Hasil Tidak Akan Mengkhianati Usaha, Mana yang Benar? Banyak yg Salah!

By Content Writer | Januari 21, 2021
hasil tidak akan mengkhianati usaha

Hasil tidak akan mengkhianati usaha adalah ungkapan yang dapat diuraikan dan menghasilkan dua kata kunci dengan makna mendalam.

Yaitu, usaha dan hasil. Seringkali kita ingin mencapai sesuatu dengan melakukan serangkaian proses dan pada akhirnya akan mendapatkan sebuah hasil yang bisa jadi memuaskan ataupun malah mengecewakan.

Hasil Tidak Akan Mengkhianati Usaha atau Usaha Tidak Akan Mengkhianati Hasil?

Istilah ini seringkali kita dengar untuk memotivasi diri atau memotivasi orang lain yang sedang mengalami sebuah proses untuk mendapatkan sesuatu.

Baca juga: 17 Film Motivasi Bisnis Terbaik

Namun, ada sebagian orang yang bilang bahwa usaha tidak akan mengkhianati hasil, adapula yang bilang bahwa hasil tidak  akan mengkhianati usaha.

Lantas, manakah yang benar?

Sebelum menentukan mana yang benar, ada baiknya kita harus mengetahui terlebih dahulu pengertian dari usaha dan hasil.

Usaha merupakan upaya yang dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan sesuatu tanpa berputus asa.

Contohnya, ketika seorang mahasiswa yang terus belajar setiap hari, pergi ke perpustakaan, tidak memiliki waktu untuk bersenang-senang dengan teman-temannya, mengikuti kelas dengan baik, mencatat semua materi yang diberikan dosen, terus membaca saat memiliki waktu luang, hal tersebut merupakan usaha seorang mahasiswa untuk mendapatkan sesuatu.

Sementara itu, hasil adalah sesuatu di mana didapatkan sesudah melakukan sebuah usaha.

Ketika mahasiswa bersedia melakukan semua usaha tersebut, tentunya terdapat dasar yang membuat mahasiswa tersebut mau melakukannya.

Dasar yang dimaksud merupakan sebuah tujuan yang ingin didapatkannya sebagai mahasiswa.

Tujuan yang ingin diperoleh, misalnya ingin mendapatkan IPK terbaik di Universitas atau bisa mendapatkan predikat mahasiswa berprestasi.

Namun, hasil akhir pada saat mahasiswa tersebut lulus, belum tentu akan sesuai dengan tujuan.

Bisa jadi, hasil dari usahanya berbuah manis, seperti nilai-nilai yang sangat baik.

Namun, bisa juga hasil yang didapatkan malah belum cukup memenuhi standar nilai yang sangat baik.

Hal itu bisa terjadi karena ada beberapa faktor usaha yang belum dilakukan dengan baik, sehingga membuat hasilnya tidak terlalu memuaskan.

Perjuangan yang dilalui saat berusaha membuat orang-orang beranggapan bahwa usaha tidak membohongi hasil atau tidak ada usaha yang mengkhianati hasil.

Yang Benar adalah “Hasil Tidak Akan Mengkhianati Usaha”, ini adalah pola sebab akibat dimana, hasil adalah akibat dan usaha adalah sebab.

Sehingga, hasil tidak akan berkhianat kepada usaha, karena hasil bergantung pada usaha, dan karena hasil adalah akibat dari usaha.

Sebuah Motivasi Bermakna

Ketika melakukan sebuah usaha, kita harus bisa mengerjakannya dengan baik dan tidak mudah untuk menyerah.

Terkadang, untuk membuat sebuah hasil yang memuaskan, dibutuhkan usaha yang ekstra dengan perjalanan yang tidak begitu mudah.

Usaha berlaku dalam segala aspek dalam kehidupan, terutama di zaman yang serba teknologi ini.

Kita semua dihadapkan dengan persaingan yang semakin ketat untuk memperoleh pekerjaan dan memenuhi kebutuhan hidup, karena semua serba mudah.

Namun, sebuah motivasi bermakna muncul bahwa ketika kita mau untuk berusaha dengan melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan tujuan atau pencapaian kita, maka akan menemukan sebuah hasil yang sesuai dengan harapan.

Hal tersebut terkesan sederhana, cukup dengan berusaha sebaik mungkin.

Melakukan proses dengan baik, jatuh bangun, dan bisa mengontrol diri di kala jenuh atau lelah saat mengalami sebuah proses usaha.

Pemahaman yang sederhana itu dapat ditarik kesimpulan dan diterapkan nantinya. Saat kita mengalami keputusasaan, kita harus mengingat tujuan yang ingin dicapai.

Ketika kita berusaha dengan sekuat tenaga, maka kita akan memperoleh hasil yang sebanding dengan upaya atau usaha yang kita lakukan selama proses mendapatkan hasil, karena tidak ada usaha yang mengkhianati hasil. Ingatlah motivasi sederhana ini, “Hasil tidak akan mengkhianati usaha”.

Author: Content Writer

Penulis lepas di toiletbisnis.com. Berikan komentar terbaik anda, untuk menyempurnakan blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *