Baca Dulu Kerugian Investasi Emas Antam Sebelum Anda Beli

By toiletbisnis | Maret 21, 2021
kerugian investasi emas antam

Artikel ini akan mengupas informasi lengkap mengenai kerugian investasi emas antam.

Kira-kira apa saja kerugiannya?

Yuk cari tahu selengkapnya di bawah ini dengan membaca dari awal sampai akhir!

Baca juga: Ciri Ciri Investasi Bodong

Apa Kerugian Investasi Emas Antam?

Kerugian Investasi Emas Antam

Ringkasnya, berberapa kerugian investasi emas diantaranya berdampak kecil terhadap ekonomi riil, harga fluktuatif, jangka waktu panjang, kenaikan lambat saat ekonomi stabil, resiko kehilangan dan selisih harga beli dengan harga jual.

Emas sudah digunakan oleh manusia sejak ribuan tahun yang lalu baik itu sebagai alat transaksi atau alat untuk menyimpan aset.

Sampai zaman modern ini pun emas masih memegang peran pentingnya sebagai alat penyimpan kekayaan. Tidak hanya untuk perorangan tetapi juga negara.

Misalnya seperti, data dari World Gold Council pada tahun 2020 menyatakan bahwa Amerika Serikat mempunyai cadangan devisa sebesar 78,2% berupa emas yaitu sebanyak 8.133,5 ton dan menjadi yang paling banyak di dunia.

Sementara Indonesia ada di posisi ke-42 yaitu dengan jumlah sebanyak 78,6 ton emas atau sama dengan 3,5 persen dari jumlah cadangan devisa negara.

Seiring berjalannya waktu akan ada banyak pilihan investasi yang tersedia, tetapi emas juga masih mempunyai banyak peminat karena dianggap sebagai logam teraman untuk menjaga nilai kekayaan yang dimiliki seseorang dari inflasi.

Selain itu, emas juga merupakan alat untuk menyimpan harta yang mudah ditemukan dimana-mana atau bisa dengan mudah dicairkan karena Anda hanya tinggal ke toko emas saja.

Adapun beberapa jenis investasi emas seperti sertifikat emas, emas perhiasan, saham pertambangan emas, koin emas, direct selling, reksadana emas, dan emas batangan.

Emas batangan juga mempunyai beberapa jenis misalnya seperti Lotus Archi produksi Lingga Pratama, UBS produksi PT Untung Bersama , Galeri24 produksi Galeri24 yang merupakan anak perusahaan dari PT Pegadaian (Persero), dan Antam yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang atau disingkat sebagai Antam.

Investasi emas yang akan dibahas adalah investasi emas batangan jenis antam dan di bawah ini akan dijelaskan informasi mengenai kerugian dan keuntungan investasi emas antam, antara lain:

Daftar Kerugian Investasi Emas Antam

Kerugian Investasi Emas Antam

Walaupun demikian pada setiap jenis investasi tidak ada yang sempurna. Dibalik keuntungannya, investasi emas juga mempunyai beberapa kelemahan yang jarang atau kurang diketahui oleh orang banyak.

Adapun beberapa kekurangan atau kerugian dalam berinvestasi emas antam, antara lain:

Hanya berdampak kecil terhadap ekonomi riil

Kerugian Investasi Emas Antam

Berinvestasi emas antam tidak dapat memberikan banyak kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi secara riil.

Hal tersebut bisa terjadi di karena keuntungan yang diperoleh cenderung akan digunakan untuk kepentingan pribadi seorang investor walaupun beberapa diantaranya menggunakan keuntungan tersebut untuk memenuhi kebutuhan belanja.

Berbeda pula jika seorang investor mempunyai investasi dalam bentuk saham perusahaan.

Keuntungan yang bisa diperoleh dari investasi tersebut adalah akar dari keuntungan suatu perusahaan yang bisa digunakan lagi oleh perusahaan sebagai investasi atau ekspansi bisnis sehingga bisa memproduksi produk lebih banyak dan jauh lebih baik.

Harga yang fluktuatif

Kerugian Investasi Emas Antam

Walaupun harga emas cenderung selalu meningkat tetapi peningkatan tersebut tidak bisa terjadi setiap hari dan bukanlah suatu kejadian yang terjadi dalam waktu singkat.

Dikatakan harganya cenderung meningkat karena ditinjau dalam waktu beberapa tahun.

Tidak hanya mengalami kenaikan tetapi emas pun juga bisa mengalami penurunan harga jual.

Harga yang berubah-ubah ini seringkali berpotensi menyulitkan seorang investor emas untuk bisa menghitung nilai investasi emas yang bisa dimiliki pada masa yang akan datang.

Mungkin juga ada beberapa investor yang akan memutuskan untuk mengambil nilai tengah dari sebuah fluktuasi harga per gramnya guna menghitung nilai investasi di masa mendatang dengan suku bunga tertentu.

Hal tersebut mungkin tidak akan berpengaruh besar pada seorang investor emas yang jumlah investasinya tidak terlalu banyak tetapi akan bisa menjadi pertimbangan besar mengenai harga yang fluktuatif ini bagi seorang investor dengan jumlah investasi emas yang cukup banyak.

Jadi jika Anda mempunyai rencana untuk berinvestasi emas dalam jumlah yang besar, maka pertimbangkanlah faktor fluktuasi harga emas ini.

Investasi dalam jangka panjang

Kerugian Investasi Emas Antam

Jenis investasi emas baik itu perhiasan atau Antam bukanlah suatu alternatif yang cocok untuk seorang investor dengan tujuan ingin mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu pendek.

Fluktuasi harga emas cukuplah besar, sehingga tidak bisa menjamin seorang investor akan memperoleh keuntungan besar dalam waktu yang singkat pula.

Naiknya harga emas pun juga membutuhkan proses yang cukup lama sehingga untuk memperoleh keuntungan dari selisih harga beli dengan harga jual, tidak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat.

Fluktuasi pada harga emas juga banyak dipengaruhi oleh faktor nilai tukar mata uang nasional kepada mata uang asing.

Adapun penyebab lain yaitu kondisi finansial masyarakat pada suatu daerah tertentu.

Saat masyarakat tersebut sedang ada dalam kondisi finansial yang bagus maka investasi lain yang keuntungannya cukup menjanjikan dan hanya membutuhkan waktu yang lebih singkat misalnya seperti investasi saham akan terlihat menarik.

Sehingga pada akhirnya investasi emas pun mulai ditinggalkan.

Kenaikan harga yang lambat saat ekonomi sedang stabil

Kerugian Investasi Emas Antam

Harga emas akan naik saat kondisi ekonomi dalam keadaan yang tidak stabil. Bisa jadi pula dalam keadaan tersebut inflasi lah yang menyebabkan naik dan turunnya harga emas.

Jika inflasi lebih tinggi dibandingkan perkiraan masyarakat maka tidak menutup kemungkinan jika harga emas akan naik.

Begitu pula sebaliknya, kondisi ekonomi yang stabil akan menjadikan masyarakat untuk membeli sesuatu sewajarnya.

Jika kondisi ekonomi sedang tidak stabil maka emas akan dijadikan sebuah alternatif paling aman untuk mengamankan kekayaan atau aset seorang investor.

Risiko adanya kehilangan

Kerugian Investasi Emas Antam

Kerugian selanjutnya yang harus dihadapi oleh investor emas adalah risiko kehilangan.

Hal ini bisa terjadi karena emas merupakan suatu barang sehingga bisa saja hilang karena dicuri orang atau sebab lainnya.

Menyimpan emas dalam rumah pun juga tidak cukup aman untuk menghindari risiko ini.

Maka dari itu seorang investor emas akan bersedia membayar dana untuk melindungi aset mereka dengan menyewa safe deposit box yang merupakan suatu fasilitas dari bank guna menyimpan berkas maupun barang milik nasabah yang memiliki nilai cukup tinggi.

Walaupun mempunyai keuntungan yang cukup tinggi investasi jenis ini juga tidak lepas dari risiko yang tidak kecil pula.

Sangatlah perlu untuk mempertimbangkan lebih lanjut terkait investasi yang akan dipilih, jika tidak terlalu yakin dengan lingkungan sekitar yang bisa jadi merupakan ancaman bagi investasi tersebut

Selisih harga beli dengan harga jual

Kerugian Investasi Emas Antam

Kerugian investasi lainnya adalah selisih harga beli dan harga jual. Emas yang dibeli dan kemudian dijual kembali biasanya akan dikenakan potongan kurang lebih sebesar 5 sampai 10%.

Itu pun masih harus disesuaikan dengan harga beli atau jual yang sedang berlaku pada saat itu.

Kurs harga tersebut harus lah diperhatikan dengan baik saat memutuskan untuk membeli dan menjual emas.

Keuntungan Investasi Emas Antam

Keuntungan Investasi Emas Antam

Pastinya semua orang akan mempertimbangkan terlebih dahulu harus berinvestasi dalam hal tersebut atau tidak dengan cara melihat apa saja keuntungannya.

Jika bisa memberikan keuntungan yang besar dengan risiko kecil maka kebanyakan orang bahkan semua orang pasti akan memilih jenis investasi tersebut.

Berikut ini merupakan penjelasan mengenai beberapa keuntungan dari berinvestasi saham antam, yaitu:

Bisa digunakan sebagai tabungan darurat

Dikarenakan mempunyai kemudahan untuk dicairkan, maka dari itu emas bisa dijadikan sebagai tabungan darurat.

Tidak hanya bisa dengan mudahnya dijual tetapi emas juga bisa dijadikan sebagai jaminan di pegadaian bagi Anda yang sedang memerlukan uang mendesak untuk beberapa waktu.

Pastinya pula suatu saat Anda masih bisa menebusnya kembali.

Dengan adanya emas sebagai jaminan pada umumnya harga yang ditawarkan pun juga akan berubah menjadi lebih tinggi dibandingkan barang lainnya misalnya seperti barang elektronik.

Bebas dari pajak

Tidaklah sama dengan investasi saham pada suatu perusahaan tertentu karena keuntungan yang bisa diperoleh dari investasi tersebut tidak bisa langsung dinikmati oleh seorang investor.

Hal tersebut bisa terjadi karena untuk memperoleh keuntungan terkadang juga diikuti oleh pajak atau keuntungan tersebut tidaklah dalam bentuk uang tunai tetapi tambahan lembaran saham perusahaan.

Mempunyai atau berinvestasi emas merupakan pilihan yang benar jika Anda ingin berinvestasi bebas pajak.

Melindungi nilai aset atau kekayaan seseorang

Dikarenakan harganya yang cenderung selalu meningkat pada setiap tahunnya maka emas sangatlah cocok jika dijadikan sebagai investasi yang bisa melindungi nilai aset seseorang.

Perlindungan aset atau kekayaan ini bisa dilihat dari harga yang selalu stabil serta relatif meningkat sehingga saat dijual kembali investor emas biasanya akan memperoleh keuntungan dari selisih harga beli dan harga jual.

Keuntungan lain dari investasi emas adalah investor tidak harus memulainya dengan jumlah yang besar.

Mudah untuk dicairkan

Keuntungan selanjutnya dalam berinvestasi emas antam adalah mempunyai sifat yang cenderung lebih mudah untuk dicairkan dan bisa diklaim kapan saja.

Para investor emas bisa mengubahnya ke dalam bentuk uang tunai dengan cara yang mudah dan waktu yang relatif singkat dibandingkan jenis investasi lain.

Kesalahan Dalam Investasi Emas

Kesalahan Dalam Investasi Emas

Investasi emas sebagai salah satu investasi yang aman khususnya bagi Anda yang masih pemula.

Walaupun berinvestasi emas memiliki risiko yang tidak terlalu tinggi tetapi Anda masih harus tetap berhati-hati.

Pahamilah setiap risiko dan bagaimana cara untuk mengatasi risiko tersebut.

Agar Anda tidak masuk dalam risiko kerugian investasi maka sebaiknya hindarilah beberapa kesalahan dalam berinvestasi emas berikut ini, antara lain:

Salah dalam memilih dan menentukan tujuan investasi

Kesalahan pertama adalah salah dalam menentukan tujuan investasi yang mempunyai pengaruh besar bagi seorang investor karena akan berdampak pula pada langkah investasi di masa yang akan datang.

Kesalahan dalam menentukan tujuan ini akan membuat aktivitas investasi Anda menjadi tidak terarah.

Tujuannya ingin berinvestasi dalam emas batangan salah satunya adalah Antam atau emas berupa perhiasan.

Sebagai investasi jangka panjang maka disarankan untuk memilih emas batangan karena kandungannya lebih murni dan berkualitas.

Tidak disarankan untuk memilih emas perhiasan karena akan dibebankan biaya pembuatan.

Selain itu emas perhiasan juga bukanlah emas murni ada beberapa logam atau bahan lainnya yang dicampurkan.

Tidak memperhatikan kemurnian emas

Perlu diketahui bahwa nilai emas akan maksimal jika kondisinya murni tanpa adanya campuran logam lainnya.

Maka dari itu sebelum membeli emas Anda perlu memperhatikan terlebih dahulu tingkat kemurniannya.

Jangan sampai tergiur dengan tawaran harga murah serta iming-iming dijamin murni.

Padahal bisa saja harga emas yang murah merupakan indikasi adanya kepalsuan.

Dalam berinvestasi emas Anda disarankan untuk memilih emas yang murni. Namun bukan berarti emas yang mempunyai kandungan logam lain merupakan emas palsu.

Contoh emas yang biasanya dicampur dengan jenis logam lainnya adalah emas perhiasan seperti kalung, gelang, cincin, dan masih banyak jenis lainnya.

Biasanya pengrajin akan menambahkan bahan lainnya sehingga akan menjadikan nilai emas perhiasan lebih rendah daripada emas murni.

Lain halnya jika Anda memutuskan untuk membeli emas batangan karena emas batangan merupakan jenis emas murni tanpa adanya campuran logam lain dan jika untuk tujuan investasi maka sebaiknya Anda memilih emas batangan saja.

Tidak memperhatikan dan memantau harga emas

Dalam melakukan investasi emas artinya Anda perlu menyiapkan modal untuk membeli emas murni.

Maka dari itu sangatlah perlu untuk mengetahui harga emas paling baru dengan cara melakukan pemantauan secara berkala.

Jangan sampai Anda langsung nekat membeli emas karena mempunyai dana yang cukup tanpa memeriksa terlebih dahulu harga yang ditawarkan.

Jika membeli emas di waktu yang tidak tepat misalnya saat harga emas sedang tinggi adalah satu kesalahan yang pastinya akan merugikan Anda sendiri.

Agar tidak terjadi hal tersebut maka teruslah pantau pergerakan harga emas di pasaran global khususnya jika ingin membeli atau menjual karena hal itu berhubungan dengan untung atau rugi.

Dalam berinvestasi emas Anda juga tidak diperbolehkan untuk terlalu terburu-buru dalam memutuskan untuk melakukan pembelian.

Tidak ada salahnya jika mencari tahu atau membandingkan terlebih dahulu harga emas di satu tempat dengan tempat lainnya.

Setelah melakukan perbandingan maka belilah emas di tempat terpercaya yang menawarkan harga terbaik atau sesuai dengan budget.

Memantau harga emas tidak hanya dilakukan saat ingin membeli emas tetapi juga saat ingin menjualnya kembali.

Hal ini untuk meminimalisir adanya risiko kerugian karena menjual emas saat harga sedang turun-turunnya dan ada di bawah harga beli.

Tidak mempunyai tempat penyimpanan emas yang baik dan aman

Emas merupakan jenis barang berharga yang bisa dibawa kemana-mana dan bisa dengan mudah untuk dipindahkan.

Hal ini menjadikan emas rawan untuk dicuri atau bisa hilang begitu saja.

Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan tersebut maka tentunya Anda perlu mempunyai tempat penyimpanan khusus yang tepat sebelum memutuskan membeli emas.

Setelah itu Anda perlu menyadari bahwa emas memang memerlukan ruang penyimpanan khusus dengan perangkat keamanan yang ekstra.

Jika tidak mempunyai tempat penyimpanan yang dinilai cukup aman serta memadai maka hal tersebut bisa menjadikan Anda mengalami kerugian.

Tempat yang tepat untuk menyimpan emas adalah brankas.

Namun jika Anda masih khawatir dengan keamanan penyimpanan tersebut atau penyimpanan secara mandiri maka Anda juga bisa memanfaatkan layanan dari pegadaian atau bank yang memberikan fasilitas berupa tempat untuk menyimpan barang berharga milik nasabah.

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi emas alangkah baiknya agar Anda terlebih dahulu investasi ilmu salah satunya dengan mempelajari lebih lanjut apa saja kelemahan atau kerugian dari investasi emas.

Cara ini bisa menghindarkan Anda dari adanya kerugian akibat salah dalam pengelolaan dana.

Jadi setelah membaca artikel mengenai kerugian investasi emas antam ini apakah Anda tertarik untuk berinvestasi emas?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *