Cara Bisnis Kos-Kosan Tanpa Modal Segera Bisa Jalankan

By Content Writer | Februari 19, 2021
bisnis kos kosan tanpa modal

Melakukan bisnis kos-kosan tanpa modal adalah salah satu peluang bisnis yang banyak diminati oleh orang-orang. 

Apalagi bisnis rumah kost itu sudah terkenal sejak dulu menjadi salah satu bisnis yang sangat menguntungkan.

Lantas, bagaimanakah cara memulai bisnis ini tanpa harus ada modalnya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Properti

Tips Memulai Bisnis Kos Kosan Tanpa Modal

Ada banyak alasan mengapa kebanyakan orang sulit memulai usaha kos-kosan. Namun dari banyaknya alasan itu, salah satunya adalah modal.

Tentu saja, untuk bisa menjalankan usaha kos-kosan dibutuhkan dana yang tidak sedikit.

Tetapi, satu hal yang perlu diketahui yaitu tidak semua bisnis harus dijalankan dengan menggunakan modal, termasuk usaha kos-kosan.

Pasti Anda bertanya-tanya bagaimana caranya, bukan? Berikut ini beberapa caranya memulai usaha kos-kosan tanpa harus punya modal:

Menjadi agen pemasaran kost

Cara bisnis kost tanpa harus memiliki modal yaitu dengan menjadi agen pemasarannya.

Jika Anda punya keahlian besar dalam bidang marketing, tidak ada salahnya untuk menjadi broker kos-kosan, karena hal itu bisa jadi peluang yang sangat besar untuk meraih keuntungan.

Cara pemasarannya pun cukup mudah, bisa dari mulut ke mulut atau dipasarkan lewat sosial media.

Perihal imbalan yang bisa diterima itu sangat bervariasi, dan umumnya akan berdasarkan kesepakatan dengan pihak yang memiliki kos-kosan.

Umumnya, Anda bisa mendapat gratis uang kos dalam periode tertentu atau komisi sekian persen dan lain sebagainya.

Apabila di lingkungan Anda kebanyakan sudah penuh kos-kosannya, maka tidak ada salahnya untuk menawarkan area kos-kosan yang ada di daerah lain.

Menjadi pengelola kost

Cara berikutnya untuk memulai bisnis kos kosan tanpa modal selanjutnya yaitu menjadi pengelola kost.

Khusus untuk cara ini, Anda bisa menawarkan diri kepada pemilik kost yang mengelola usahanya sendiri.

Biasanya, jasa ini akan sangat dibutuhkan oleh pemilik yang tinggal jauh dari rumah kost-kostannya.

Perihal gaji atau komisi, Anda bisa coba untuk mendiskusikannya bersama dengan pemilik kost.

Ingat, pada saat Anda memutuskan untuk menjadi pengelola kost, itu artinya seluruh tanggung jawab perihal kost-kostan itu ada di tangan Anda.

Tetapi jika tidak ingin repot, Anda bisa melimpahkannya ke asisten rumah tangga untuk membersihkan kost.

Selain itu, jika ingin menambah penghasilan, Anda bisa menjual berbagai keperluan anak kost, mulai dari mie instan, air minum, keperluan sehari-hari hingga pulsa.

Menyewakan kamar kosong di rumah

Cara selanjutnya yaitu dengan menyewakan kamar kosong yang ada di rumah. Misalnya, Anda punya kamar untuk tamu yang memang dikhususkan untuk keluarga yang berasal dari luar kota.

Pastinya karena tidak digunakan setiap saat, maka Anda bisa menyewakannya kepada orang lain.

Jangka waktu sewanya, bisa menggunakan sistem harian, bulanan atau tahunan. Tetapi, disarankan harian atau bulanan saja. 

Usaha kos-kosan tidak bisa dipandang sebelah mata. Mengapa?

Karena penghasilannya memang terlihat kecil, tetapi bisa memberikan penghasilan tambahan untuk membayar banyak tagihan, seperti tagihan air, telepon, listrik dan lain sebagainya.

Selain itu, bisa juga digunakan untuk berlibur ke tempat impian Anda. Dengan menyewakan kamar rumah yang kosong, maka Anda sedang belajar langkah awal sebelum akhirnya memulai usaha kos-kosan yang sesungguhnya.

Ada beberapa hal yang harus diketahui bahwa untuk menjalankan usaha sewa kost-kostan ini memang akan muncul perasaan tidak nyaman, sebab akan ada orang asing yang tiba-tiba tinggal bersama Anda di rumah.

Tetapi tidak masalah, Anda harus coba untuk membiasakan diri supaya bisa lebih nyaman lagi ke depannya.

Bisnis Kos Kosan yang Tak Butuh Modal Besar

Jika Anda sudah bisa stabil dengan tiga cara di atas, yakni melakoni usaha kos-kosan tanpa modal, maka hal selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu dengan melangkah ke jenjang yang lebih besar.

Jika sebelumnya Anda tidak membutuhkan modal, maka pada pembahasan berikut ini akan sangat membutuhkan modal, tetapi hasilnya pasti akan jauh lebih besar.

Berikut ini cara yang bisa diikuti untuk memulai usaha kos-kosan tanpa banyak modal:

Menyewa rumah untuk dijadikan kost

Cara pertama untuk memulai bisnis kos-kosan tanpa modal besar, yaitu dengan menyewa rumah yang ada di daerah sekitar kampus atau perkantoran untuk dijadikan kos-kosan.

Cara yang satu ini memang membutuhkan modal, tetapi ingat bajet yang dibutuhkan tidak akan sebesar dari dana pada saat membeli rumah kost. 

Biasanya, sistem pembayaran sewa rumah itu per tahun, tetapi Anda bisa melakukan negosiasi dengan pihak pemilik, supaya pembayarannya bisa dilakukan per bulan atau pertiga bulan sekali.

Cara ini umumnya akan membuat sang pembayar jauh lebih terasa ringan, sehingga dana yang dipunyai akan bisa dialihkan untuk memasarkan kost-kostan.

Membeli rumah di desa atau di pinggiran kota

Cara berikutnya yaitu melakukan pembelian rumah di daerah desa atau pinggiran kota. Harga properti yang ada di desa atau pinggiran kota, umumnya jauh lebih murah ketimbang properti di pusat kota.

Apabila ingin membeli di pusat, cobalah untuk membeli yang berlokasi di dekat kampus, pabrik hingga pusat perbelanjaan, karena biasanya itu yang akan menjadi idaman para penyewa.

Hal yang harus diketahui yaitu kendala utama dari para investor yaitu kesulitan dalam mengontrol properti di yang ada di kawasan pedesaan atau pinggiran kota, sehingga akan menjadi lebih baik untuk membayar orang yang sudah dipercayakan pada area tersebut, supaya lebih terkontrol.

Membeli apartemen

Cara ketiga yaitu dengan membeli apartemen. Sekarang ini, ada banyak jenis apartemen yang berlokasi strategis dan ditawarkan dengan harga cicilan murah, sehingga akan menjadi sangat terjangkau untuk dibeli pada pengusaha kost yang masih pemula.

Nantinya, ketika cicilan sudah lunas, secara otomatis Anda akan memiliki aset yang bisa dijual atau dijaminkan untuk menjadi uang muka, dalam pembelian apartemen berikutnya yang jauh lebih besar.

Bicara soal tipe unit apartemen berdasarkan jumlah kamarnya, terdapat beberapa jenis mulai dari studio, 2 bedroom, 3 bedroom da lain seterusnya.

Apartemen tipe studio umumnya akan langsung disewakan, sedangkan khusus untuk apartemen yang terdiri dari beberapa kamar, Anda bisa memutuskan apakah ingin menyewakan seluruhnya kepada satu orang atau per kamar.

Perhatikan ini saat Memulai bisnis kos-kosan

Sebelum Anda memulai usaha bisnis kost-kostan, ada beberapa hal yang sebelumnya harus dilakukan lebih dulu, supaya usahanya bisa memberikan hasil yang memuaskan, diantaranya yaitu:

  1. Disarankan untuk mencari rumah atau apartemen yang berlokasi strategis, misal berada di sekitaran kampus atau perkantoran.
  2. Menyewa rumah yang sudah punya banyak kamar, sehingga hasil sewa kost akan jauh lebih maksimal.
  3. Mencari yang sudah dilengkapi perabotan dan AC, sehingga Anda tidak harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli perabotan dan AC.
  4. Dalam rangka mengurangi risiko, berusahalah mengajak teman atau keluarga supaya ikut menanam modal usaha dalam pengembangan bisnis ini.
  5. Apabila ingin memulai usaha ini, maka waktu yang paling tepat sebelum diselenggarakannya ujian penerimaan mahasiswa baru.
  6. Tidak lupa untuk rajin melakukan promosi di sosial media.

Modal Awal Bisnis Kost-kostan

Apabila Anda bertanya soal modal usaha kos-kosan, maka ada 2 jenis modal yang dibutuhkan, diantaranya yaitu:

Modal Tekad

Siapa bilang modal tekad tidak penting? Tentu saja penting. Tanpa memiliki sebuah tekad yang kuat, Anda tidak bisa menjadi juragan kost-kostan yang sukses.

Tetapi, jika tekad yang dimiliki kuat dan besar, tentu saja walaupun jalannya tidak mudah namun untuk bisa sampai kesana akan jauh lebih mudah.

Dengan adanya modal tekad yang kuat, Anda bisa terus melakukan inovasi dan menambah pengetahuan perihal dunia bisnis kost-kostan.

Selain itu, perbanyaklah bergaul dengan pemilik kost yang lain, supaya channel Anda jauh lebih luas.

Modal Dana

Modal berikutnya adalah modal dana. Banyak orang yang sangat tertarik untuk terjun dalam usaha kost-kostan, tetapi selalu mengeluh perihal dana yang dibutuhkan.

Padahal, jika berusaha lebih keras dan mau sedikit putar otak, ada tiga jenis sumber dana yang bisa digunakan, diantaranya yaitu:

A. Dana Pribadi

Apabila Anda ingin mengumpulkan dana pribadi untuk membeli rumah kost, cobalah untuk belajar menyisihkan penghasilan Anda, atau mungkin diinvestasikan pada instrumen investasi jangka pendek dan menengah.

Selain itu, cobalah untuk menyisihkan 10 sampai 30 % dari penghasilan ke deposito, logam mulia dan reksadana.

Jika Anda ingin menggunakan dana pribadi dalam memulai bisnis kost-kostan, maka jangan lupa untuk memperkirakan kapan bisa balik modal, karena untuk bisa balik modal di usaha ini cukup lama.

Selain itu, mempersiapkan dana cadangan yang digunakan untuk kebutuhan mendadak.

B. Meminjam dari keluarga atau teman

Sumber modal usaha kos-kosan selanjutnya yaitu meminjam dari keluarga atau teman.

Biasanya ada dua cara yang akan digunakan, pertama yaitu meminjam sejumlah uang, lalu mencicilnya selama periode waktu tertentu. Sementara untuk cara kedua itu bisa berupa kerja sama atau menggunakan sistem bagi hasil.

Memang tidak dapat dipungkiri jika pinjaman yang berasal dari keluarga akan jauh lebih lunak sifatnya, baik dalam hal bunga dan jangka waktu pengembaliannya.

Tetapi, satu hal yang harus diketahui yaitu Anda harus memastikan bahwa uang yang dipinjam adalah uang yang memang tidak urgen untuk keluarga atau teman, karena untuk mengembalikannya dibutuhkan waktu yang cukup lama.

Selain itu, cobalah untuk membuat sebuah perjanjian tertulis demi mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

C. Meminjam ke bank atau lembaga keuangan

Modal pribadi berikutnya bisa meminjam langsung ke pihak bank atau lembaga keuangan.

Biasanya, jenis pinjaman yang ditawarkan untuk pembiayaan rumah kost adalah KPR, dimana agunannya bisa berupa rumah yang sudah dimiliki atau rumah yang Anda jadikan kost-kostan.

Selain KPR, jenis pinjaman lainnya yang bisa digunakan adalah gadai dan kredit usaha, dimana Anda menggadaikan kendaraan yang dimiliki atau logam mulia yang dipunyai.

Tetapi, satu hal yang harus diketahui apapun jenis pinjaman yang dilakukan, ada baiknya untuk memperhitungkan besarnya pinjaman, kemudian jangka waktu pelunasan sampai cicilan setiap bulannya dan besaran bunga dan denda, dengan tujuan meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah tadi ulasan singkat mengenai cara bisnis kos-kosan tanpa modal hingga modal-modal yang bisa digunakan untuk memulai usaha ini.

Satu yang harus digarisbawahi yaitu ketika memulai usaha, Anda harus memiliki tekad yang kuat dan niat yang benar, supaya lebih dipermudah.

Author: Content Writer

Penulis lepas di toiletbisnis.com. Berikan komentar terbaik anda, untuk menyempurnakan blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *