Usaha Dekorasi Ulang Tahun Anak. Raih Profit Puluhan Juta per Bulan

By toiletbisnis | Januari 8, 2020
usaha dekorasi pernikahan

Usaha dekorasi ulang tahun. Ini adalah sebuah bisnis yang sangat prospek. Apabila kamu bingung ingin menekuni bisnis bidang apa sekarang ini, maka bisnis yang satu ini layak untuk kamu pertimbangkan.

Ada alasan lain mengapa usaha yang satu ini sangat layak untuk kamu jalankan. Salah satunya karena tingkat persaingan masih sangat minim.

Pangsa pasar yang luas akan memudahkan kamu untuk menjual layanan jasa, dengan harga yang bisa kamu tentukan sendiri.

Umumnya yang termasuk dalam dekorasi acara ini antara lain background, dan dekorasi panggung, ditambah dengan tulisan tema acara, plus pembicara.

Usaha dekorasi ulang tahun. Apakah banyak yang membutuhkan?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut. Kamu bisa melihat bahwa sekarang ini jaman sudah semakin modern, sudah semakin berkembang.

Dan di jaman modern ini sudah bukan hal yang aneh lagi untuk mengadakan berbagai event atau acara. Nah kan rata-rata yang mengadakan acara ini bukan orang yang santai, mereka punya kesibukan tersendiri.

Oleh karena itulah kamu hadir untuk membantu mereka mendekorasi acara tersebut, rata-rata sih acara ulang tahun. Tapi kamu jangan menutup batasan atau range jasa kamu hanya untuk acara ulang tahun saja, usahakan juga untuk event yang lain.

Membutuhkan kreativitas

Apabila memang kamu ingin terjun dalam bidang ini, modal yang kamu butuhkan tidak terlalu besar. Tetapi kamu akan membutuhkan yang namanya kreativitas.

Karena tanpa kreativitas nantinya dekorasi yang tercipta terlihat kurang menarik dan membosankan. Tentu ini akan memberikan dampak negatif terhadap usaha kamu ke depannya.

Kamu tahu sendiri kan kalau orang-orang jaman sekarang itu kalau tidak puas, mereka akan bercerita jelek tentang bisnis kamu. Berlaku sebaliknya, jika mereka merasa puas, maka bisnis kamu pun akan direkomendasikan.

Dengan kreativitas tinggi maka kamu akan dapat merancang sebuah konsep acara dengan komprehensif. Kemudian memberikan tugas lapangan mendetail pada para team atau pekerja kamu.

Selanjutnya yang perlu kamu lakukan cukup check perkembangan yang sudah dilakukan oleh para pekerja kamu di lapangan, apakah memang sudah sesuai dengan apa yang kamu inginkan atau tidak.

Dengan begitu kamu pun bisa mengerjakan bisnis ini sembari tetap menjalankan pekerjaan kantor kamu. Jadi pendapatan pun tidak hanya dari 1 sumber saja tapi dari 2 sumber.

Analisa modal yang dibutuhkan dan ROI (Return On Investment) bisnis dekorasi

Oke, rasanya tidak lengkap ya kalau belum membahas yang satu ini. Baiklah langsung aja yuk.

Investasi awal

Beli peralatan (Gunting, kain, tanaman, kertas, lem, etc) Rp 5.000.000,-

Biaya operasional

Gaji 2 karyawan (Per acara 100 ribu) Rp 1.000.000,-
Telepon Rp 200.000,-
Alat dan bahan Rp 500.000,-
Transportasi Rp 300.000,-
Total Rp 2.000.000,-

*Asumsi dalam sebulan 5 kali penjualan jasa atau 5 acara @ Rp 1.000.000,-

Maka didapatkan

Omzet per bulan = Rp 5.000.000,-

Laba per bulan = Rp 3.000.000,-

Analisa ROI = Kurang lebih 3 bulan

Kunci sukses bisnis dekorasi ultah

Apabila kamu mau sukses maka selain kreativitas masih terdapat kunci sukses lainnya…

Apakah kunci sukses tersebut?

Jadi kamu membutuhkan yang namanya passion. Sebuah passion untuk merancang, sekaligus kecermatan untuk melihat market yang ada sekarang. Khususnya di kota di mana kamu menjalankan bisnis ini.

Apalagi jika kamu memutuskan untuk melebarkan sayap ke sektor lainnya seperti katering. Jangan salah, sekarang banyak jasa dekorasi pesta ulang tahun dan berbagai event yang lain, juga sekaligus menawarkan jasa katering.

Untuk melakukan itu, bisa bekerjasama dengan vendor katering. Jadi tidak perlu melakukan semuanya sendiri. Tetapi kamu akan mendapatkan keuntungan lebih. Biasanya sesuai dengan kesepakatan dengan vendor katering tersebut.

Jangan malas riset

Jangan bersombong diri dan hanya menggunakan dekorasi yang seperti itu-itu saja. Sekarang ini semakin banyak model dekorasi event yang menarik. Kamu coba deh sediakan waktu untuk mempelajari model dekorasi yang lainnya.

Lihat juga berbagai contoh dekorasi pesta yang ada di luar negeri. Jaman sekarang kan sudah ada Google. Kamu cukup search aja di Google dan pelajari desainnya. Pilih yang menarik dan masukkan dalam bucket list kamu.

Tapi jangan pernah memaksakan ide dekorasi yang kamu dapatkan ke klien. Karena kemungkinan klien memiliki tema tertentu. Dan tema tersebut bisa jadi dekorasinya tidak sesuai dengan yang sudah kamu pilih.

Intinya kamu tetap harus menyesuaikan dengan keinginan klien kamu. Supaya klien kamu puas dengan hasil akhir dekorasi yang kamu dan team buat. Selalu dan selalu praktekkan “Pelanggan adalah raja”

Yaa… Itu kalau kamu mau bisnis kamu berjalan terus lho ya.

Hambatan yang mungkin terjadi

Semua bisnis pasti ada hambatannya, termasuk jasa dekorasi ulang tahun dan event-event ini. Sekarang ini masih jarang yang mengetahui bisnis ini. Karena itu kamu butuh marketing, sosialisasikan ke masyarakat.

Seiring waktu jika kamu berhasil sosialisasi maka pelanggan pun akan bertambah sedikit demi sedikit. Atau kamu boleh juga dengan cara memasang iklan di Facebook, dan sosmed yang lain.

Yang penting buat perusahaan kamu menjadi terkenal…

Hambatan yang lain, bisnis ini pun membutuhkan yang namanya kreativitas dan banyak ide fresh dan menarik setiap waktunya. Untuk itu kamu tidak boleh malas untuk mengembangkan ide dekorasi.

Selebihnya, Cuma hambatan-hambatan kecil yang pasti bisa kamu lewati.

Skala kecil dulu

Apabila ini baru pertama kalinya kamu mencoba menjalankan bisnis ini. Maka supaya memperkecil resiko kegagalan, cobalah ambil pesta ulang tahun skala kecil dulu. Termasuk event-event, ambil yang skala kecil dulu saja.

Walaupun mungkin profit yang kamu dapatkan tidak terlalu banyak. Tetapi kamu dan team atau pekerja kamu akan mendapatkan pengalaman.

Nantinya pengalaman demi pengalaman dikumpulkan, barulah setelah dirasa mampu, coba beralih mengambil job dengan skala yang lebih besar.

Ingatlah bahwa apapun itu dimulai dari nol. Kamu tak usah malu walaupun mulai dari nol, karena dari sini semuanya berakar, kemudian bertumbuh jadi besar. Tingkat sedikit demi sedikit.

Sebenarnya apapun jenis bisnisnya ya sama saja kok, kamu tidak bisa langsung menjalankan yang skala besar. Mulai dari skala kecil terlebih dahulu. Tapi kalau memang kamu rasa mampu, ya tidak ada salahnya mencoba langsung mengambil yang skala besar.

Jadi saran ini tidak mutlak ya…

Jaringan keluarga

Berikutnya, kamu bisa memanfaatkan jaringan keluarga sekaligus pertemanan kamu. Dengan begitu peluang usaha kamu bisa lebih luas. Dengan begitu kamu dapat mencocokkan dengan bakat dan minat kamu.

Ingatlah jangan pernah berhenti melakukan usaha di tengah jalan. Karena mungkin saat kamu berhenti menjalankan bisnis dekorasi ulang tahun ini kesuksesan sebenarnya sudah di depan mata.

Sebaiknya stop thinking and start action. Jangan sampai terlambat, karena kalau baru mulai belakangan nanti persaingan sudah sengit lho kawan.


Baca juga bisnis dekorasi pernikahan yang menjanjikan di sini : Bisnis Dekorasi Pernikahan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *