Perbedaan Pasar Bisnis dan Pasar Konsumen – Pengertian, Ciri, dan Perbedaan

By Content Writer | September 23, 2020
perbedaan pasar bisnis dan pasar konsumen

Bisakah anda mendeskripsikan tentang pasar? Pasar merupakan faktor penting dalam dunia bisnis yang harus diperhatikan oleh perusahaan atau pelaksana usaha. lainnya.

Pada umumnya sebagian orang menganggap bahwa pasar adalah tempat terjadinya proses jual beli antara produsen dan konsumen. Namun dari kacamata keilmuan pasar bisa dijabarkan lebih luas.

Salah satu kekeliruan paling dominan pada masyarakat yang terjadi terkait dunia transaksi komersial adalah berasumsi bahwa pasar konsumen sama dengan pasar bisnis. Sangat disayangkan meskipun keduanya hampir sama dari aspek rancangan, tetapi jelas tetap berbeda.

Dalam dunia usaha khususnya transaksi komersial dibedakan dua macam pasar yaitu pasar konsumen dan pasar bisnis.

Karena  keduanya memiliki peran penting dalam dunia usaha atau bisnis Apakah anda mengerti dengan kedua istilah tersebut?

Lalu apa yang menjadi pembedanya? Serta aspek apa saja yang mempengaruhi dari setiap macam pasar tersebut?

Untuk menjawab semua pertanyaan di atas, mari kita simak informasi lebih lanjut tentang perbedaan pasar bisnis dan pasar konsumen agar kita mengetahui pembedanya.

Apa itu Pasar Konsumen?

Pasar konsumen adalah sekelompok konsumen yang melakukan pembelian suatu barang untuk digunakan  sendiri, tetapi bukan untuk dijual atau diproses lebih lanjut.

Pasar ini umumnya kita ditemui dalam kehidupan sehari-hari dan terdiri konsumen perorangan atau rumah tangga (non bisnis).

Dalam pasar ini karakteristik konsumen dipengaruhi oleh beberapa aspek diantaranya aspek sosial, budaya, psikologis dan pribadi. Dalam istilah lain pasar konsumen juga disebut Business to Consumer (B2C).

Dari beberapa aspek karakteristik pasar konsumen, aspek yang paling dominan adalah aspek budaya. Budaya menjadi pembatas kemauan dan kepribadian paling dasar.

Dalam budaya terdapat sub budaya yang lebih memperlihatkan pemahaman dan sosial diantaranya adalah agama, kewarganegaraan, ras dan kawasan geografis.

Aspek lain yang mempengaruhi adalah aspek sosial antara lain family, kelompok pengarah, serta kedudukan dan taraf sosial. Untuk selanjutnya adalah tentang aspek pribadi yang mencakup umur, kawasan ekonomi, pekerjaan dan lifestyle.

Point-point tersebut sangat berpengaruh utama dalam pemasaran karena karakter konsumen dibentuk dari point-point tersebut.

Apa itu Pasar Bisnis ?

Pasar bisnis adalah proses pertukaran barang antara perusahaan satu dengan yang lain untuk memproduksi produk yang tujuannya dijual kembali pada pihak lain agar mendapat keuntungan.

Dalam kasus ini pembeli tidak memakai langsung barang yang dibeli tetapi dipakai untuk memproduksi barang baru yang akan di jual kembali, disewa atau di supply kepada pihak lain.

Dalam pasar bisnis terbentuk beberapa industri penting antara lain :

  • Agrobisnis (pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan)
  • Perbankan (keuangan dan asuransi)
  • Pertambangan
  • Komunikasi
  • Distribusi
  • Konstruksi
  • Transportasi
  • Sarana umum
  • Perusahaan konstruksi
  • Perusahaan manufaktur

Berdasarkan uraian di atas dapat disimak bahwa pasar bisnis merupakan pasar besar yang melibatkan barang dan uang dalam jumlah besar.

Pada pasar bisnis terdiri dari perusahaan atau organisasi yang bertujuan mendapatkan keuntungan dalam jumlah besar. Pasar bisnis juga disebut Business to Business (B2B).

Ciri-ciri Pasar Konsumen

Untuk memahami lebih lanjut tentang pasar konsumen, mari kita simak apa saja ciri-cirinya!

  • Brand produk bersifat perorangan
  • Pemetaan pasar demografis
  • Aspek pasar nasional
  • Hubungan jual beli transaksional
  • Tidak mempunyai nasabah utama
  • Pendidikan nasabah masih rendah
  • Siklus produk lebih panjang
  • Akomodasi yang ada belum tentu tersedia
  • Pengutamaan promosi dengan iklan
  • Wawasan pasar masih rendah
  • Pemusatan strategi pemasaran pangsa pasar
  • Kompleksitas media pemasaran masih terlalu simple
  • Objek promosi berpusat pada pemasangan dan fasilitas produk

Ciri-ciri  Pasar Bisnis

Sebelum kita meninjau lebih jauh tentang perbedaan pasar bisnis dan pasar konsumen, mari kita simak apa saja ciri-ciri pasar bisnis berikut ini !

  • Brand produk bersifat perusahaan
  • Pemetaan pasar emporografis
  • Aspek pasar global
  • Hubungan jual beli kemitraan
  • Mempunyai nasabah utama
  • Pendidikan nasabah tinggi
  • Siklus produk pendek
  • Akomodasi tersedia untuk sebelum dan sesudah transaksi
  • Pengutamaan promosi memakai personal selling
  • Wawasan pasar lebih luas
  • Pemusatan strategi pemasaran kinerja keuntungan
  • Kompleksitas media pemasaran lebih kompleks
  • Objek promosi berpusat mengaktifkan terjadinya sales call

Pemetaan Pasar Bisnis dan Pasar Konsumen

Pemetaan pasar bisnis dan pasar konsumen pada hakikatnya sama, dimana para ahli pemasaran menjabarkan jenis-jenis pemetaan pasar berdasarkan ciri deskriptif dan aspek yang lain terkait konsumen. Tetapi pemetaan pasar bisnis dikerjakan secara sistematis sesuai dengan urutannya.

Untuk mengkaji lebih jauh pasar bisnis dan pasar konsumen dalam manajemen pemasaran dijabarkan salah satu aspek utama bagi seorang pemasar adalah dapat menjabarkan pasar dimana dia paham watak dan tindakan konsumen.

Perbedaan Pasar Bisnis dan Pasar Konsumen

Untuk memahami lebih detail lagi tentang perbedaan pasar bisnis dan pasar konsumen mari kita simak apa saja poin yang menjadi acuan pembedanya!

Kebutuhan Bisnis versus Kebutuhan Konsumen

Pada dasarnya konsumen menginginkan produk atau barang yang berkisar pada pasar bebas, yang mungkin tidak betul-betul menjadi keperluan konsumen. Misalnya fasilitas entertainment, paket perjalanan wisata serta beragam produk elektronik.

Sikap konsumen biasanya dilandasi berdasarkan karakteristik, misalnya trend dan gaya atau hal lain yang bersifat menjaga pamor atau harga diri.

Aspek emosional memerankan peran penting dalam kepastian pembelian konsumen. Jadi aspek pemasaran konsumen menjurus pada bagaimana cara memancing tindakan konsumen melalui pesan persuasif dan pendanaan media atau promosi untuk menghasilkan permintaan konsumen.

Untuk sebaliknya, pabrik atau perusahaan sebagai produsen atau penjual biasanya siap untuk memberi penyelesaian masalah untuk keperluan bahan baku yang digunakan sebagai operasi sehari-hari.

Bisa juga digunakan untuk memberikan solusi bisnis tertentu terkait efisiensi anggaran. Kebutuhan mereka betul-betul terhitung dan terorientasi sesuai perencanaan.

Ciri karakteristik seperti pencapaian produk jauh lebih penting dari pada gambaran produk yang berlaku pada pasar konsumen. Produsen pada pasar bisnis kurang berlaku emosional dan lebih menjurus pada target operasional perusahaan.

Yang mereka pikirkan hanya masalah mencari penyuplai atau pemasok yang paling bisa memenuhi keinginan perusahaan.

Pasar bisnis pada dasarnya berhubungan dengan konsumen dalam jumlah yang kecil tetapi mempunyai daya tampung yang besar daripada pasar konsumen. Pada kasus tersebut juga terbentuk dalam pasar bisnis yang besar, dimana konsumen sering menguasai pembelian.

Pemetaan pasar

Pada dasarnya pemetaan pasar antara pasar bisnis dengan pasar konsumen tidak sama. Cakupan wilayah pasar bisnis cenderung lebih sempit dari pada pasar konsumen.

Mungkin pemeran pasar pada pasar bisnis hanya dapat mematok ratusan pelanggan. Karena skalanya lebih rendah, seringkai dimungkinkan untuk menjelaskan dan memetakan profil semua jenis asumsi dari setiap pemeran pasar bisnis dan memberikan pendekatan dengan hubungan pemasaran khusus.

Karakteristik Pemintaan

Yang menjadi fokus utama perbedaan pasar bisnis dan pasar konsumen berdasarkan karakteristik permintaan adalah sifat permintaan, stabilitas permintaan dan elastisitas permintaan.

Ditinjau berdasarkan sifat permintaan, pasar bisnis merupakan permintaan turunan (derived demand) dari permintaan pembeli. Jadi tinggi rendahnya permintaan suatu produk bisnis dipengaruhi seberapa besar permintaan pembeli terhadap produk tersebut.

Stabilitas permintaan pasar bisnis lebih gampang terpengaruh dari pada pasar konsumen. Hal tersebut dikarenakan konsumen pada pasar bisnis tidak begitu menonjol dari pada pasar konsumen.

Namun rasio pembelian setiap konsumen lebih besar sehingga perusahaan mempercayakan penjualan pada total konsumen yang terbatas.

Elastisitas permintaan pasar bisnis pada dasarnya didapati elastisitas terbalik, dimana jika harga tinggi maka permintaan juga akan tinggi. Berlaku sebaliknya jika harga rendah permintaan juga akan rendah.

Hal itu terjadi disebabkan  karakter pemikiran dalam pasar bisnis, dimana saat harga tinggi muncul pemikiran bahwa harga akan semakin tinggi nantinya.

Sebagai contoh elastisitas permintaan, jika suatu perusahaan pembuat roti tidak berarti akan langsung menambah pembelian terigu pada saat harga terigu turun.  Sedangkan pada pasar konsumen elastisitas tersebut langka terjadi.

Karakteristik Pemasaran

Beberapa poin lainnya yang menjadi acuan perbedaan antara pasar bisnis dan pasar konsumen adalah karakteristik pemasaran. Variabel yang berisi dalam karakteristik pemasaran dapat kita lihat dari tabel di bawah ini!

karakteristik pemasaran

Metode transaksi

Pada pasar konsumen kebijakan dalam metode transaksi tidak akan terlalu sulit. Karena transaksi dilakukan secara profesional selama kurun waktu tertentu.  

Berbeda dengan metode transaksi pasar bisnis yang berjenis multi step karena ada strategi, batasan dan persyaratan atau perangkat yang perlu dimonitoring..

Pada pasar bisnis proses pembelian biasanya akan mengikutsertakan pihak lainnya. Pengambilan ketetapan dilakukan secara profesional sehingga upaya pembelian menjadi tidak semudah pada pasar konsumen.

Tingkat Hubungan Penyuplai dan Pelanggan

Berbeda dalam pasar konsumen, pada pasar bisnis hubungan antara penyuplai atau distributor kepada pelanggan akan lebih dekat karena jumlah pelaku usaha tidak banyak. Selai itu angka bisnis yang tinggi menjadikan perlu adanya hubungan yang lebih dekat untuk mencegah perselisihan.

Pada pemain pasar bisnis biasanya mempunyai timbal balik dalam proses transaksinya. Sebagai contohnya pabrik plastik membeli bahan baku dari pabrik X, maka pabrik X akan membeli plastik dari pabrik plastik tersebut.

Demikian lima point mendasar perbedaan antara pasar bisnis dengan pasar konsumen. Secara pengertian keduanya mempunyai point pembeda yang jelas. Khususnya pada pasar bisnis, karena bersifat lebih kompleks sehingga biasanya membutuhkan akuntansi atau accounting bisnis.

Dengan jurnal bisa menjadi salah satu jalan untuk memenuhi kebutuhan accounting bisnis anda. jurnal merupakan perangkat lunak atau software akuntansi online yang mempromosikan aneka fitur terkait penyusunan dan pelaporan keuangan. Dengan begitu anda bisa memonitor data pelanggan serta faktur transaksi usaha.

One thought on “Perbedaan Pasar Bisnis dan Pasar Konsumen – Pengertian, Ciri, dan Perbedaan

  1. Pingback: Pengertian Bisnis Secara Umum - Fungsi, Manfaat Menurut Para Ahli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *