10 Sekolah Bisnis Terbaik 2020 di Indonesia untuk Calon Pengusaha!

By Content Writer | Juli 19, 2020
sekolah bisnis terbaik di indonesia

10 sekolah bisnis terbaik di Indonesia akan kami hadirkan sekarang. Sekarang ini banyak sekali sekolah bisnis yang bertebaran di kota-kota besar. Karena memang peminat yang masuk sekolah ini cukup banyak.

Tidak perlu mencari sekolah bisnis terbaik di dunia, di Indonesia sendiri sudah cukup banyak sekolah bisnis yang berkualitas baik, dengan team pengajar yang mumpuni.

10 Sekolah bisnis terbaik di Indonesia

Baiklah kalau begitu mari langsung lihat listnya di bawah ini, antara lain:

1. Sekolah bisnis IPB

Dalam sekolah bisnis IPB ada program studi bisnis. Jadi program studi bisnis ini adalah program sarjana di SP-IPB.

Tujuannya yakni untuk melahirkan wirausahawan muda handal dan pantang menyerah serta kreatif, yang bisa mengelola sektor pertanian, bio-sains tropika, dan kelautan di negara Indonesia.

IPB adalah sekolah bisnis yang berada di bawah naungan dari Institut Pertanian Bogor dengan basis pertanian.

Perbedaan dengan Agribisnis pada mata kuliah yang dipelajari. Walaupun SP IPB dan Agribisnis memang berada di bawah naungan institusi IPB.

Apa saja yang akan diajarkan di S1 bisnis SP IPB ini? Cukup banyak karena ada 144 SKS.

Semuanya adalah sistem paket mata kuliah wajib diambil. Juga diwajibkan ikut PPKU atau Program Persiapan Kompetensi Umum.

Wajib tinggal dalam asrama kampus IPB Dramaga. Pada tingkat 1, akan diajarkan untuk beradaptasi sekaligus hidup di dalam atmosfer miniatur Indonesia dengan Kebhinekaan.

Dalam PPKU, untuk 2 semester, akan diajarkan mata kuliah umum. Contohnya biologi, kimia, fisika, sosiologi, agama, hingga kalkulus.

2. Sekolah bisnis manajemen ITB

Yang tidak kalah bergengsi adalah ITB. Di sini juga ada program bisnis yang bagus untuk yang tertarik masuk dalam bidang wirausaha.

Programnya yang dikenal antara lain Sekolah Bisnis dan Manajemen IPB, atau SBM-ITB.

Beberapa macam program studi yang ditawarkan di sini antara lain magister sains manajemen, magister administrasi bisnis, doktor sains manajemen, sarjana manajemen, juga sarjana kewirausahaan.

Memang program studi sarjana kewirausahaan masih termasuk baru di ITB. Adapun tujuan diadakannya program ini yakni agar bisa mencetak pengusaha muda sebanyak mungkin di tanah air.

Tentunya dengan semakin banyak pengusaha muda maka lowongan kerja pun akan semakin banyak dan dapat membantu mengurangi pengangguran dan kemiskinan di Indonesia.

Mahasiswa dari program studi SBM-ITB tidak hanya diajari konsep bisnis dalam kelas saja. Karena itu saja tidak cukup dan mereka pun akan diajarkan bagaimana untuk menerapkannya.

3. Universitas Prasetya Mulya

Yang ketiga juga ada Universitas Prasetya Mulya. Universitas ini termasuk cukup terkenal dengan studi bisnisnya. Sudah banyak melahirkan lulusan terbaik yang sukses menjadi pengusaha muda.

Lokasi dari universitas ini adalah di Jakarta. Dan bukan termasuk universitas baru, karena sudah berdiri semenjak tahun 80 an. Awal mula namanya yakni Management Development Centre.

Sudah beberapa kali Prasetya Mulya mengalami perubahan status. Dari Institut, kemudian Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, hingga sekarang statusnya berubah jadi universitas.

Di kampus atau universitas ini terdapat hingga 5 jurusan yang dapat dipilih oleh kamu. Kesemua jurusannya bagus bahkan tidak pernah sepi oleh peminat. Beberapa di antaranya adalah:

  • Accounting
  • Finance management
  • Marketing management
  • Event management
  • Business management

Universitas Prasetya Mulya ini punya program non gelar, yakni pengembangan eksekutif, ceritificate of business management, in house Training, dan international purchasing and supply chain management.

4. UI (Universitas Indonesia) – FEB UI

FEB UI atau Fakultas Ekonomi & Bisnis, adalah sekolah bisnis yang cukup favorit. FEB UI sendiri memiliki 3 departemen, antara lain Ilmu ekonomi, ilmu manajemen, dan ilmu akuntansi.

Dahulu ada FIA di UI, Fakultas Ilmu Administrasi. Tetapi semenjak 2018 FIA pun ditutup. Karena itu banyak pelajar yang memutuskan untuk masuk jurusan manajemen, FEB UI, program ekstensi FEB UI. Syarat untuk masuk jadi mahasiswa kelas ekstensi yakni sudah menyelesaikan program D3 dan harus lulus test simak UI.

Universitas ini adalah sekolah bisnis yang berkualitas sebagai alternatif pilihan di Indonesia. Bahkan sudah direview juga oleh Eduniversal Business Schools Ranking, juga QS World University Rankings.

Ada 2 tokoh terkenal yang merupakan alumni dari FEB UI. Yakni Tirto Utomo dan Chairul Tandjung. Pasti kamu pernah mendengar nama beliau dan perusahaan yang mereka kelola. Ini membuktikan bahwa FEB UI sudah berhasil mencetak wirausahawan sukses dan terkenal yang membanggakan.

5. International Business School – IPMI

Sekolah bisnis yang layak masuk bucket list berikutnya adalah IPMI International Business School. Mungkin kamu jarang mendengar tentang nama sekolah bisnis yang satu ini.

International Business School – IPMI sendiri berdiri tahun 1984. Sudah banyak alumni yang berhasil sukses. Banyak yang menjadi eksekutif senior dalam pasar internasional.

Di sini kamu berpeluang untuk mendapatkan gelar ganda. Caranya dengan melanjutkan kuliah di kampus-kampus yang berlokasi di luar negeri. Karena banyak kampus luar negeri yang telah bekerjasama dengan International Business School – IPMI.

Contohnya Catolica Lisbon School of Business & Economics yang berlokasi di Portugal hingga Melbourne Business School yang berlokasi di Australia, dan banyak lagi yang lainnya.

Di International Business School – IPMI menggunakan bahasa Inggris untuk bahasa pengantar perkuliahan. Metode perkuliahan yang digunakan katanya juga mirip dengan perkuliahan pada universitas Harvard.

6. Sekolah bisnis STIE Malangkucerawa

Kalau kamu mencari sekolah bisnis yang ada di kawasan Jawa Timur tetapi yang terbaik, maka kamu bisa memilih STIE Malangkucerawa. Ini memang termasuk salah satu sekolah bisnis yang patut diperhitungkan dan banyak peminat.

Adapun lokasi STIE Malangkucerawa adalah di Malang. Dahulu namanya bukan STIE Malangkucerawa melainkan AMB (Akademi Bank Malang).

Tetapi seiring waktu berjalan sekarang konsep sekolah diubah, kemudian menjadi sekolah tinggi ilmu ekonomi.

Di sini tersedia program S1 dan program S2 bagi calon mahasiswa mereka. Terdapat program studi manajemen keuangan dan akuntansi, yang S1. Sementara itu kalau yang S2, ada program studi yang khusus pada bidang manajemen.

Sekarang STIE Malangkucerawa mulai merambah dunia internasional. Yakni mengadakan program kerjasama bersama universitas asing.

Kampus ini juga seperti dilansir dari situs resminya, menyebutkan kalau sudah berhasil menyabet banyak prestasi. Bahkan masuk list 100 universitas terbaik di Indonesia.

7. Universitas Diponegoro

Sementara itu, untuk kamu yang berdomisili di Jawa Tengah, khususnya Semarang, bisa melirik sekolah bisnis di Universitas Diponegoro. Sekolah bisnis ini cukup bagus dan layak untuk kamu pilih.

Kelebihannya yakni pada fasilitas yang lengkap. Bahkan tersedia tax center untuk para mahasiswa jurusan perpajakan dan program studi lengkap. Program studinya ada untuk S1, S2 hingga S3 sekalipun.

Pilihannya antara lain akuntansi, manajemen, ilmu ekonomi, dan studi pembangunan. Mungkin yang terbilang cukup unik adalah studi pembangunan.

Kelebihan dari universitas Diponegoro tidak terbatas pada fasilitas penunjang yang lengkap saja. Tetapi mutu pendidikan dan team pengajar juga berkualitas.

Universitas Diponegoro atau yang dikenal sebagai UNDIP termasuk universitas terbaik di tanah air. Jurusan pada universitas ini pun rata-rata sudah memiliki akreditasi A.

Bahkan tersedia career development. Dengan begitu setelah lulus nanti akan dibantu dalam mencari pekerjaan untuk modal berwirausaha.

8. BINUS – Business School

Yang kedelapan adalah BINUS. Siapa yang tidak kenal dengan Bina Nusantara University ini?

Namanya memang sudah terkenal dan termasuk universitas yang bergengsi, dengan mahasiswa dari seluruh daerah. Memang BINUS termasuk sekolah bisnis favorit bahkan hingga tahun 2020 sekarang ini.

Dapat dibilang kalau sekolah ini termasuk sekolah favorit untuk memperdalam ilmu mengenai dunia bisnis.

Tak hanya fasilitas yang lengkap dan membantu mahasiswa agar bisa berwirausaha. Tetapi juga kampus ini terkenal akan pengajarannya pada bidang IT.

Karenanya memang antara bisnis dan dunia teknologi (IT) itu merupakan dua hal yang tak terpisahkan. Sehingga BINUS Business School sudah memiliki kelebihan pada faktor yang satu ini dibandingkan business school yang lainnya.

Kalau sudah menguasai IT maka akan lebih mudah untuk membangun sebuah bisnis yang sukses. Ini mungkin bisa menjadi salah satu faktor pertimbangan kamu ketika hendak memilih apakah mau masuk BINUS Business School atau sekolah yang lainnya.

9. Universitas Padjajaran

Fakultas ekonomi Universitas Padjajaran juga termasuk business school yang layak dijadikan alternatif pilihan. Kampus di lokasi Dipatiukur, Bandung, dan Jatinangor, Jawa Barat ini mempunyai berbagai macam program unggulan untuk para mahasiswa-mahasiswi mereka.

Baik staff pengajar, kurikulum, fasilitas penunjang, hingga mutu pendidikan di Universitas Padjajaran benar-benar mendapatkan perhatian. Karena itu universitas ini berhasil menyandang gelar sebagai sekolah bisnis terfavorit di Indonesia hingga detik ini.

Adapun jenjang pendidikan yang ditawarkan di universitas Padjajaran yakni S1 (Sarjana), S2 (Magister), hingga S3 (Doktoral).

Untuk program studi D3 yakni D-IV akuntansi perpajakan, D-IV bisnis internasional, D-IV akuntansi sektor publik, dan D-IV pemasaran digital. Untuk sarjana, antara lain akuntansi, manajemen, ekonomi pembangunan, ekonomi Islam, dan bisnis digital.

Untuk pascasarjana ada pendidikan PPAK (Profesi Akuntansi), dan S2, yang terdiri atas: Ilmu ekonomi, ekonomi, manajemen, ilmu manajemen, ekonomi terapan, akuntansi, dan manajemen mikro terpadu. S3 terdiri atas ekonomi, akuntansi, dan manajemen.

10. Sekolah bisnis IBII (Kwik Kian Gie)

Atau institut bisnis dan informatika, merupakan sebuah perguruan tinggi swasta. Lokasinya di Jakarta Utara.

Fokus dari IBII ini yakni pada bidang bisnis dan ekonomi tetapi dengan orientasi standar dunia internasional. Ilmu-ilmu yang diajarkan juga yang terupdate.

Nantinya diharapkan para murid dapat memiliki pemahaman strategis tentang dunia bisnis atau dunia usaha, dan bagaimana cara membangun sebuah perusahaan yang mempunyai sisi sempurna dari faktor manajemen mereka. Banyak kelebihan dari IBII.

Yang mungkin cukup menarik adalah orang di balik IBII. Pendiri yayasan sekolah bisnis ini yakni Kwik Kian Gie, Kaharudin Ongko, dan Djoenaedi Joesoef.

IBII sendiri sudah sukses menyabet status akreditasi unggul. Status tersebut untuk program studi magister manajemen di kampus ini. Bahkan keseriusan IBII juga terbukti dengan sertifikat ISO 9001:2000 standar internasional.

Itu berarti sistem manajemen mutu dari kampus ini sudah terbukti berkualitas. Sekian artikel tentang 10 sekolah bisnis terbaik di Indonesia, semoga bermanfaat.

Author: Content Writer

Penulis lepas di toiletbisnis.com. Berikan komentar terbaik anda, untuk menyempurnakan blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *