25 Usaha Modal 10 Juta Beserta Rinciannya, Lengkap!

By toiletbisnis | Agustus 20, 2020
Usaha modal 10 juta

Para pemula dalam dunia bisnis seringkali ragu karena terbentur oleh stigma jika memulai sebuah usaha membutuhkan modal yang besar.

Namun sekarang sudah tidak lagi. Dengan modal 10 juta pun Anda bisa memulai bisnis Anda sendiri. Asalkan dijalankan dengan serius, modal kecil tidak lagi menjadi masalah.

Apalagi sekarang sudah banyak ide bisnis atau usaha modal 10 juta yang bisa Anda coba.

Untuk memulai sebuah usaha, modal 10 juta tidaklah bisa dibilang sedikit, namun juga belum bisa dibilang besar.

Meskipun begitu, tidak semua bisnis atau usaha bisa dimulai dengan modal 10 juta ini. Jika Anda tidak ingin mengambil resiko terlalu besar, modal 10 juta adalah permulaan yang tepat.

Sebagai referensi, berikut ini ada beberapa ide usaha modal 10 juta yang bisa Anda ikuti.

Ide-Ide Usaha Modal 10 Juta yang Mudah untuk Dimulai dan Menjanjikan Peluang Besar

1. Kue Basah Tradisional

usaha makanan kue basah tradisional

Memulai usaha dengan Modal 10 juta ditambah dengan keahlian Anda membuat jajanan tradisional atau kue basah, Anda sudah bisa membuka usaha sendiri.

Makanan tradisional saat ini kembali trend dan banyak dicari, baik untuk dikonsumsi sendiri atau untuk event tertentu. Modal sebanyak ini bisa Anda gunakan untuk membeli bahan-bahan dasarnya.

Dengan modal tersebut, Anda juga bisa memulai usaha Anda dengan menyewa atau membeli peralatan jualan sendiri.

Seperti misalnya etalase untuk berjualan sendiri di depan rumah atau di pinggir jalan. Jalankan dengan serius, maka usaha yang berawal dari usaha kecil ini bisa berpotensi besar.

2. Kue Kering

usaha kue kering

Jenis usaha modal 10 juta selanjutnya yang bisa Anda coba adalah usaha kue kering. Untuk jenis usaha ini, lagi-lagi membutuhkan kemampuan memasak, terutama baking.

Peluang usaha ini cukup menjanjikan, apalagi mendekati hari-hari tertentu seperti lebaran atau natal. Modal 10 juta bisa Anda manfaatkan untuk membeli bahan kue dan toples serta hiasan untuk mempercantik kemasannya.

Auto baca : Usaha Makanan Ringan Serba 2000

Ketika baru memulai, Anda bisa memulai dengan jenis kue yang lebih familiar untuk Anda. Jika sudah berhasil dan berkembang, Anda bisa mulai berinovasi dengan menciptakan resep-resep kue baru.

3. Jasa Laundry Kiloan

usaha laundry kiloan

Setiap orang membutuhkan jasa cuci baju. Dari dasar inilah Anda bisa memulai usaha modal 10 juta ini, yaitu dengan membuka jasa laundry kiloan.

Jenis usaha terbilang berpeluang menjanjikan, apalagi jika Anda tinggal di kawasan sekitar kampus atau kawasan ramai lainnya.

Manfaatkan modal yang Anda miliki untuk membeli mesin cuci, sabun deterjen, pewangi pakaian dan setrika dan jasa laundry kiloan Anda sudah siap dibuka.

Auto baca : Usaha Laundry Kiloan

Terapkan harga berbeda untuk setiap item berbeda yang dicuci. Dengan ketekunan, usaha ini bisa terus berkembang.

4. Usaha Katering Rumahan

usaha katering rumahan

Bisnis kuliner memang selalu memiliki peluang tersendiri. Katering rumahan ini misalnya bisa menjadi pilihan usaha modal 10 juta selanjutnya.

Karena masih dalam skala rumahan, tentu target pasarnya juga tidak perlu terlalu luas. Anda bisa menargetkan lingkungan sekitar terlebih dahulu.

Katering rumahan ini adalah adalah jenis usaha modal 10 juta di kampung yang cocok untuk Anda coba.

Target pasarnya belum terlalu besar, modal yang dibutuhkan pun belum terlalu besar untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Agar lebih memiliki daya tarik, buat 1 menu khas yang hanya bisa ditemukan pada katering Anda.

5. Usaha Minuman Kekinian

usaha minuman kekinian

Referensi usaha modal 10 juta berikutnya yang bisa Anda coba adalah usaha minuman kekinian.

Jenis usaha ini sebenarnya bisa Anda lakukan sendiri atau dengan menggunakan metode franchise. Jika memulai sendiri, tentunya Anda harus mencari resep sendiri.

Auto baca : Resep Minuman Unik untuk Usaha

Ada berbagai pilihan menu minuman kekinian yang bisa Anda coba. Misalnya minuman coklat, thai tea, teh dengan varian rasa beragam dan lain sebagainya.

Untuk usaha ini, modal yang Anda miliki akan terpakai untuk membeli alat pengemas gelas minuman, gelas minuman, dan lain-lain.

6. Jus Buah

usaha jus buah

Jika sebelumnya bisa dilakukan dengan franchise, maka untuk memulai usaha jus buah bahkan bisa Anda lakukan sendiri.

Peralatan yang dibutuhkan lebih sederhana, menjadikan bisnis ini cocok sebagai usaha modal 10 juta yang bisa Anda coba.

Modal yang Anda miliki akan dialokasikan untuk membeli mesin blender, buah, gelas kemasan dan alat pengemas jika dibutuhkan.

Dibandingkan dengan minuman kekinian, jus buah memiliki target pasar yang lebih general sehingga peluangnya pun lebih besar.

7. Usaha Hijab

usaha hijab

Belakangan ini, permintaan hijab di Indonesia sedang meningkat drastis. Peluang ini bisa Anda manfaatkan untuk memulai usaha hijab Anda sendiri.

Anda bisa menjalankan usaha modal 10 juta satu ini dengan sistem reseller atau dropship sebagai permulaan.

Ketika Anda sudah memiliki konsumen tetap serta memiliki kemampuan mendesain hijab, atau setidaknya mempekerjakan orang yang mampu, Anda bisa mulai mendesain hijab Anda sendiri.

Jika sudah memiliki brand sendiri, pasar dan peluang yang Anda dapatkan pun semakin luas.

8. Jual Pulsa

cara jualan pulsa

Pulsa saat ini menjadi kebutuhan yang setiap hari dicari. Jual pulsa adalah jenis usaha modal 10 juta lain yang mudah untuk dijalankan.

Jika Anda berjualan di rumah saja, bahkan modal yang Anda butuhkan bisa kurang dari 10 juta.

Jika ingin mengembangkan menjadi skala yang lebih besar, modal 10 juta yang Anda miliki bisa Anda pakai untuk membuat konter kecil.

Auto baca : Cara Jualan Pulsa

Disini, Anda tidak hanya bisa menjual pulsa, namun juga voucher paket data. Ini tentu akan meningkatkan peluang keuntungan yang bisa Anda dapat setiap hari.

9. Tanaman Hias

usaha modal 10 juta

Kalau Anda memiliki lahan yang cukup luas, Anda bisa memanfaatkannya untuk memulai usaha ini. Usaha tanaman hias beberapa waktu belakangan mulai menggeliat.

Apalagi tanaman hias saat ini banyak yang memanfaatkan tanaman hias sebagai hadiah untuk moment tertentu. Hal ini turut memperluas peluangnya.

Jika Anda mengembangkan usaha modal 10 juta ini, modal yang Anda miliki akan terpakai untuk membeli bibit, pupuk, pot dan alat perawatan tanaman. Jika Anda bisa mengembangkan bisnis ini, peluangnya di masa mendatang terbilang cukup menjanjikan.

10. Pakaian Anak

Bisnis fashion untuk orang dewasa rasanya sudah sangat umum dan mudah ditemui. Kalau Anda ingin memulai bisnis dengan pesaing yang belum terlalu banyak, dengan modal yang juga tidak banyak, fashion anak bisa menjadi pilihan.

Peluangnya bahkan lebih menjanjikan dibanding fashion dewasa karena harga baju anak-anak kenyataannya justru lebih mahal.

Fashion anak-anak dengan desain unik kian menjamur dan semakin banyak dicari pula. Sayangnya masih belum banyak yang memanfaatkan peluang ini.

Manfaatkan ini sebagai pilihan usaha modal 10 juta yang bisa Anda kembangkan. Modal yang Anda miliki bisa Anda putarkan dengan menjadi reseller atau dropship dari distributor yang lebih besar.

11. Jasa Cuci Motor

Memulai usaha modal 10 juta tidak harus selalu dengan menjual produk tertentu. Anda pun bisa memulai dengan menawarkan jasa, seperti salah satunya adalah jasa cuci motor.

Auto baca : Usaha Cuci Motor

Peluang bisnis ini cukup menjanjikan, mengingat banyak orang yang saking sibuknya sehingga tidak sempat mencuci motor sendiri.

Modal sejumlah 10 juta yang Anda miliki sebenarnya masih bisa bersisa. Untuk membeli peralatan cuci motor berkualitas, shampoo untuk kendaraan, kompresor dan peralatan pendukung lainnya, modal tersebut masih cukup.

Keuntungan per hari yang bisa Anda dapatkan pun terbilang lumayan besar jika Anda bisa mendapat banyak pelanggan.

12. Bisnis Franchise atau Waralaba

usaha modal 10 juta

Kalau Anda masih belum berani untuk menjalankan bisnis sendiri, franchise bisa menjadi pilihan jenis usaha modal 10 juta yang bisa Anda coba sebagai permulaan.

Baca juga: Daftar Bisnis Waralaba

Selain modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, brand yang sudah dikenal bisa menjadi keunggulan tersendiri.

Saat ini ada banyak sekali brand yang memberikan penawaran waralaba untuk para pemula dalam dunia bisnis.

Ada makanan, minuman, fashion item dan lain sebagainya. Anda hanya perlu memberikan modal, dan Anda sudah mendapatkan beragam fasilitas untuk menjalankan franchise tersebut. Mudah dan menjanjikan.

13. Jasa Print dan Fotocopy

usaha modal 10 juta

Masih dengan modal 10 juta, ide usaha lain yang bisa menjadi referensi untuk Anda adalah jasa print dan Fotocopy.

Dengan modal sebesar itu, Anda bahkan bisa membeli setidaknya 1 mesin fotocopy dan beberapa mesin printer ditambah kertas untuk mencetak.

Peluang usaha ini sangat menjanjikan, terutama jika Anda menjalankannya di kawasan sekitar kampus atau sekolah.

Kebutuhan mencetak dan Fotocopy adalah kebutuhan yang setiap hari dicari oleh mahasiswa dan para siswa.

14. Air Minum Isi Ulang

usaha modal 10 juta

Tak cuma makanan, air minum isi ulang ini juga bisa menjadi pilihan untuk memulai usaha modal 10 juta.

Bisnis ini cukup menjanjikan, apalagi jika Anda bisa memilih lokasi yang strategis.

Lokasi di sekitar perkantoran, kawasan padat penduduk dan daerah dengan akses air bersih untuk minum terbatas.

Dengan modal yang Anda miliki ini, Anda harus menyiapkan peralatan untuk isi ulang air, tempat, dan biaya untuk pengiriman.

Namun jika sudah berjalan, usaha ini juga bisa menghasilkan keuntungan yang tidak bisa dibilang sedikit.

15. Jasa Pangkas Rambut

bisnis modal 10 juta

Jenis usaha satu ini lagi-lagi membutuhkan ketrampilan khusus untuk memulainya, yaitu ketrampilan memangkas rambut.

Apabila sudah memiliki ketrampilan ini, bahkan dengan modal 10 juta Anda bisa membuka tempat pangkas rambut atau barber shop yang cukup bagus.

Dengan modal 10 juta yang Anda miliki, modal tersebut akan terpakai untuk membeli cermin besar, alat pangkas rambut, katalog model potongan rambut terbaru, tempat duduk untuk pelanggan dan sedikit media hiburan.

Bayangkan saja, jika per orang membayar 15 ribu sekali potong rambut, maka Anda tinggal menghitung dengan jumlah pelanggan per harinya untuk mendapat keuntungan.

16. Ternak Burung Puyuh

bisnis modal 10 juta

Beternak juga bisa menjadi pilihan lain untuk usaha Anda dengan modal 10 juta. Usaha ternak dengan modal 10 juta pertama yang bisa Anda coba adalah ternak burung puyuh.

Ternak unggas satu ini terbilang cukup mudah dan tidak membutuhkan banyak tempat.

Peluang keuntungan yang bisa Anda dapatkan pun sangat menjanjikan. Ini karena tidak hanya daging burung puyuh saja yang laku dijual, tapi juga telur bahkan bulunya pun bisa dijual.

Permintaan pasar akan telur maupun daging burung puyuh yang terus meningkat pun menjadi alasan lain mengapa bisnis ini layak dipertimbangkan.

17. Ternak Ikan Lele

bisnis modal 10 juta

Jenis usaha ternak ini memang tidak bisa dilakukan di sembarang tempat karena membutuhkan lahan yang cukup luas.

Meskipun begitu, dengan modal 10 juta, Anda bisa mengalokasikannya untuk membuat kolam, baik kolam alami maupun buatan, membeli bibit lele berkualitas, pakan dan perawatannya.

Baca juga: Usaha Ternak Lele

Setelah lele sudah masuk masa panen, harga jualnya memang tidak begitu tinggi, namun karena permintaan pasar yang sangat besar, keuntungan yang bisa didapatkan pun bisa berkali lipat.

Masa panen ikan ini juga cukup cepat sehingga menjadi keunggulan lain mengapa ternak lele bisa menjadi pilihan bisnis yang menjanjikan.

18. Penyewaan Kamar

bisnis modal 10 juta

Anda yang berdomisili di kawasan atau daerah tujuan wisata, Anda memiliki keuntungan lebih dalam hal ini.

Bisnis penyewaan kamar bisa menjadi pilihan yang sangat menjanjikan untuk usaha modal 10 juta yang bisa Anda coba.

Dengan modal 10 juta, Anda bisa merenovasi satu atau dua kamar di rumah Anda sehingga lebih nyaman untuk disewakan.

Trend backpacker yang semakin meningkat membuat banyak backpaker yang memilih akomodasi di rumah penduduk sebagai pilihan menginap.

Selain bisa menekan harga menginap, alasan lain yang sering dikemukakan adalah, agar bisa lebih dekat dengan masyarakat lokal. Inilah peluang yang harus Anda manfaatkan sebaik-baiknya. Salah satunya dengan menyewakan kamar.

19. Warung Kopi

bisnis modal 10 juta

Bisnis warung kopi saat ini memang sedang menjadi trend, terbukti dengan menjamurnya warung kopi di sudut-sudut kota.

Penawaran yang diberikan pun bukan lagi hanya secangkir kopi yang hangat, namun lebih pada gaya hidup penikmatnya. Maka tak heran jika kemudian warung kopi didesain semenarik mungkin.

Baca juga: Usaha Warung Kopi

Anda pun bisa membuka warung kopi sederhana sendiri, berbekal modal 10 juta. Tidak perlu muluk-muluk warung kopi dengan konsep kekinian.

Cukup warung kopi sederhana, yang tidak hanya menyediakan secangkir kopi, namun juga daya tarik lain yang tidak diberikan warung kopi lainnya.

20. Laundry Sepatu

bisnis modal 10 juta

Di awal kemunculannya, jasa laundry untuk sepatu ini cukup menarik perhatian. Bahkan hingga kini pun masih demikian.

Mungkin di awal hal yang menarik perhatian salah satunya adalah layanan yang diberikan. Dimana umumnya laundry untuk pakaian, ini justru memberikan layanan untuk sepatu.

Jasa laundry atau cuci sepatu ini menjadi salah satu referensi usaha modal 10 juta karena memang untuk menjalankan usaha ini, modal yang Anda butuhkan, tidak lebih dari 10 juta.

Sewa tempat untuk memulai usaha, membeli peralatan mencuci sepatu dan beberapa kebutuhan lain untuk memulai usaha ini sudah tercover dari modal 10 juta sebelumnya.

21. Usaha Warung Makan

Jika sebelumnya sudah ada usaha catering rumahan yang bisa menjadi pilihan untuk bisnis dengan modal 10 juta, maka dengan jumlah modal yang sama, Anda juga bisa memulai usaha warung makan sederhana.

Bagi kebanyakan orang , warung makan mungkin jenis bisnis kecil, namun jika ditekuni, bisnis ini bisa memberikan keuntungan besar.

Modal 10 juta yang Anda miliki bisa Anda gunakan untuk membeli bahan dan bumbu dapur, menyewa tempat serta membayar orang untuk membantu.

Tempat yang digunakan pun tidak harus besar, di tempat kecil asalkan selalu ramai, suatu saat Anda bisa mengembangkannya lebih besar.

22. Toko Kelontong

bisnis modal 10 juta di desa

Jenis usaha modal 10 juta selanjutnya yang bisa Anda coba adalah toko Kelontong. Beberapa waktu belakangan, keberadaan toko kelontong mungkin mulai tergeser oleh keberadaan minimarket atau supermarket.

Namun kenyataannya, toko kelontong masih menjadi alternatif belanja untuk masyarakat.

Auto baca: Modal Usaha Toko Kelontong Sederhana

Kalau modal yang Anda miliki masih belum memadai untuk mendirikan toko berskala besar, Anda bisa memulai dari rumah.

Cukup gunakan rak-rak untuk menyimpan barang-barang dagangan Anda, modal 10 juta yang Anda miliki bisa digunakan untuk berbelanja barang-barang yang akan dijual.

23. Jasa Bengkel

bisnis modal 10 juta di desa

Jenis usaha berikut ini selain membutuhkan modal juga membutuhkan ketrampilan memperbaiki kendaraan yang mumpuni.

Kalau Anda memiliki ketrampilan tersebut, Anda bisa menjalankan bisnis ini. Jika tidak pun sebenarnya Anda bisa membayar orang lain yang memiliki ketrampilan tersebut.

Memulai usaha ini pun tidak selalu membutuhkan tempat khusus sebagai tempat untuk bengkel. Anda bisa memulai dari rumah Anda, menjadikan area tertentu dari rumah sebagai tempat.

Sementara itu, modal yang Anda miliki bisa dimanfaatkan untuk membeli peralatan-peralatan yang dibutuhkan untuk memperbaiki kendaraan.

Anda juga bisa membeli komponen-komponen pendukung untuk kendaraan bermotor, seperti pelumas misalnya.

Memulai usaha ini, selain modal, kepercayaan pelanggan bisa menjadi kunci kesuksesannya.

Ketika ada satu pelanggan yang puas dengan kinerja Anda, maka promosi mulut ke mulut pun bisa berjalan dengan sendirinya.

24. Usaha Fashion atau Pakaian Wanita

Pakaian merupakan salah satu dari 3 kebutuhan primer yang pasti dibutuhkan manusia. Karenanya, memulai usaha dari bidang fashion ini bisa menjadi permulaan yang cukup baik.

Apalagi jika Anda memiliki sense yang baik dalam bidang ini. Memilih jenis fashion yang akan dijual lebih berbeda dan menarik tentu akan memberikan pasar tersendiri untuk Anda.

Tak perlu buru-buru dengan membuka toko pakaian sendiri, Anda bisa memulai dari toko online misalnya.

Jika berbicara usaha modal 10 juta, modal tersebut tentu tidak akan cukup jika Anda menggunakannya untuk membeli pakaian yang akan dijual nantinya.

Belum tentu juga pakaian yang dibeli dari uang modal ini akan laku nantinya. Nah, untuk menghindari resiko tersebutlah mengapa toko online menjadi solusi.

Dengan toko online, Anda bisa memilih menjadi dropshipper atau menjadi reseller. Jadi, Anda tidak perlu membeli langsung pakaian yang akan dijual.

Anda hanya perlu mempromosikannya sebaik mungkin. Jika ada konsumen tertarik membeli, maka Anda bisa menggunakan modal Anda untuk membelikannya ke distributor untuk kemudian dijual kepada pelanggan.

25. Jasa Jahit Pakaian

Jenis usaha terakhir yang bisa Anda jalankan dengan modal 10 juta adalah membuka jasa jahit.

Selain modal, usaha ini menuntut Anda memiliki kemampuan menjahit yang mumpuni.

Modal yang Anda miliki bisa digunakan untuk membeli mesin jahit dan membeli bahan untuk membuat satu atau dua contoh model baju.

Apabila hasil jahitan Anda memuaskan, cari pelanggan dari lingkungan sekitar Anda terlebih dahulu.

Cara ini lebih mudah, karena dari pelanggan di lingkungan sekitar Anda juga bisa memberikan testimoni hasil jahitan yang Anda buat.

Kalau sudah begitu, jika pelanggan sekitar lingkungan Anda Puas, maka Anda bisa mendapat layanan promosi mulut ke mulut dari lingkungan sekitar tersebut yang akan terus menyebar dan berskala besar.

Demikian tadi beberapa jenis usaha dengan modal 10 juta beserta rinciannya yang bisa Anda coba ikuti.

Dengan ide-ide tersebut, modal 10 juta yang Anda miliki bisa Anda putarkan untuk memulai bisnis yang menjanjikan peluang keuntungan.

Memang tidak semua jenis usaha sesuai untuk modal sebesar ini, namun setidaknya beberapa jenis usaha modal 10 juta di atas, selain mudah untuk dimulai, modal yang tidak terlalu besar, peluang keuntungannya pun lebih menjanjikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *