17 Daftar Film Motivasi Bisnis Terbaik Tentang Kesuksesan Pengusaha

By Content Writer | Desember 4, 2020
film motivasi bisnis

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk lebih memotivasi Anda untuk menjadi seorang pengusaha, salah satunya yaitu dengan menonton film motivasi bisnis.

Saat ini, ada banyak daftar film inspirasi bisnis yang bisa ditonton dan siapa tahu setelah menonton film-film itu, Anda jadi lebih termotivasi untuk menjadi seorang pengusaha, bahkan bukan hanya pengusaha biasa melainkan pengusaha yang sukses.

Lantas, apa saja daftar filmnya? Simak ulasan ini sampai akhir!

Daftar Film Motivasi Bisnis

Inilah daftar film tentang bisnis yang bisa Anda jadikan sebagai sumber inspirasi, diantaranya yaitu:

Joy (2015)

film motivasi bisnis

Sumber foto: https://www.20thcenturystudios.com/movies/joy

Film Joy yang dirilis pada tahun 2015 merupakan salah satu film tentang entrepreneur yang kisahnya diangkat langsung dari kisah hidup seorang Joy Mangano, yang merupakan wanita yang punya paten atas 100 penemuannya.

Tidak hanya itu, Joy Mangano juga pernah berhasil menghasilkan jutaan dolar dari produk yang dijual di acara Home Shopping Network milik QVC.

Film Joy mengisahkan soal bagaimana peran keluarga pada kesuksesan seorang seperti dukungan dan lain sebagainya, dimana pada film itu Joy diketahui mengalami yang namanya jatuh-bangun untuk sampai ke puncak kesuksesannya.

Namun di tengah rintangan yang dihadapinya, Joy Mangano selalu mendapat dukungan dari keluarganya yang tidak pernah terputus dan itu yang menjadi penyemangatnya untuk terus bangkit.

The Social Network (2010)

film motivasi bisnis

Sumber gambar: id.wikipedia.org

Jika Anda bertanya film motivasi soal bisnis apa yang paling banyak diminati alias banyak ditonton, maka The Social Network adalah jawabannya.

Film ini mengangkat kisah soal perjalanan Mark Zuckerberg dalam membangun Facebook.

Dari sudut pandang cerita, film ini sangat mudah dipahami dan memperlihatkan secara nyata soal bagaimana dibangunnya sebuah perusahaan raksasa, seperti apa tantangan yang dialami oleh Mark Zuckerberg dan solusi yang dimilikinya untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Moneyball (2011)

film motivasi bisnis

Sumber gambar: id.wikipedia.org

Meskipun terdengar seperti film olahraga biasa, namun film moneyball juga menyajikan banyak sekali pelajaran seputar bisnis yang dapat dipetik banyak pelajarannya.

Disutradarai langsung oleh Bennert Miller, film ini menceritakan mengenai perjalanan dari sebuah tim baseball yang memiliki manager bernama Billy Beane yang diperankan langsung oleh Brad Pitt.

Tim baseball tersebut awalnya sempat diunggulkan, tetapi akhirnya kehilangan kekuatannya akibat kepergian para pemain besarnya yang diambil oleh tim-tim raksasa.

Namun dengan anggaran yang terbatas, Billy yang diperankan Brad Pitt berhasil mendapatkan pemain kelas dua yang punya mental juara.

Berkat kerja keras dari Billy, tim baseball yang dilatihnya pun berhasil menjadi juara di turnamen nasional dan film ini sekaligus membuktikan kalau uang bukanlah di atas segala-galanya.

Tetapi, dengan inovasi dan ketekunan yang luar biasa, klub baseball kecil akhirnya bisa mengalahkan tim raksasa walaupun dengan persaingan yang pincang.

The Wolf of Wall Street (2013)

film motivasi bisnis

Sumber gambar: id.wikipedia.org

The Wolf of Wall Street menjadi film soal motivasi bisnis lainnya yang menceritakan soal Jordan Belfort yang merupakan seorang pialang saham.

Dalam film ini, karakter Jordan Belfort diketahui rela melakukan segala cara baik itu menyuap dan menipu untuk meraih kesuksesan yang diinginkannya.

Walaupun bisnis pialang saham yang ditekuninya sukses membuatnya jadi kaya-raya, tetapi akhirnya ia harus menanggung akibat dari tindakan buruknya.

FBI berhasil mengendus kejahatan keuangan yang dilakukan oleh Jordan Belfort, dan akhirnya membuat bisnisnya hancur berantakan.

Pesan utama yang bisa diperoleh dari bisnis ini yaitu bahwa apapun yang didapatkan dari jalan kecurangan, maka dipastikan tidak dapat bertahan lama, apalagi membuat bahagia.

Margin Call (2011)

film motivasi bisnis

Sumber gambar: imdb.com

Disutradarai langsung oleh J.C. Chandor, film Margin Call merupakan film drama Amerika yang mengangkat kisah soal satu hari sebelum terjadinya krisis ekonomi AS di tahun 2008.

Film Margin Call mengambil setting waktu selama 24 jam dan menampilkan secara terang-terangan perihal aktor – aktor yang menjadi dalang dibalik runtuhnya bisnis perumahan yang ada di AS.

Tema utama dari film yang dirilis pada tahun 2011 ini yaitu keserakahan dan kelicikan dan tentunya akan menjadi sumber motivasi yang penting untuk berbisnis.

Pirates of Silicon Valley (1999)

film motivasi bisnis

Sumber gambar: en.wikipedia.org

Pirates of Silicon Valley merupakan sebuah film yang mengangkat kisah soal dua pengusaha besar dunia yakni Steve Jobs dan Bill Gates yang menjadi dalang dalam kebangkitan perusahaan teknologi di Amerika Serikat.

Dalam film ini, konflik, drama dan keahlian dari dua tokoh besar dunia dalam membangun kerajaan bisnis mereka ditampilkan begitu jelas, dan yang pasti akan membuat Anda jadi lebih termotivasi.

Startup (2015)

Sumber gambar: amazon.com

Film yang mengangkat kisah soal perjalanan bisnis dua orang sahabat yakni Kaleil dan Tom merupakan film serial televisi yang mengangkat tema soal bisnis dan sudah banyak menginspirasi banyak calon pendiri perusahaan.

Pada film ini diceritakan soal Kaleil dan Tom yang berteman dekat sejak SMA berhasil menemukan sebuah ide baru untuk membuat sebuah website yang bisa membuat penggunanya berbisnis langsung dengan pemerintah.

Dalam film Startup, Kaleil mendapat tugas sebagai pencari investor, sedangkan Tom menjadi Direktur Teknisnya.

Namun di tengah perjalanannya, mereka terlibat dalam sebuah konflik, sehingga menimbulkan pertanyaan apakah bisnis atau persahabatan mereka yang akan lebih dulu hancur.

Anda bisa langsung menyaksikannya di film yang dirilis pada tahun 2015.

The Founder (2016)

film motivasi bisnis

Sumber gambar: imdb.com

Dirilis pada tahun 2016, film The Founder menceritakan soal kisah hidup Richard dan Maurice McDonald, yang merupakan pendiri dari restoran fast food terbesar yang ada di dunia yakni McDonald. 

Film ini termasuk salah satu film motivasi bisnis terbaik yang memberikan Anda banyak pelajaran, mulai dari ide yang sederhana namun berhasil menjadi bisnis yang menghasilkan omset miliaran dolar.

Tak berhenti sampai di situ, pada film The Founder akan diajarkan juga tentang bagaimana cara untuk melakukan negosiasi dalam bisnis.

The Startup Kids (2012)

film motivasi bisnis

Sumber gambar: imdb.com

Jika mencari film tentang pengusaha terbaik, maka tidak ada salahnya menonton Startup Kids dimana film ini merupakan film dokumenter yang mengisahkan soal pemuda Amerika Serikat dan Eropa yang terjun langsung ke dalam dunia bisnis digital.

Pada film yang dirilis tahun 2012 ini terdapat wawancara dengan banyak pendiri perusahaan teknologi, mulai dari Dropbox, Vimeo dan Soundcloud. 

Di film The Startup Kids menceritakan berbagai kisah soal bagaimana pemuda mendirikan perusahaan sampai dengan kehidupan mereka sebagai pengusaha serta cerita lainnya mengenai cara yang digunakan untuk mendapatkan modal.

Ctrl+Alt+complete (2011)

film motivasi bisnis

Sumber gambar: Microsoft.com

Film Ctrl+Alt+complete merupakan film dokumenter yang menceritakan soal 5 pendiri startup, dimana dari kacamata mereka akan dilihat berbagai jenis tantangan, peluang dan lingkungan dari bisnis digital.

Apabila Anda ingin menjadi seorang pebisnis yang sukses, maka tak ada salahnya untuk menonton film yang dirilis pada tahun 2011.

Steve Jobs (2013)

film motivasi bisnis

Sumber gambar: imdb.com

Film Steve Jobs merupakan film yang diangkat langsung dari kisah nyata perjalanan pendiri perusahaan Apple, yakni Steve Jobs.

Film yang dirilis pada tahun 2013 ini menceritakan perjalanan dari Steve Jobs dimulai dari bangku perkuliahan di Reed College yang mengenalkan iPod pada tahun 2001.

Pada film ini, Anda juga akan menyaksikan bagaimana seorang Steve Jobs dikeluarkan dari universitasnya, tetapi berhasil bangkit menjadi pengusaha paling inovatif dan dihargai pada abad ke-20.

Film ini bisa dikatakan termasuk film tentang kesuksesan seseorang.

Boiler Room (2000)

film motivasi bisnis

Sumber gambar: imdb.com

Dalam film Boiler Room yang dirilis pada tahun 2000, Anda akan mendapatkan banyak pelajaran soal bisnis mengenai tanggung jawab moral yang harusnya lebih penting daripada uang.

Jika Anda ingin menjadi seorang pebisnis sukses, maka tak ada salahnya menonton film ini.

Pursuit of happyness (2006)

film motivasi bisnis

Sumber gambar: imdb.com

Tidak dapat dipungkiri jika kegagalan dalam berkarier sering kali menjadi alasan mengapa akhirnya seseorang memutuskan menjadi pengusaha.

Inilah yang coba diangkat dalam film Pursuit of happyness, dimana film yang diperankan oleh Will Smith yang memainkan peran sebagai salesman gagal, kemudian bangkrut dan ditinggalkan istrinya ketika membangun bisnis namun berhasil berjuang dan akhirnya menjadi sukses.

Bahkan dalam kondisinya yang serba terbatas, Will Smith masih berhasil mempelajari banyak hal soal pasar modal hingga akhirnya sukses mendirikan perusahaan pialang saham miliknya sendiri.

Daftar Film Seputar Bisnis yang Menginspirasi

Selain 13 daftar film di atas, inilah daftar film tentang entrepreneur yang mungkin bisa lebih menginspirasi Anda, diantaranya yaitu:

Office Space (1999)

film motivasi bisnis

Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam suatu waktu seseorang pasti mengalami rasa bosan pada pekerjaannya. Inilah yang  terjadi pada Peter Gibbons yang ada di film Office Space.

Akibat rasa bosannya itu, ia semakin sadar kalau pekerjaannya semakin sulit dan berat untuk dilakukan. Hal itu pun membuat ia merasa lelah dan akhirnya mengambil keputusan untuk berhenti bekerja dan memulai usahanya sendiri.

Alasan lainnya mengapa Peter Gibbons akhirnya memutuskan resign yaitu karena muak harus berhadapan dengan atasannya Bill Lumbergh yang sangat membuat geram.

Citizen Kane (1941)

film motivasi bisnis

Film Citizen Kane merupakan film genre drama yang memang sudah sangat lawas. Namun jangan salah, Anda tetap akan mendapatkan banyak inspirasi di film ini.

Dalam film ini, pebisnis bernama Charles Foster Kane yang merupakan pemilik surat kabar besar di New York merasa tak membutuhkan siapapun di hidupnya.

Akhirnya, meskipun rumahnya sangat mewah ia harus meninggal dalam kesendirian.

Menjelang kematiannya, Charles Foster Kane diketahui sangat menyesal atas semua hal yang sudah dipilihnya, karena akhirnya kekayaan tak sepenuhnya memberikan kebahagiaan.

Glengarry Glen Ross (1992)

film motivasi bisnis

Apabila Anda sedang mencari tahu bagaimana cara mendapatkan konsumen, maka film Glengarry Glen Ross akan menjadi film yang tepat untuk ditonton.

Film ini menceritakan soal seorang salesman yang menjadi penjual real estate yang membutuhkan kecerdasan dan rasa percaya diri yang luar biasa untuk mencapai target yang diinginkannya untuk mendapatkan reward.

Ketika Anda menonton film ini, ada banyak soal bisnis yang bisa dipelajari karena pada film Glengarry Glen Ross diceritakan bahwa dunia bisnis itu seperti hutan rimba yang memiliki banyak rintangan berbahaya.

Apabila ingin bertahan, maka Anda harus berpikir cepat tentang solusi yang akan diambil namun harus dipastikan tidak ceroboh dan gegabah.

Crocodile in The Yangtze (2012)

film motivasi bisnis

Film Crocodile in The Yangtze merupakan film jenis dokumenter yang mengisahkan soal kehidupan seorang pengusaha sukses sekaligus pendiri Alibaba bernama Jack Ma.

Pada film ini diceritakan secara jelas bagaimana perjuangan dari seorang Jack Ma yang awalnya seorang guru akhirnya berhasil membangun sebuah perusahaan startup yang sekarang berkembang begitu pesat.

Itulah tadi sedikit pembahasan soal film motivasi bisnis. Semoga menginspirasi dan memberikan banyak hal yang bisa dipetik di dalamnya.

Author: Content Writer

Penulis lepas di toiletbisnis.com. Berikan komentar terbaik anda, untuk menyempurnakan blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *