Kisah Bisnis Sandiaga Uno. Tidak Hanya Politisi tapi juga Pengusaha Muda

By toiletbisnis | Januari 8, 2020
kisah sandiaga uno

Kisah bisnis Sandiaga Uno. Sosok yang satu ini pasti sudah kamu kenal, khususnya ketika beliau mencoba menjadi calon wakil presiden bersama dengan Prabowo.

Tetapi sebelum Sandiaga Uno memasuki dunia politik, memang sudah termasuk pebisnis muda yang sukses. Yang memiliki uang sangat banyak. Kamu pasti penasaran kan dengan kisah bisnisnya? Oke yuk langsung aja kita bahas.

Awal kisah bisnis Sandiaga Uno

Beliau merupakan lulusan dari 2 universitas terkenal di luar negeri. Bidang yang diambilnya adalah administrasi bisnis, di Wichita State University, Amerika, dan lulus dengan Cum Laude.

Selain gelar yang didapatkannya pada tahun 1990 tersebut, Sandiaga Uno masih melanjutkan pendidikannya dan berhasil menyabet gelar master di George Washington University. Predikat yang didapat dari universitas ini yakni Cum Laude, dengan IPK 4,00.

Awal karir tidak langsung mendirikan perusahaan

Mungkin kamu tidak mengiranya, tetapi awal mula karir beliau itu dari karyawan…

Jadi sesudah memperoleh gelar sarjana, beliau bekerja sebagai karyawan bank Summa. Dan sesudah menyelesaikan S2 nya, Sandiaga Uno lalu bergabung bersama Seapower Asia Limited di Singapura, pada tahun 1993.

Selanjutnya, tahun 1994, beliau berhasil mendapatkan jabatan manajer di MP Group Holding Limited. Dan karirnya pun tidak berhenti di situ, melainkan semakin menanjak, ketika menjabat sebagai wakil presiden eksekutif NTI Resources LTD, Kanada.

Gaji saat itu US$ 8.000 / bulan. Wah bukan main besarnya ya?

Apakah pernah dalam kondisi sulit?

Kamu mungkin melihat yang sukses-sukses saja. Ternyata Sandiaga Uno pun pernah mengalami masa-masa sulit.

Ketika tahun 1997 dan terjadi krisis moneter, perusahaan NTI Resources LTD bangkrut. Begitu pula investasi pasar saham juga ikut turun drastis.

Di masa-masa ini Sandiaga Uno menjadi pengangguran, tabungan juga semakin tipis. Akhirnya beliau pun memutuskan untuk kembali ke tanah air. Walaupun memang situasi di Indonesia juga cukup parah, karena efek krisis global yang terjadi.

Kala itu, sempat beliau tidak sempat membayar uang sewa rumah, hingga harus tinggal lagi di rumah orang tuanya. Situasi yang sangat sulit ini sempat membuat Sandiaga Uno sedikit putus asa.

Waktu-waktu keputusasaan ini memaksa Uno untuk lepas dari zona nyaman dan masuk ke bidang bisnis. Bersama dengan Rosan Roeslani, beliau pun mendirikan perusahaan yang bergerak di penasehat keuangan.

Nama perusahaan pertama yang didirikan beliau itu adalah PT. Recapital Advisors.

Di bidang baru yang ditekuni oleh Sandiaga Uno ini membuat beliau belajar banyak dalam dunia bisnis. Guru bisnis yang paling memberikan pengaruh untuk beliau yakni Williang Soeryadjaya.

Tidak langsung sukses

Walaupun perusahaan ini sudah berdiri masih banyak calon klien tidak percaya atas kemampuan Sandiaga Uno.

Tetapi sesudah jalan 6 bulan, ada calon klien yang percaya kemudian menggunakan jasanya.

Selanjutnya, tahun 1998, Sandiaga Uno bersama Edwin Soerjadjaja pun mendirikan perusahaan bernama Saratoga Capital. Kalau yang ini adalah perusahaan yang bergerak di infrastruktur dan sumber daya alam.

Sekarang Sandiaga Uno menjabat menjadi CEO Saratoga Capital, dan pimpinan PT Adaro Energy Tbk, pimpinan PT Tower, bersama dengan infrastruktur Group Tbk, sekaligus pendiri PT Recapital Advisor.

Pernah mendapatkan penghargaan orang terkaya

Berkat usahanya itu, Sandiaga Uno pernah dinobatkan sebagai orang terkaya no 122 di Indonesia. Total kekayaannya 744 Miliar. Kamu bisa membacanya di Majalah Globe Asia yang edisi Agustus 2017.

Total kekayaan yang dimiliki oleh beliau itu didapatkan dari private equity firm yang beliau dirikan. Yakni Saratoga Capital tahun 1998, bersama Edwin Soeryadjaya, dan Re-Capital tahun 1997, yang didirikan bersama sahabat lamanya yang bernama Rosan Roslani.

Sandiaga Uno juga aktif menjadi anggota Komite Ekonomi Nasional, bendahara Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia. Selain itu beliau juga merupakan pendiri Aksi Kewirausahaan Sosial Indonesia, dan lain-lain.

Krisis membawa berkah

Kalau krisis bagi banyak orang membuat mereka menyerah dan tidak berusaha lagi, tetapi tidak untuk Sandiaga Uno.

Dari cerita sukses di atas, kamu mungkin sudah dapat menyimpulkan kalau krisis yang terjadi justru membawa berkah untuk beliau.

Beliau pernah menyebutkan kalau selalu yakin bahwa tiap masalah yang terjadi itu selalu ada solusinya. Dan memang kata-kata tersebut bukan hanya bualan. Sandi bisa memanfaatkan masa-masa krisis yang terjadi untuk mengembangkan bisnisnya.

Menurut beliau yang paling sulit itu adalah bagaimana membuat investor asing mau menyuntikkan dana ke Indonesia. Padahal Indonesia adalah negara yang masih berprospek.

Sandi  sendiri juga terlibat dalam banyak refinancing dan pembelian perusahaan-perusahaan. Contohnya ketika beliau akuisisi perusahaan Adaro, hotel Grand Kemang, dan BTPN.

Berkat pengalamannya, Sandi dapat mengetahui mana perusahaan yang sedang di ujung tanduk, berada di perawatan BPPN, dan berganti PPA, lalu menjual perusahaan itu kembali sesudah menstabilkan kondisi finansial perusahaan dan menghasilkan profit.

Berkat ini pulalah sayap bisnis beliau semakin melebar hingga sekarang…

Memajukan UMKM

Walaupun sudah sukses, tetapi Sandiaga Uno tidak puas dan juga ikut aktif dalam bidang keorganisasian. Tahun 2005 s/d 2008 beliau menjabat sebagai BPP Hipmi.

Semasa kepemimpinan beliau, Hipmi mendapatkan peningkatan jumlah pengusaha yang bergabung. Dari 25 ribu orang menjadi 35 ribu orang.

Bagi pengusaha muda, Sandi memang termasuk sosok inspirator. Erwin Aksa selaku ketua umum BPP Hipmi tahun 2008 – 2011 pun menyebutkan kalau Sandi adalah orang yang memiliki prinsip jika seorang pengusaha itu harus punya mimpi juga bekerja sepenuh hati.

Sandi juga menuturkan kalau sekarang ini terdapat masalah besar yang dihadapi oleh pelaku UMKM, antara lain:

  • Kualitas SDM
  • Pendanaan
  • Akses pasar

Keprihatinan beliau yakni pada nasib pengusaha kaki lima yang kerap digusur. Jadi sangat sulit untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia.

Jumlah kekayaan 3 Triliun Rupiah

Jumlah ini diketahui ketika Sandiaga Uno melaporkan jumlah harta kekayaannya ke KPU. Di mana ini adalah syarat untuk maju sebagai calon wakil Gubernur DKI.

Mungkin kamu banyak yang berpikir kalau orang-orang sukses itu selalu memiliki perut yang gemuk dan buncit. Tetapi ternyata tidak kan.

Itu karena Sandiaga Uno selain sebagai pebisnis sukses tetapi juga sangat mempedulikan kesehatannya. Beliau termasuk sosok yang rajin olahraga. Bahkan disebutkan kalau beliau juga jago bermain basket hingga lari maraton.

Sandiaga berpendapat kalau kesehatan adalah investasi paling penting.

Pesan Sandiaga Uno untuk pebisnis pemula

Apabila kamu ingin mulai berbisnis, maka kamu dapat mendengarkan pesan dari beliau ini. Pria pebisnis kaya ini menyebutkan kalau ingin masuk dalam dunia bisnis maka jangan pernah takut gagal.

Kebanyakan orang Indonesia masih menghindari risk taking dan memilih jalan aman. Padahal dengan semakin cepat orang tersebut gagal, maka semakin cepat pula orang tersebut menemukan inovasi baru agar bisnis bisa berkembang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *