Panduan Lengkap Cara Membuat Whatsapp Bisnis

By Content Writer | Februari 21, 2021
cara membuat whatsapp bisnis

Bagaimana cara membuat Whatsapp bisnis seringkali banyak dicari oleh mereka yang memiliki usaha atau bisnis.

Ini ada karena memiliki Whatsapp bisnis akan membuat usaha atau bisnis Anda lebih profesional dan juga bisa memisahkan antara pesan dari kehidupan personal Anda dengan urusan bisnis Anda.

Dengan tidak tercampurnya pesan dari kehidupan personal dan juga bisnis, maka urusan bisnis Anda secara administratif lebih terorganisir.

Baca juga: Cara Membuat Facebook Bisnis

Ini juga akan menjaga pikiran Anda tetap fokus dan juga konsentrasi ketika sedang mengurusi urusan bisnis yang Anda miliki.

Apakah Cara Membuat Whatsapp Bisnis Itu Sulit

cara membuat whatsapp bisnis

Jika Anda bertanya demikian, sebenarnya jawabannya tidak. Selama ada cara yang tersedia, terutama di artikel ini, maka dapat dikatakan bahwa cara membuatnya tidaklah sulit.

Anda hanya perlu menyimak bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan dan mempraktekkannya.

Dari pihak Whatsapp sendiri membuat langkah dalam pembuatan Whatsapp bisnis juga tidak rumit.

Langkah yang diperlukan sangat simpel sehingga tidak ada alasan lagi bagi pengusaha pemula atau profesional tidak menggunakan jenis Whatsapp yang satu ini untuk bisnisnya.

Manfaat Menggunakan Whatsapp Bisnis

cara membuat whatsapp bisnis

Sebelum mengerti bagaimana langkah-langkah dalam membuatnya, maka Anda sebaiknya mengetahui dengan baik apa sih manfaat yang akan Anda dapatkan ketika membuat Whatsapp bisnis?

Tentunya jika ternyata keberadaannya sama dengan Whatsapp biasa, Anda tidak perlu repot-repot menggunakan jenis Whatsapp yang satu ini, bukan? Manfaatnya antara lain:

1. Memudahkan komunikasi antar perusahaan dengan pelanggan

Whatsapp bisnis memiliki fitur yang tidak dimiliki jenis Whatsapp biasa. Fitur ini bisa memudahkan Anda dalam berkomunikasi dengan pelanggan dengan cara yang lebih profesional dan sesuai dengan kode etik bisnis. Beberapa fitur yang sangat hebat ini yakni antara lain adalah fitur balas otomatis.

Pada fitur balas otomatis, ada sub fiturnya yakni greeting message atau ucapan selamat datang atau salam kepada pelanggan, away message atau pesan ketika Anda sedang tidak bisa membalas pesan, serta quick message yang mana merupakan pesan balas cepat.

Berbagai fitur tentang balas otomatis ini memiliki andil atas terjalinnya komunikasi yang baik antara Anda dengan pelanggan. Apalagi seperti yang Kita ketahui bersama bahwa engagement dengan pelanggan adalah hal yang sangat penting dalam melanggengkan suatu bisnis atau perusahaan.

Kemudian ini akan sangat ditekankan lagi kepada Anda yang memiliki bisnis online. Bisnis online yang tentu saja dasarnya adalah dunia online dan internet harus menjadi perusahaan yang sangat cepat tanggap dalam menjawab konsumen Anda.

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, Anda bisa melakukan follow up dengan fitur label dan statistik yang disediakan disini.

2. Kredibel

Dunia bisnis online seperti layaknya dua sisi mata koin bagi para pelanggan. Di sisi lain, pelanggan tidak perlu menghabiskan waktu untuk pergi ke store offline demi mendapatkan atau memenuhi kebutuhannya.

Tetapi dalam waktu bersamaan pada sisi lain juga mengandung resiko terkena penipuan atas oknum yang tidak bisa mempertanggungjawabkan tindakannya.

Nah, di dalam Whatsapp bisnis ini ada fitur yang dinamakan sebagai profil bisnis. Dengan begini, pembeli Anda tentunya sangat yakin atas kredibilitas toko online yang sedang ia lihat.

Para pelanggan akan mampu mengecek sendiri terkait informasi yang tercantum pada profil bisnis Anda.

Hal ini akan semakin baik apabila Anda memiliki website Anda sendiri, yang mana ini akan membuat Anda semakin kuat dalam bidang brand image yang sedang Anda bangun tersebut. Cantumkan pada profil bisnis Anda sehingga kredibilitasnya semakin kuat.

3. Kemudahan dalam promosi

Marketing adalah hal yang sangat penting di dunia bisnis, maka dari itu perusahaan Anda harus memaksimalkan sumber daya yang ada untuk hasil yang setinggi-tingginya. 

Pada zaman yang semakin modern ini, sangat tidak bijak apabila Anda hanya menggunakan satu media saja untuk mempromosikan produk Anda.

Salah satu media yang bisa Anda manfaatkan adalah keberadaan Whatsapp Bisnis ini.

Whatsapp bisnis baru saja mengembangkan fiturnya yang mana akan memberikan Anda fasilitas untuk mempromosikan produk Anda.

Disana, Anda bisa memanfaatkan katalog untuk memperlihatkan barang atau produk Anda. Katalog tersebut juga bisa dilengkapi dengan harga produk dan deskripsi.

Dengan begini, seketika perusahaan Anda memiliki produk baru, maka Anda bisa memberikan link tersebut melalui Whatsapp bisnis ini.

Dalam hal ini, Anda bisa melakukannya baik dengan cara broadcast atau dengan cara yang lain.

Cara Buat Akun Bisnis Whatsapp

cara membuat whatsapp bisnis

Kini sampailah Kita ke menu utama yang Kita tunggu-tunggu, jadi bagaimana sih cara membuat akun bisnis Whatsapp ini?

Jangan khawatir, Kami akan memberikan Anda penjelasan se jelas-jelasnya untuk cara membuat akun Whatsapp bisnis ini. Langkahnya sendiri antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Unduh atau download-lah terlebih dahulu aplikasi Whatsapp bisnis ini, yang mana bisa Unduh pada store masing-masing HP Anda. Anda bisa mengunduhnya dari Playstore google ataupun dari iOS.
  2. Langkah selanjutnya adalah Anda harus melakukan pendaftaran yang mana Anda akan diminta mengisi nomer ponsel
  3. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan nomer ponsel yang lain untuk Whatsapp bisnis Anda. Ini akan memudahkan Anda dalam tahapan verifikasi nomer.
  4. Atur profil Anda yang mana isinya adalah informasi bisnis yang penting diketahui oleh pelanggan
  5. Untuk menyetting profil, Anda bisa pergi ke menu settings, kemudian tekan business settings, dan menuju ke profil serta menyuntingnya sesuai yang Anda inginkan
  6. Pastikan berbagai informasi yang Anda berikan disana sudah akurat yang mana informasinya adalah tentang alamat, nama perusahaan atau bisnis Anda, detail kontak, dan berbagai informasi tambahan lainnya
  7. Setelah profil bisnis Anda sudah terbentuk, maka selamat! Kini Anda akan menemukan berbagai opsi yang lainnya untuk fitur tambahan Whatsapp bisnis Anda
  8. Anda bisa mengakses settings kemudian menuju ke halaman business. Disana Anda bisa menemukan berbagai opsi tentang balas pesan otomatis yakni away message, greeting message, dan juga quick message. Anda bisa menyettingnya sesuai dengan apa yang bisnis Anda butuhkan.
  9. Greeting message ini akan secara otomatis terkirim ke kontak Whatsapp konsumen jika ia mengirimkan pesan pertama kali dalam jangka waktu 14 hari tidak aktif sama sekali
  10. Berbeda dengan quick message sendiri, ia akan dapat memilih jalan pintas, membaca kata kunci yang ada, dan juga mengatur pesan dasar atas bisnis yang Anda kelola.

Ternyata membuat Whatsapp bisnis sangat mudah, kan?

Maka dari itu, Anda tidak boleh menunda lagi untuk memiliki jenis Whatsapp ini untuk kepentingan bisnis Anda sendiri.

Dengan begini, maka teknik marketing atau pelayanan Anda kepada konsumen akan meningkat dengan drastis.

Cara Membuat Whatsapp Bisnis di iPhone

cara membuat whatsapp bisnis

Bagi Anda pengguna iPhone, mungkin Anda sedikit khawatir jika ternyata dalam membuat akun ini terdapat perbedaan yang signifikan.

Tidak perlu khawatir karena Anda akan mendapat penjelasan tentang hal ini. Ini memang sudah ramai bahwa faktanya terkadang ada perbedaan dalam mengakses suatu layanan ketika Anda menggunakan android ataupun iPhone.

Sebelumnya, layanan ini tidak tersedia di iPhone. Tetapi beberapa tahun kemudian layanan ini sudah ada dan bisa Anda akses untuk kepentingan bisnis Anda.

Lalu bagaimana caranya? cara membuat business Whatsapp di Iphone adalah sebagai berikut:

  1. Mengunduh terlebih dahulu di apple store aplikasi ini, tentu saja gratis kok
  2. Selanjutnya, jangan lupa untuk mendaftarkan nomer yang dikehendaki untuk Whatsapp bisnis di aplikasi yang sebelumnya telah Anda unduh
  3. Kemudian, buat profil Whatsapp bisnis Anda yang mana isinya adalah berbagai informasi penting yang berkaitan dengan bisnis Anda tentunya
  4. Kirim pesan dan cobalah berbagai fitur yang tersedia disini

Untuk fiturnya sendiri sebenarnya hampir sama antara Whatsapp bisnis di android ataupun pada iPhone.

Tetapi, pada iPhone ada fitur pesan tertunda sehingga dapat dikatakan dengan begini ada tambahan fitur.

Meskipun demikian secara garis besar Whatsapp bisnis baik di android ataupun pada iPhone akan sama-sama memudahkan Anda dalam hal menjalankan bisnis.

Cara Membuat Whatsapp Bisnis dengan Nomor yang Sama

cara membuat whatsapp bisnis

Ada kalanya, Anda ingin menjadikan nomor pribadi Anda sebagai kontak bisnis Anda.

Ini ada banyak alasan yang melatarbelakanginya, yang mana antara lain adalah karena bisa jadi nomor Anda yang satu itu sudah dikenal oleh banyak orang. Lalu jika sudah begini bagaimana?

Jangan khawatir, Anda tetap bisa melakukannya tetapi ada konsekuensi yang juga harus Anda tanggung.

Ketika Anda menggunakan nomer yang sebelumnya sudah Anda gunakan pada Whatsapp biasa, maka nantinya seluruh chat history lama Anda akan menghilang.

Lebih detailnya, cara membuat Whatsapp bisnis dengan nomer yang sama untuk Anda antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Pada dasarnya jika Anda mengubah nomer Anda yang biasa Anda pakai menjadi Whatsapp bisnis, maka chat Anda akan menghilang. Tetapi Anda bisa menyiasatinya dengan melakukan pencadangan pesan.
  2. Download aplikasi Whatsapp bisnis ini yang bisa Anda dapatkan secara gratis baik di iOS ataupun pada android
  3. Lakukan pendaftaran dan login dengan menginput nomer yang sebelumnya sudah Anda gunakan
  4. Kemudian nanti Anda akan diminta verifikasi, selesaikan verifikasi tersebut dengan baik
  5. Jika Anda ingin memunculkan pesan yang ada pada Whatsapp sebelumya, Anda bisa memilih back up chat. Tetapi jika tidak saat itu juga, Anda bisa skip terlebih dahulu
  6. Tunggu proses memindahkan chat jika Anda berkehendak
  7. Selesai! Kini WA bisnis Anda sudah aktif dan bisa digunakan

Jadi sebenarnya, tentunya satu nomer tersebut hanya bisa digunakan di Whatsapp busines saja atau Whatsapp biasa saja.

Maka dari itu Anda harus tetap memilihnya. Tetapi meskipun demikian, tidak masalah apabila Anda sebelumnya menggunakan nomer tersebut untuk keperluan pribadi karena itu tidak berpengaruh pada pendaftaran WA bisnis.

Tips dan Trik Menggunakan Whatsapp Bisnis

Whatsapp bisnis mungkin masih sangat awam bagi Anda, padahal aplikasi ini layaknya hidden gems yang mana menyimpan banyak sekali manfaat yang tidak diketahui orang lain.

Maka dari itu, Kami menyediakan tips dan trik yang harus Anda ikuti sehingga Anda bisa memanfaatkan apa yang ada pada WA bisnis ini. Apa saja tips dan triknya?

1. Melihat statistik pesan

Angka dan data adalah hal yang sangat penting jika dikaitkan dari bagaimana perkembangan suatu bisnis.

Dikarenakan engagement antara bisnis Anda dan juga pelanggan sangat penting, maka dari itu penting sekali untuk melihat statistik pesan sebagai tolak ukur bagaimana komunikasi terjalin antara bisnis dan juga pelanggan.

Untuk fasilitas statistik ini akan menunjukkan seberapa banyak chat atau pesan yang diterima oleh perusahaan dan seberapa banyak chat yang dikirimkan kepada pelanggan.

Untuk melihat ini Anda bisa membuka  settings dan kemudian mencari menu statistik,

2. Membuat away message

Fitur yang satu ini adalah fitur yang sangat bermanfaat pada WA bisnis, tetapi ternyata tidak banyak yang mengetahui bagaimana cara memanfaatkannya.

Jadi pesan ini akan dikirimkan kepada pelanggan ketika pelaku bisnis sedang tidak ada di tempat atau jika pelayanan bisnis saat itu sedang tutup atau tidak ada. Dengan begitu, pelanggan akan mendapatkan jawaban otomatis.

Cara mengaktifkan away message ini adalah dengan melakukan tap pada menu settings, kemudian tap lagi business setting, dan pilih away message.

Anda bisa mengedit pesan default yang sudah ada yang mana bisa Anda sesuaikan dengan standar sapaan pelayanan bisnis Anda atau dengan kalimat versi Anda sendiri.

3. Mengaktifkan greeting message

Saat ada konsumen mengetikkan pesannya pada nomer bisnis Anda, maka dengan sigap greeting message akan menyapa mereka. Ini adalah bentuk keprofesionalan bisnis Anda yang disediakan fiturnya oleh Whatsapp bisnis.

Untuk mengatur greeting message ini, Anda bisa tap settings-business settings-greeting message dan tara! selesai pesan salam Anda.

Contoh greeting message ini misalnya adalah “selamat datang di Toko Aksal, selamat berbelanja. Ada yang bisa Kami bantu?” dan lain sebagainya.

Terkait isi salam jangan lupa menyebutkan identitas bisnis Anda, ya! Sehingga pelanggan tahu bahwa apa yang dituju sudah benar.

4. Jawaban cepat

Anda bisa memanfaatkan balasan cepat ini yang mana akan terjawab jika pelanggan mengucapkan kata kunci.

Untuk mengatur fitur ini, Anda bisa membuka menu settings dan kemudian business settings, dan ada menu yang namanya quick replies.

Jangan lupa untuk mengaturnya sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dengan fitur balas cepat ini, maka Anda akan semakin efektif sehingga tidak perlu membalas satu per satu atas chat atau pesan yang serupa ditanyakan pelanggan.

Selain itu, dari segi pelanggan pun akan sangat diuntungkan karena mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam hitungan detik saja.

5. Fitur Enkripsi

Fitur enkripsi ada untuk melindungi data privasi baik yang dimiliki oleh Anda sebagai pelaku usaha maupun konsumen Anda.

Untuk mengaktifkan fitur ini mudah saja kok, Anda bisa memencet “account” kemudian cari “security”. Anda juga bisa mengaktifkan keamanan dua langkah disini yang mana bisa Anda cari di settings-account-two step verifications. Nantinya jangan lupa tap enable sehingga bisa aktif.

6. Membuat pesan broadcast

Ada kalanya Anda ingin menyebarluaskan produk baru atau informasi, Anda bisa melakukannya dengan fitur broadcast yang ada pada WA bisnis ini.

Anda bisa menyusun teksnya terlebih dahulu dan menyimpannya pada copy paste Anda. Selanjutnya, Anda bisa tap menu utama yang ada tulisannya new broadcast.

Kemudian jangan lupa menandai siapa saja yang ingin Anda kirim pesannya. Setelah itu Anda bisa mengirimnya dan pesan masif Anda akan terkirim secara otomatis.

7. Membuat katalog

Tidak ada habisnya fitur yang menarik di WA bisnis ini, Anda juga bisa membuat katalog untuk kepentingan produk Anda.

Anda bisa memanfaatkannya agar produk Anda bisa terorganisir dan juga konsumen Anda semakin mudah dalam melakukan pembelian. Bagaimana cara membuat katalog ini?

Untungnya caranya sangat mudah dipahami. Yang pertama, Anda bisa membuka aplikasi WA bisnis kemudian mencari opsi lainnya, settings, business settings, dan kemudian Anda akan menemukan katalog.

Apabila Anda ingin menambahkan produk baru pada katalog tersebut, Anda bisa tap “tambah item” yang ada pada menu disana.

Kemudian jangan lupa tap galeri untuk mengunggah gambar produk katalog yang sudah Anda siapkan sebelumnya.

Sekali mengunggah, Anda bisa mengunggah hingga 10 gambar produk Anda.

Jangan lupa melengkapi produk dengan nama serta deskripsi yang jelas dan singkat.

Berikan detail opsional juga jika memang diperlukan. Detail opsional ini antara lain adalah situs web, diskon, kode unik, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk tap simpan sehingga apa yang sudah Anda edit atau tulis tidak hilang.

8. Membuat label pelanggan

Di WA bisnis ini, Anda bisa memberikan label pada kontak pelanggan untuk mengorganisir bisnis Anda.

Label yang dimaksud misalnya untuk pelanggan baru, pelanggan yang belum membayar, dan lain sebagainya.

Caranya sangat mudah antara lain adalah tap serta tahan pesan dan kemudian Anda akan menemukan menu label pada bagian atas.

Kemudian, berikan label yang sesuai dengan yang Anda kehendaki. Dengan begini, label pelanggan sudah bisa ditetapkan seperti yang Anda inginkan.

Cara Menghapus Akun Whatsapp Bisnis

Ada kalanya bisnis Anda telah selesai atau Anda ingin berpindah ke bidang lain, atau mungkin Anda merasa tidak memerlukan akun Whatsapp bisnis lagi.

Jika sudah begini, Anda bingung harus diapakan akun WA bisnis yang sudah terlanjur ada.

Tentunya tidak bijak jika dibiarkan saja karena ini akan membuat miskomunikasi bagi pelanggan karena mengira WA nya masih aktif.

Maka yang paling bijak adalah menghapus akun yang Anda miliki. Anda bahkan bisa menggunakan nomer WA bisnis tersebut lagi untuk kepentingan pribadi, asalkan Anda menyelesaikan penghapusan akun terlebih dahulu.

Bagaimana cara untuk hapus akun WA bisnis ini? yakni:

  1. Bukalah menu settings yang ada pada WA bisnis Anda
  2. Pilih menu account
  3. Kemudian Anda akan menemukan tulisan “delete my account” pilih opsi tersebut, ya.
  4. Jangan lupa input nomer awal yang sudah Anda daftarkan sebagai syarat sah untuk konfirmasi hapus akun
  5. Selesai! dan kini WA bisnis Anda sudah terhapus

Jika akun Anda sudah terhapus, maka nomer Anda sudah free alias tidak terdaftar pada Whatsapp bisnis dan sekaligus menghilang di daftar kontak pelanggan Anda.

Anda bisa menggunakannya lagi untuk nomer privat atau secara sederhana tidak akan menggunakannya lagi selamanya. Itu terserah Anda dan sepenuhnya berada di tangan Anda.

Itulah cara membuat Whatsapp bisnis yang wajib Anda ketahui.

Bahkan di artikel ini, Kita sudah belajar banyak mulai dari membuat WA bisnis di iPhone, membuat WA dengan nomer yang sama, tips dan triknya, manfaatnya, dan untuk cara menghapus akun yang ada.

Semoga dengan begini, perihal WA bisnis sudah tidak lagi membingungkan Anda. Semoga bermanfaat, ya!

Author: Content Writer

Penulis lepas di toiletbisnis.com. Berikan komentar terbaik anda, untuk menyempurnakan blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *