Peluang Usaha di Desa Terbaik dengan Penghasilan Melebihi UMR!

By Content Writer | April 16, 2020
peluang usaha di desa

Peluang usaha di desa sekarang tidak sesulit yang kamu duga. Tidak hanya orang yang tinggal di kota saja yang dapat memperoleh penghasilan yang lumayan.

Karena itu kamu dapat melihat di tahun ini banyak sekali orang-orang desa yang berlibur ke kota menggunakan mobil mewah.

Ya, memang ada alasan masuk akal untuk hal itu. Sebelum membahas lebih jauh tentang peluang-peluang yang ada.

Alasan Mengapa Orang Desa Bisa Lebih Kaya dari Orang Kota

Berikut alasan mengapa orang desa bisa lebih kaya dari orang kota, antara lain:

Biaya hidup kecil

Alasan pertama adalah karena biaya hidup di desa yang lebih kecil dibandingkan di kota besar. Baik biaya makan hingga biaya keseharian lainnya.

Bahkan di desa tidak perlu bayar PDAM, karena orang-orang sudah menggunakan sumur sendiri. Jadi tak perlu bayar bulanan untuk PDAM.

Penghasilan besar

Alasan kedua adalah penghasilan yang besar. Walaupun tinggal di desa tetapi dengan memilih peluang usaha yang tepat, maka kamu tetap akan bisa mendapatkan uang yang banyak per bulan.

Bahkan bisa lebih dari UMR kalau dilakukan dengan giat dan dengan langkah yang tepat. Tidak berhenti di tengah jalan sebelum sukses.

Ide Peluang usaha di desa

1. Bisnis Wifi

Terbatasnya akses jaringan internet di desa bisa kita manfaatkan dengan membangun bisnis wifi.

Bisnis wifi adalah bisnsi yang sedang trending akhir-akhir ini, terlebih banyak sekali anak-anak yang bermain game online di smartphonenya.

Bisnis wifi mudah dijalankan dan tentunya menguntungkan serta resikonya pun sangat kecil.

Jika anda tertarik, anda bisa baca artikel kami yang khusus membahas tentang Bisnis Wifi Indihome.

2. Gadai sawah

Peluang usaha yang pertama adalah gadai sawah. Di mana ini hanya bisa dilakukan di desa saja. Di kota besar kan tidak ada sawah jadi tidak bisa. Sistemnya seperti ini. Misal ada 2 orang, kita sebut saja A dan B.

Jadi A menggadaikan sawah miliknya pada B. Ada jaminan sertifikat sawah yang diberikan. Nanti A yang bertanggung jawab untuk menggarap sawah.

Ketika sudah panen, A pun akan memberikan hasil sebanyak 50% pada B. Di mana dihitung dari total hasil panen dikali 50% itu.

Ini cocok untuk kamu yang punya modal. Jadi kamu investasi pada dunia pertanian. Apalagi nanti ketika musim panen bertepatan dengan harga beras naik.

Maka kamu akan mendapatkan keuntungan ganda juga.

3. Desa wisata

Peluang usaha yang kedua adalah membuat desa wisata. Jaman sekarang ini memang bisnis pariwisata termasuk bisnis yang menggiurkan.

Apalagi di desa kamu ada keunggulan tertentu, misalnya punya pemandangan yang indah. Maka buatlah menjadi desa wisata.

Lalu agar wisatawan nasional dan mancanegara tahu. Kamu promosikan aja secara online. Sekarang ini ada banyak platform untuk promosi gratis. Apalagi kalau menggunakan promosi berbayar, akan bisa menjangkau lebih banyak orang.

Selain menjual indahnya pemandangan alam kepada wisatawan, bisa juga membuat wisata air terjun, wisata hutan lindung, atau wisata kuliner di tepi sawah?

Ya ada banyak ide yang dapat kamu coba.

4. Peternakan ayam layer

Peluang usaha yang ketiga adalah mendirikan peternakan ayam layer. Sekarang ini semua orang pasti makan telur. Telur adalah makanan sehat yang enak dan tidak membosankan.

Baca juga: Bisnis Ayam Petelur

Banyak makanan lain yang menggunakan telur sebagai bahan dasarnya, contohnya kue dan mie. Di daerah-daerah kan banyak tuh toko kue dan yang jualan mie.

Belum lagi rumah tangga yang mengkonsumsi telur. Jadi kebutuhan akan telur ini selalu ada sepanjang waktu.

Di desa adalah lingkungan yang cocok untuk membuat peternakan ayam layer. Karena udara yang sejuk dan dingin cocok untuk ayam agar bisa tumbuh dengan sehat dan bertelur banyak.

Kalau modalmu sedikit, kamu bisa memelihara ratusan dulu. Nanti seiring waktu modal semakin banyak tambah ayammu sedikit demi sedikit hingga bisa menjadi raja peternakan ayam di desa kamu.

Baca juga: Bisnis Ayam Joper

5. Bisnis Sapi Qurban

Peluang usaha yang keempat adalah bisnis sapi Qurban. Sebenarnya bisa juga memelihara kambing. Namun kalau sapi hasilnya lebih besar.

Walaupun memang untuk peluang usaha yang keempat ini harus mendapatkan profit dari momen Idul Adha.

Namun kamu jangan khawatir sebab bisnis sapi Qurban ini menjanjikan peluang profit yang sangat besar, karena permintaan pasar yang juga tinggi.

Memang sih musiman. Karena itu kamu bisa menjadikan bisnis ini sebagai bisnis tambahan, selain bisnis utama.

Kalau di luar musim Idul Adha, sapi yang kamu pelihara juga dapat kamu jadikan uang. Terutama dijual pada orang yang mengadakan acara pernikahan, aqiqah anak, dan lain-lain.

Modal yang harus kamu persiapkan untuk bisnis sapi Qurban ini adalah modal untuk beli anakan sapi, tempat, dan pakan hingga sapi siap jual nanti.

6. Pertamini

Peluang usaha yang kelima adalah membuka bisnis Pom Bensin Mini / Pertamini.

Karena rata-rata di desa itu jauh dengan SPBU. Sehingga PERTAMINI adalah yang dicari oleh para pengguna kendaraan.

Apalagi di desa itu banyak sekali yang menggunakan sepeda motor, mobil juga ada (Banyaknya pick up dan Chevrolet) yang memuat sayur dari petani.

Mereka semua membutuhkan bahan bakar untuk kendaraannya. Jadi dijamin deh bisnis ini tak akan sepi pelanggan.

Untuk modalnya sendiri kamu bisa langsung search di berbagai marketplace. Banyak yang jual mesin Pertamini.

Jangan lupa untuk mengurus ijin usaha yang dibutuhkan.

Baca juga artikel kami tentang Bisnis Pertamini Legal

7. Budidaya ikan lele

Peluang usaha yang keenam adalah budidaya ikan lele. Karena masyarakat Indonesia doyan makan lele.

Biasanya dibuat menjadi pecek lele yang dijual di banyak warung lalapan. Nah ini membuktikan bahwa market atau pasar untuk ikan air tawar ini selalu ramai.

Kunci utama dalam peluang usaha di desa keenam ini adalah memilih bibit unggul. Pilihlah bibit lele yang tahan dari serangan penyakit dan ukurannya lebih besar.

Mungkin ukuran lele nampak sama namun untuk warna dari bibit unggulnya terlihat lebih terang sedikit.

Baca juga artikel tentang Budidaya Ikan Lele

8. Warung makan

Peluang usaha yang ketujuh ini sebenarnya hampir mirip dengan peluang usaha di kota besar. Di mana semua orang sama-sama membutuhkan makan.

Dengan begitu kita akan membuka sebuah warung makan. Namun dijual dengan harga yang lebih terjangkau.

Mengingat harga bahan makanan di desa sudah pasti lebih murah juga dibandingkan harga makanan di kota besar. Sehingga harga jual pun harus menyesuaikan.

Kamu membutuhkan modal untuk membeli peralatan memasak, peralatan makan, meja, kursi plastik, bahan baku harian, dan biaya lain-lain. Tetapi tidak terlalu banyak kok. Apalagi kalau buka warung kecil-kecilan.

Untuk Desainnya sendiri yang sederhana aja, seperti warung Tegal pada umumnya. Atau kalau mau agak modern ya buat model depot gitu juga oke.

Tak perlu desain interior yang terlalu fancy, yang biasa aja.

9. Eksport kerajinan

Peluang usaha yang terakhir yang kami rekomendasikan adalah usaha eksport kerajinan asli desa kamu.

Kamu harus jeli-jeli melihat peluang. Termasuk melihat apa yang bisa dijual dari desa kamu. Kan ada tuh desa yang isinya banyak pengrajin.

Apalagi kalau pengrajin furniture. Bisa tuh kamu coba eksport. Kamu bisa mengambil keuntungan dari selisih harga. Jadi di sini kamu berperan sebagai makelar.

Nah itulah beberapa peluang usaha di desa yang dapat kamu coba. Semoga bermanfaat.


Author: Content Writer

Penulis lepas di toiletbisnis.com. Berikan komentar terbaik anda, untuk menyempurnakan blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *