.

Hal menarik lainnya dari aplikasi ini yaitu para penitip bisa melihat postingan Instagram dari traveler hanya dengan menghubungkannya dengan akun Instagram Anda lewat laman profil dari aplikasi Jaztip.

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi lainnya, laman utama dari Jaztip juga bisa langsung digunakan untuk memposting barang yang dibutuhkan untuk pembeli dan Anda bisa langsung masuk ke berbagai kategori pilihan, mulai dari gadget, makanan, minuman sampai dengan fashion.

Tidak hanya bersedia untuk mencarikan barang yang diinginkan pembeli, penjual juga akan memposting barang pilihan yang akan ditawarkan pada kolom rekomendasi pada aplikasi Jaztip.

4. Aplikasi HelloBly

Aplikasi HelloBly merupakan aplikasi jastip yang sudah mulai bisa dioperasikan sejak awal 2019 dimana platform akan segera tersedia dalam versi iOS.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengakomodasi dari para penyedia jastip dalam satu ruang dengan cara yang mudah.

Sebagai pengguna, Anda akan dimudahkan untuk mencari beragam barang, mulai dari fesyen, pakaian dan lain sebagainya. Jangkauan transaksi juga sangat luas, mulai dari Amerika, Eropa, Indonesia, Jepang dan Malaysia.

Apabila Anda mencari barang melalui jastip, maka tinggal menceritakan jastip barang jenis apa yang hendak dicari melalui akun Anda, dan kemudian tunggulah notifikasi dari penyedia jasa titip atau traveler. 

Ketika barangnya sudah sesuai dengan keinginan, maka tinggal mengklik deal dan menentukan fee dari barang yang dititipkan.

Jika Anda merupakan penyedia jastip, maka Anda bisa memilih request apa yang bisa dibelikan sesuai dengan jangkauan lokasi, negara tujuan hingga shopping center terdekat.

Jika Anda sudah mendapatkan pembeli, maka selanjutnya bisa melakukan negosiasi soal harga, barang pesanan yang siap untuk dibeli dan kapan diantar ke tujuannya.

5. Aplikasi Gibby

Aplikasi Gibby sudah bisa mulai dioperasikan sejak tahun 2016 silam, dan merupakan karya buatan anak bangsa, yakni Daniel Wijono dan Yunita Hayashi, yang memulai bisnis ini karena keduanya suka belanja pada saat sedang liburan.

Aplikasi Gibby akan memungkinkan siapapun untuk menjadi penjual atau Personal Shopper dan kemudian menawarkan barang-barang menarik untuk selanjutnya dijual kepada pembeli (requester) yang ada dimana saja hingga seluruh dunia.

Cara menggunakan aplikasi ini juga cukup mudah, dimana para pembeli (requester) bisa langsung mengeksplor barang yang diinginkan sesuai dengan pilihan toko, dan jenis yang diharapkan, atau berdasarkan penjual sampai dengan lokasi yang diinginkan.

Sementara untuk para penjual (Gibster) dapat memposting foto toko dan lokasi keberadaan, sehingga requester bisa menemukan dengan mudah jasa dan barang yang telah ditawarkan.

6. Aplikasi Neetip

Aplikasi Neetip merupakan aplikasi yang mempertemukan antara pencari barang dengan traveler yang sedang berada di lokasi yang menjadi tempat barang dicari berada sehingga Anda bisa menekan harga atau ongkos kirim barang yang selanjutnya akan dibebankan pada pembeli.

Cara kerja dari aplikasi ini cukup mudah, dimana Anda cukup membuat akun saja setelah mengunduh aplikasi ini di Playstore.

Ketika Anda sudah resmi terdaftar, maka berikutnya Anda bisa memesan barang yang diinginkan, dan pihak dari aplikasi Neetip akan langsung menyesuaikannya dengan agen atau traveler terkait.

Apabila traveler sudah pulang ke Indonesia, maka Anda bisa melakukan pertemuan di tempat yang sudah disepakati bersama.

Untuk sistem keamanan dari aplikasi ini juga tidak harus dikhawatirkan, sebab sudah dilengkapi dengan sistem pembayaran escrow system yang sudah terjamin 100% keamananannya.

Dimana nanti uang Anda akan langsung disimpan oleh pihak Neetip sampai barang yang dipesan diterima. Jika Anda sudah menerima barang yang dipesan, maka uang akan langsung dicarikan ke traveler yang dititipi barang.

Demikianlah ulasan singkat mengenai bisnis jasa titip serta aplikasi dan cara untuk melakoninya agar terhindar dari kegagalan. Semoga bisa dijadikan sumber pengetahuan yang cukup bagi Anda yang ingin memulai bisnis ini.

2 thoughts on “Bisnis Jasa Titip Barang Dari Luar Negeri Lengkap Dengan Cara Kerja

  1. Pingback: Mengenal Bisnis Jasa Titip yang Sedang Hits di Tahun 2020 | Blog Brilian

  2. Pingback: 30 Ide Peluang Usaha Sampingan Karyawan Buat Alternatif Kerjaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *