Nama Usaha Yang Bagus Dan Artinya dan Cara Memilihnya

By Content Writer | November 11, 2020
nama usaha yang bagus

Salah satu hal yang biasanya menjadi PR besar ketika hendak memulai sebuah bisnis yaitu mencari nama usaha yang bagus.

Sebenarnya untuk mencari nama yang bagus itu bisa dibilang mudah, tapi juga tidak semudah yang dibayangkan.

Sebab, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, mulai dari harus adanya korelasi antara branding dengan strategi untuk konten marketingnya, harus mudah diingat orang bahkan terkadang ada yang percaya harus yang bawa hoki, bagus fengshuinya dan masih banyak lagi.

Namun tidak usah khawatir karena dalam pembahasan kali ini, Anda akan mendapatkan tips soal bagaimana cara mencari nama untuk usaha yang bagus.

Daftar Nama Perusahaan Yang Mengandung Doa

nama usaha yang bagus

Berikut ini contoh dari nama perusahaan yang mengandung doa, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • CV Nusanta Konstruksi
  • PT Lintas Angkasa Raya
  • CV Winwin Solution
  • Gemilang Motor
  • PT Sambung Nusa Jaya
  • Surya Motor
  • PT Nedia Inti Khatulistiwa
  • CV Karya Abadi
  • Bento Motor
  • PT Graha Elektrika Akses

Daftar Nama Perusahaan Yang Bagus Menurut Fengshui

nama usaha yang bagus

Fengshui merupakan sebuah ilmu topografi yang asalnya dari China dan ketika Anda ingin memilih nama perusahaan berdasarkan fengshuinya, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan, mulai dari nama, lokasi sampai dengan bidang usaha.

Banyak ahli fengshui percaya kalau pemberian nama yang tidak tepat akan membuat bisnis Anda bisa mengalami kesulitan dan sama sekali tidak akan mendatangkan keuntungan.

Berikut ini ada beberapa aspek yang harus diperhatikan untuk memilih nama perusahaan yang bagus menurut fengshui diantaranya yaitu:

  • Nama yang dipilih harus jelas dan pendek serta wajib menggambarkan dari bisnis yang digeluti.
  • Nama bisnis yang dipilih sebaiknya harus mengandung unsur air, entah itu biru, deras, gelombang dan lain sebagainya.
  • Nama yang dipilih harus dihindari dari makna negatif.
  • Memastikan bahwa nama yang dipilih mengandung elemen positif, mulai dari megah, cahaya, damai, sentosa dan lain sebagainya. Elemen positif akan membuat kepercayaan dari konsumen semakin meningkat.
  • Melakukan konsultasi langsung dengan para ahli fengshui untuk lebih meyakinkan Anda.

Berikut ini contoh-contoh nama usaha yang didasarkan dengan fengshui:

  • PT Sun Motor Indonesia.
  • PT Asianagro Abadi.
  • PT Ceria Worley.
  • PT Bintang Utama Lestari.
  • PT Cakrawala Mega Indah.
  • PT Cemerlang Abadi.
  • PT Karunia Jaya.
  • PT Batik Biru Indah.
  • PT Delta Dunia Petroindo, Tbk.
  • PT Golden Jaya Abadi.

Cara Memilih Nama Usaha yang Bagus

nama usaha yang bagus

Berikut ini beberapa cara untuk memilih nama untuk usaha bagus, diantaranya yaitu:

1. Harus mudah diingat

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mencari nama yang bagus untuk usaha Anda yaitu memastikan bahwa nama itu mudah diingat oleh siapapun.

Memang betul, memberikan nama yang keren untuk usaha Anda itu memang baik namun jangan sampai sulit dari segi pelafalan dan ejaannya.

Sebab, jika pelafalan dan ejaannya sulit diingat maka nama yang keren itu tidak akan berarti apa-apa.

Maka dari itu usahakan kalau nama yang dipilih pelafalan dan ejaannya mudah diingat agar konsumen bisa dengan mudah menemukan dan mengingat usaha Anda.

2. Memilih nama yang belum digunakan perusahaan lain

Berikutnya yang harus diterapkan yaitu menggunakan nama yang belum digunakan oleh perusahaan lain.

Hal ini dilakukan supaya Anda terhindar dari yang namanya kerancuan antara usaha Anda dengan yang lain.

 Sebelum menetapkan nama, maka sebaiknya dilakukan pengecekan lebih dulu untuk memastikan kalau nama usaha Anda belum digunakan oleh perusahaan manapun.

3. Menggunakan nama yang unik

Hal selanjutnya yang harus dilakukan yaitu memilih nama yang unik agar dapat menarik perhatian dari konsumen Anda.

Semakin unik nama yang dipilih, maka akan semakin membuat banyak orang penasaran dan akhirnya mencoba mencari tahu soal usaha Anda.

Bahkan di era semodern sekarang, sudah banyak perusahaan atau tempat usaha yang memakai nama unik dengan tujuan untuk memberikan nilai yang lebih pada produk yang mereka jual.

4. Menggunakan kata-kata yang familiar di telinga orang

Menggunakan nama yang familiar di telinga orang juga merupakan kewajiban, karena sekalipun nama usaha yang dipilih unik, namun tidak familiar maka akan sama saja.

Untuk itu sebaiknya Anda harus mempertimbangkan apakah kata yang dipilih itu unik dan familiar di telinga masyarakat luas atau malah sebaliknya.

Hindari untuk menggunakan nama yang sukar untuk diingat atau dikenali oleh kebanyakan orang.

5. Menggunakan nama keluarga

Cara berikutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah bisa menggunakan nama keluarga Anda. Dengan cara ini bisa menunjukkan kalau Anda merupakan orang yang punya sifat percaya diri yang sangat tinggi.

Menggunakan nama keluarga juga akan memberikan motivasi yang lebih supaya bekerja lebih keras lagi, karena hal itu akan berkaitan dengan nama baik dari keluarga Anda.

6. Nama harus pendek dan mudah diingat

Cara yang keenam yaitu memastikan kalau nama usaha yang digunakan harus pendek dan mudah diingat.

Biasanya, nama yang terlalu panjang umumnya akan membuat konsumen jadi sulit untuk mengingatnya. Jadi, supaya konsumen bisa lebih nyaman maka usahakan kalau nama yang dipilih itu pendek dan tidak sulit untuk mengingatnya.

Dengan cara itu, konsumen akan terus kembali alias langganan dan bisa jadi kalau orang lain merekomendasikan tempat usaha Anda.

7. Mengulik cerita dibalik nama

Berikutnya Anda bisa mengulik cerita dibalik nama usaha yang dipilih, dengan adanya sebuah cerita bisa memberikan karakter pada tempat usaha Anda sehingga akan ada nilai yang menjadi ciri khas dari tempat usaha Anda agar menjadi lebih berbeda dari usaha yang lain.

8. Meneriakkan nama usaha

Cara selanjutnya untuk mengetahui apakah nama yang dipilih untuk usaha Anda sudah benar atau tidak, maka cobalah untuk meneriakkannya.

Ketika diteriakkan ternyata sulit, itu berarti usaha Anda tidak layak untuk digunakan atau bisa menggunakan nama alternatif yang lain.

9. Menggunakan bahasa lain

Menggunakan bahasa lain juga menjadi rekomendasi berikutnya, terlebih lagi jika produk yang Anda rencanakan target marketnya adalah pasar internasional, maka nama dalam bahasa lain bisa menjadi salah satu solusinya supaya orang dari negara lain bisa lebih mudah mengenali produk dari usaha Anda.

10. Coba untuk dites langsung ke orang lain

Berikutnya untuk tahu apakah nama usaha yang dipilih sudah bagus atau tidak, maka cobalah untuk langsung mengetesnya ke orang lain.

Mungkin Anda bisa langsung mengetesnya ke konsumen Anda, apabila ternyata kebanyakan dari pelanggan Anda malah salah ucap maka itu artinya nama itu tidak disarankan untuk digunakan.

11. Menyandingkan dengan nama perusahaan lain

Apabila Anda sudah memiliki kandidat nama untuk usaha Anda, maka pastikan untuk menyandingkan nama itu dengan perusahaan lain, dengan tujuan apakah nama itu mencolok atau tidak, terlalu berbeda atau tidak, mudah dipahami atau tidak dan lain sebagainya.

12. Tidak menyertakan tempat

Cara selanjutnya yaitu Anda tidak disarankan untuk menyertakan nama tempat, namun cara ini bisa dilakukan apabila memang usaha berada di lokasi yang sama.

Tetapi, jika Anda memiliki rencana untuk mengembangkan usaha lebih luas dari sebelumnya, maka lebih baik membuat perbedaannya dengan menyertakan nama tempat supaya konsumen Anda jadi lebih untuk mengenalinya.

13. Menggunakan nama dengan kesan yang buruk

Terkadang, calon konsumen Anda akan sangat mempertimbangkan nama dari tempat usaha, meskipun tidak semuanya seperti itu.

Maka dari itu, Anda usahakan kalau nama yang dipilih bisa menyalurkan banyak nilai yang dapat ditawarkan oleh tempat usaha Anda.

Memilih nama yang memiliki kesan buruk maksudnya, meskipun terdengar aneh dan anti-mainstream, tetapi bisa jadi menjadi yang paling tepat dan meyakinkan.

14. Bisa berdasarkan SEO Keywords

Berikutnya yaitu Anda disarankan untuk memilih nama berdasarkan kata kunci SEO, supaya lebih efektif karena google umumnya akan selalu membenahinya algoritmanya, sehingga ketika Anda menggunakan SEO Keyword akan menjadi hal bagus untuk waktu jangka panjang dan branding usaha Anda di masa depan.

15. Menggunakan nama yang menjelaskan bisnis ditekuni

Terakhir, lebih baik Anda menggunakan nama yang menjelaskan bisnis yang ditekuni, tetapi ingat tidak boleh sulit untuk diingat, dieja dan dilafalkan sekaligus menjelaskan bisnis yang ditekuni, sehingga konsumen akan lebih mudah untuk mengingat nama dari usaha Anda.

Alasan Menentukan Nama Usaha yang Membawa Hoki

Memilih nama yang membawa hoki untuk usaha ada banyak alasannya diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Hal utama yang biasanya dikenal oleh konsumen dan pasar adalah nama usaha.
  • Menjadi bentuk representasi dari bisnis yang dibangun. Itulah mengapa Anda sangat dianjurkan untuk memilih nama yang dapat menjelaskan jenis usaha yang digeluti.
  • Ketika nama yang diberikan tepat, maka akan lebih memudahkan konsumen dalam membedakan usaha Anda dengan kompetitor, sehingga tidak mudah tertukar.

Cara Memilih Nama Olshop Yang Bagus

nama usaha yang bagus

Berikut ini merupakan tata cara yang digunakan untuk memilih nama olshop yang bagus, diantaranya yaitu:

1. Sederhana dan singkat

Maksudnya sederhana dan singkat yaitu Anda dianjurkan untuk memakai 1 – 2 suku kata dan disesuaikan dengan niche dari bisnis yang hendak digeluti. Bisa juga Anda menggunakan nama yang ada iramanya dan harus sederhana sehingga akan lebih memudahkan untuk dicari oleh konsumen.

2. Tak harus pakai bahasa asing

Hal berikutnya yang tidak boleh diabaikan yaitu Anda tidak harus menggunakan bahasa asing sekalipun olshop Anda skalanya internasional.

Bisa mencontoh nama-nama dari platform e-commerce seperti Shopee, Lazada dan Blibli dimana ketiga nama itu tidak ada unsur bahasa asingnya, namun punya kesannya tersendiri, unik dan wajib sesuai dengan produk yang dijual.

3. Harus mudah dieja

Hal berikutnya yang tidak boleh diabaikan yaitu wajib mudah dieja sehingga akan lebih mudah dikenali oleh banyak orang, kemudian menghindari menggunakan tanda penghubung pada penulisan naam olshop Anda.

4. Konsisten dan harus tersedia sebagai domain

Konsistensi merupakan hal yang sangat penting. Konsistensi maksudnya memastikan kalau nama itu memang belum ada pemiliknya sehingga tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Selanjutnya, jangan lupa melakukan pengecekan apakah ada nama domainnya atau tidak.

5. Original dan otentik

Terakhir, wajib memastikan kalau nama perusahaan Anda wajib otentik dan original, artinya bisa terdengar sama namun usahakan untuk berbeda dan tidak terlalu mirip.

Itulah tadi pembahasan singkat soal nama usaha yang bagus. Apapun jenis nama yang dipilih, pastikan untuk tidak merugikan siapapun dan didoakan sebelum ditetapkan.

Author: Content Writer

Penulis lepas di toiletbisnis.com. Berikan komentar terbaik anda, untuk menyempurnakan blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *