Jenis Usaha Ekonomi Yang Dikelola Sendiri / Perorangan dan Contohnya

By Content Writer | November 5, 2020
jenis usaha ekonomi yang dikelola sendiri

Usaha ekonomi yang dikelola sendiri merupakan usaha yang dijalankan langsung oleh perorangan.

Saat ini, ada banyak jenis usaha ekonomi yang dikelola sendiri yang bisa dicoba untuk Anda geluti. Apa saja kira-kira?

Pastikan Anda menyimak ulasan ini sampai akhir.

Auto lanjut baca: Macam Macam Badan Usaha

Ciri-ciri Usaha Ekonomi yang Dikelola Sendiri

jenis usaha ekonomi yang dikelola sendiri

Sebelum kita membahas apa saja jenis dari usaha ekonomi yang dijalankan sendiri, Anda pasti bertanya-tanya apa ciri-ciri usaha ekonomi yang dikelola sendiri, bukan?

Bagi Anda yang bertanya apa saja ciri-cirinya, maka berikut ini kami paparkan secara jelas dan lengkap:

  • Dimiliki oleh individu.
  • Modal yang dibutuhkan relatif tidak besar.
  • Pengelolaannya juga tidak sulit dan relatif sederhana.
  • Keberlangsungan usaha akan bergantung pada pemiliknya.
  • Nilai jual dan tambahnya tidak begitu besar.

Jenis Usaha Ekonomi yang Dikelola Sendiri

Setiap usaha yang dikelola sendiri disebut usaha perorangan, dan jenis usaha ini beberapa ada yang memanfaatkan alam dan beberapa lainnya tidak.

Berikut ini merupakan jenis dari usaha ekonomi yang dikelola sendiri, apa saja?

1. Industri Kecil

Jenis usaha perorangan pertama yaitu industri kecil. Biasanya industri ini adalah industri rumahan, mulai dari industri souvenir, tembikar, sampai keramik.

Namun dari sekian banyaknya industri kecil, umumnya usaha kerajinan tangan akan cenderung menggunakan bahan-bahan yang terbuat dari alam, mulai dari usaha mebel kayu, anyaman hingga anyaman yang dibuat dari bahan bambu.

2. Usaha Pertanian

jenis usaha ekonomi yang dikelola sendiri

Jenis usaha perorangan berikutnya yaitu usaha pertanian yang umumnya dikelola oleh perorangan dan modal yang dimiliki biasanya terbatas.

Pelaku usahanya disebut dengan petani, namun dengan lahan dan modal terbatas, umumnya para petani memanfaatkan lahan persawahan sebagai tempat untuk menanam tumbuhan yang termasuk komoditi pertanian.

3. Usaha Jasa

Jenis usaha perorangan berikutnya yaitu usaha ekonomi jasa, dimana untuk usaha ini dipastikan berbeda dengan industri kecil dan usaha pertanian.

Kebanyakan usaha jasa juga dikelola sendiri, tetapi tak sedikit juga yang kelompok.

4. Usaha Perdagangan

Jenis usaha perorangan berikutnya yaitu usaha perdagangan, baik itu skalanya sedang atau kecil, dan usaha jenis ini tidak memanfaatkan alamat dan sangat berbeda dengan usaha pertanian.

Contoh Usaha Ekonomi Perorangan

Jika diminta untuk sebutkan contoh usaha ekonomi perorangan, maka berikut ini beberapa contoh di antaranya yaitu sebagai berikut:

1. Budidaya Organik

Dengan semakin berkembangnya zaman, masyarakat tentunya akan semakin sadar perihal kualitas dari bahan makanan yang mereka konsumsi.

Produk organik ini bisa menjadi solusi bagi siapapun yang ingin mengonsumsi makanan sehat tanpa adanya kandungan bahan kimia yang bisa mengancam kesehatan.

Komoditas organik saat ini memang masih terbatas, maka dari itu produk organik akan menjadi sangat menjanjikan untuk dijadikan usaha, karena pemasarannya bisa menyentuh semua kalangan, baik itu kalangan bawah, menengah dan yang tinggi.

2. Budidaya Tanaman Hias

Sekarang ini sudah banyak yang menekuni usaha budidaya tanaman hias, tetapi peluangnya tetap besar, karena tanaman hias menjadi suatu sistem penghijauan pada sekitar hunian yang bisa memberikan nilai estetikanya dan sudah hampir setiap rumah membutuhkan tanaman hias.

Maka dari itu, usaha perorangan ini tetap menjanjikan apalagi ketika Anda aktif mencari pasar dan jenis tanaman hias yang ditawarkan bervariasi macamnya dan harus disesuaikan dengan permintaan pasar.

3. Budidaya Rempah-Rempah

Sejak dulu, Indonesia sudah terkenal sebagai negara yang menjadi penghasil rempah-rempah terbesar yang ada di dunia, sehingga memiliki peluangnya tersendiri untuk bisa dijadikan bisnis.

Tanaman rempah memang tumbuh subur dan tersedia dengan cukup lengkap di Indonesia, karena tanaman ini biasanya digunakan untuk bumbu masak atau produk herbal yang lain.

Selain itu semua kalangan dipastikan akan membutuhkan rempah-rempah sebagai bahan pokok.

4. Jual Pupuk Tanaman

Menjual pupuk tanaman merupakan usaha ekonomi perorangan yang cukup menjanjikan, terutama jika Anda berjualan di daerah sekitar persawahan, pasti ada lebih banyak yang beli.

Jika ingin memulai bisnis ini, Anda bisa mencoba lebih dulu membuat pupuk kompos sendiri, karena pupuk ini memiliki harga jual yang cukup mahal, tetapi sangat aman dan tidak berbahaya untuk tanaman.

Maka dari itu, jika Anda melirik bisnis ini pasti akan sangat menguntungkan apabila sudah musimnya panen, karena di saat itu para petani akan membutuhkan pupuk supaya tanamannya jadi lebih sehat dan berkembang dengan baik.

5. Usaha Hidroponik

jenis usaha ekonomi yang dikelola sendiri

Usaha hidroponik juga merupakan usaha ekonomi perorangan yang bisa mendatangkan keuntungan besar, karena hidroponik merupakan salah satu cara untuk bercocok tanam yang menggunakan air sebagai medianya, sehingga tanamannya akan dipastikan bebas dari pestisida dan hama dan harga jualnya pasti akan jauh lebih mahal.

Dari itu bisa disimpulkan jika keuntungan yang bisa diperoleh kemungkinan pasti sangat besar.

6. Home Industri Daur Ulang Sampah

Sekarang ini sangat banyak yang mendaur ulang sampah menjadi barang-barang yang bisa dipergunakan lagi.

Anda harus memulainya dengan memisahkan setiap sampah untuk lebih memudahkan proses daur ulangnya.

Modal utama untuk memulai bisnis ini yaitu kreativitas yang dimiliki dan daya imajinasi yang dimiliki, sehingga berbagai macam sampah bisa diolah

7. Usaha mengolah Kain Perca

Usaha mengolah kain perca menjadi jenis usaha ekonomi perorangan lainnya yang juga menjanjikan.

Anda bisa kembali mengolah kain perca untuk jadikan tas anak , sprei, sarung bantal dan masih banyak lagi hal lainnya.

Kesuksesan usaha ini akan sangat bergantung pada imajinasi Anda. Baik itu bentuk yang ingin dibuat, motif dan hal lainnya yang membuat produk Anda lebih bernilai dari yang lain.

8. Pudding Art

Puding menjadi salah satu makanan yang sangat disukai oleh semua kalangan yang ada di masyarakat.

Makanan ini umumnya dijadikan sebagai makanan penutup alias hidangan pencuci mulut.

Dengan semakin berkembangnya waktu, semakin banyak pula yang menjadikan puding sebagai pengganti kue ulang tahun atau yang biasa disebut pudding art, dimana proses pembuatannya akan menggunakan spuit ketika melukis bagian dalam dari puding agar terbentuk menjadi lukisan yang bagus dalam puding.

9. Membuat Makanan Khas

Sampai saat ini, makanan khas masih menjadi peluang yang bagus ketika hendak memilih usaha.

Makanan khas pun termasuk salah satu usaha ekonomi perorangan yang memiliki daya tarik tersendiri, terutama bagi wisatawan luar kota yang datang ke kota Anda.

Seperti contohnya di Yogyakarta yang terkenal dengan ciri khas gudegnya, pasti hampir seluruh wisatawan yang datang ke kota itu akan mencicipi yang namanya gudeg karena saking penasaran dengan rasanya.

Dengan begitu, hal ini akan menjadi peluang usaha yang bagus untuk mulai dijalankan.

Demikianlah pembahasan singkat soal jenis usaha ekonomi yang dikelola sendiri dan bisa coba dijalankan.

Apapun yang dipilih sebaiknya sudah melalui pertimbangan yang matang sehingga dalam menjalankannya Anda bisa maksimal.

Author: Content Writer

Penulis lepas di toiletbisnis.com. Berikan komentar terbaik anda, untuk menyempurnakan blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *