28 Prospek Kerja Administrasi Bisnis, Publik dan Negara

By Content Writer | Oktober 24, 2020
prospek kerja administrasi bisnis

Tidak dapat dipungkiri memilih jurusan kuliah memang harus dilakukan dengan penuh hati-hati, karena ada banyak hal yang harus masuk dalam pertimbangan, salah satunya yaitu bagaimana prospek kerja dari jurusan yang dipilih.

Misalnya jika Anda memilih jurusan administrasi bisnis, maka lihatlah bagaimana peluang pekerjaannya, dan apabila sudah terlanjut memilih tidak perlu khawatir.

Sebab kami akan memberikan penjelasan lengkap terkait prospek kerja administrasi bisnis.

Auto baca: Ide Bisnis untuk Mahasiswa

Pekerjaan apa saja kira-kira yang bisa ditekuni ketika Anda memilih jurusan administrasi bisnis?

Prospek Kerja Administrasi Bisnis

Apa saja yang menjadi peluang kerja administrasi bisnis serta dengan gaji lulusan administrasi bisnis? Simaklah ulasan berikut ini!

1. Staf HRD

Human Resource Development (HRD) merupakan salah satu jenis pekerjaan yang bisa dipilih ketika Anda memilih jurusan administrasi bisnis.

HRD menjadi bagian dari perusahaan yang tugasnya merekrut sumber daya manusia untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Jika Anda bekerja sebagai staf HRD, maka besaran gaji yang dapat diperoleh sangat bervariasi mulai dari 3 jutaan sampai 5 jutaan.

2. Konsultan Bisnis

Peluang kerja berikutnya yang dimiliki oleh lulusan administrasi bisnis yaitu menjadi konsultan bisnis di suatu perusahaan, dimana besaran gaji yang bisa didapatkan untuk profesi ini yaitu sekitar 5 jutaan sampai 7 jutaan.

3. Staf Pemasaran

Selanjutnya Anda juga berpeluang untuk meniti karier sebagai seorang staf pemasaran di suatu perusahaan, karena di jurusan administrasi bisnis Anda akan diajari soal ilmu marketing.

Besaran gaji yang bisa diperoleh ketika menjadi staf pemasaran yaitu mulai dari 3 jutaan sampai 5 jutaan.

4. Manajemen Perusahaan

Sebagai lulusan dari jurusan administrasi bisnis juga, Anda bisa bekerja di bidang manajemen perusahaan, dengan besaran gaji yang juga bervariasi mulai dari 5 jutaan dan akan terus mengalami pertambahan sesuai dengan pengalaman serta kredibilitas yang Anda miliki.

5. Dosen

Jika sudah lulus dari Strata-1 jurusan administrasi bisnis, Anda bisa melanjutkannya lagi ke jenjang master, dan setelah menyelesaikan program master, Anda bisa coba untuk meniti karier sebagai seorang dosen.

Gaji seorang dosen juga sangat bervariasi, mulai dari 5 jutaan dan akan sangat bergantung pada pengalaman yang dimiliki.

6. Pebisnis

Profesi selanjutnya yang bisa ditekuni ketika Anda menjadi seorang yang lulus dari jurusan administrasi bisnis yaitu menjadi seorang pebisnis, karena Anda pasti sudah memiliki bekal ilmu pengetahuan yang cukup soal dunia bisnis.

Anda bisa menggunakan ilmu yang dipelajari selama perkuliahan untuk membangun kerajaan bisnis sendiri.

Besarnya penghasilan akan sangat bergantung pada usaha keras Anda dalam membangun sebuah usaha.

7. Staf Administrasi

Ketika Anda menjadi lulusan dari administrasi bisnis, jenis karier lainnya yang bisa digeluti yaitu menjadi seorang staf administrasi di suatu perusahaan.

Besaran gaji yang bisa diperoleh mulai dari 3 jutaan sampai 5 jutaan dan akan terus mengalami peningkatan tergantung pengalaman yang dimiliki.

8. Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Selanjutnya, Anda bisa juga bisa mendaftarkan diri menjadi PNS apabila sudah menyelesaikan pendidikan sarjana jurusan administrasi bisnis.

Jika Anda menjadi seorang PNS pastinya gaji yang diperoleh akan jadi lebih stabil.

9. Guru

Profesi berikutnya yang bisa ditekuni yaitu guru di SMK kejuruan akuntansi dan administrasi apabila Anda menjadi lulusan dari administrasi bisnis.

Gaji yang bisa diperoleh pun bervariasi mulai dari 3 jutaan dan akan terus meningkat sesuai dengan pengalaman.

10. Pegawai Bank

Profesi pegawai bank pun juga bisa digeluti sekalipun Anda merupakan lulusan dari pegawai bank, dimana gaji yang bisa didapatkan juga sangat bervariasi mulai dari 5 jutaan sampai belasan jutaan rupiah.

11. Sekretaris

Apabila Anda lulusan dari jurusan administrasi bisnis, jenis karier lain yang bisa digeluti yaitu menjadi sekretaris, dengan besaran gaji yang sangat bervariasi mulai dari 3 jutaan sampai 5 jutaan dan akan terus bertambah sesuai dengan pengalaman yang dimiliki.

12. Staf pengembangan bisnis

Menjadi lulusan dari administrasi membuat Anda juga berkesempatan menjadi bagian dari staf pengembangan bisnis di sebuah perusahaan yang gajinya mulai dari 3 jutaan sampai 5 jutaan dan belum termasuk bonus, serta pengalaman yang dimiliki.

13. Brand content marketing lead

Profesi sebagai brand content marketing lead adalah jenis profesi berikutnya yang bisa ditekuni pada saat Anda merupakan lulusan dari Administrasi bisnis.

Untuk gajinya biasanya mulai dari 5 jutaan dan tentunya akan semakin bertambah sesuai dengan pengalaman yang dimiliki.

14. Admin

Ketika Anda merupakan lulusan dari administrasi bisnis, maka Anda memiliki peluang yang besar untuk bekerja sebagai admin.

Untuk kisaran gaji seorang admin dimulai dari 3 jutaan sampai dengan 5 jutaan dan masih akan ditambah bonus dan lain-lainnya.

15. Reporter bisnis

Siapa bilang lulusan administrasi bisnis tidak bisa menjadi seorang jurnalis? Tentu saja bisa.

Berbekal pengetahuan yang Anda miliki soal bisnis membuat peluang untuk menjadi jurnalis bisnis pun semakin terbuka lebar. Dimana gaji yang ditawarkan bervariasi mulai dari 3 jutaan sampai 5 jutaan.

16. Customer servis

Lulusan dari administrasi bisnis juga sangat berpeluang meniti karier sebagai Customer Servis, dimana besaran gaji yang bisa diperoleh yaitu 3 jutaan sampai 5 jutaan, dan akan terus bertambah sesuai dengan pengalaman yang dimiliki.

17. Resepsionis

Jika Anda memiliki penampilan yang menarik, maka profesi sebagai resepsionis juga bisa ditekuni, namun resepsionis khusus administrasi, bukan yang lain.

Saat ini pekerjaan semacam itu banyak dibutuhkan, dimana gaji yang bisa diperoleh sangat bervariasi mulai dari 3 jutaan sampai 5 jutaan.

18. Kepala administrasi gudang

Profesi sebagai Kepala Administrasi Gudang juga bisa Anda coba untuk tekuni setelah lulus dari Strata-1 Administrasi Bisnis dengan jumlah gaji yang bisa didapatkan mulai dari 3 jutaan sampai 5 jutaan dan akan terus meningkat berdasarkan pengalaman yang dimiliki.

Prospek Kerja Administrasi Publik dan Administrasi Negara

Selain jurusan administrasi bisnis, ada juga jurusan administrasi lainnya yang biasanya juga diambil oleh kebanyakan pelajar Indonesia, diantaranya yaitu administrasi publik dan administrasi negara.

Apabila Anda mengambil dua jurusan administrasi itu, maka inilah prospek pekerjaan yang bisa diperoleh.

1. Aparat Pemerintah atau Pengurus Pemerintah Pusat atau Daerah

Prospek kerja administrasi negara dan publik yang pertama yaitu terlibat aktif dan bekerja secara langsung untuk menjalankan roda pemerintahan,

entah itu poros pusat atau daerah, dan menjadi pekerjaan inti untuk orang yang menjadi lulusan dari administrasi negara.

Biasanya dari aparat pemerintah yaitu menetapkan sebuah kebijakan, mengatur jalannya roda pemerintahan dengan baik hingga memberikan solusi dari pemerintahan untuk masalah yang sedang dialami oleh masyarakat.

Itulah mengapa ketika Anda menjadi lulusan dari jurusan administrasi negara, Anda bisa jadi bagian dari anggota atau aparat pemerintahan,

entah itu kelurahan, kecamatan, kabupaten hingga kementerian pusat, dimana untuk besaran gajinya tidak perlu dipertanyakan lagi.

2. Staf atau Anggota Legislatif Pusat Maupun Daerah

Ketika Anda menjadi lulusan dari jurusan administrasi negara atau publik, maka sudah pasti akan diberikan pengetahuan dan ilmu yang lengkap soal bagaimana cara strategis yang bisa digunakan untuk menentukan sebuah kebijakan di pemerintahan.

Selama perkualiahan berlangsung, Anda pasti diajari strategi khususnya untuk bisa membentuk sebuah pemerintahan yang efektif dan sejahtera untuk membangun kemakmuran rakyat.

Selain itu, ada juga pihak yang memang memiliki wewenang dalam penyusunan strategi dan menentukan sebuah kebijakan pemerintah secara inti, dimana hal ini dilakukan oleh anggota legislatif bersama dengan para staffnya.

Itulah mengapa tak heran jika lulusan administrasi negara atau publik memiliki peluang yang besar untuk menjadi anggota legislatif baik itu di pusat maupun daerah.

Berbekal ilmu di bidang pemerintahan yang diajarkan selama perkuliahan, maka Anda harusnya sangat mampu membawa masyarakat Indonesia menuju kehidupan yang lebih baik.

3. Aktivis LSM atau Organisasi Masyarakat

Prospek kerja administrasi publik atau negara berikutnya yaitu menjadi aktivis LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) atau berperan aktif di organisasi masyarakat.

LSM adalah lembaga yang secara sukarela memberikan pelayanannya untuk seluruh masyarakat umum tanpa harus mendapatkan keuntungan dari kegiatan yang mereka lakukan.

Kegiatan atau aktivitas yang umumnya dilakukan yaitu membela masyarakat yang ditindas, membantu masyarakat yang tertinggal, dan masih banyak lagi.

Intinya membangun masyarakat untuk bisa mencapai kehidupan yang ideal sesuai dengan hukum yang berlaku.

Apa yang dilakukan di LSM tidak jauh berbeda dengan apa yang dilakukan di ormas dimana organisasi masyarakat adalah sebuah organisasi yang dibentuk dan dijalankan langsung dengan orientasinya terhadap masyarakat, dan tak punya tujuan politis dan dibentuk berdasarkan beberapa kesamaan kepentingan pada suatu bidang, entah itu bidang pendidikan, sosial atau agama.

Sebagai lulusan dari administrasi publik atau negara, sangat mungkin bagi Anda untuk menjalani profesi sebagai aktivis, sebab ilmu yang diperoleh dari kampus akan membuat Anda mampu membuat sebuah kebijakan yang lebih efektif sehingga dampak yang akan diberikan kepada masyarakat akan jauh lebih efisien.

Dengan adanya LSM, dana organisasi kemasyarakatan yang perlu dijalankan dengan suatu struktur organisasi yang baik, mampu menjadi prospek kerja yang bagus untuk lulusan Administrasi Negara.

4. Konsultan Pemerintahan

Profesi selanjutnya yang bisa ditekuni sebagai lulusan dari administrasi bisnis yaitu menjadi konsultan pemerintahan.

Ketika Anda menjalani profesi sebagai seorang konsultan pemerintahan, maka Anda akan sangat berperan penting dalam memberikan solusi, masukan hingga merumuskan sebuah strategi yang dirancang untuk membuat roda pemerintahan bisa berjalan dengan baik.

Selain itu, konsultan bisnis akan sangat berperan penting untuk menangani berbagai macam masalah khusus dalam suatu pemerintahan.

Apalagi selama Anda berkuliah di jurusan administrasi negara atau publik, pastinya ada banyak ilmu yang telah didapatkan sehingga akan sangat membantu Anda untuk menjadi seorang konsultan pemerintahan yang baik maka Anda harus memiliki pemikiran yang kritis dan brilian sehingga strategi yang dihasilkan akan membawa pemerintahan menjadi lebih baik.

5. Asisten Peneliti

Profesi selanjutnya yang bisa ditekuni yaitu menjadi asisten peneliti. Biasanya dalam suatu pemerintahan terdapat banyak kendala yang harus dihadapi,

dan untuk mengatasi hal itu para ahli pemerintahan akan melakukan suatu riset atau penelitian yang digunakan untuk memecahkan suatu masalah yang berfungsi untuk menjalankan roda pemerintahan.

Sebab, cakupan pemerintah sangat luas, mulai dari negara, provinsi, kabupaten, kecamatan, kelurahan hingga daerah, maka penelitian yang akan dilakukan umumnya akan berjalan besar-besaran, dan agar semua roda pemerintahan dapat berjalan secara berkelanjutan, maka dibutuhkan sebuah asisten peneliti untuk  melakukan riset tersebut.

Tentunya, sebagai lulusan administrasi negara, Anda sudah memiliki bekal ilmu yang baik, dan pastinya bisa mengisi posisi ini dengan baik.

6. Anggota Partai Politik

Partai politik merupakan salah satu penggerak dari roda pemerintahan. Parpol memiliki sebuah peranan penting dalam menjalankan suatu roda pemerintahan, karena menjadi suatu wadah yang digunakan untuk menyalurkan seluruh aspirasi dari masyarakat, dan akan diterima ketika sesuai dengan visi dan misi dari parpol tersebut.

Ketika Anda lulusan dari jurusan administrasi negara atau publik, maka peluang untuk menjadi bagian dari parpol sangat besar, sehingga Anda bisa memahami betul bagaimana pola pemerintahan yang berlaku di negara Indonesia.

7. Jurnalis Pemerintahan atau Politik

Lulusan dari administrasi publik atau negara pastinya akan selalu dituntut untuk selalu peka terhadap beragam isu pemerintahan atau politik yang sedang hangat-hangatnya berkembang di masyarakat.

Apalagi sebagai lulusan administrasi negara, Anda pasti sudah ditempah dengan sebaik mungkin untuk memberi laporan mengembangkan sampai dengan memberdayakan dimana hasilnya akan menjadi jalan keluar yang bisa diambil oleh pemerintahan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.

Kemampuan untuk lebih peka, mendata dan melaporkan di lingkup pemerintahan tentunya akan menjadi modal yang bagus untuk Anda menekuni profesi sebagai jurnalis politik.

Jurnalis diketahui memiliki tugas khusus untuk melakukan liputan soal berbagai macam berita dan fenomena soal politik dan pemerintahan sehingga prospek kerja yang dimiliki sangat menjanjikan.

Profesi jurnalis juga dinilai tepat untuk lulusan dari sarjana administrasi negara, karena selain pintar dalam melakukan analisis, Anda pasti juga selalu dituntut untuk menguasai materi dasar dari berbagai fenomena politik dan pemerintahan yang sedang berkembang.

8. Tenaga Pendidik atau Dosen

Mempelajari secara rinci atau detail soal ilmu pemerintahan akan membuat lulusan administrasi negara menguasai dengan baik bagaimana seluk beluk dari dunia pemerintahan, baik teori maupun praktik.

Adanya pendalaman pengetahuan soal keilmuan yang dipelajari akan menjadi bekal yang baik bagi Anda untuk menjadi dosen atau tenaga pendidik di bidang ilmu pemerintahan dan menjadi prospek pekerjaan yang bagus.

Menjadi dosen akan membuat Anda bisa melakukan transfer ilmu kepada orang lain soal pemerintahan kepada banyak orang, dan menjadi pekerjaan yang mulia.

9. Bekerja di BUMN

Profesi berikutnya yang juga bisa digeluti yaitu bekerja di sektor pemerintahan, terutama Badan Usaha Miliki Negara (BUMN) ketika Anda menjadi lulusan dari administrasi negara atau publik.

Sebab, BUMN merupakan perusahaan miliki pemerintah dan berhubungan langsung dengan pemerintah terkait pajak dan lain sebagainya.

Itulah mengapa dengan kompetensi yang dimiliki oleh lulusan administrasi negara, maka Anda dipastikan akan sangat tepat menjalankan profesi ini.

10. Bekerja di Lembaga Keuangan

Profesi berikutnya yang bisa ditekuni yaitu bekerja di lembaga keuangan, seperti bank misalnya.

Sekarang, bank-bank yang ada di Indonesia terus mengalami peningkatan yang pesat dan banyak membutuhkan karyawan yang memiliki kompetensi yang baik di bidang keuangan.

Apa yang Anda pelajari di administrasi negara pasti akan sangat berguna ketika Anda bekerja di lembaga keuangan.

Dari pembahasan soal prospek kerja administrasi bisnis, apakah Anda sudah memiliki gambaran yang jelas dan tidak khawatir lagi kini?

Ingatlah, bahwa hal yang penting adalah bekerja dengan hati apapun profesi yang dipilih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *