15 Usaha Perkebunan yang Paling Menguntungkan Terbaru 2021

By Content Writer | Februari 20, 2021
usaha perkebunan yang paling menguntungkan

Usaha perkebunan yang paling menguntungkan akan kita bahas dalam artikel kali ini.

Jika kamu tertarik untuk menjalankan bisnis perkebunan, simak ulasan berikut ini sampai selesai. Siapa tahu kamu berminat untuk mencoba salah satu diantaranya.

Daftar Usaha Perkebunan yang Paling Menguntungkan

Usaha perkebunan memang menjanjikan keuntungan yang besar. Apalagi jika kamu mempunyai lahan yang luas.

Baca juga: Tips Memulai Usaha Pertanian

Semakin luas lahan yang kamu miliki, semakin besar keuntungan yang akan kamu dapatkan. Usaha perkebunan yang mempunyai keuntungan besar yaitu:

Usaha Pupuk dan Bibit Tanaman Perkebunan

usaha perkebunan yang paling menguntungkan

Jika lahan yang kamu miliki tidak cukup luas, maka kamu bisa menjalankan usaha menjual pupuk dan bibit tanaman perkebunan.

Tentu kamu tahu, pupuk sangat penting untuk menunjang kesuburan tanah sebagai tempat hidup tanaman.

Pupuk biasa dipakai para petani agar tanaman yang mereka tanam bisa subur dan menghasilkan panenan yang memuaskan.

Selain pupuk, bibit tanaman perkebunan juga banyak dicari oleh pengusaha perkebunan.

Menjual pupuk dan bibit tanaman memiliki prospek yang baik. Pupuk dan bibit tanaman yang kamu jual akan selalu laku selama masih ada orang-orang yang mau berkebun tanaman.

Sehingga usaha ini berpeluang besar menghasilkan keuntungan, bahkan untuk jangka panjang.

Menjual Tanaman Hias

usaha perkebunan yang paling menguntungkan

Usaha perkebunan yang menguntungkan berikutnya yaitu menjual tanaman hias. Kamu bisa memanfaatkan kebun rumahmu untuk menjalankan bisnis ini.

Untuk memulainya pun tidak membutuhkan modal yang besar. Yang terpenting adalah kamu bisa menganalisa pasar tentang jenis tanaman apa yang sedang digandrungi masyarakat.

Tanaman hias banyak dicari karena biasa dimanfaatkan untuk memperindah suasana hunian. selain itu, tanaman hias juga sering dijadikan sebagai koleksi.

Misalnya saja, akhir-akhir ini sedang trend mengoleksi berbagai tanaman hias jenis tertentu yang dilakukan berbagai kalangan masyarakat.

Maka kamu bisa manfaatkan peluang ini untuk meraup banyak keuntungan.

Kebun Sayuran Organik

usaha perkebunan yang paling menguntungkan

Berkebun sayuran organik tidak harus memiliki lahan yang luas. Hal ini karena dalam penanamannya menggunakan sistem hidroponik.

Selain itu, menanam sayuran organik tidak menggunakan tambahan bahan-bahan kimia selama penanaman hingga panen.

Maka tak mengherankan jika harga sayuran organik lebih mahal dibanding sayuran biasa.

Berkebun sayuran organik juga merupakan peluang usaha pertanian yang menguntungkan. Meski lebih mahal, peminat sayuran organik terus mengalami kenaikan.

Hal ini seiring dengan bertambahnya tingkat kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi makanan yang lebih sehat. Sudah banyak orang beralih ke sayuran organik yang bernutrisi tinggi.

Kebun Mentimun

usaha perkebunan yang paling menguntungkan

Mentimun merupakan tanaman yang cepat tumbuh dan menguntungkan. Menanam dan merawat tanaman mentimun tidak sulit. Ditambah lagi, waktu tanamnya juga sangat singkat.

Setelah satu bulan, tanaman ini sudah memiliki buah yang siap untuk dipanen. Kemudian secara bertahap mentimun bisa dipanen selama 1 sampai 1,5 bulan.

Mentimun disukai banyak orang karena rasanya yang menyegarkan. Mentimun sering disajikan sebagai menu sayuran, lalapan, hingga asinan.

Bahkan, mentimun juga memiliki pasar luar negeri dengan tujuan ekspor Malaysia, Thailand, Kamboja dan Jepang.

Di negara-negara tersebut mentimun juga dimanfaatkan untuk bahan baku membuat kosmetik.

Kebun Buah

usaha perkebunan yang paling menguntungkan

Jika kamu memiliki kebun yang cukup luas, mungkin kamu tertarik untuk mengembangkan kebun buah. Buah-buahan selalu memiliki permintaan yang cukup tinggi di pasaran.

Hal ini tidak mengherankan, karena buah-buahan tidak hanya untuk konsumsi pribadi. Buah-buahan juga banyak dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk berbisnis makanan maupun minuman.

Banyak orang yang ingin merasakan panen buah secara langsung di kebun. Ditambah lagi merasakan kesegaran buah yang baru saja dipetik menjadikan daya tarik tersendiri.

Maka kamu bisa manfaatkan peluang ini dengan membuka wisata kebun buah. Dengan begini, pemasukan kamu akan bertambah dan keuntungan yang diperoleh juga lebih besar.

Perkebunan Pohon Jati

usaha perkebunan yang paling menguntungkan

Kayu jati dikenal sebagai kayu yang kuat dan bisa bertahan dalam waktu yang lama. Kualitas kayu jati ini bahkan telah diakui berbagai negara di dunia.

Hal inilah yang membuat berkebun pohon jati memiliki peluang yang besar. Apalagi jika kamu memiliki lahan yang luas, maka berkebun pohon jati bisa sangat menguntungkan.

Menanam pohon jati juga bisa dijadikan investasi di masa depan. Semakin tua umur pohon jati, semakin bagus pula kayu yang dihasilkan.

Setidaknya, dibutuhkan minimal 20 tahun agar pohon jati yang dipanen benar-benar berkualitas. Meski begitu, hasil yang diperoleh akan sepadan dengan lamanya waktu yang dihabiskan.

Perkebunan Pohon Sengon

usaha perkebunan yang paling menguntungkan

Selain kayu jati, permintaan kayu sengon juga cukup tinggi di pasaran. Kayu sengon banyak diminati karena mempunyai tekstur yang halus dan ringan.

Selain itu, pohon sengon mudah dikerjakan sehingga sering diambil kayunya untuk membuat berbagai kerajinan mebel. Oleh karena itu, kamu bisa mencoba usaha perkebunan pohon sengon.

Menanam pohon sengon tidak memerlukan teknik khusus. Kamu bisa menanam pohon sengon hanya dengan ditanam seadanya dengan jarak 3 meter.

Sedangkan untuk pemeliharaannya juga tidak sulit, sebab daya tahan pohon sengon cukup kuat terhadap serangan penyakit.

Kemudian kamu bisa memanen kayu pohon sengon setelah berusia 5 tahun.

Perkebunan Teh

usaha perkebunan yang paling menguntungkan

Teh merupakan minuman yang disukai banyak orang berbagai kalangan dan usia. Teh sering disajikan untuk tamu maupun berbagai acara lainnya.

Minuman teh mudah kita jumpai baik dalam kemasan siap minum maupun yang berupa teh kering.

Apalagi saat musim panas tiba, teh dingin menjadi salah satu minuman favorit bagi banyak orang untuk melepas dahaga.

Hal ini menandakan bahwa peluang usaha perkebunan teh masih sangat menjanjikan. Tempat yang tepat untuk menjalankan usaha perkebunan yaitu di wilayah dataran tinggi yang dingin.

Jika kamu tinggal di tempat seperti ini, maka kamu bisa menjalankan usaha perkebunan teh. Usaha ini akan sangat menguntungkan karena tingginya permintaan pasar.

Perkebunan Kopi

usaha perkebunan yang paling menguntungkan

Jika kamu tinggal di daerah pegunungan, coba saja dengan menjalankan usaha perkebunan kopi.

Tidak harus dengan lahan yang rata, lahan yang berbukit-bukit juga bisa dijadikan sebagai kebun kopi.

Untuk perawatannya juga tidak terlalu sulit. Pohon kopi akan berbuah setelah berusia 6 hingga 11 bulan, tergantung jenis kopi yang ditanam.

Dengan harganya yang cukup tinggi, usaha perkebunan kopi bisa sangat menguntungkan.

Banyaknya masyarakat yang menggemari kopi membuat permintaan pasar terus meningkat.

Ditambah lagi dengan berkembangnya berbagai inovasi dan tren minuman kopi kekinian. Maka tidak mengherankan jika kopi tidak akan sepi peminat.

Perkebunan Coklat atau Kakao

usaha perkebunan yang paling menguntungkan

Usaha perkebunan coklat adalah salah satu usaha bernilai ekonomi tinggi. Jika kamu menanam pohon coklat, maka kamu bisa memanennya setiap hari.

Setelah berusia 2,5 – 3 tahun, pohon coklat dapat berbuah kapan saja tanpa mengenal musim apapun.

Tentunya hal ini akan sangat menguntungkan mengingat permintaan pasar juga sangat tinggi.

Pohon coklat tidak bisa menerima banyak cahaya matahari untuk berkembang. Oleh karena itu, wilayah perbukitan adalah tempat yang cocok untuk menjalankan usaha perkebunan coklat.

Bisa juga dengan menanam pohon besar terlebih dahulu sebagai naungan pohon coklat. Diantaranya seperti pohon cengkeh, lamtoro, gleresidae, dan albasia.

Perkebunan Tebu

usaha perkebunan yang paling menguntungkan

Tentunya kita tahu, gula yang biasa kita konsumsi umumnya berasal dari tebu. Selain untuk pemanis minuman, gula juga dimanfaatkan sebagai bahan membuat berbagai masakan dan roti.

Tak heran jika gula akan selalu laris di pasaran. Apalagi menjelang hari raya, permintaan gula akan meningkat diiringi dengan harganya yang ikut naik.

Oleh karena itu, menjalankan usaha perkebunan tebu tentu bisa sangat menguntungkan untuk kamu. Tanaman tebu bisa tumbuh subur di wilayah yang beriklim tropis.

Selain itu, cara menanam dan merawatnya pun tidak terlalu sulit. Setelah 1 tahun, tanaman tebu bisa dipanen dengan ciri-ciri seluruh daunnya sudah menguning.

Perkebunan Kelapa

usaha perkebunan yang paling menguntungkan

Pohon kelapa dikenal dengan segudang manfaat yang dimilikinya. Dari akarnya yang bisa dijadikan obat, batang pohonnya yang bisa dipakai untuk bahan konstruksi bangunan, daunnya bisa dibuat bermacam-macam kerajinan tangan, hingga buahnya yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat berbagai makanan.

Di samping itu, kelapa muda merupakan salah satu hasil kebun yang memiliki banyak peminat. Hal ini tidak mengherankan karena kelapa muda baik untuk kesehatan.

Kelapa muda juga banyak diminati pelaku usaha lain untuk menjalankan bisnis minuman.

Tingginya permintaan ini tentu akan memberikan keuntungan besar jika kamu mau menjalankannya.

Perkebunan Kelapa Sawit

usaha perkebunan yang paling menguntungkan

Kelapa sawit adalah salah satu hasil perkebunan yang sangat menguntungkan. Harga jualnya selalu meningkat setiap tahunnya.

Meski begitu, permintaan pasar tidak pernah sepi dan terus mengalami peningkatan.

Bahkan, kelapa sawit ini telah dijadikan komoditi ekspor yang menyumbang banyak devisa negara.

Jika kamu tertarik mengembangkan usaha perkebunan kelapa sawit, maka kamu harus menyediakan lahan kosong yang cukup luas.

Hal ini karena untuk menanam pohon kelapa sawit harus diberi jarak 9 meter antar pohon.

Setelah berusia 3 tahun, pohon kelapa sawit akan mulai berbuah dan bisa dipanen.

Perkebunan Karet

usaha perkebunan yang paling menguntungkan

Usaha perkebunan lain yang sangat menguntungkan jangka panjang yaitu perkebunan karet.

Pohon karet mudah ditanam dan dapat dideres getahnya setelah berusia 4 sampai 5 tahun. Karet dapat dideres kapan saja, baik secara harian, mingguan, maupun bulanan.

Kegiatan penderesan ini bisa dilakukan hingga pohon karet berusia 30 tahun.

Usaha perkebunan karet memiliki prospek yang cukup cerah. Permintaan karet terus meningkat dari tahun ke tahun seiring dengan perkembangan ekonomi bisnis.

Karet biasa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan berbagai peralatan, mainan, ban kendaraan, dan sebagainya.

Sehingga permintaan karet cukup tinggi, bahkan bisa sampai ke luar negeri. 

Budidaya Rempah-rempah

usaha perkebunan yang paling menguntungkan

Usaha kebun rempah-rempah memiliki peluang yang sangat menjanjikan. Contohnya seperti cengkeh, pala, lada, ketumbar, kapulaga, kayu manis, dan sebagainya.

Rempah-rempah ini biasa dimanfaatkan dalam masakan tradisional di negara kita. Bahkan, banyak negara asing yang juga tertarik untuk mengimpor rempah-rempah ini.

Permintaannya yang tinggi membuat rempah-rempah mudah untuk dipasarkan. Selain untuk bahan masakan, rempah-rempah juga kerap dijadikan sebagai minuman kesehatan.

Ditambah lagi harganya juga selalu mengalami kenaikan. Dengan demikian, berkebun rempah-rempah tentu bisa menghasilkan keuntungan yang besar.

Itulah daftar 15 usaha perkebunan yang paling menguntungkan.

Berbagai usaha perkebunan di atas tentunya bisa menjanjikan keuntungan yang besar jika dijalankan dengan sungguh-sungguh.

Bahkan bisa menjadi ladang penghasilan untuk jangka panjang.

Semoga uraian di atas bisa memberikan manfaat dan menambah pengetahuan.

Author: Content Writer

Penulis lepas di toiletbisnis.com. Berikan komentar terbaik anda, untuk menyempurnakan blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *