10 Ide Bisnis Jaman Now Paling Laris dan Menjanjikan Tahun 2020

By Content Writer | Juli 24, 2020
ide bisnis jaman now

10 ide bisnis jaman now ini dapat kamu coba, untuk kamu yang masih bingung ingin berbisnis di bidang apa.

Bisnis masa kini yang menjanjikan ada banyak, tinggal kamu bisa melihat peluang atau tidak. Mari baca selengkapnya.

Langsung aja yuk kita lihat daftarnya sehingga kamu tidak melewatkan peluang-peluang jadi Sultan di bawah ini!

Daftar 10 Ide Bisnis Jaman Now

Di bawah ini merupakan daftar usaha jaman now modal kecil, antara lain:

1. Menjadi internet marketer

Yang pertama adalah menjadi seorang internet marketer. Jadi ini masuk dalam kategori teknologi, khususnya sub bisnis online.

Dengan kata lain memanfaatkan internet, komputer, dan pengetahuan tentang marketing. Memadukan ketiganya menjadi sebuah bisnis yang cocok dengan jaman now.

Bahkan dapat dibilang kalau usaha ini termasuk ke dalam jenis usaha yang menjanjikan. Melihat perkembangan pengguna internet yang semakin banyak dari waktu ke waktu.

Apalagi di jaman sekarang ini rata-rata semua orang pasti online setiap hari. Coba kamu lihat contohnya ada fasilitas WiFi di mana-mana.

Jadi memang dunia online itu bukan sebuah dunia yang baru, bahkan hingga di pedesaan sekalipun semua orang bisa mengakses internet walaupun hanya menggunakan smartphone.

Sesungguhnya ini bukan sebuah hal yang baru. Dunia IM ini sudah ada semenjak beberapa tahun lalu.

Walaupun memang sekarang ini persaingan sudah cukup tinggi. Karena memang banyak juga orang-orang yang menekuni bidang ini.

Menjadi seorang internet marketer memungkinkan kamu menjadi seorang yang kaya raya.

Karena memang sudah terbukti banyak sekali orang yang bekerja internet marketer sangat sukses.

Contohnya adalah Rico Huang. Walaupun memang Rico Huang itu mempunyai produk sendiri.

Tetapi awal mulanya tetap saja menggunakan hanya modal sedikit. Bahkan katanya Rico Huang pernah ditolak oleh orang yang dicintainya karena hanya menggunakan sepeda motor butut.

Tetapi memang kalau Rico Huang sebagai seorang IM memanfaatkan sosmed dengan sangat baik, terbukti dari followers Facebook Pagenya yang sangat banyak.

Dan memang Rico Huang tidak ragu-ragu untuk memanfaatkan penggunaan iklan pada medsos untuk promosi produknya.

Teknologi dengan basis digital memang merupakan peluang bisnis 2020 dan terbaik hingga cukup lama.

Menurut kami menjadi IM adalah pilihan tepat. Yang terpenting kamu memasarkan produk yang baik dan bermanfaat untuk orang-orang.

Contohnya Rico Huang memasarkan produk dropship, khusus untuk orang-orang yang bingung ingin berbisnis apa. Kamu juga bisa menjualkan produk orang lain atau menjualkan produk sendiri. Terserah pilihan kamu.

2. Bisnis tour and travel

Untuk kamu yang senang atau punya hobi traveling nih. Maka dapat mengubah hobi ini menjadi sebuah bisnis yang oke punya.

Karena tour dan travel merupakan trend tersendiri di anak muda, walaupun memang banyak juga yang memilih menjadi backpacker.

Untuk mengatasi itu kamu bisa membuat paketan tour backpacker, gunakan kreativitas untuk menjaring mereka.

Sekarang ini tidak hanya turis lokal saja yang banyak tetapi juga turis asing.

Karena itu ini merupakan sebuah kesempatan yang bagus agar kamu dapat membantu mewujudkan impian mereka untuk mengunjungi tempat yang memang mereka sukai.

Tanpa bantuan tour and travel ini memang bisa Cuma akan lebih sulit.

Keuntungan yang akan kamu dapatkan dari bisnis tour and travel juga cukup tinggi. Meskipun terkadang kondisi tidak mendukung.

Contohnya sekarang ini ketika semua negara dilanda virus Corona maka bisnis ini tidak berprospek. Tetapi untuk ke depannya akan kembali pulih.

Oke mengesampingkan virus Corona itu. Kalau kamu hendak membuka bisnis ini maka jaringan cukup kuat dibutuhkan, dari transportasi, tempat penginapan, destinasi wisata, dan lain-lain.

Dengan begitu kamu pun akan dapat lebih mudah ketika menawarkan paket wisata berkapasitas banyak.

Kamu dapat memulai dengan mendatangi perusahaan, mendatangi sekolah, dan instansi yang membutuhkan paketan tour yang murmer.

3. Bisnis kuliner

Yang ketiga adalah bisnis kuliner. Ini adalah bisnis yang sedang trend dan diminati banyak orang.

Pangsa pasarnya juga tidak pernah habis karena setiap hari orang-orang tentu membutuhkan makanan.

Meskipun untuk bisa berhasil kamu harus kreatif dan anti-mainstream, sehingga dapat menang dari persaingan.

Dapat dibilang kalau bisnis kuliner termasuk ke dalam jenis bisnis yang trend pada jaman modern seperti sekarang ini.

Karena banyak anak muda yang senang berkreasi dengan makanan dan minuman, dengan demikian orang-orang pun jadi banyak yang penasaran.

Bahkan kalau memang tidak bisa memasak bukan masalah besar.

Karena sekarang sudah banyak buku resep bertebaran, mulai masakan Indonesia hingga masakan Italia seperti pizza yang yummy itu.

Kalau tidak punya modal untuk membeli buku resep, atau ingin menghemat budget, kamu dapat memanfaatkan Youtube. Banyak koki-koki terkenal dari koki nasional hingga mancanegara yang share resep mereka.

Kamu tidak harus membuka depot atau stand untuk masuk dalam bisnis kuliner.

Tetapi kamu bisa juga mencoba membuat makanan kemasan seperti keripik pedas.

Kemudian memasarkan dengan dititipkan di toko-toko, warung-warung, hingga dijual secara online.

4. Bisnis franchise

Yang keempat adalah bisnis franchise. Apabila kamu tidak memiliki kemampuan khusus seperti memasak, potong rambut, mengajar, maka kamu dapat memilih bisnis franchise atau bisnis waralaba. Karena sekarang ini cukup banyak yang menyediakan franchise.

Dan franchise ini tidak terbatas pada kuliner saja. Bahkan dahulu kami pernah melihat ada yang menawarkan franchise tempat kursus. Dengan kata lain kamu di sini membeli sistem yang sudah ada.

Sangat cocok untuk kamu yang sedang mencari ide bisnis jaman now tetapi bingung ingin usaha apa.

Dan masih tidak punya pengalaman berbisnis sama sekali. Maka franchise memang adalah pilihan yang tepat.

Enaknya menjalankan usaha waralaba ini waktu kamu tidak banyak terbuang untuk melakukan eksperimen.

Yang penting kamu harus punya modal yang cukup. Termasuk modal untuk sewa tempat, membayar pegawai, dan sejenisnya. Sehingga kamu bisa tinggal dan tetap fokus bekerja yang lain.

Kalau memang satu cabang sudah sukses. Maka kamu bisa membuka cabang yang lain sehingga omzet harian akan bertambah banyak.

Karena nanti masalah merek, training, dan proses, semua akan dibantu oleh pemilik waralaba yang kamu bayar tersebut.

5. Industri kreatif

Yang kelima adalah industri kreatif. Ada banyak alternatif pilihan yang masuk dalam bidang industri kreatif ini.

Dan untuk memasarkan produk dari industri kreatif yang kamu jalankan, bisa melalui internet, contohnya menjual melalui Instagram.

Nah ini beberapa ide-ide industri kreatif yang dapat kamu coba, antara lain:

  • Desain Grafis

Apabila kamu termasuk orang yang kreatif dan bisa menggunakan software-software ilustrasi. Maka desain grafis adalah pilihan yang tepat.

Tetapi melihat jaman sekarang akan lebih baik masuk dalam bisnis ini kalau kamu sudah bisa mendesain gambar digital bukan manual.

Karena sekarang ini yang lagi ramai adalah desain digital. Contohnya untuk desain kaos distro, custom case, cutting sticker, editing photo, dan membuat logo hingga membuat karakter game Android.

  • Katering sehat

Tidak harus selalu jasa, tetapi industri kreatif itu juga bisa kamu tuangkan kekreatifan kamu dalam bidang kuliner.

Mengingat jaman sekarang ini orang-orang mulai beralih ke junk food dan hidup tidak sehat. Karena itu mereka membutuhkan yang namanya makanan sehat.

Dan kamu dapat mencoba membuat bisnis katering sehat. Sehingga selain mendapatkan keuntungan, kamu pun juga membantu orang-orang agar hidup lebih sehat dan panjang umur. Jadi double benefit!

  • Food truck

Mungkin ini di Indonesia masih terbilang jarang, jadi cukup unik. Bahkan cocok jadi tempat yang Instagramable.

Kamu hanya perlu menyewa tempat saja, untuk mobil yang digunakan sebagai food truck bisa mobil second juga tidak masalah.

Atau hanya bodi saja tanpa menggunakan mesin pun tak masalah. Yang penting kan untuk memasarkan kuliner kamu.

6. Software developer

Yang keenam adalah software developer. Untuk kamu yang punya bakat atau ilmu programming, maka kamu bisa menjadikan ini sebagai lahan bisnis. Karena sekarang cukup banyak yang membutuhkan.

Sudah banyak instansi dan perusahaan yang membutuhkan bantuan developer dalam membuat website, programming, dan lain-lain.

Di mana bisnis ini cocok untuk kalangan anak muda. Client yang bisa didapatkan cukup banyak, bahkan hingga pemilik perusahaan seringkali membutuhkan software custom. Di mana harus software developer yang membuatnya.

Untuk tarif software developer juga mahal. Karena keahlian programming tidak dimiliki oleh semua orang. Apalagi di negara Indonesia.

Masih jarang ada software developer yang memang kreatif dan profesional. Mungkin ada beberapa tapi tidak terlalu banyak.

7. Wedding organizer

Yang ketujuh adalah bisnis wedding organizer. Hari Sabtu dan Minggu tak hanya diisi untuk aktivitas liburan saja. Tetapi banyak yang menghadiri undangan pernikahan.

Karenanya ini dapat dijadikan sebagai lahan bisnis. Di mana orang-orang yang menikah itu akan membutuhkan team dalam pengaturan keperluan pesta pernikahan. Dari acara, tamu undangan, konsumsi, sampai dengan perlengkapan bagi pengantin tersebut.

Umumnya team itu ada di dalam management Wedding Organizer. Modal utamanya yakni networking. Dengan begitu akan bisa mendapatkan vendor-vendor berkualitas agar client bisa mendapatkan pesta pernikahan impian mereka.

Apakah hanya networking saja yang kamu butuhkan untuk menjalankan bisnis wedding organizer ini? Ternyata tidak, di mana kamu pun harus mempunyai team solid supaya dapat menjadi sebuah wedding organizer terpercaya.

Karena bisnis wedding organizer ini mengandalkan promosi terbaik melalui mulut ke mulut. Walaupun memang kamu juga perlu marketing tambahan, melalui website, iklan, hingga sosmed.

8. Hidroponik

Yang kedelapan adalah hidroponik. Jaman sekarang ini banyak yang hanya berfokus pada bisnis online.

Padahal meskipun sudah memasuki era modern. Tetapi itu juga berlaku untuk bidang yang lain saja, bukan hanya pada bidang internet saja, seperti IM yang sudah kami masukkan dalam list ide bisnis jaman now. Tetapi lebih luas dari itu.

Salah satunya adalah di bidang pertanian. Tetapi pertanian modern, yakni menggunakan hidroponik.

Hidroponik ini untuk kamu yang belum tahu merupakan cara budidaya tanaman di mana memanfaatkan air saja dan tidak menggunakan media tanam tanah. Jadi berbeda apabila dibandingkan dengan pertanian tradisional.

Jadi memang jauh lebih hemat dan cocok sebagai bisnis jaman now. Karena lebih bersih dan tidak memakan banyak lahan.

Bahkan bisa dilakukan di teras rumah kamu. Nanti jika sudah lebih berkembang dan modal bertambah maka kamu dapat memperluas bisnis hidroponik yang kamu jalankan.

Untuk pembahasan hidroponik ini akan kami bahas cukup panjang lebar, karena banyak yang wajib kamu ketahui.

Kelebihan dari bisnis hidroponik dibandingkan pertanian biasa, selain hemat lahan juga tanaman hidroponik bisa hidup tanpa menggunakan pestisida sekalipun.

Apabila kebutuhan nutrisi tanaman yang dibudidayakan memakai sistem hidroponik, serta dikelola secara benar.

Jadi pestisida pun tak diperlukan lagi. Selain lebih hemat waktu, biaya karena tak perlu membeli pestisida. Sayuran pun jadi lebih sehat karena bebas bahan kimia.

Dan ini disebut sebagai sayuran organik. Di mana dapat dijual di pasaran dengan harga yang lebih mahal.

Jadi kamu akan mendapatkan keuntungan ganda. Begitu pula dengan keamanan media, media air akan bebas residu pestisida.

9. Pelatihan online premium

Sekarang ini banyak orang yang bingung mencari pekerjaan. Mereka mencari sebuah bisnis yang memang tidak menggunakan modal terlalu banyak dan dapat dilakukan oleh siapapun.

Banyak juga orang yang ingin belajar. Ini namanya business to business. Jadi kamu coba membuka jasa pelatihan online premium.

Kamu boleh membuat e-book atau melatih orang-orang secara tatap muka. Yang penting mereka diharuskan membayar. Jadi ya kurang lebih anggapannya sama seperti kursus.

Tetapi sekarang kamu membagikan ilmu kamu mencari uang secara online kepada yang membutuhkan.

Untuk jenis pelatihan online yang dapat kamu pilih ada macam ragamnya, antara lain:

  • Pelatihan membuat aplikasi Android
  • Pelatihan beriklan di Facebook
  • Pelatihan beriklan di Instagram
  • Pelatihan menggunakan Google Adwords

Atau mungkin kamu bisa membuatnya lebih spesifik lagi, untuk membuat paketan advanced, contohnya:

  • Pelatihan membuat aplikasi Android Game 1 person Shooter
  • Pelatihan memasang iklan di Facebook untuk menjual Baju Muslim
  • Pelatihan beriklan di Instagram untuk mengincar target Remaja
  • Pelatihan menggunakan Google Adwords dan meningkatkan visitor website

Walaupun banyak orang yang ingin belajar dan menjadikan ini sebagai modal mereka untuk bekerja full time. Tetapi banyak juga yang penasaran ingin belajar saja.

Tidak masalah apapun tujuan mereka. Yang penting kamu menyiapkan materi yang cukup dan sesuai dengan apa yang mereka bayarkan.

Untuk tarif suka-suka kamu tetapi disesuaikan juga dengan pasaran dan materi yang kamu berikan.

Jika memang pasar tidak sanggup membayar terlalu mahal. Maka kamu bisa mengurangi biaya pelatihan online.

Tetapi ilmu yang kamu bagikan 60% saja. Ya kan disesuaikan dengan harganya. Itu adalah hak kamu dan memang ilmu yang kamu berikan sudah worthed sesuai dengan tarif pelatihan online yang dipatok.

10. Bisnis aksesoris gadget

Yang kesepuluh dan yang terakhir adalah bisnis aksesoris gadget. Jaman sekarang rata-rata sudah menggunakan laptop dan smartphone.

Baik anak muda hingga orang dewasa sekalipun juga sama.

Tetapi terkadang mereka tidak puas dengan aksesoris original yang ada pada gadget smartphone mereka. Mereka membutuhkan aksesoris tambahan.

Ada banyak jenisnya, mulai phone case custom, power bank, earphone, hard case, dan lain-lain. Mungkin ke depannya juga ada produk aksesoris baru ya boleh kamu tambahkan.

Modal bisnis aksesoris gadget juga sedikit. Tetapi dengan potensi profit yang bagus. Sekian artikel tentang 10 ide bisnis jaman now yang menjanjikan, semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Author: Content Writer

Penulis lepas di toiletbisnis.com. Berikan komentar terbaik anda, untuk menyempurnakan blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *