Usaha Apa yang Bagus Untuk Jangka Panjang? Ini Rekomendasi Paling Ngacir

By Content Writer | September 23, 2020
usaha apa yang bagus untuk jangka panjang

Saat akan memulai bisnis, kamu tentu harus memastikan apakah usaha tersebut bisa terus berkembang seiring berjalannya waktu. Analisa seperti ini wajib kamu perhatikan agar usaha yang kamu rintis tumbuh secara terus menerus.

Namun, sebaiknya kamu juga mempertimbangkan hal-hal berikut ini agar usaha kamu dapat bertahan lama.

  • Cintailah bisnis kamu. Jika kamu telah menyukai suatu pekerjaan, maka seberat apapun pekerjaan akan terasa menyenangkan karena dilakukan dengan sepenuh hati.
  • Jalankan bisnis yang paling kamu kuasai. Bila kamu memiliki keahlian yang berhubungan dengan bisnis kamu, maka bukan hal yang tak mungkin usahamu akan cepat berkembang.
  • Sesuaikan dengan modal yang kamu miliki. Mulailah bisnis dari kecil agar resiko yang kamu alami tidak besar. Jadi, jika usaha yang kamu lakukan gagal, kamu bisa segera mencoba bisnis lain.
  • Tempat yang akan kamu pakai untuk berbisnis. Kamu harus memastikan tempat yang kamu pakai mendukung usaha yang akan kamu jalankan.

Banyak referensi yang bisa kamu gunakan untuk menambah pengetahuan berbisnis kamu. Salah satunya adalah dengan mencari di mesin penjelajah internet tentang analisis ekonomi.

Banyak-banyaklah mencari informasi agar kamu mempunyai gambaran peluang bisnis sebelum akhirnya menemukan usaha apa yang ingin kamu jalankan. Selanjutnya akan kita bahas peluang usaha apa saja yang bisa kamu pilih.

1. Usaha di bidang kuliner

Kita tahu, usaha di bidang kuliner digemari para pelaku bisnis. Banyak berjejeran hampir di sepanjang jalan selalu ada usaha kuliner.

Nyatanya, usaha di bidang ini memang memiliki prospek yang bagus tak lekang oleh waktu asalkan kita dapat selalu membaca keadaan pasar.

Khususnya di daerah padat penduduk, kamu dapat memanfaatkan peluang ini dengan baik. Bahkan, dengan perkembangan teknologi saat ini, kamu bisa menjalankan usaha kamu dari rumah tanpa mengeluarkan banyak modal untuk menyewa tempat.

Setiap orang tentu saja butuh makan, entah dengan memasak sendiri maupun membeli makanan matang. Terutama bagi kalangan karyawan dan mahasiswa yang tidak memiliki banyak waktu untuk memasak.

Kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk mendirikan usaha di bidang kuliner. Di bawah ini saya beri contoh usaha di bidang kuliner yang bisa untuk jangka panjang.

Katering

Usaha katering merupakan salah satu pilihan tepat yang bisa kamu pilih untuk berbisnis. Alasannya, usaha ini bisa dirintis dengan modal kecil.

Tapi jangan salah, katering tidak melulu berkaitan dengan resepsi pernikahan, acara rapat, ataupun acara komunitas lainnya. Kamu bisa menawarkan katering menu harian untuk mahasiswa kos, menu makan siang untuk karyawan perusahaan, dan masih banyak lagi.

Buatlah proposal tentang menu makanan yang bisa kamu tawarkan ke perusahaan. Juga brosur yang bisa kamu bagikan di kampus. Berikanlah pilihan paket bulanan dengan harga yang lebih murah agar pelangganmu bertahan lama.

Auto Baca: Contoh Proposal Usaha untuk di Investor

Jangan lupa tetap menjaga kedisiplinan waktu pengiriman, kwalitas bahan makanan yang baik, serta selalu memperbarui dan menambah daftar menu makanan.

Kamu juga bisa membuat katering yang berbeda dari yang lain, yaitu katering makanan sehat rendah kalori. Usaha ini ditujukan untuk para pelaku diet serta orang tua jompo.

Bisnis ini termasuk usaha yang langka tapi menguntungkan. Prospeknya masih terbuka lebar mengingat sangat jarang kita temui.

Jajanan Kue

Jualan makanan yang dipastikan bisa laku setiap hari yaitu jajanan kue. Macamnya yang beraneka ragam dan harganya yang terjangkau membuat jajanan kue digemari masyarakat.

Selain sebagai kudapan, kue juga bisa dijadikan buah tangan dan cocok disuguhkan dalam berbagai acara.

Warung Makan Non Stop

Di lingkungan yang terdapat banyak pekerja dan mahasiswa, memang sangat cocok untuk mendirikan bisnis jualan makanan. Ambil peluang ini untuk membuka warung nonstop 24 jam.

Biasanya banyak pekerja atau mahasiswa yang baru sempat makan di malam hari, baik karena kerja lembur ataupun sibuk menyelesaikan tugas mata kuliah. Dengan keterbatasan waktu tersebut, mereka tidak sempat memasak dan memilih untuk membeli di warung makan.

2. Usaha di Bidang Pertanian

Di saat kebutuhan manusia semakin bertambah, justru lahan pertanian saat ini semakin sedikit. Banyak lahan pertanian yang hilang berganti dengan bangunan.

Oleh karenanya, usaha di bidang pertanian adalah salah satu usaha yang menguntungkan di desa. Permintaan pasar akan bahan makanan pokok dan sayuran terus meningkat seiring bertambahnya jumlah penduduk dan berkembangnya usaha kuliner.

Memang, untuk melakukan usaha ini diperlukan keterampilan dalam bidang pertanian. Tapi, kamu bisa mencoba mempelajarinya lewat internet, maupun membaca buku pengetahuan tentang pertanian.

Jika kamu berhasil, bisnis ini bisa sangat menguntungkan dan bagus untuk jangka panjang mengingat setiap hari pasti ada yang membeli bahan makanan pokok maupun sayuran.

3. Usaha di Bidang Elektronik dan Gadget

Usaha ini masih memiliki prospek peluang usaha yang bagus jauh ke depan. Hal ini disebabkan oleh berkembangnya teknologi yang cepat, jadi mau tidak mau mengharuskan masyarakat untuk mengikutinya.

Bahkan, elektronik dan gadget sudah seperti kebutuhan pokok saja. Bagaimana tidak, sekarang setiap orang pasti mempunyai telepon genggam pribadi.

Sedangkan di rumah pasti minimal punya TV. Usaha yang bisa kamu lakukan di bidang ini antara lain jasa reparasi.

Dikarenakan harganya yang tidak murah, banyak orang yang memilih untuk mereparasi elektronik maupun gadget mereka ketimbang harus membeli yang baru.

Atau kamu bisa menawarkan jasa servis panggilan. Bisnis ini terbilang usaha yang langka tapi menguntungkan.

4. Usaha di Bidang Industri Kreatif

Usaha di bidang industri kreatif memang diperlukan keuletan dan bakat membuat kerajinan. Oleh karena itu, usaha ini cocok untuk kamu yang berjiwa muda dan menyukai seni.

Jika kamu bisa bersungguh-sungguh menjalankan bisnis usaha industri kreatif, maka bisnis ini akan menghasilkan keuntungan besar. Mengapa demikian?

Karena industri kreatif yang memiliki daya saing kwalitas ekspor bisa berkembang hingga manca negara.

Begitu banyak contoh industri kreatif berupa kerajinan tangan, seperti kerajinan dari daur ulang barang bekas, kerajinan dari kulit ikan pari, berbagai macam hiasan rumah tangga, dan masih banyak lagi.

Tak ada salahnya bila kamu mau bergabung dengan komunitas pebisnis di bidang industri kreatif. Kamu bisa sharing dan mempelajari cara mengembangkan bisnis ini dari pengalaman para senior.

5. Usaha pada Bidang Properti

Pesatnya tingkat pertumbuhan penduduk menjadikan kebutuhan akan tempat tinggal juga semakin tinggi pula. Hal ini membuat peluang usaha bidang properti akan selalu berjalan.

Tak mudah memang menjalankan bisnis ini. Kita harus mempunyai mental yang kuat dan pengalaman yang memadai. Setidaknya kamu bisa belajar dari cerita orang-orang yang lebih dulu bergelut di bidang ini.

Atau kamu juga bisa mencari bekal pengetahuan melalui internet maupun buku tentang bisnis properti. Pelajari secara bertahap agar tidak ada keraguan untuk memulai melakukan bisnis ini.

6. Usaha di Bidang Pendidikan

Kualitas pendidikan sangat penting untuk kemajuan bangsa. Hal ini dikarenakan dapat mempengaruhi tingkat perkembangan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Dengan demikian, usaha di bidang pendidikan merupakan bisnis dengan prospek jauh ke depan. Contoh usaha di bidang ini yaitu:

Bimbingan Belajar (Bimbel) atau Kursus 

Meski pemerintah telah mendirikan banyak sekolah, namun nyatanya tidak bisa memadai semua keterampilan yang dibutuhkan untuk berkarya.

Kamu bisa mendirikan usaha bimbel atau kursus sesuai dengan bakat dan keahlianmu. Misalnya, bila kamu ahli menyetir mobil, kamu bisa membuka kursus mobil. Atau bila kamu berbakat dalam hal melukis, kamu bisa membuka kursus melukis.

Penyedia Peralatan Pendidikan

Dalam melaksanakan proses belajar mengajar, tentu diperlukan alat dan media pembelajaran. Hal ini membuka peluang bagi kita untuk melakukan bisnis penyedia peralatan pendidikan.

Tak harus melulu memiliki toko dalam menjalankan usaha, kamu bisa melakukan bisnis penyedia peralatan pendidikan dengan menawarkan langsung ke sekolah-sekolah maupun tempat bimbel.

Dengan mempertahankan kwalitas bahan, bukan tidak mungkin mereka akan menjadi pelanggan tetap kamu. Jangan lupa untuk selalu update tentang peralatan pendidikan yang terbaru.

7. Usaha Sektor Otomotif

Tingginya tingkat pertumbuhan penduduk juga membuat peminat kendaraan semakin banyak. Bisa dilihat dari jalanan yang semakin padat dipenuhi kendaraan bahkan di jam-jam tertentu bisa macet parah.

Jika kamu berada di tempat seperti ini, kamu bisa menekuni usaha di bidang jasa otomotif. Berikut ini contoh beberapa usaha sektor otomotif yang menguntungkan.

Bengkel untuk Servis Kendaraan

Bengkel kendaraan biasanya melakukan pelayanan servis biasa dan servis berkala, seperti penggantian oli, penggantian spare part, turun mesin, dan sebagainya.

Jasa Montir

Jika kamu memiliki keahlian memperbaiki kendaraan, cobalah untuk menyediakan jasa montir panggilan. Peluang bisnis ini merupakan usaha yang bagus untuk jangka panjang.

Mengingat akan sangat merepotkan jika harus mencari jasa derek ketika kendaraan mogok saat perjalanan.

Jasa Tempat Cuci Kendaraan

Usaha ini tidak harus dilakukan dengan menyewa tempat yang luas, bisa juga kamu lakukan di rumah.

Karena pasti hampir semua tetanggamu mempunyai kendaraan. Tawarkan pula jasa cuci helem untuk menambah pelayanan bisnis kamu.

8. Usaha di Bidang Pariwisata

Indonesia adalah Negara kepulauan dengan beraneka ragam suku, budaya, dan sumber daya alam yang melimpah. Maka tak heran bila jumlah wisatawan manca negara terus bertambah.

Oleh karena itu, pariwisata juga merupakan bisnis yang bagus untuk jangka panjang. Nah, cobalah untuk menggeluti usaha di bidang pariwisata.

Mungkin kamu bisa mengembangkan potensi wisata di tempat kamu tinggal. Misalnya, jika di desa kamu ada lahan kosong, maka kamu bisa menggali potensi di tempat tinggalmu. Mungkin kamu bisa mulai menanam bunga dan menangkar kupu-kupu.

Dengan tatanan yang rapi dan indah, wisatawan akan datang ke desamu untuk berekreasi.

9. Usaha pada Sektor Online

Bisnis online merupakan usaha jangka panjang yang masih terus memiliki peluang sangat besar. Menjalankan bisnis ini akan cepat menghasilkan keuntungan jika kamu memiliki pengetahuan tentang marketing.

Apalagi didukung dengan pengguna internet yang terus meningkat. Usaha di bidang ini antara lain dropshiper, affiliate marketing, publisher, dan sebagainya.

Itulah mengenai usaha apa yang bagus untuk jangka panjang. Yang perlu diingat, apapun usaha yang kamu jalankan, sebenarnya bisa untuk jangka panjang asalkan dikelola dengan baik.

Author: Content Writer

Penulis lepas di toiletbisnis.com. Berikan komentar terbaik anda, untuk menyempurnakan blog ini.

One thought on “Usaha Apa yang Bagus Untuk Jangka Panjang? Ini Rekomendasi Paling Ngacir

  1. Pingback: 21 Cara Memulai Bisnis Properti Perumahan atau Tanah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *