Cara Investasi Uang 1 Juta, Profit Tiap Bulan

By Content Writer | Juli 27, 2021
investasi uang 1 juta

Tidak perlu khawatir bagi Anda yang memiliki penghasilan rendah, karena saat ini Anda bisa memulai investasi uang 1 Juta.

Pada saat ini, kebutuhan ekonomi semakin meningkat, Anda pun harus pintar mengelola keuangan Anda.

Investasi adalah salah satu cara cerdas dalam mengelola keuangan Anda. Saat ini investasi tidak hanya dapat dilakukan oleh orang-orang berpenghasilan tinggi, akan tetapi bagi Anda yang berpenghasilan menengah ke bawah dapat juga melakukan investasi, bahkan dengan investasi modal 1 juta rupiah.

Setelah ini anda wajib baca: Bisnis Modal Kecil

Cara Investasi Uang 1 Juta

Terdapat beberapa cara untuk Anda memulai investasi dengan modal 1 juta. Anda dapat memilihnya sesuai dengan minat dan kebutuhan Anda, berikut diantaranya:

Saham

Saham identik dengan investasi dengan modal yang cukup tinggi. Namun, saat ini beberapa perusahaan mempermudah Anda dengan menyediakan main saham modal 1 juta.

Tidak hanya dengan modal 1 juta, bahkan beberapa perusahaan mematok minimal modal investasi saham hanya sebesar Rp 100 ribu saja, sehingga Anda dapat melakukan investasi di bawah 1 juta.

Investasi saham hampir mirip dengan menabung, akan tetapi sebelum membeli saham, Anda diminta untuk membuat rekening efek terlebih dahulu.

Anda dapat segera membuka rekening saham di beberapa bank sekuritas, seperti BNI Sekuritas, Mandiri Sekuritas, dan BCA Sekuritas.

Selain membuka saham secara offline, Anda yang tidak memiliki waktu untuk datang langsung ke bank, bisa membuka rekening secara online.

Keuntungan dari investasi saham sudah banyak terbukti. Pastikan Anda mempelajari terlebih dahulu hal-hal yang berkaitan dengan investasi saham, agar saham Anda dapat benar-benar menghasilkan keuntungan.

Reksa Dana

Jenis investasi reksa dana hampir mirip dengan investasi saham. Perbedaan di antara keduanya ada dalam pengelolaannya.

Untuk investasi saham, dikelola oleh Anda sendiri sebagai pemilik saham, oleh karena itu Anda harus selalu memonitor pasar saham yang sedang berjalan.

Pada investasi reksadana, uang investasi akan dikelola oleh pihak pengelola investasi atau biasa disebut Manajer Investasi.

Modal investasi pada reksa dana beragam sesuai dengan kebijakan setiap institusi. Sebagian besar, institusi memberikan nominal terendah sebesar Rp 1 Juta.

Bagi Anda yang menginginkan investasi 1 juta per bulan, dapat memilih jenis investasi ini.

Pada investasi reksadana, terdapat beberapa jenis diantaranya reksa dana pendapatan tetap, reksa dana saham, reksa dana pasar uang, dan reksa dana campuran.

Diantara keempat reksadana, reksa dana pasar uang memiliki tingkat risiko paling rendah dari jenis reksa dana lainnya.

Jenis reksa dana pendapatan tetap berpusat pada obligasi milik swasta dan pemerintah, sisa pendapatan diberikan ke pada instrument pasar uang.

Jenis reksadana campuran berada di beberapa sektor. Pendapatan dana terbesar diberikan pada obligasi dan saham, sisanya diberikan kepada pasar uang.

Risiko pada reksadana campuran memiliki tingkat yang paling besar di antara reksa dana lainnya, apalagi saat bursa saham yang sedang buruk.

Dibalik risiko yang besar, keuntungan yang didapatkan reksa dana campuran lebih besar, bahkan mencapai angka 20 % dalam setahun.

Keuntungan ini lebih besar dibandingkan dengan reksa dana lain, reksa dana pendapatan tetap dengan keuntungan 14,83 % per tahun dan reksa dana pasar uang sebesar 7,42  % per tahun.

Setiap jenis reksa dana memiliki risiko dan keuntungannya masing-masing. Jadi, Anda harus pintar dalam memilih jenis reksa dana yang Anda gunakan sebagai media investasi.

Hal yang perlu Anda ingat, semakin besar investasi yang Anda berikan maka semakin tinggi kerugian dan keuntungannya.

Emas

Emas menjadi salah satu jenis investasi paling banyak dilakukan oleh orang dengan latar belakang perekonomian beragam. Investasi emas dapat dimulai dengan modal 1 juta  rupiah.

Investasi emas memiliki keuntungan yang terbilang rendah. Namun, investasi jenis ini merupakan investasi yang paling cocok dilakukan oleh kalangan ekonomi manapun karena memiliki risiko rendah.

Investasi emas memiliki risiko yang rendah, karena tidak mengalami fluktuasi yang signifikan.

Harga emas juga cenderung stabil. Investasi emas dapat menjadi sebuah investasi yang aman bagi Anda.

Emas memiliki beragam berat dengan harga jual yang juga beragam. Pilihan ukuran emas diantaranya 1 gram, 5 gram, 25 gram, hingga 100 gram. Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan investasi Anda.

Selain berbentuk batangan, emas juga memiliki bentuk berupa kepingan bahkan ada juga yang berbentuk chip.

Jenis emas yang paling sering digunakan sebagai investasi adalah emas berbentuk perhiasan. Selain sebagai investasi, perhiasan emas juga dapat dikenakan sebagai aksesoris.

Investasi Peer to Peer

Investasi Peer to Peer mungkin masih terdengar asing bagi Anda, akan tetapi investasi ini bisa menjadi pilihan investasi dengan uang 1 juta.

Lalu apakah itu investasi peer to peer? Investasi peer to peer adalah investasi dengan sistem peminjaman dari investor kepada calon debitur untuk mendapatkan keuntungan berupa bunga.

Investasi ini mirip dengan bank, akan tetapi tidak dijalankan oleh bank. Perusahaan penyedia jasa peer to peer akan mencari calon debitur yang berpotensial untuk meminjam uang.

Selanjutnya perusahaan akan mencari calon pemodal yang akan memberikan pinjaman.

Peran perusahaan sebagai penengah antara peminjam dan pemodal, akan menghasilkan fee.

Peer to peer adalah investasi yang cukup membutuhkan kecerdikan. Investasi ini dimulai dari angka yang rendah Rp. 100.000 dan online.

Namun, bagi Anda yang masih pemula, investasi ini tidak dianjurkan. Hal ini karena investasi ini membutuhkan perencanaan yang matang, dan juga memiliki tingkat risiko yang cukup tinggi.

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Berinvestasi

Dalam berinvestasi, Anda harus benar-benar mempersiapkannya. Jika Anda salah dalam memulai investasi, bukan keuntungan yang Anda dapat justru kerugian.

Anda dapat mengetahui beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika memulai berinvestasi sebagai berikut:

Pilih tempat investasi yang tepat.

Seperti menanam pohon, ketika Anda ingin menanam pohon Anda membutuhkan tanah yang subur, agar Anda mendapatkan keuntungan berupa buah-buahan dari pohon tersebut.

Begitu juga investasi, Anda harus memilih tempat atau platform yang tepat untuk bisa mendapatkan keuntungan dari investasi.

Terutama jika Anda berinvestasi dengan saham, Anda harus memilih sekuritas yang legal dan terpercaya.

Pilihlah jenis Investasi yang tepat.

Dari sekian jenis investasi yang sudah dijabarkan di atas, Anda harus menentukan investasi mana yang cocok untuk Anda.

Sesuaikan dengan kemampuan Anda dalam pemahaman soal investasi. Setelah Anda memilih investasi tersebut, Anda juga harus mempelajari jenis investasi tersebut, agar Anda dapat menjalankan investasi tersebut dengan baik, sehingga keuntungan yang Anda dapatkan akan benar-benar Anda dapatkan.

Lakukan pembagian modal.

Salah satu hal yang harus Anda lakukan saat berinvestasi adalah dengan melakukan pembagian modal yang dimiliki. Anda bisa menggunakan keuntungan untuk digunakan sebagai aset.

Hal ini guna mencegah kerugian berlebih. Ketika Anda mengalami kerugian dalam investasi Anda, Anda masih dapat memiliki peluang untuk mendapatkan keuntungan dari investasi lain yang Anda miliki.

Jika Anda masih bingung, punya uang 1 juta investasi apa, maka Anda dapat memilih salah satu dari cara investasi uang 1 juta.

Jangan lupa juga perhatikan beberapa hal untuk memulai investasi dengan modal sedikit, namun berkeuntungan tinggi.

Author: Content Writer

Penulis lepas di toiletbisnis.com. Berikan komentar terbaik anda, untuk menyempurnakan blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *