15 Ide Bisnis Unik Yang Menguntungkan dan Contoh Produknya

By Content Writer | Januari 9, 2021
bisnis unik yang menguntungkan

Pernahkah kamu berpikir untuk mencoba bisnis unik yang menguntungkan?

Ya, mungkin banyak orang ingin memulai bisnis tetapi terhalang sebuah ide.

Padahal ada banyak ide bisnis kreatif di dunia yang bisa kamu coba.

Sebenarnya apakah kamu tau yang dimaksud dengan bisnis unik?

Bisnis unik merupakan bisnis yang mempunyai ciri khas tersendiri. Lantas, apa itu bisnis menguntungkan?

Bisnis yang diawali serta dikerjakan dengan jelas dan nyata, bukan hanya rencana semata.

Perlu kamu ketahui jika untuk membangun sebuah bisnis itu tak hanya sekedar unik, akan tetapi juga harus memenuhi 3 kriteria yaitu target market, nilai jual serta profit.

Nah, bagi kamu yang ingin mengawali bisnis unik, menarik sekaligus menguntungkan. Berikut ini kami sampaikan rangkuman beberapa ide menarik. Simak baik-baik ya!

15 Bisnis Unik Yang Menguntungkan

Desain interior

bisnis unik yang menguntungkan

Sumber gambar: www.dekoruma.com

Di zaman serba modern saat ini tentu banyak generasi millennial yang mempunyai selera yang berbeda dengan mereka para pendahulunya.

Maka tak ada salahnya jika kamu memulai sebuah usaha kreatif yang bergerak dalam bidang desain interior.

Khususnya untuk memenuhi kebutuhan market pada era sekarang ini.

Untuk menjadi seorang yang ahli dalam bidang desain interior, kamu pun tak perlu harus mempunyai latar belakang pendidikan di bidang ini.

Memang sih akan lebih membantu jika kamu telah belajar dan berlatih selama beberapa tahun terlebih dahulu.

Tetapi, kenyataan di lapangan banyak kok para pengusaha yang tak punya background pendidikan sebagai desain interior, namun sukses di lapangan.

Kamu hanya perlu belajar untuk memahami apa yang sebenarnya diinginkan client.

Produk daur ulang

bisnis unik yang menguntungkan

Sumber gambar: tribunnews.com

Perlu kamu ketahui bahwa sampah plastik itu menjadi salah satu biang kerok dari permasalahan lingkungan saat ini. Masalah tersebut tak hanya di alami di Indonesia saja, bahkan di seluruh dunia.

Mengapa demikian? Sebab plastik merupakan material yang sangat sulit hancur, bahkan hingga ratusan tahun lamanya.

Jadi salah satu solusinya adalah dengan melakukan daur ulang sampah plastik menjadi barang yang layak pakai dan bernilai jual.

Sekarang sebagian masyarakat sudah memulai menjual produk daur ulang sampah plastik menjadi barang-barang unik yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh produk kreatif ini seperti payung, tas, tikar, hiasan bunga dan sebagainya. Nah, apakah kamu tertarik mencobanya?

Membuat kursi dari drum dan ban bekas

bisnis unik yang menguntungkan

Sumber gambar: jawapos.com

Salah satu ide bisnis yang bisa kamu coba selanjutnya adalah bisnis di bidang properti. Banyaknya drum serta ban bekas di lingkungan sekitar yang tidak terpakai tentu menjadi hal yang sangat menjenuhkan.

Maka dari itu tak ada salahnya jika kamu mencoba untuk membuat sesuatu yang bermanfaat dari barang-barang tersebut.

Sebagai contoh kamu dapat menyulapnya menjadi sebuah kursi yang unik.

Bahkan kamu juga bisa berkreasi untuk membuat bentuk yang lebih unik supaya masyarakat lebih tertarik.

Ingat, untuk memulai sesuatu yang berbeda kamu memang harus berani untuk mencoba terlebih dahulu ya!

Menjual barang antik

bisnis unik yang menguntungkan

Sumber gambar: malangtimes.com

Ide bisnis unik selanjutnya adalah menjual barang-barang antik. Memang bagi sebagian orang, barang antik hanya dianggap sebagai rongsok yang sudah tidak memiliki nilai guna lagi.

Akan tetapi untuk mereka yang mempunyai mata jeli, barang antik bisa disulap menjadi sesuatu yang mempunyai nilai jual tinggi bahkan hingga miliaran rupiah.

Sebab barang antik bisa membuat seseorang teringat akan masa lalunya.

Atau bahkan ada seseorang yang dulunya mengidam-idamkan sesuatu, namun ternyata belum mampu untuk membelinya.

Maka ketika ia telah sukses saat ini, ia akan mencari barang-barang yang diinginkannya itu.

Jasa mendengarkan curhatan

bisnis unik yang menguntungkan

Sumber gambar: suara.com

Ide usaha kreatif inovatif yang satu ini mungkin terdengar unik. Karena mungkin ada beberapa orang tak dapat mencurahkan isi hatinya kepada orang-orang terdekat yang ada di lingkungannya.

Oleh sebab itu, kamu bisa menjadi solusi tepat bagi mereka, yaitu dengan membuka usaha jasa mendengarkan curhatan.

Untuk menjalankan usaha ini kamu bisa mengajak teman-temanmu untuk ikut terlibat di dalamnya.

Atau mereka hanya sekedar sebagai pendengar yang baik aja. Itu juga nggak masalah kok!

Sebab pelanggan biasanya hanya ingin cerita mereka didengarkan. Jadi kamu tak selalu harus mengetahui bagaimana cara memberikan solusinya.

Kamu bisa membuka jasa ini melalui media sosial atau membuka sesi curhat baik secara langsung atau daring. Gimana, kamu tertarik?

Jasa bersih-bersih keliling

bisnis unik yang menguntungkan

Sumber gambar: bisnis.com

Semakin banyaknya usaha sekarang ini yang menyediakan beragam fasilitas. Salah satunya adalah memberikan layanan untuk konsumen dari door to door

Nah, ide bisnis yang cocok untuk hal itu adalah dengan menawarkan jasa bersih-bersih keliling.

Beberapa orang mungkin menginginkan suasana rumah serta lingkungan yang bersih dalam waktu sekejap.

Akan tetapi, kamu juga perlu memberikan sentuhan modifikasi agar usaha yang kamu miliki lain dari pada yang lain.

Tak hanya itu saja kamu juga perlu mempunyai ide kreatif agar usahamu mudah dipasarkan di masyarakat.

Jasa Travel planning

bisnis unik yang menguntungkan

Sumber gambar: pojokbisnis.com

Masih membahas tentang bisnis unik, selanjutnya adalah bisnis jasa travel planning.

Di era digital saat ini banyak tersedia platform pemesanan tiket online yang dapat diakses siapapun.

Dengan begitu siapa saja dapat memesan tiket liburan kapan pun mereka inginkan.

Pada setiap platform penjualan tiket menawarkan harga yang berbeda-beda, seperti harga sewa mobil, hotel, tiket liburan, makan dan sebagainya.

Kamu bisa memanfaatkan hal ini sebagai lahan bisnis. Jika kamu mempunyai keterampilan berorganisasi yang kuat, maka kamu pasti bisa menemukan harga yang pantas.

Kamu bisa menawarkan jasa ini kepada orang yang ingin melakukan travelling, tetapi tak punya waktu untuk mengurusnya.

Temukan penawaran yang paling hemat serta jangan lupa selipkan biaya tambahan untuk layanan yang kamu berikan ini ya!

Youtuber

bisnis unik yang menguntungkan

Sumber gambar: cermati.com

Bagi kamu yang masih berstatus sebagai mahasiswa dan pandai dalam bidang IT, maka ide bisnis untuk mahasiswa yang satu ini patut kamu coba.

Apalagi saat ini banyak orang yang bercita-cita ingin menjadi seorang youtuber.

Mengapa? Sebab dengan menjadi youtuber seseorang dapat meraup pundi-pundi uang sebanyak-banyaknya.

Dahulu profesi ini memang jarang terpikir oleh sebagian orang, namun sekarang mereka berlomba-lomba untuk menjadi youtuber terkenal.

Nah, untuk menjadi youtuber itu perlu konten yang menarik sekaligus berkualitas. Bukan sekedar konten sampah, atau konten yang penuh kontroversi.

Namun, konten yang berfaedah serta bernilai positif agar mampu bertahan lama.

Desain case ponsel

bisnis unik yang menguntungkan

Sumber gambar: bikinusahasablon.com

Di era teknologi digital saat ini, pasti hampir semua orang mempunyai smartphone. Ada beberapa smartphone yang dilengkapi dengan berbagai fitur keren sehingga membuat orang tertarik untuk meminangnya.

Akan tetapi, secanggih apapun teknologi yang disematkan dalam smartphone tersebut, tetap aja akan rusak apabila sampai terjatuh.

Maka dari itu, banyak permintaan terhadap case ponsel untuk melindungi smartphone mereka.

Kamu bisa mengambil peluang usaha membuat case ponsel dengan custom desain. Dengan begitu setiap orang dapat punya case sesuai seleranya masing-masing.

Translator

bisnis unik yang menguntungkan

Ada banyak cara untuk bisa menjadi translator, tetapi untuk menjadi seorang translator profesional mungkin tak mudah.

Namun, jika kamu sudah memiliki bakat itu dapat menjadi modal utama yang kamu gunakan.

Selanjutnya kamu tinggal mengasah bakat tersebut serta menambahkan beberapa inovasi menarik.

Profesi ini bisa dikerjakan secara freelance serta terkadang tak butuh background pendidikan tertentu.

Jadi walaupun kamu tak memiliki latar belakang pendidikan dari jurusan bahasa asing pun tetap dapat mencobanya.

Sehingga siapa pun yang mempunyai passion di bidang ini kesempatan akan terbuka lebar untuknya.

Laundry Sneakers

Sneakers sekarang ini menjadi gaya hidup bagi banyak orang tak terkecuali para generasi millennial.

Ada berbagai variasi sneakers yang diluncurkan di pasaran dan selalu menjadi incaran banyak orang.

Akan tetapi, produk yang satu ini juga memerlukan perawatan khusus lho!

Sebab apabila kamu hanya merawatnya secara asal-asalan, tentu membuat produk tersebut menjadi tidak menarik lagi atau bahkan mudah rusak.

Hal ini menjadi peluang emas bagimu untuk memulai sebuah bisnis baru yang unik yaitu membuka tempat pencucian sekaligus perawatan sneakers.

Meskipun ide yang satu ini butuh modal yang tak sedikit, tapi jika berhasil akan sangat menguntungkan. So, will you try it?

Penyewaan alat

bisnis unik yang menguntungkan

Sumber gambar: www.prorentjakarta.com

Pernah nggak sih kamu berfikir jika kita terkadang hanya membutuhkan sesuatu pada waktu tertentu saja.

Membeli barang yang hanya digunakan dalam jangka waktu tak lama atau saat tertentu saja, hal itu tentu akan membuat kita merasa rugi bukan?

Nah, jika kamu melihat dari sisi tersebut pasti akan membuka peluang usaha yang menarik untuk kamu coba.

Apalagi jika kalian mempunyai banyak barang-barang yang sudah tidak diperlukan lagi, tak ada salahnya lho jika kamu mencoba untuk menyewakannya.

Bisnis kuliner

bisnis unik yang menguntungkan

Sumber gambar: liputan6.com

Bicara soal kuliner memang nggak ada matinya deh. Sebab hal ini menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi setiap individu.

Meskipun bisnis ini sudah banyak berjamur dimana-mana, namun tak ada salahnya jika kamu mencobanya.

Apalagi didukung dengan passion yang kamu miliki di bidang ini. Kamu tinggal menentukan target market serta menginovasi produk agar lebih unik serta berbeda dengan produk yang lainnya.

Tuangkan saja ide-ide kreatif yang ada di otakmu. Siapa tau ide tersebut akan menjadi lahan bisnis yang menguntungkan.

Dropshipper

bisnis unik yang menguntungkan

Buat kamu yang ingin membangun bisnis unik namun terkendala modal, maka ide ini harus kamu coba.

Hal itu didukung dengan semakin meningkatnya jual beli produk baik secara online ataupun offline.

Beragam produk bisa kamu tawarkan di media sosial, tanpa kamu harus menyetok produk tersebut dahulu.

Saat ini banyak situs e-commerce yang menawarkan masyarakat untuk menjadi dropshipper.

Karena bisa dijalankan tanpa modal, maka bisnis ini pun cenderung mempunyai resiko yang kecil.

Keuntungan yang diperoleh juga cukup lumayan lho!

Kamu hanya perlu modal smartphone dan internet saja. Gimana, sangat mudah kan?

Baca lagi nih: Kelebihan dan Kelemahan Dropship

Jasa foto dengan background unik

bisnis unik yang menguntungkan

Sumber gambar: imural.id

Ternyata sampai detik ini trend foto selfie masih booming di kalangan masyarakat.

Bagi kamu yang pandai dalam dunia fotografi, tak ada salahnya membuka studio foto dengan background yang unik serta instagramable.

Sebab spot foto kekinian dan unik saat ini sering dicari oleh banyak orang, tak terkecuali para generasi millenial.

Nah, kamu bisa mengambil kesempatan ini sebagai peluang bisnis yang menarik.

Kamu bisa berkreasi dengan mengajak rekan untuk bekerjasama membangun bisnis ini.

Penutup

Demikian 15 bisnis unik yang menguntungkan yang telah kami paparkan. Lantas, ide bisnis manakah yang ingin kamu coba?

Author: Content Writer

Penulis lepas di toiletbisnis.com. Berikan komentar terbaik anda, untuk menyempurnakan blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *