Category Archives: Ekonomi

Panduan Tentang Inkaso: Pengertian, Mekanisme, Jenis dan Manfaat

Dalam dunia perbankan terdapat banyak istilah, salah satunya Inkaso adalah. Istilah ini sering ditemui dalam dunia perbankan, tapi apakah Kamu mengetahui pengertian Inkaso? Jika belum, artikel ini akan memberimu informasi tentang pengertian Inkaso, mekanisme, jenis, dan manfaatnya. Baca juga: Pengertian Bisnis Secara Umum Inkaso Adalah Inkaso adalah salah satu layanan dalam dunia perbankan, namun layanan ini tidak dijalankan… Read More »

Jenis-Jenis Usaha Perorangan Beserta Contohnya

Ada jenis-jenis usaha perorangan yang dapat menjadi rekomendasi bagi anda, jika anda ingin memulai suatu bisnis. Bisnis merupakan pilihan yang tepat, selain bisa mendapatkan hasil dari jeri payah sendiri, di Indonesia pun kebanyakan orang masih takut untuk memulai usaha dan lebih memilih untuk bekerja di bawah naungan orang lain dengan gaji yang pasti. Padahal, membuka usaha sendiri juga… Read More »

Aspek SDM Dalam Studi Kelayakan Bisnis

Aspek SDM dalam studi kelayakan bisnis merupakan fokus terpenting dalam sektor perkembangan ekonomi. Hal ini berlaku juga di negara kita Indonesia. Di samping itu, Indonesia sedang terguncang dalam sektor ekonomi. Hal tersebut dapat dilihat dari pengeluaran yang belum stabil. Hingga pemerintah mengeluarkan terus surat hutangnya. Suatu negara bisa dikatakan maju bila memiliki sumber daya yang mumpuni. Baca juga:… Read More »

Aspek Lingkungan Dalam Studi Kelayakan Bisnis

Aspek lingkungan dalam studi kelayakan bisnis membawa pengaruh yang begitu besar. Ruang lingkup lingkungan yang dimaksud disini, meliputi kreditor, pesaing, pemasok, konsumen, dan karyawan atau sumber daya manusia yang terlibat. Dengan mengetahui aspek lingkungan tersebut, Anda akan mengetahui apakah lingkungan bisnis yang sudah Anda tentukan sesuai dengan ide bisnis Anda. Baca juga: 7 Aspek Studi Kelayakan Bisnis Tidak… Read More »

Aspek Teknis dalam Studi Kelayakan Bisnis

Aspek teknis dalam studi kelayakan bisnis dapat dipelajari dengan tujuan untuk memastikan rencana bisnis layak atau tidak untuk dilaksanakan, baik saat proses bisnis tersebut dibangun atau ketika bisnis itu sudah dijalankan. Baca juga: 7 Aspek Studi Kelayakan Bisnis Tujuan Aspek Teknis Sebelum melakukan hal-hal yang berkaitan dengan aspek teknis, ada beberapa tujuan yang harus diketahui oleh seorang pengusaha… Read More »

Hak dan Kewajiban Pelaku Usaha yang Harus Anda Ketahui

Bukan hanya Kita saja yang memiliki hak dan kewajiban. Bagi Anda yang merupakan pebisnis maka Anda juga memiliki hak dan kewajiban pelaku usaha yang harus Anda penuhi. Dengan begitu, artinya Anda telah melakukan etika bisnis dengan baik. Melaksanakan hak dan kewajiban juga membuat bisnis Anda menjadi seimbang. Bukan hanya pelaku usaha juga, nantinya Anda juga akan menemukan informasi… Read More »

Cara Membuat Bisnis Model Canvas + Template dan Contohnya

Apakah kamu sedang mencari cara membuat bisnis model canvas? Maka kamu wajib membaca artikel ini sampai selesai. Seperti apa langkah-langkahnya? Simak panduan lengkapnya di bawah ini! Apa Itu Bisnis Model Canvas Sebelum membahas langkah-langkah membuat bisnis model canvas, tidak salahnya terlebih dahulu kita membahas pengertian bisnis model canvas. Mungkin diantara kalian hanya sebatas tahu saja, tetapi belum memahami… Read More »

Macam-Macam Resiko Usaha dan Cara Mengatasinya

Memulai sebuah usaha, tentu tak bisa dilakukan dengan sehari dua hari persiapan. Perlu rancangan yang matang, analisa pasar dan kompetitor, penyusunan laporan keuangan serta nilai apa yang bakal ditampilkan kepada konsumen. Meski begitu, sebaik apapun persiapan yang dilakukan akan tetap ada resiko yang mungkin muncul yang datang dari pelbagai aspek. Baca juga: Cara Menghitung Resiko Menjalankan Usaha Usaha… Read More »

Jenis Usaha Ekonomi Yang Dikelola Sendiri / Perorangan dan Contohnya

Usaha ekonomi yang dikelola sendiri merupakan usaha yang dijalankan langsung oleh perorangan. Saat ini, ada banyak jenis usaha ekonomi yang dikelola sendiri yang bisa dicoba untuk Anda geluti. Apa saja kira-kira? Pastikan Anda menyimak ulasan ini sampai akhir. Auto lanjut baca: Macam Macam Badan Usaha Ciri-ciri Usaha Ekonomi yang Dikelola Sendiri Sebelum kita membahas apa saja jenis dari… Read More »

Prinsip Kegiatan Usaha Pegadaian – Lengkap

Apakah Anda sudah familiar dengan yang namanya Pegadaian? Atau mungkin baru pertama kali mendengar nama itu? Tidak usah khawatir, karena disini kami akan membahas lengkap perihal lembaga keuangan yang mulai populer belakangan ini mulai dari pengertian sampai ke prinsip kegiatan usaha pegadaian. Jadi, simaklah ulasan ini sampai akhir! Pengertian Pegadaian Pegadaian merupakan sebuah lembaga keuangan yang bukan bank… Read More »