Contoh Proposal Pengajuan Dana Lengkap Berbagai Kegiatan

By Content Writer | Juni 23, 2021
contoh proposal pengajuan dana

Proposal pengajuan dana adalah sebuah sarana yang digunakan sebagai media pengajuan dana untuk suatu kegiatan.

Baik itu dari lingkup sekolah, masyarakat, hingga lembaga negara disebut sebagai proposal.

Proposal sendiri digunakan agar suatu acara dapat berjalan dan terlaksana sesuai rencana.

Baca juga: Cara Mendapatkan Dana Hibah

Isi dari proposal harus jelas dan realitas apa maksud dan tujuannya, sehingga orang atau lembaga yang dituju mempercayai dan menyetujui untuk memberikan dana atau sponsor dari proposal yang diajukan.

Untuk kamu yang masih bingung dengan contoh proposal yang baik dan benar, berikut beberapa contoh proposal untuk pengajuan bantuan dana. Berikut contoh-contohnya.

Contoh Proposal Pengajuan Dana Ke Perusahaan PDF

Contoh Proposal Pengajuan Dana

Berikut adalah contoh proposal untuk pengajuan dana ke perusahaan yang bisa dijadikan referensi, antara lain:

I. PENDAHULUAN

Teras Cihampelas merupakan suatu destinasi wisata yang memiliki berbagai daya tarik tersendiri, baik bagi pembeli maupun penjual. Terdapat banyak sekali pelaku usaha di destinasi wisata yang terletak di Kota Bandung ini. Mereka menjual berbagai produk yang menjadi unggulan, mulai dari souvenir tas, kaos, topi, oleh-olah khas Bandung, hingga berbagai macam kuliner.

Sebagian pelaku usaha yang ada di sana semakin lama semakin meredup karena banyaknya pelaku usaha yang berlomba untuk menarik para konsumen dengan macam-macam cara. Dengan demikian para pelaku usaha tersebut harus melakukan inovasi dalam usahanya agar tidak kalah bersaing dengan pelaku usaha lainnya.

Modal usaha yang terbatas adalah salah satu kendala yang sering dialami oleh para pelaku usaha. Hal itu pula yang dialami oleh usaha keluarga saya di destinasi wisata Teras Cihampelas, sehingga maksud dari dibuatnya proposal ini ialah untuk mengajukan permohonan bantuan dana untuk tambahan modal usaha keluarga saya.

II. LATAR BELAKANG

Maksud dari diajukannya proposal ini adalah ingin membantu keluarga saya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan mengajukan permohonan dana. Semenjak Ayah saya meninggal, saya yang seorang perempuan berusia 25 tahun bersama adik dan ibu saya yang berusia 55 tahun, tinggal di sebuah rumah kontrak di Jl. Cihampelas Cimaung RT. 03/05, Kelurahan Tamansari, Bandung Wetan.

Syukur Alhamdulillah saya masih bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari beberapa tahun terakhir dengan berjualan di Teras Cihampelas. Namun semakin lama kebutuhan hidup semakin tinggi serta banyaknya penjual yang ada di Teras Cihampelas membuat usaha saya sedikit sepi. Dengan begitu saya mengajukan proposal ini sebagai usaha untuk mengajukan permohonan dana dalam membantu usaha saya di Teras Cihampelas.

III. MAKSUD DAN TUJUAN

Dalam upaya meningkatkan taraf hidup untuk anggota keluarga, diajukanlah proposal ini sebagai bentuk permohonan bantuan dana untuk mengembangkan usaha di Teras Cihampelas.

IV. USAHA

Mie kocok khas Bandung adalah produk utama yang usaha kami tawarkan. Usaha ini dapat kami kembangkan dengan membuat inovasi, karena di tempat kami berjualan belum banyak inovasi yang dilakukan para pelaku usaha ini. Produk yang kami jual juga bisa ditunjang dengan produk minuman, seperti kopi, es teh, air mineral, dan lain sebagainya.

V. ANGGARAN DANA YANG DIAJUKAN

Terlampir.

VI. PENUTUP

Semoga usaha dan niat baik saya dapat dimudahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa dengan dipertimbangkannya pengajuan proposal ini oleh Bapak/Ibu, sehingga dapat segera terealisasikan.

Contoh Proposal Pengajuan Dana Usaha

Contoh Proposal Pengajuan Dana

Berikut adalah contoh proposal untuk pengajuan dana usaha yang bisa dijadikan referensi, antara lain:

I. LATAR BELAKANG

Ada sebuah desa yang secara geografis letaknya terdapat di pesisir pantai dan memiliki berbagai biota laut, baik ikan konsumsi hingga ikan hias, desa tersebut bernama Banjar Dinas (Nama Desa/Alamat). Ada berbagai pekerjaan yang ditekuni oleh masyarakat disana, seperti beternak dan berkebun, selain membudidayakan ikan hias skala rumah tangga. Salah satu permasalahan yang biasanya dialami oleh penduduk yang menekuni bidang pembudidayaan ikan hias adalah saat bibit ikan hias memiliki harga yang fantastis, sehingga antara biaya operasional dan tenaga yang dikeluarkan memiliki perbandingan yang tidak seimbang.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi, seperti faktor alam, produksi yang berlebihan, dan faktor-faktor lainnya. Permasalahan yang sering terjadi tersebut membuat banyak pemilik usaha dan para pekerja lebih memilih beralih profesi untuk mendapatkan penghasilan, bahkan ada yang eksodus ke daerah lain. 

II. TUJUAN

Tujuan dari dibentuknya kelompok nelayan (Nama Kelompok Usaha) Banjar Dinas (Nama Desa/Alamat) akan dijelaskan secara singkat di bawah ini, yaitu:

  1. Dengan tersedianya alat-alat penangkapan dan fasilitas penunjang lain yang memadai, diharapkan bisa meningkatkan hasil penangkapan ikan konsumsi dan ikan hias.
  2. Menjadikan menangkap ikan sebagai pekerjaan atau profesi tetap yang menghasilkan dan menjanjikan dengan membantu merubah pola pikir tiap-tiap anggota.
  3. Dengan terbentuknya kelompok nelayan yang representatif ini dapat dijadikan sebagai media bertukar pikir dan sumber informasi antar anggota.
  4. Dapat terbangunnya rasa solidaritas dan kerja sama antar anggota.

III. KENDALA

Ada beberapa kendala yang umumnya dirasakan saat kegiatan penangkapan ikan yang membuat hasil tangkapan tidak sesuai dengan yang diharapkan, baik penangkapan yang telah dilaksanakan maupun yang akan dilaksanakan. Sehingga perlu adanya hal-hal penunjang agar kendala-kendala tersebut dapat diatasi. Kendala-kendala tersebut di antaranya:

  1. Fasilitas penunjang penangkapan yang belum memadai, antara lain: Perahu Viber, Jaring Penangkap Ikan, Mesin Dorong, dan Genset.
  2. Karena masing-masing anggota kelompok adalah masyarakat yang minim penghasilan, sehingga tidak adanya modal untuk pengadaan fasilitas penunjang yang disebutkan di atas.

IV. DAFTAR KEBUTUHAN FASILITAS

Terlampir.

V. PENUTUP

Dengan dibuatnya proposal permohonan pengajuan dana ini adalah besar harapan semua kendala dapat teratasi dengan diberikannya dana kepada kelompok nelayan (Nama Kelompok Usaha) Banjar Dinas (Nama Desa/Alamat), sehingga semua fasilitas dan alat penunjang penangkapan ikan lainnya bisa terpenuhi. Lewat bantuan dari instansi terkait dan berbagai pihak yang peduli melalui program-program intensif, serta dalam pelaksanaannya melibatkan anggota kelompok nelayan dan komponen masyarakat yang memiliki misi yang sama, diharapkan akan terealisasinya kehidupan masyarakat yang lebih makmur.

Contoh Proposal Pengajuan Dana Pembangunan

Contoh Proposal Pengajuan Dana

Berikut adalah contoh proposal untuk pengajuan dana pembangunan yang bisa dijadikan referensi, antara lain:

A. Latar Belakang

Mencerdaskan kehidupan bangsa dan menjadikan manusia seutuhnya yang berbudi luhur, beriman, dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa merupakan Tujuan Pendidikan Nasional. Kerjasama dari berbagai pihak, baik pemerintah swasta maupun masyarakat serta sarana dan prasana yang memadai dalam proses pembelajaran berlangsung, diharapkan dapat membantu lancarnya kegiatan pendidikan.

Selain keadaan dan orangtua siswa yang memiliki kondisi ekonomi menengah ke bawah, keberadaan sekolah Al-Ikhlas, Kabupaten Bogor terletak cukup jauh dari pusat kota. Profesi rata-rata orangtua murid ialah sebagai buruh petani, peternak, berkebun, dan lain sebagainya. Sehingga tidak memungkinkan untuk mengajukan dana kepada orangtua murid untuk memenuhi pembangunan Gedung sekolah Al-Ikhlas.

Untuk pembelajarannya sendiri sekolah Al-Ikhlas masih meminjam kelas milik sekolah yang letaknya tidak terlalu jauh dari lokasi Al-Ikhlas. Hal tersebut dikarenakan bangunan sekolah Al-Ikhlas belum selesai dibangun. Dengan demikian, untuk membangun bangunan sekolah, kami pihak sekolah memberanikan diri untuk mengajukan proposal permohonan dana kepada para donator.

B. Tujuan

  1. Dalam rangka memenuhi kebutuhan sarana dan fasilitas kegiatan belajar mengajar sekolah, sehingga tercapainya rasa aman dan nyaman bagi para siswa dan pengajar.
  2. Tercapainya kompetensi pembelajaran sesuai standar pendidikan dengan terselenggaranya sistem pembelajaran yang bagus.
  3. Dengan diwujudkannya lingkungan sekolah yang memadai, diharapkan dapat memberikan rasa nyaman bagi seluruh masyarakat sekolah.

C. Sasaran Pembangunan

Pembangunan bangunan sekolah Al-Ikhlas.

D. Nama dan Alamat

Proyek ini dibuat dengan nama Pembangunan Bangunan Sekolah Al-Ikhlas, yang terletak di Kampung Duri, RT. 01/02, Desa Kembang Muri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

E. Rencana Anggaran

Terlampir.

F. Sumber Dana

Dana yang dibutuhkan untuk merealisasikan pembangunan gedung sekolah Al-Ikhlas adalah sebesar Rp 364.000.0000,- (Tiga Ratus Juta Enam Puluh Empat Juta Rupiah) yang didapatkan dari para donator, baik perorangan maupun instansi.

G. Panitia Acara

Penanggung jawab      : Indra Mahesa
Ketua                          : Ahmad Jaerendra
Sekertaris                    : Masayu Indira
Bendahara                   : Indah Kaluela
Anggota                      : Anah Elsa

H. Penutup

Demikianlah proposal permohonan bantuan dana untuk pembangunan sekolah Al-Ikhlas. Semoga usaha dan niat baik kami dapat dimudahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa dengan dipertimbangkannya pengajuan proposal ini oleh Bapak/Ibu, sehingga dapat segera terealisasikan. Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Contoh Proposal Pengajuan Dana Kegiatan Lomba

Contoh Proposal Pengajuan Dana

Berikut adalah contoh proposal untuk pengajuan dana kegiatan lomba yang bisa dijadikan referensi, antara lain:

A. LATAR BELAKANG

Hal penting yang wajib dilaksanakan di sekolah yang bertujuan agar peserta didik dapat menyalurkan serta mengembangkan bakat dan minatnya di luar mata pelajaran sekolah dikenal sebagai ekstrakurikuler atau pembinaan dan pengembangan regenerasi dari sebuah organisasi. Selain itu sebagai penerus perjuangan bangsa, para peserta didik sebagai generasi muda diharapkan dapat mengembangkan minatnya yang nantinya dapat berguna, termasuk di dalam pendidikan pada jalur organisasi.

B. LANDASAN HUKUM

Hal-hal yang menjadi landasan diadakannya kegiatan ini ialah:

  1. Program Kerja Sekbid tiga OSIS SMA Mulia Indah 2016/2017
  2. Program Kerja Ambaraua 2016-2017

C. BENTUK DAN NAMA KEGIATAN

Kegiatan yang dilaksanakan oleh SMA Mulia Indah adalah pertandingan Sepak Bola dan nama kegiatannya ialah Mulia CUP 2014.

D. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN LOMBA

Hari                 : Sabtu
Tanggal           : 27 Desember 2016
Tempat            : SMA Mulia Indah

E. PESERTA LOMBA

Terlampir.

F. RENCANA ANGGARAN BIAYA

Terlampir.

G. PENUTUP

Demikianlah akhir dari proposal permohonan bantuan dana untuk kegiatan lomba SMA Mulia Indah. Kami selaku panitia sangat berharap segala hal yang telah direncanakan dapat terlaksana sebagaimana mestinya dengan bantuan materi maupun moral yang akan diberikan Bapak/Ibu. Semoga kegiatan ini dapat terealisasikan dengan baik dan dapat menjadi sebuah amalan bernilai tinggi di hadapan Yang Maha Kuasa. Semoga dengan diajukannya proposal ini kegiatan lomba dapat berjalan dengan baik dan akhir kata kami ucapkan terima kasih.

Contoh Proposal Pengajuan Dana Sponsorship

Contoh Proposal Pengajuan Dana

Berikut adalah contoh pengajuan dana untuk sponsorship yang bisa dijadikan referensi, antara lain:

Proposal Pengajuan Dana Sponsor Untuk Kompetisi Film Pendek Tema Sejarah

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang

Saat ini banyak sekali pelajar yang tidak mengetahui bahkan peduli akan kisah dan sejarah daerah asalnya karena perkembangan teknologi dan modernitas yang saat ini terjadi. Kemajuan teknologi yang ada seharusnya bisa dimanfaatkan dengan baik, contohnya dalam menyampaikan informasi mengenai sejarah lokal.

Suatu identitas daerah yang bisa menjadi ciri khas yang membedakan dengan daerah lain disebut sebagai sejarah lokal. Di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali daerah, suku, cerita sejarah yang bisa dilihat dari berbagai aspek. Contohnya tokoh pahlawan, asal-usul daerah, kehidupan ekonomi dan sosial, hingga pemerintahan.

Hal-hal tersebut bisa dijadikan bahan atau tema dalam kompetisi ini sebagai bagian dari pengenalan kepada generasi muda saat ini. Cerita yang ada bisa diaplikasikan ke dalam bentuk visual yaitu film pendek setelah sebelumnya diatur terlebih dahulu ke dalam tulisan. Sehingga penyampaiannya makna dan arti dari cerita lebih mudah diterima oleh berbagai kalangan.

B. Tema

Tema perlombaan ini ialah “Sejarah Lokal Sebagai Ciri Khas dan Identitas Daerah”.

C. Tujuan

Tujuan diselenggarakannya perlombaan ini, antara lain:

  1. Sejarah lokal yang mulai terlupakan dapat dihidupkan dan diingat kembali.
  2. Gairah pelajar dalam mempelajari sejarah akan meningkat.
  3. Teknologi yang ada dapat dimanfaatkan pelajar dan menggabungkannya dengan nilai-nilai lokal.

D. Ruang Lingkup

Peserta yang bisa mengikuti lomba ini adalah siswa-siswi SMA/Sederajat seprovinsi Jawa Barat dengan membuat film pendek bertema sejarah lokal.

BAB II
PELAKSANAAN
A. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Kegiatan perlombaan akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal   : Sabtu, 17 Maret 2017
Waktu             : 10.00 WIB s/d selesai
Tempat            : Aula Fakultas Kesenian Kampus UGM

B. Syarat dan Ketentuan Perlombaan

  1. Peserta wajib siswa/siswa SMA/Sederajat di provinsi Jawa Barat.
  2. Peserta wajib mengirimkan proposal berisi gambaran secara umum sejarah yang akan diangkat ke film pendek melalui email.
  3. Setiap kelompok boleh mengirimkan lebih dari 1 proposal cerita sejarah.
  4. Peserta akan masuk ke tahap berikutnya yaitu pembuatan film pendek setelah dinyatakan lolos oleh panitia melalui email.
  5. Pembuatan film pendek harus berkelompok yang terdiri dari 3 orang.
  6. Film pendek setidaknya memiliki durasi sekitar 10 sampai 20 menit.
  7. Naskah atau skrip asli harus mengiringi pengumpulan film.
  8. Kelompok yang lolos ke tahap berikutnya akan diundang untuk menampilkannya langsung di tempat kompetisi.

C. Pendaftaran

Peserta dapat mengakses situs www.pendaftaranfilm.com untuk mendapatkan info lebih lanjut dan mendaftarkan diri. Pendaftaran dibuka sampai 28 Februari 2017.

D. Juri

Perlombaan akan dihadiri dan dinilai oleh pemerhati film, seluruh dosen universitas, dan sutradara film.

E. Susunan Panitia

Terlampir.

F. Jadwal Kegiatan

Terlampir.

G. Rincian Dana

Terlampir.

H. Ketentuan Kerjasama

  1. Peserta bisa mengirimkan anggaran dana melalui nomor rekening panitia dan konfirmasi jika sudah melakukan pembayaran.
  2. Peserta dapat langsung menghubungi panitia untuk mengkonfirmasi pemenuhan barang sebagai alat pelaksanaan kegiatan.
  3. Pihak sponsor bisa memberikan hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan.

I. Keuntungan Kerjasama

  1. Masyarakat akan lebih mengenal produk dari perusahaan.
  2. Nama instansi dapat dikenal luas di masyarakat.
  3. Nama instansi akan dipublikasikan di setiap merch acara, seperti ID Card serta kaos peserta dan panitia hingga banner acara.
  4. Pada pembukaan dan penutupan acara akan dimasukkan Ads Lips oleh MC.

J. Rekening:

Bank Mandiri 7040-XXX-XXX

Atas nama Indira Rahayu

K. Kontak Kami:

  • Penanggung jawab Sponsorship: Abi Mana (0812-1456-7856)
  • Bendahara: Maulana Abdul (0898-2323-5677)

BAB III
PENUTUP

Demikianlah akhir dari proposal yang kami buat agar terlaksananya acara yang akan segera dilaksanakan pada Februari 2017 dengan judul acara Kompetisi Film Pendek Tema Sejarah. Kami sebagai panitia berharap semua elemen yang ikut serta dalam kompetisi ini dapat bekerjasama demi kelancaran acara. Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Itulah berbagai contoh proposal pengajuan dana yang bisa dijadikan referensi dalam membuat proposal.

Semoga informasi yang telah diberikan dapat memberikan manfaat khususnya bagi pembaca yang sedang mencari contoh proposal untuk permohonan bantuan dana.

Author: Content Writer

Penulis lepas di toiletbisnis.com. Berikan komentar terbaik anda, untuk menyempurnakan blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *