Peluang Bisnis Ikan Hias Yang Menguntungkan dan Cara Budidayanya

By Content Writer | April 24, 2021
Peluang Bisnis Ikan Hias

Peluang bisnis ikan hias sampai saat ini masih dipercaya sangat menjanjikan, karena ikan hias sendiri baik di Indonesia maupun di seluruh dunia memiliki penggemar yang bejibun.

Bahkan, untuk di Indonesia sendiri, penggemar ikan hias tahun demi tahunnya selalu mengalami peningkatan yang drastis, jadi tidak mengherankan jika sampai saat ini peluang bisnis untuk ikan hias sangatlah menjanjikan.

Dengan hanya berbekalkan ikan hias, kami bisa membuat kantongmu tebal secara cepat dan mudah.

Baca juga: Usaha Minimarket Di Desa

Sebab, prospek bisnis ikan hias dikatakan sangat cerah dimana dari waktu ke waktu akan selalu cemerlang.

Jadi, bisa dibilang bisnis ikan hias sejak dulu tidak pernah ada matinya.

Selain itu, kelebihan dari bisnis ikan hias lainnya adalah tidak membutuhkan modal dengan nilai yang besar, modal usaha toko ikan hias terbilang relatif kecil.

Faktor penting untuk membuat bisnis ikan hias menjadi sukses adalah memiliki ketekunan dan teknik pemeliharaan yang spesifik.

Jadi, jangan pernah merasa kamu hanya berperan sebagai penjual dan mengabaikan pemeliharaan ikan hias ini, karena jika kamu melakukan kesalahan dalam pemeliharaan ikan hias, maka ikan hias tersebut akan lebih rawan untuk mati dan lebih rawan terkena penyakit.

Maka dari itu, untuk menghasilkan budidaya ikan hias yang menguntungkan, diperlukan ilmu khusus untuk memelihara ikan hias tersebut.

Untuk menjalankan peluang usaha atau bisnis ikan hias, kamu perlu mempersiapkan beberapa persiapan terlebih dahulu yang dimulai dari pengetahuan usaha.

Pengetahuan usaha yang dimaksud disini bisa berupa peluang usaha, hingga analisa usaha dari ikan hias.

Berikut penjelasan lengkap mengenai informasi ulasan bisnis ikan hias:

Peluang bisnis untuk ikan hias

Seperti yang sudah kami sebutkan di paragraf sebelumnya, peluang untuk bisnis ikan hias terbilang sangat menjanjikan dan akan selalu cemerlang di masa mendatang.

Oleh karena itulah mengapa sampai saat ini masih banyak orang yang berkeinginan untuk berbisnis ikan hias.

Hal ini tidak mengherankan jika melihat peluang bisnisnya yang selalu menjanjikan.

Prospek dalam menjalankan usaha atau bisnis ikan hias

Melalui bisnis ikan hias, dapat dijamin kamu akan mendapat keuntungan yang tidak main-main angkanya.

Jadi, bisa dikatakan bisnis yang meliputi ikan hias akan memiliki prospek yang cemerlang bahkan dalam jangka waktu yang panjang.

Sebab, sejak dulu bisnis ikan hias tidak pernah sepi dari konsumen.

Memulai bisnis ikan hias

Untuk memulai bisnis ikan hias memang bisa dilakukan dengan mudah dan modal yang sedikit.

Namun setelah bisnis itu berjalan, kamu perlu memelihara ikan hias-ikan hias milikmu itu dengan cara yang tepat.

Pasalnya, jika kamu tidak memelihara dan merawatnya dengan benar, yang ada kamu malah mengalami kerugian yang disebabkan ikan hias tersebut mati atau terserang penyakit membahayakan.

Pelaku usaha ikan hias

Tidak ada ciri khusus atau persyaratan khusus bagi para pelaku usaha ikan hias, karena semua orang bisa menjalankan bisnis jenis ini.

Siapa pun yang merasa ingin untuk menjalankan bisnis ikan hias, langkah yang perlu diambilnya sangatlah mudah.

Selain itu, meskipun memelihara dan merawat ikan hias dibutuhkan pengetahuan khusus, tapi proses pengelolaan atau pemeliharaannya juga tidak kalah mudah.

Konsumen bisnis ikan hias

Tampilan cantik nan unik dari ikan hias adalah faktor utama yang membuat banyak orang terpikat dan ingin menjadi konsumen dari ikan hias.

Konsumen ikan hias terbilang sangat besar di dunia ini, mulai dari kalangan rumah tangga, perusahaan, sampai instansi tertentu.

Maka dari itu, ternak ikan hias yang menguntungkan ini tidak pernah ada matinya.

Bahan baku ikan hias

Tentu untuk memulai suatu bisnis pasti diperlukan bahan baku yang harus disiapkan sejak awal pembentukan bisnis tersebut, begitu pun juga dalam pembentukan bisnis ikan hias.

Untuk menjalankan bisnis ikan hias, kamu memerlukan bibit ikan hias sebagai bekal paling utama.

Peralatan bisnis ikan hias

Dari segi peralatan yang dibutuhkan dalam bisnis ikan hias, seorang pelaku usaha ikan hias perlu mempersiapkan peralatan penting seperti lahan, kolam ikan, akuarium, selang, tabung oksigen, pompa air, timba, wadah, dan peralatan-peralatan sejenis ini lainnya.

Namun, karena peralatan-peralatan seperti ini banyak yang tersedia dengan harga murah dan mudah untuk ditemukan, jadi hal ini tidak akan menyulitkanmu.

Lokasi strategis dalam bisnis ikan hias

Lokasi yang strategi tentu sangat dibutuhkan pada saat memulai suatu bisnis jenis apapun itu. jadi, untuk memulai bisnis ikan hias pun kamu perlu mencari lokasi yang strategis untuk memulai bisnismu itu.

Pilih lokasi yang tepat, strategis, dan ramai atau sering dilewati oleh banyak orang. Maka dari itu kebanyakan dari para pelaku usaha ikan hias yang memilih membuka bisnisnya di pinggiran jalan, pintu masuk perumahan, berlokasikan dekat dengan taman kota, berlokasikan dekat dengan sekolah, maupun berlokasikan dekat dengan perkantoran.

Harga jual ikan hias

Karena bisnis ikan hias terus bermunculan, jadi jika kamu ingin memulai bisnis seperti ini, disarankan untuk memberikan harga jual ikan hias yang menarik minat calon konsumen.

Biasanya, patokan harga ikan hias mulai dari Rp. 20.000,00 sampai Rp. 200.000,00. Harga ini bisa kamu jadikan acuan sebelum memulai bisnis ikan hias.

Strategi promosi bisnis ikan hias

Memulai bisnis ikan hias yang selalu ramai pengunjung tidak berarti memperbolehkanmu untuk tidak mengiklankan bisnis ikan hias milikmu itu.

Kamu tetap harus mempromosikan atau mengiklankan bisnismu itu dengan daya tarik yang menarik supaya keuntungan tetap akan selalu mendatangimu.

Kamu bisa mempromosikan bisnismu melalui online maupun offline.

Itu dia beberapa fakta penting mengenai bisnis ikan hias. Ketika kamu mengetahui dan memahami fakta-fakta penting di atas dengan baik, maka kamu pasti bisa melihat peluang usaha dari bisnis ikan hias yang sangat besar ini.

Cara Membudidayakan Ikan Hias

Menjalankan usaha atau bisnis ikan hias bisa dilakukan oleh siapa dan dari kalangan usia berapa pun.

Namun, seorang pelaku usaha ikan hias diharuskan untuk mengetahui dengan jelas tata cara budidaya ikan hias yang menjanjikan.

Berikut beberapa tahapan yang harus kamu perhatikan ketika ingin membudidayakan ikan hias:

Menentukan lokasi yang tepat

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuka bisnis ikan hias adalah mencari lokasi atau lahan yang luas dan spesifik.

Selain posisi dari lokasinya itu sendiri, kamu juga perlu memperhatikan ukuran lahannya.

Sebab, yang paling dibutuhkan dalam bisnis ikan hias adalah akuarium yang suhunya terkontrol dengan baik.

Hal ini perlu diperhatikan supaya suhu akan tetap terjaga dengan baik dan terhindar dari sinar matahari secara langsung.

Tahapan penting dalam budidaya ikan hias adalah menjaga tingkat oksigen yang terdapat pada kolam ikan hias di kisaran 3 ppm.

Lalu, tingkat kesamaan air kolam sesudah proses pengendapan harus dijaga pada PH 7.

Pemilihan jenis ikan

Setelah menciptakan lokasi yang tepat, kamu perlu mengenali usia produktif ikan hias yang akan kamu budidayakan. Selain itu, kamu juga perlu mengenali waktu tetas telur dengan baik.

Pasalnya, setiap jenis ikan hias pasti akan berbeda-beda dan memiliki spesifikasi perawatan yang berbeda-beda juga.

Untuk budidaya ikan hias, kamu wajib memilih benih ikan yang berkualitas tinggi, sehat, dan dari keturunan yang bagus maupun subur.

Pemberian makan

Pemberian makan atau pakan pada ikan hias juga perlu untuk kamu perhatikan. Untuk pemberian pakan ikan, kamu bisa berikan makanan alami kepada mereka.

Pada umumnya, ikan hias akan menyukai serangga kecil seperti jentik nyamuk.

Namun, jika kamu tidak memiliki makanan alami seperti ini, kamu juga bisa memberikan pakan buatan pabrik, akan tetapi harus yang bergizi lengkap dan membuat perkembangan ikan semakin optimal.

Perawatan ikan hias

Tentu untuk membudidaya ikan hias, hal yang paling harus diperhatikan dengan baik adalah perawatannya.

Kamu wajib membersihkan kolam secara rutin supaya tidak terjadi pencemaran air yang bisa menyebabkan sang ikan hias terkena penyakit atau bahkan mati.

Selain itu, kamu juga perlu memberikan obat atau vitamin supaya jamur tidak tumbuh di sekitar ikan hias.

Proses reproduksi

Untuk mempercepat proses reproduksi pada ikan hias, kamu bisa memberikan suntikan pada sang ikan.

Namun, tentu hal ini perlu dilakukan dalam makna yang positif, dalam arti lainnya adalah memberikan suntikan tanpa harus membahayakan sang ikan hias.

Lalu, kamu juga perlu untuk mengenali masa reproduksi yang bisa diketahui secara sepintas dari ciri-ciri pada betina.

Bisnis Ikan Hias Guppy

Ikan hias guppy sendiri adalah salah satu spesies ikan hias air tawar yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Ikan hias yang satu ini memiliki warna kulit yang cerah dan memiliki bentuk yang unik sehingga menjadi daya tariknya tersendiri.

Salah satu alasan utama mengapa bisnis ikan hias jenis guppy menjadi pilihan paling utama bagi para pelaku usaha ikan hias adalah karena jenis ikan hias yang satu ini tergolong ikan yang mudah berkembangbiak.

Selain itu, ikan hias guppy juga bisa ditemukan di hampir seluruh perairan air tawar di Indonesia.

Selain karena bentuknya yang unik, alasan mengapa bisnis ikan hias jenis guppy marak bermunculan juga karena semakin ke sini semakin banyak orang yang sudah mengenal dan tertarik dengan daya tarik yang dimiliki ikan hias guppy ini.

Hal ini membuat jumlah penggemar atau peminat ikan hias guppy semakin berkembang pesat.

Kelebihan dari bisnis ikan hias jenis guppy lainnya adalah budidaya ikan hias guppy tidak membutuhkan infrastruktur yang mahal.

Kamu hanya perlu menyiapkan perlengkapan sederhana untuk bisa mengembangbiakkan ikan hias jenis ini.

Bahkan, ada beberapa pelaku usaha ikan hias guppy yang hanya menggunakan bahan bekas ember, atau boks air untuk mengembangbiakkan ikan hias jenis ini.

Jadi, tentu saja makin banyak orang yang memilih berbisnis ikan hias jenis guppy.

Bagaimana, menarik bukan pembahasan kita kali ini?

Untuk memulai bisnis ikan hias, kamu tidak harus menyediakan modal yang banyak, kamu hanya perlu untuk mengetahui beberapa ilmu khusus untuk pengelolaan dan perawatannya.

Selain itu, peluang bisnis ikan hias yang menjanjikan juga pasti akan membuatmu semakin ingin membuka bisnis jenis ini. Jadi, tunggu apa lagi?

Author: Content Writer

Penulis lepas di toiletbisnis.com. Berikan komentar terbaik anda, untuk menyempurnakan blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *