22 Bisnis Pelajar Tanpa Modal, Bisnis Online yang Menjanjikan!

By Content Writer | Oktober 9, 2020
bisnis pelajar tanpa modal

Siapa bilang berstatus sebagai pelajar tidak bisa menghasilkan apa-apa? Tentu saja tetap bisa. Mengapa?

Karena di tahun 2020 ini, siapapun bisa menjadi seorang pebisnis, tidak peduli apapun statusnya.

Bagi para pelajar yang ingin memulai bisnis, berikut ada 10 bisnis pelajar tanpa modal yang bisa digeluti di tahun 2020 ini. Apa saja?

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Bisnis Pelajar Tanpa Modal

Sekarang ini, ada banyak bisnis online tanpa modal yang bisa dilakukan oleh seorang pelajar, diantaranya sebagai berikut:

Menjadi Reseller atau Dropshipper

Bisnis tanpa modal pertama yang bisa dilakukan oleh pelajar adalah menjadi reseller atau dropshipper.

Menjadi reseller atau dropshipper merupakan salah satu cara memulai bisnis tanpa harus memiliki modal.

Jika ingin menjadi reseller atau dropshipper, Anda hanya perlu menggunakan akun sosial media saja.

Dari segi keuntungan juga, Anda bisa mengaturnya sendiri, dan yang pasti akan lebih minim resikonya karena tidak perlu menyetok banyak barang.

Jasa penulis Konten

Jika punya hobi menulis, maka tidak ada salahnya untuk memulai bisnis dengan menyediakan jasa penulis konten untuk sebuah media online.

Memulai bisnis menjadi jasa penulis konten juga tidak membutuhkan banyak modal.

Anda hanya perlu memposting iklannya di sosial media atau via platform-platform online, lalu mengerjakan setiap projek menulis dengan menggunakan laptop atau komputer yang dimiliki.

Untuk harga setiap tulisan yang dikerjakan, Anda bisa menetapkannya sendiri.

Menjadi Blogger

Menjadi blogger juga merupakan salah satu bisnis online tanpa modal yang bisa dilakukan oleh pelajar.

Ketika Anda melakoni bisnis sebagai blogger, sumber pendapatan akan berasal dari iklan yang tampil di blogger Anda,

Umumnya, para blogger akan bergabung dengan program bernama PPC (Pay-per-click) yang merupakan bagian dari Google AdSense.

Jika Anda belum paham Google AdSense bisa langsung mencari tahu informasinya di internet.

Sekadar informasi, potensi penghasilan yang bisa didapatkan dari Google AdSense jumlahnya bisa mencapai ratusan juta, dan akan bergantung pada jumlah pengunjung blog Anda. Maka dari itu, dibutuhkan sebuah konsistensi untuk mengisi konten blog.

Maka dari itu, Anda disarankan untuk menulis konten yang berkaitan dengan niche yang dikuasai dan disukai. Mengapa?

Karena dengan cara ini, Anda akan jauh lebih mudah untuk menemukan ide untuk menulis konten.

Menjadi Youtuber

Bisnis tanpa modal selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu menjadi Youtuber. Namun untuk menjadi Youtuber, memang dibutuhkan kesabaran dan ketekunan dalam memilih konten terbaik untuk mengisi channel Anda.

Jika Anda bisa sukses menjadi Youtuber, maka penghasilan tidak hanya didapat dari AdSense saja, tetapi juga penghasilan dari bisnis offline dan iklan.

Apabila belum memiliki kamera untuk menjadi Youtuber, Anda bisa menggunakan kamera smartphone.

Berbisnis Affiliate Marketing

Bisnis affiliate marketing termasuk salah satu bisnis tanpa modal yang juga tak kalah menjanjikannya.

Anda bisa memulai bisnis ini, Anda harus memiliki traffic pengunjung yang sangat potensial sehingga bisa menjadi sumber penghasilan Anda dengan memasang link affiliate.

Affiliate produk umumnya memiliki banyak peminat karena produk-produk dari toko online seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan lain sebagainya.

Menjadi Jasa Translator

Apabila Anda memiliki kemampuan bahasa asing yang baik seperti Jerman, China, Inggris, Jepang, Arab dan lain sebagainya, maka tidak ada salahnya merintis bisnis dengan menyediakan jasa translator.

Apalagi saat ini, peluang untuk bisnis online yang satu ini sangat terbuka lebar.

Maka dari itu, tak ada salahnya untuk mencoba, karena untuk memulai bisnis ini hanya membutuhkan keahlian Anda serta laptop atau komputer yang dimiliki juga kemampuan untuk berkomunikasi yang sangat baik.

Survei Online

Apa Anda pernah dengar kalau mengisi survei online dapat menghasilkan uang?

Jika iya, maka bisnis yang satu ini banyak ditemui di internet. Anda hanya perlu mengisi survey, dan kemudian akan mendapatkan bayaran.

Langkah pertama jika Anda ingin memulai bisnis survey online ini, Anda hanya perlu mencari website yang menyediakan survei online.

Ada banyak website yang terkenal selalu menyediakan survei online, diantaranya yaitu Swagbucks, Prize Rebel, Survey Junkie, Inbox Dollars, Vandale Research, You Gov dan masih banyak lagi.

Sebelum mengisi survei, Anda disarankan untuk membaca review soal lembaga survei itu, apakah direkomendasikan oleh banyak orang atau tidak.

Menyediakan Jasa Design Grafis

Apabila Anda suka membuat banyak desain, maka tidak ada salahnya untuk memulai bisnis jasa desain grafis.

Saat ini, jasa desain grafis sedang banyak dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Anda bisa memulai bisnis ini dengan mengerjakan projek-projek yang ada di situs-situs kerja online.

Menjual Fotografi

Apabila Anda memiliki hobi fotografi, jangan sampai hanya tersimpan di memori ponsel Anda.

Cobalah untuk menjual hasil jepretan Anda di website-website yang menerima foto-foto seperti Pixaby, Unspalsh, Shutterstock, Adobe Stock dan lain sebagainya.

Website-website itu diketahui berani menjual foto Anda dengan harga tinggi dengan mata uang dollar.

Anda hanya perlu mengalikan saja berapa banyak jumlah foto yang terjual. Untuk mengetahui foto jenis apa yang banyak dibutuhkan, Anda perlu melakukan banyak riset sehingga foto-foto tersebut bisa menghasilkan banyak pemasukan untuk Anda.

Menjadi Admin Medsos

bisnis online tanpa modal untuk pelajar selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menjadi admin media sosial.

Saat ini, ada banyak brand atau perusahaan lokal yang masih belum maksimal pengelolaan akun media sosialnya, sehingga mereka banyak membutuhkan admin.

Apabila Anda memang memiliki baka untuk menjadi admin, tidak ada salahnya untuk mulai mencoba bisnis yang satu ini.

Ide Bisnis Online yang Menjanjikan untuk Pelajar

Selain bisnis tanpa modal di atas, kali ini kami juga akan bahas ide bisnis online lainnya yang tak kalah menjanjikan dan bisa dilakoni oleh para pelajar. Apa saja?

Bisnis Jual Pulsa Online

Jual pulsa online bisa dikatakan merupakan ide bisnis online pertama yang sangat menjanjikan untuk para pelajar.

Anda hanya perlu menjual pulsa elektrik melalui akun-akun media online seperti BlogSpot atau WordPress atau membuat website sendiri.

Jika Anda ingin memilih distributor pulsa, maka harus memilih dengan selektif karena pilihan yang tersedia cukup beragam.

Umumnya distributor pulsa ada yang melalui provider langsung, ada juga yang lewat tangan kedua melalui platform-platform online seperti Shopee atau Tokopedia, yang akan menyediakan semua kebutuhan Anda untuk menjual berbagai produk digital.

Bisnis Jasa Pembayaran Listrik Online

Tidak hanya jual pulsa online saja, Anda juga bisa memulai bisnis dengan menawarkan jasa pembayaran dan pembelian token listrik secara online.

Untuk memulai bisnis ini, Anda bisa bekerja sama dengan distributor yang menyediakan layanan terkait atau bisa juga mengiklankannya lewat media sosial atau membuat website sendiri.

Bisnis Jasa Pembuatan Website

Meskipun Anda masih seorang pelajar tetapi paham bagaimana caranya membuat website baik itu menggunakan HTML, CMS open source seperti Joomla dan WordPress atau mungkin PHP dan sejenisnya, maka tidak ada salahnya untuk Anda memulai bisnis jasa pembuatan website.

Bisnis Jasa Rakit Komputer

Bisnis online menjanjikan berikutnya yang bisa dilakukan oleh seorang pelajar yaitu dengan menyediakan jasa rakit komputer.

Apabila punya pengetahuan yang luar soal komponen-komponen yang ada dalam komputer dan paham bagaimana cara merakitnya, maka tidak ada salahnya untuk mulai menekuni bisnis ini.

Selain itu, Anda juga bisa menawarkan spare part komputer secara terpisah, atau mungkin membuat komputer rakitan sendiri yang nantinya bisa digunakan untuk keperluan editing, gaming dan lain sebagainya.

Bisnis Jasa Editing Video

Tidak jauh berbeda dengan jasa desain grafis, apabila Anda menguasai jasa editing video seperti software-software seperti Vegas Pro, Adobe Premiere hingga Filmora, maka tak ada salahnya untuk menggunakan keahlian Anda itu untuk merintis jasa editing video.

Anda bisa membuat banyak video yang dibutuhkan masyarakat, seperti video slideshow pernikahan, editing video profil perusahaan, video jualan dan lain sebagainya, yang nantinya bisa ditawarkan kepada setiap pelanggan yang memilih menggunakan jasa Anda.

Bisnis Jasa Fotografi

Ide bisnis online lainnya yang bisa dirintis oleh seorang pelajar adalah jasa fotografi kepada mereka yang membutuhkan. Tetapi, untuk memulai bisnis ini, Anda harus punya kamera DSLR dan menguasai teknik fotografi yang baik dan benar.

Anda bisa menjadi jasa fotografer sewaan yang akan datang jika diperlukan, dan langsung mendapat bayaran begitu acara selesai dilakukan.

Bisnis Jual Barang Bekas

Jika Anda punya barang bekas seperti buku, kaos, mainan dan lain sebagainya tetapi masih layak untuk dipakai, tidak ada salahnya untuk menjual barang-barang itu ke marketplace dengan pilihan harga yang pastinya bersaing di pasar dan tidak terlalu mahal untuk para calon pembeli.

Saat ini, ada banyak orang yang mencari barang-barang bekas di internet, dan akan langsung dibeli apabila harganya murah, tetapi kualitasnya sangat baik

Bisnis Jasa Sablon Kaos

Semakin banyaknya jasa sablon kaos online yang menjamur di internet, maka tidak ada salahnya untuk menekuni bisnis di bidang ini juga.

Untuk memulainya, anda bisa bekerja sama dengan penyedia-penyedia sablon kaos online untuk diajak kerja sama, sehingga modal yang dibutuhkan tidak banyak.

Tetapi, perlu digarisbawahi apabila Anda ingin memulai bisnis ini, maka pastikan kalau sudah memahami bagaimana teknik sablon yang baik, jenis-jenis tinta salon sampai berapa harga yang harus dibanderol untuk satu kaos yang disablon.

Bisnis Jasa Web Hosting

Berikutnya adalah jasa web hosting. Jasa ini bergerak di bidang teknologi dan website, Anda bisa menawarkannya sama seperti dengan jasa sablon kaos.

Bisnis Jasa Pengetikan

Apabila Anda memiliki skill dan kecepatan yang baik saat mengetik, maka tidak ada salahnya untuk memulai jasa pengetikan. Untuk memulai bisnis ini, Anda harus menguasai teknik-teknik penulisan.

Contohnya, jika Anda membuka jasa pengetikan skripsi dan lain sebagainya yang bersifat formal, maka Anda harus tahu teknik-teknik penulisan karya ilmiah yang baik dan benar.

Bisnis Jasa Percetakan

Apabila Anda tinggal di lokasi yang banyak menyediakan jasa percetakan, maka cobalah untuk menawarkan jasa cetak secara online, sehingga Anda bisa memulai usaha ini tanpa harus mengeluarkan modal.

Jadi Selebgram atau Influencer

Ide bisnis yang satu ini bisa dikatakan merupakan bisnis yang sedang banyak ditekuni oleh banyak orang. Apalagi kalau bukan selebgram atau influencer. Biasanya sumber penghasilan dari seorang selebgram atau influencer berasal dari endorse.

Itulah tadi beberapa penjelasan soal bisnis pelajar tanpa modal, dan ide bisnis yang menjanjikan yang bisa ditekuni oleh seorang pelajar.

One thought on “22 Bisnis Pelajar Tanpa Modal, Bisnis Online yang Menjanjikan!

  1. Pingback: 24 Rahasia Peluang Usaha Buat Anak Sekolahan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *