Bagaimana Cara Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang?

By Content Writer | April 24, 2021
Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang

Saat ini semakin banyak orang khususnya masyarakat Indonesia yang berjualan online tanpa modal dan stok barang.

Apalagi, saat ini juga jualan online yang tanpa modal dan stok barang dikatakan dapat menghasilkan untung yang cukup besar.

Bagaimana sih cara jualan online tanpa modal dan stok barang?

Aktifitas seperti ini disebut bisnis dropship, cara jualannya bisa dengan memanfaatkan marketplace seperti shopee, tokopedia, bukalapak atau mendaftar di situs-situs khusus dropshipper.

Karena semakin ke sini era teknologi internet semakin berkembang dengan pesat dan teknologi internet juga terus mengeluarkan inovasi terbarunya, maka tidak mengherankan jika profesi dropshipper semakin bisa dilakukan dengan mudah.

Biasanya, orang-orang yang memilih berprofesi sebagai dropshipper akan berjualan melalui platform marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan platform-platform marketplace sejenis ini lainnya.

Tips jualan online tanpa modal dan stok barang

Cara Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang

Meskipun menjadi dropshipper tidak mengharuskanmu menyediakan modal terlebih dahulu sebelum berjualan, akan tetapi untuk menjadi seorang dropshipper kamu juga membutuhkan ilmu-ilmu khusus supaya bisa menjadi dropshipper dengan keuntungan yang berlimpah.

Umumnya, seorang dropshipper yang masih pemula atau yang baru saja berkecimpung di dunia ini sering mencari tips-tips yang bisa mereka ikuti untuk menjadi dropshipper dengan keuntungan yang berlimpah. Oleh karena itu, simak dengan baik beberapa tips yang ada di bawah ini:

1. Pilihlah produk dan partner kerja yang tepat

Cara Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang

Tentu langkah pertama atau tips paling utama untuk menjadi dropshipper dengan keuntungan yang berlimpah adalah memilih produk dan partner kerja yang tepat.

Sebab, jika kamu tidak bisa memilih kedua hal ini dengan tepat, maka bukan keuntungan yang mendatangimu namun kerugianlah yang akan mendatangimu.

Kamu diwajibkan untuk selalu menjaga hubungan dengan partner kerjamu atau bisa juga disebut dengan supplier.

Pasalnya, tanpa adanya supplier maka bisnis yang kamu jalankan itu tidak akan bisa berjalan dengan semestinya.

Ketika hubunganmu dengan supplier memburuk, maka tidak ada barang yang sampai ke pembelimu, dan hal ini akan menjadikan nama tokomu memburuk.

Lalu, untuk pemilihan produk atau barang yang tepat guna dijualkan kembali juga membutuhkan beberapa tips yang di antara lainnya adalah:

  • Pilih produk yang ringan dan tahan lama, supaya dapat mengurangi resiko rusak selama proses pengiriman barang.
  • Hindari produk yang berat, dan memiliki volume yang berat. Sebab, produk yang memiliki ukuran dan volume yang berat, akan membuat ongkos kirimnya menjadi mahal dan resiko terjadinya kerusakan pun tinggi. Jadi, usahakan untuk menjual barang yang memiliki permintaan tinggi dalam jangka waktu yang lama.
  • Jual produk-produk yang sedang populer di pasaran. Namun, tentu jual produk-produk yang diprediksi dapat menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit, jadi jangan hanya melihat dari tingkat kepopulerannya saja.

2. Tambahkan nilai jual yang menarik dan berbeda dengan lainnya

Cara Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang

Sebagian besar calon konsumen akan mencari barang yang diinginkannya dari harga yang paling terendah, jadi usahakan untuk memberikan harga yang relatif murah pada produk-produk yang kamu jual, tapi tentu saja harga ini sudah termasuk dengan laba yang akan kamu dapatkan.

Selain itu, kamu juga perlu memberikan nilai jual yang menarik dan berbeda dengan lainnya seperti memiliki customer service yang andal, jaminan waktu pengiriman yang lebih cepat, ongkos kirim gratis, hadiah pelanggan, dan nilai jual seperti ini lainnya.

3. Perhatikan dengan baik cara memasarkan bisnis

Cara Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang

Tentu hal paling utama yang perlu untuk diperhatikan dalam pembuatan toko online adalah branding-nya. Pasalnya, toko online tanpa branding ke depannya akan lebih mudah untuk dilupakan.

Langkah utama untuk melakukan hal ini adalah memberi nama tokomu dengan nama yang sesuai dengan bisnis kamu itu.

Setelah itu kamu bisa membuat logo tokomu supaya bisa terlihat lebih menarik lagi di hadapan para calon konsumen.

Untuk mencapai tingkatan tertinggi dalam brand awareness, kamu bisa melakukan promo besar-besaran namun sesuai dengan budget-mu atau bisa juga bekerja sama dengan salah satu influencer serta teman-teman dekatmu untuk mempromosikan toko online-mu tersebut.

4. Lakukan survei pasar

Cara Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang

Untuk mendapatkan keuntungan yang berlimpah, maka kamu perlu melakukan survei pasar untuk mencari tahu produk apa yang sedang populer pada saat itu.

Selain itu, dalam kegiatan survei pasar, kamu juga jadi bisa mengetahui target pasar kamu siapa saja dan dari kalangan umur berapa saja.

Jadi, kamu bisa tahu cara-cara seperti apa saja yang bisa membuat toko online-mu semakin banyak pembeli.

5. Jual produk original

Cara Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang

Supaya mendapatkan kepercayaan dalam jangka waktu yang panjang dari para konsumen atau pelangganmu, maka usahakan untuk selalu menjual produk yang original.

Sebab, jika kamu ketahuan menjual produk yang palsu, maka para konsumenmu pasti akan merasa kecewa dan memilih membeli di toko online lainnya untuk mendapatkan produk yang original.

Cara jualan di Shopee tanpa stok barang

Cara Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang

Shopee adalah salah satu platform marketplace terbesar di Indonesia, sehingga tidak heran jika banyak dropshipper yang memilih menjalankan bisnisnya disini.

Nah, untuk menjadi dropshipper di Shopee, tentu kamu harus memiliki akun terlebih dahulu. Bagaimana cara membuat akun dropshipper Shopee? Berikut langkah-langkahnya:

  • Buat akun Shopee dengan cara yang sudah tertera di aplikasi, caranya cukup mudah kok, kamu hanya perlu mengikuti petunjuk yang sudah ada.
  • Aktifkan fitur gratis ongkir untuk menarik perhatian para calon konsumen.
  • Masukkan data rekeningmu dengan lengkap dan benar supaya proses pencairan dana dapat berhasil dengan lancar.
  • Untuk alamatnya, kamu harus memasukkan alamat yang sesuai dengan alamat supplier yang kamu pilih.
  • Unggah foto produk yang jelas dan berikan deskripsi produk yang akan kamu jual.

Setelah berhasil membuat akun Shopee yang akan kamu jadikan sebagai wadah bisnismu nanti, kamu bisa memulai bisnis dropship-mu itu. Berikut cara-cara untuk menjadi dropshipper di Shopee:

1. Cari dan pastikan barang atau produk yang akan kamu jual

Dengan beragamnya barang atau produk yang ada di dunia ini, tentu akan semakin mudah bagimu untuk memilih produk yang akan kamu jual.

Namun, lebih baik jika kamu memilih menjual produk yang paling sering dicari oleh banyak orang dari kalangan usia berapa pun.

2. Cari dan pastikan supplier untuk barang yang akan kamu jual

Setelah memilih dan memastikan produk apa yang akan kamu jual, maka kamu perlu mencari dan memastikan supplier mana yang akan menjadi partner kerjamu. Tentu kamu harus memilih supplier yang dapat dipercaya.

Pada langkah yang satu ini, kamu perlu fokus untuk melakukannya, karena mencari supplier yang terpercaya merupakan kegiatan yang cukup sulit untuk dilakukan.

Jadi, kamu yang berperan sebagai dropshipper harus bijak dan fokus dalam mencari supplier yang memiliki harga terbaik dan kualitas terbaik.

3. Siapkan modal dalam angka yang sedikit

Ya, memang profesi yang satu ini tidak mengharuskanmu untuk menyediakan modal terlebih dahulu, akan tetapi kenyataannya masih memerlukan modal yang tidak terlalu banyak.

Modal yang sedikit ini nantinya akan digunakan untuk membayar barang pesanan konsumen terlebih dahulu kepada supplier.

Setelah itu, barulah ketika konsumen sudah menerima produk yang dibelinya dengan baik, kamu baru bisa mendapat keuntungannya.

Karena cara untuk menjadi dropshipper di Shopee terbilang sangat mudah, jadi sampai saat ini masih banyak orang yang memilih untuk menjadi dropshipper di Shopee. Apalagi pengguna Shopee sudah sangat banyak.

Cara mendaftar dropshipper diTokopedia

Cara Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang

Sama dengan platform marketplace Shopee, Tokopedia juga termasuk platform marketplace terbesar di Indonesia.

Meskipun dulu sempat kalah dengan Shopee, akan tetapi sekarang pengguna platform yang satu ini juga tidak kalah banyak, sehingga banyak dropshipper yang memilih menjalankan bisnisnya di Tokopedia.

Cara untuk menjadi dropshipper Tokopedia pun tidak kalah mudah dengan menjadi dropshipper di Shopee. Bagaimana caranya?

1. Cari dan tentukan produk yang akan kamu jual

Sama halnya dengan menjadi dropshipper di Shopee, ketika kamu memilih untuk menjadi dropshipper di Tokopedia pun kamu perlu untuk mencari dan menentukan produk yang akan kamu jual terlebih dahulu.

Pasalnya, pencarian dan penentuan produk memang langkah paling utama untuk menjadi dropshipper.

Kamu bisa memilih produk yang paling laris di Tokopedia untuk kamu jual kembali.

Cara untuk mengetahui produk apa saja yang sedang laris di Tokopedia adalah dengan mengunjungi halaman beranda Tokopedia dan melihat daftar hot list, maka disana kamu bisa melihat produk apa saja yang paling laris di dalam kurun waktu tertentu.

2. Pilih supplier yang terpercaya

Setelah memastikan produk apa yang akan kamu jual, maka kamu perlu memilih dan menentukan supplier mana yang menurutmu bisa dipercaya.

Lakukan perbandingan antar-supplier dan perhitungkan mana yang menurutmu memiliki kualitas produk, harga, dan layanan terbaik.

3. Registrasi akun di Tokopedia

Setelah itu barulah kamu harus membuat akun Tokopedia. Pada tahapan ini, kamu perlu mengisi semua data dirimu dengan benar dan lengkap.

Kemudian, jangan lupa juga untuk membuka email dan lakukan verifikasi pendaftaran dengan tombol aktivasi akun.

4. Membuat toko di Tokopedia

Setelah berhasil membuat akun di Tokopedia, maka kamu harus membuat toko di Tokopedia. Isi semua data yang terdapat pada kolom formulir, mulai dari nama toko, slogan, dan deskripsi toko.

Setelah itu, kamu perlu mengatur metode pengiriman yang kamu butuhkan, kamu perlu menyesuaikan dengan metode pengiriman apa saja yang bisa dilakukan oleh supplier.

Setelah isi formulir sudah terisi semua, maka kamu tinggal klik opsi buka toko untuk mengaktifkan tokomu di Tokopedia. Selesai, kamu sudah berhasil membuat dan mengaktifkan toko di Tokopedia.

5. Menambahkan produk di toko online milikmu

Tentu setelah berhasil membuat toko, kamu perlu menambahkan produk di toko online-mu tersebut.

Ketika kamu sudah berhasil menambahkan produk yang akan kamu jual tersebut, maka iklan produkmu itu sudah bisa dilihat oleh semua pengunjung Tokopedia.

Bagaimana, tidak kalah mudah bukan? Meskipun sampai saat ini masih banyak yang memilih menjadi dropshipper di Shopee dibanding Tokopedia, akan tetapi seiring berjalannya waktu pasti akan semakin banyak yang juga memilih menjadi dropshipper di Tokopedia.

Jadi, mulailah menjadi dropshipper dari sekarang, karena keuntungan yang akan didapatkan bisa berlimpah-limpah.

Daftar situs supplier dropship terpercaya

Cara Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang

Dropship adalah istilah dari kegiatan berjualan yang tanpa harus memiliki stok barang.

Karena dropshipper adalah seseorang yang menjual barang yang dimiliki supplier dropship, maka seorang dropshipper sudah pasti harus bisa memilah mana supplier dropship yang mampu untuk dipercaya dalam jangka waktu yang lama.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sekarang ini keberadaan supplier dropship semakin marak bermunculan, sehingga semakin susah bagi para dropshipper untuk memilih mana supplier dropship yang paling terpercaya.

Nah, supaya kamu-kamu tidak akan merasa kesulitan untuk mencari supplier dropship yang terpercaya, maka kami akan memberikan daftarnya secara lengkap. Berikut daftar supplier dropship yang terjamin terpercaya:

  • Supplier.id, supplier dropship yang satu ini menawarkan keuntungan sebanyak 20% hingga 70%.
  • Dusdusan.com, berbeda dengan situs sebelumnya, untuk mendaftar sebagai dropshipper di situs ini, kamu perlu membayar pendaftaran member yang sebesar Rp. 150.000,00.
  • Bandros.co.id, situs ini berperan sebagai jembatan antara UMKM Indonesia dengan para pembeli. Sama dengan Dusdusan.com, untuk bergabung dengan Bandros.co.id juga mengharuskanmu untuk membayar biaya registrasi yang sebesar Rp. 75.000,00.
  • Win Market, selain berperan sebagai supplier dropship, situs ini juga memiliki fitur untuk memudahkanmu dalam pembuatan toko online secara mandiri. Menarik bukan?
  • Tanah Abang Market, siapa sih yang tidak mengenai pasar Tanah Abang? Nah, situs ini dibuat karena terinspirasi dengan pasar Tanah Abang tersebut. Seperti halnya dengan pasar Tanah Abang, situs ini juga menyediakan ribuan produk tekstil untuk dijual kembali dalam sistem dropship.
  • Dropshipaja.com, situs ini menawarkan keuntungan yang sampai mencapai angka 70% dari harga produk yang terjual.
  • Jakartagrosir.com, situs ini menawarkan keuntungan yang sangat tinggi, yakni mulai dari 30% hingga 100%. Produk yang ditawarkan di situs ini pun sangat beragam dan rata-rata sangat mudah untuk dijual.

Tips untuk mencari dropship

Cara Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang

Karena mencari dropship yang terpercaya terbilang cukup susah, maka kamu perlu untuk mengetahui strategi-strategi atau tips-tips untuk mencari supplier dropship.

Berikut tips-tips yang bisa kamu ikuti untuk mencari dropship:

Pastikan kebijakannya

Hal yang paling utama untuk diperhatikan dalam pemilihan supplier dropship adalah proses pengembalian barang.

Sebab, tidak sedikit pelanggan yang akan menghubungi sang penjual yaitu kamu pada saat mendapat barang yang cacat atau rusak.

Jadi, lebih baik kamu memilih supplier dropship yang memiliki kebijakan pengembalian barang yang mudah.

Pastikan kualitas produk

Tentu kualitas produk juga tidak bisa kamu abaikan begitu saja, jika produk yang kamu jual memiliki kualitas yang jelek, maka pembeli tidak akan kembali ke tokomu dan kamu akan kehilangan pelanggan.

Maka dari itu, kamu perlu memastikan kualitas produk yang dijual supplier dropship pilihanmu terbilang bagus.

Memiliki teknologi bisnis

Supplier yang profesional biasanya pasti akan memiliki database-nya sendiri untuk menyimpan data produk.

Nah, kamu disarankan untuk memilih supplier dropship yang memiliki sistem ini, karena hal ini juga akan menguntungkanmu.

Waktu pengiriman yang cepat

Sebagian besar pembeli pasti akan memilih toko yang menawarkan waktu pengiriman yang relatif cepat.

Jadi, kamu harus memilih dan memastikan bahwa supplier dropship pilihanmu itu memiliki waktu pengiriman yang cepat.

Jadi apakah keinginanmu untuk menjadi dropshipper mulai muncul?

Jika iya, maka mulailah persiapkan dirimu dari sekarang, karena untuk menjadi dropshipper banyak hal yang perlu dipelajari dan dipersiapkan.

Karena sistem dari penjualan ini adalah jualan online tanpa modal dan stok barang, jadi semua orang bisa melakukannya dengan mudah selagi memiliki smartphone dan jaringan internet yang memadai.

Selamat mencoba dan rasakan sendiri keuntungannya!

Author: Content Writer

Penulis lepas di toiletbisnis.com. Berikan komentar terbaik anda, untuk menyempurnakan blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *