Modal Usaha Toko Kelontong Sederhana

By toiletbisnis | September 23, 2019
usaha toko kelontong

Jika Anda perhatikan, usaha toko kelontong sederhana di rumah dulu memang cukup jarang. Bahkan dalam satu kompleks biasanya hanya ada 1 toko kelontong.

Namun sekarang, bahkan satu RT saja bisa ada 2 hingga 3 toko kelontong. Bahkan tidak jarang Anda menjumpai toko kelontong yang lokasinya berdekatan.

Banyak yang memilih membuka usaha kelontong sederhana di rumah ini tidak lain karena lebih mudah dan juga saat Anda mulai membuka usaha ini, Anda tidak perlu modal yang besar.

Namun kini juga usaha kelontong mulai tergeser dengan adanya minimarket. Bahkan keuntungannya juga tidak sebesar dulu.

Meskipun demikian, untuk Anda yang merupakan ibu rumah tangga dan bosan di rumah hanya berdiam diri, maka Anda bisa membuka usaha toko kelontong sederhana di rumah.

Minimnya lapangan pekerjaan juga membuat sebagian besar orang lebih memilih membuka toko kelontong sederhana di rumah.

Jika membuka toko kelontong sederhana di rumah, bukan hanya mendapatkan keuntungan saja. Anda juga bisa sambil mengurus rumah dan menambah pendapatan dalam keluarga.

Toko kelontong juga bisa dijadikan usaha sampingan yang cukup menguntungkan. Anda harus bisa memperhatikan beberapa hal penting saat akan mendirikan toko kelontong sederhana di rumah.

Membuka Usaha Toko Kelontong

Jika Anda ingin membuka usaha untuk toko kelontong, maka Anda harus melakukan beberapa hal. Dengan demikian maka usaha Anda juga bisa cepat sukses dan Anda mendapatkan banyak keuntungan.

Agar usaha kelontong Anda bisa sukses dan mendapat banyak pelanggan, Anda bisa memperhatikan hal berikut:

1. Lokasi

Lokasi yang strategis tentu saja besar pengaruhnya pada toko kelontong yang Anda kelola.

Pastikan lokasi dari toko kelontong Anda gampang diingat orang dan juga mudah dijangkau. Anda bisa membuka toko kelontong di pusat keramaian.

2. Survey

Jika Anda sudah menemukan lokasi strategis, selanjutkan survei siapa yang jadi pesaing usaha Anda.

Anda bisa mendirikan toko kelontong yang lokasinya tidak berdekatan dengan saingan toko Anda.

3. Promosi

Untuk mengenalkan toko kelontong Anda, maka Anda bisa melakukan promosi kepada tetangga, teman, rekan, atau siapa saja.

Anda bisa mengajak mereka untuk belanja di toko kelonting milik Anda. Anda bisa memberikan diskon atau promo tertentu agar banyak pelanggan yang datang.

4. Desain Toko

Agar bisa menarik para pelanggan, maka Anda bisa membuat pelanggan nyaman berbelanja di toko Anda. Anda bisa mendesain toko Anda agar menarik, rapi, bersih, dan harum.

Pastikan Anda ramah kepada pelanggan. Selain itu untuk membuka usaha ini maka toko Anda usahakan lebih lengkap dari yang lain.

5. Modal

Untuk memulai usaha toko kelontong sederhana, Anda juga harus menyediakan modal yang cukup. Bahkan Anda juga bisa menjalankan usaha ini dengan modal yang kecil sekalipun.

6. Distributor Murah

Salah satu hal penting saat Anda membuka usaha kelontong, pastikan Anda punya distributor barang dengan harga paling murah.

Dengan demikian Anda dapat menjual barang yang lebih murah dari pesaing usaha Anda.

Modal Usaha Untuk Toko Kelontong

Mendirikan usaha toko kelontong sebenarnya juga tidak ada jumlah pasti berapa besar modal yang Anda perlukan.

Tetapi yang harus Anda tahu, ada dua jenis modal utama yang dibutuhkan, yaitu modal investasi dan juga modal operasional usaha.

Dengan demikian sudah jelas, jika Anda membuka warung kelontong sederhana maupun modern, Anda juga perlu modal yang tidak sedikit.

Misalnya saja Anda menyewa tempat strategis untuk membuka usaha Anda tersebut.

Jika Anda tidak ingin menyewa tempat, maka Anda juga bisa membuka toko kelontong sederhana di rumah yang lokasinya juga strategis.

Sehingga Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk sewa tempat guna membuka toko kelontong.

Namun tetap Anda harus belanja kebutuhan pokok atau sejenisnya dengan lengkap yang nantinya akan Anda jual di toko kelontong milik Anda.

Pastikan barang atau produk yang Anda tawarkan kepada pelanggan juga tidak mahal dan pastikan juga barang yang ada lengkap, agar para pelanggan bisa terus membeli di toko kelontong milik Anda.

Untuk Anda sebagai pemula yang membuka usaha toko kelontong sederhana, maka pastikana anda mulai membuka usaha kelontong dengan skala kecil hingga Anda mendapat banyak pelanggan.

Anda bisa memenuhi toko kelontong dengan barang yang memang diperkukan. Nantinya Anda melengkapi barang di toko Anda jika sudah punya uang lebih.

Kelebihan Membuka Toko Kelontong Sederhana

Jika Anda membuka toko kelontong sederhana di rumah, maka Anda juga bisa mendapatkan banyak sekali keuntungan.

Misalnya saja Anda bisa mendapatkan laba dan juga mengurus keluarga Anda di rumah. Anda sebagai ibu rumah tangga cocok jika membuka usaha toko kelontong sederhana di rumah.

Selain itu modal usaha yang diperlukan tidak terlalu besar. Apabila usaha toko yang Anda jalankan sudah laris dan mendapat banyak keuntungan, maka Anda bisa melengkapi toko kelontong Anda agar lebih lengkap.

Jika Anda membuka toko kelontong sederhana di rumah, pelanggan akan datang sendiri, terutama jika daerah sekitar Anda tinggal tidak ada toko kelontong yang murah.

Saat Anda membuka usaha toko kelontong sderhana di rumah, Anda juga tidak akan ribet. Beda jika Anda membuka usaha warung makan.

Membuka toko kelontong cukup mudah, Anda bisa langsung menjual barang dari ditributor tanpa dikemas ulang. Bahkan beberapa distributor juga datang ke tempat Anda untuk menawarkan barang yang dijual.

Karena barang yang dijajakan tidak bisa basi, Anda bisa lebih lama menjualnya.

Bahkan jika tidak laku Anda juga bisa menggunakannya sendiri. Jika Anda membuka toko kelontong sederhana di rumah, maka Anda juga tidak perlu membayar uang sewa tempat. Jadi keuntungan dan modal Anda bisa lebih hemat.

Modal Usaha Untuk Toko Kelontong Sederhana

Modal usaha toko kelontong yang harus Anda keluarkan ada dua jenis yakni modal operasional dan juga modal investasi.

Untuk modal operasional ini menyangkut barang dagang yang Anda sediakan di toko kelontong sedrrhana milik Anda.

Jika barang yang Anda sediakan di toko kelonting semakin lengkap, maka Anda juga harus mengeluarkan modal yang besar.

Sebab Anda pasti memerlukan biaya untuk membeli bahan-bahan yang akan Anda jual di toko kelontong Anda.

Pastikan Anda membeli barang yang akan laku banyak. Sehingga dengan demikian keuntungan yang seharusnya Anda dapatkan juga bisa cepat dan tidak ada barang yang terlalu lama menumpuk.

Modal usaha Anda bisa bertambah jika Anda membeli barang untuk melengkapi toko.

Untuk modal kedua yakni modal investasi. Hal ini mencakup pembelian lemari es, rak, etalase, dan sebagainya.

Modal yang Anda miliki bisa Anda gunakan untuk membeli keperluan toko kelontong Anda dan tidak perlu membayar uang sewa karena Anda membuka usaha kelontong di rumah dengan sederhana.

Memang sekarang ini banyak toko kelontong yang keberadaannya tergeser dengan minimarket/waralaba.

Oleh sebab itu Anda harus bisa mencari cara agar toko kelontong sederhana bisa tetap laku ditengah persaingan ketat tersebut.

Salah satu cara agar usaha toko kelontong sederhana di rumah bisa tetap laku Anda bisa mendesain dan memberikan pelayanan terbaik dengan harga lebih murah.


Kembali ke Artikel Terkait

One thought on “Modal Usaha Toko Kelontong Sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *