10 Usaha Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga Muda

By Content Writer | Oktober 9, 2020
usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga muda

Menjadi ibu rumah tangga muda bukan berarti Anda hanya bisa duduk di rumah saja, tetapi tidak memiliki penghasilan.

Ada banyak jenis usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga muda yang bisa digeluti untuk mendatangkan banyak penghasilan.

Tetapi sebelum membahas soal apa saja jenis usaha untuk ibu rumah tangga yang cocok dilakukan,

Baca juga: Usaha untuk Ibu Rumah Tangga Modal 1 Juta

maka sebelumnya Anda harus tahu bagaimana tips yang tepat untuk menjalankan usaha rumahan dalam pembahasan berikut ini!

Usaha Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga Muda

Tentu saja dengan memiliki anak kecil, pastinya akan membuat Anda yang berstatus sebagai ibu rumah tangga jadi lebih sibuk,

karena harus mengurus si kecil, suami hingga membersihkan dan merapikan rumah.

Tetapi, kesibukan tersebut tidak bisa diartikan kalau Anda tidak memiliki kesempatan untuk memulai bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan sekalipun kesibukan di rumah menumpuk.

Lantas, apa saja bisnis yang bisa dilakoni meskipun sudah menjadi ibu rumah tangga? Simak ulasannya berikut ini!

Bisnis Jualan pulsa

Jualan pulsa bisa dikatakan menjadi usaha ibu rumah tangga sukses, karena hampir semua kalangan melakukannya,

dan keuntungan yang diperoleh pun tidak sedikit seandainya sukses melakoninya memanajemennya dengan baik.

Selain itu, di zaman semodern seperti sekarang ini, hampir setiap orang yang ada di bumi ini membutuhkan yang namanya pulsa,

karena berbagai kalangan, baik itu anak kecil sampai orang dewasa sudah memiliki telepon seluler.

Bagi setiap ibu rumah tangga bisa memilih usaha ini sebagai salah satu usaha yang bisa dilakoni di rumah,

karena prospek ke depannya juga akan lebih menjanjikan karena seiring dengan berkembangnya dunia digital.

Apabila Anda yang berstatus sebagai ibu rumah tangga tertarik dengan bisnis jualan pulsa, bisa langsung mendatangi agen pulsa yang siap sedia menyediakan layanan deposit.

Berikutnya, Anda bisa menetapkan harga jual dan besaran keuntungan yang diperoleh untuk setiap nominalnya.

Untuk bisa memulai bisnis ini pun Anda tidak perlu membuka gerai atau konter pulsa.

Cukup menuliskannya di depan rumah saja dengan tulisan ‘JUAL PULSA’, maka sudah cukup memberi tahu semua orang kalau usaha Anda menggeluti usaha jual pulsa.

Untuk cara memasarkan produk pulsa Anda, bisa langsung mengabarkannya kepada tetangga, teman kerja, teman sekolah dan lain sebagainya, sehingga ketika lokasi konsumen berjauhan, maka mereka bisa langsung mentransfer sejumlah uang lebih dulu. Sangat mudah, bukan?

Bisnis jualan tanaman hias

Apabila Anda memiliki hobi merawat tanaman ataupun berkebun, maka dapat Anda jadikan hobi itu menjadi peluang usaha untuk mendapatkan banyak penghasilan. 

Sebab di tengah panasnya cuaca di kota besar dan meningkatkannya polusi udara, pastinya akan tetap ada tanaman hias yang dibutuhkan untuk diletakkan di pekarangan dalam rumah. 

Untuk memulai bisnis ini, Anda bisa membuat beragam jenis tanaman hias pada pot-pot kecil dan mulai memasarkannya ke tetangga atau mungkin ke toko yang memang menjual alat-alat berkebun. Selain itu, bisa juga dipasarkan lewat internet.

Kelebihan lainnya dari usaha ini selain merupakan usaha dengan prospek menjanjikan, usaha ini juga bisa dikatakan sangat fleksibel.

Anda bisa melakukannya ketika waktu senggang, pada saat si kecil sedang tidur, sekolah dan waktu-waktu lainnya yang tidak mengganggu kebersamaan Anda dengan si kecil

Bisnis menjahit

Jika Anda memiliki kemampuan khusus dalam bidang jahit menjahit, maka tidak ada salahnya untuk mulai merintis bisnis ini.

Sebab, tidak semua orang bisa menjahit dengan bagus karena untuk bisa menjahit bagus, dibutuhkan kesabaran dan ketelitian tingkat tinggi saat melakukan pengukuran agar hasil jahitannya bagus.

Bisnis menjahit juga bisa dibilang sebagai bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan, terlebih bagi Anda yang punya minat dan bakat yang lebih dalam bidang ini.

Mungkin untuk meningkatkan rasa percaya diri Anda, cobalah untuk mengikuti kursus-kursus menjahit yang sekarang banyak diadakan oleh pemerintah pusat atau daerah, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk mengasah kemampuan.

Untuk cara memasarkan hasil jahitan Anda, cukup ke lingkungan orang-orang sekitar atau komunitas yang sudah Anda kenal.

Lewat mereka, bisnis Anda akan bisa dikenal oleh masyarakat luas.

Apalagi jika jahitan yang dihasilkan sangat rapi, bagus dan memenuhi selera konsumen, maka tidak usah ditanya lagi, pasti pelanggan akan langsung berdatangan ke tempat Anda.

Ketika bisnis Anda sudah semakin dikenal, bukan menjadi sesuatu yang mustahil lagi untuk mendapatkan banyak pesanan seperti baju seragam sekolah, kantor, mahasiswa, komunitas dan masih banyak lagi.

Bisnis toko kelontong

Bisnis toko kelontong juga bisa menjadi alternatif bisnis yang bisa dilakoni oleh seorang ibu rumah tangga muda.

Apalagi bisnis ini sangat fleksibel, Anda bisa membuka toko sesuai dengan kesibukan.

Untuk isi dari toko kelontong, yang dapat Anda isi contohnya dengan berbagai sembako contoh minyak, gula, beras, telur dan lain-lain.

Selain sembako, Anda juga bisa mengisinya dengan kebutuhan sehari-hari seperti shampo, pasta gigi, alat masak, LPG, sabun dan lain sebagainya.

Bisnis toko kelontong juga termasuk salah satu bisnis yang sangat mudah dikerjakan dan tidak harus memiliki keahlian khusus.

Selain itu, modal yang dibutuhkan juga tidak besar, dan perputaran keuntungannya cukup cepat.

Mengingat sembako merupakan bahan-bahan pokok yang selalu dibutuhkan oleh banyak orang setiap harinya.

Bisnis jualan kue kering

Jualan kue kering merupakan usaha ibu rumah tangga sukses, karena tidak pernah ada matinya.

Sebab, tidak ada orang yang tidak suka kue, roti atau cemilan. Hampir semua orang menyukainya, apalagi di kalangan ibu-ibu, pasti sangat suka sekali makanan ringan.

Apalagi jika Anda merupakan ibu rumah tangga dan memiliki minat serta kemampuan yang lebih dalam hal buat membuat kuat, cobalah untuk membuka usaha tersebut untuk dijadikan lahan bisnis menguntungkan buat Anda.

Untuk sukses melakoni bisnis kue kering, ada banyak hal yang harus dilakukan. Apa saja tips yang harus dilakukan?

  1. Rasa paling utama. Setiap kue kering yang dibuat, rasanya harus enak dan bisa diterima oleh lidah masyarakat. Tidak hanya enak saja, tetapi juga harus unik sehingga akan menjadi ciri khas usaha Anda dari para pesaing.
  2. Melakukan inovasi. Hal ini sangat dibutuhkan karena sangat tidak dianjurkan jika Anda hanya terpaku pada bahan makanan yang sama terus. Sehingga, cobalah untuk berkreasi dengan bahan lain agar ada variasi yang tak membosankan.
  3. Perhatikan packaging. Packaging merupakan hal yang sangat penting. Cobalah untuk membuat kemasan yang menarik untuk kue kering Anda sehingga kesan pertama konsumen, sehingga mereka tertarik untuk membeli kue kering.

Bisnis kost-kostan

Bisnis kost-kostan juga menjadi salah satu bisnis yang memiliki prospek yang bagus, apalagi jika lokasi rumah Anda dekat dengan kampus hingga perkantoran.

Agar lebih bervariasi, Anda bisa membuka kost-kostan yang khusus untuk karyawan atau pria atau wanita, sehingga tidak akan terlalu ramai dan mengganggu kenyamanan.

Berikutnya menambahkan fasilitas pendukung seperti menyebarkan iklan melalui brosur ke area kampus atau perkantoran, karena usaha ini cukup menjanjikan.

Anda bisa mengurus keluarga, tetapi juga mendapatkan pemasukan yang pasti setiap bulannya.

Bisnis jasa penulis online

Jasa penulis online juga menjadi salah satu bisnis online ibu rumah tangga terutama bagi ibu-ibu yang memang gemar menulis.

Pekerjaan ini juga tidak menyita banyak waktu, karena bisa dikerjakan saat waktu luang sambil mengurus keluarga.

Namun untuk memulai bisnis ini dibutuhkan kedisplinan, fokus dan konsistensi agar tulisan Anda semakin berkembang lebih baik.

Apabila semakin berkualitas dan bermanfaat, maka semakin banyak juga klien-klien yang mau menggunakan jasa penulis online milik Anda.

Bisnis bimbingan belajar

Apabila Anda memiliki kemampuan akademis yang bagus dan sangat suka mengajari orang, maka Anda bisa merintis usaha bimbingan belajar.

Sasaran awalnya bisa anak-anak sekolah yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggal. Anda hanya perlu menyiapkan meja, kursi dan papan tulis, maka usaha bimbingan belajar sudah bisa mulai dilakukan.

Bisnis laundry

Pastinya kegiatan cuci mencuci baju merupakan kegiatan yang akrab dengan setiap ibu rumah tangga.

Maka dari itu, tidak ada salahnya memulai bisnis ini, karena peluang usahanya bisa dikatakan sangat menguntungkan. 

Terlebih lagi, Anda tidak butuh keahlian khusus dan bisa dilakukan sambil mengasuh anak.

Alat-alat yang dibutuhkan antara lain mesin cuci hingga perlengkapan untuk menyetrika.

Bisnis loket pembayaran

Berikutnya adalah bisnis loket pembayaran, baik itu pembayaran PDAM, listrik, telepon, BPJS, cicilan kendaraan dan lain sebagainya,

yang pasti sangat dibutuhkan oleh masyarakat sehingga mereka tidak perlu pergi jauh-jauh untuk bisa membayar seluruh kebutuhan rumah tangga.

Dari kesepuluh ide usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga muda yang telah dijabarkan di atas, kira-kira, Anda cocok ke ide usaha yang mana?

Apapun pilihan Anda, niat dan tekad yang kuat, konsistensi dan ketekunan akan sangat dibutuhkan untuk bisa mendulang kesuksesan. Tetap semangat dan semoga berhasil!

4 Tips Memulai Usaha Bagi Rumah Tangga

Untuk tahu apa saja jenis usaha untuk ibu rumah tangga yang bisa digeluti, maka berikut ini beberapa hal yang harus dipersiapkan dan diperhatikan dengan baik agar bisnis yang digeluti sukses dan mendatangkan banyak keuntungan, diantaranya yaitu:

Memilih bidang bisnis yang tepat

Hal pertama yang sangat penting untuk disiapkan sebelum memulai bisnis rumahan yaitu memilih bidang bisnis yang sesuai dengan passion Anda.

Untuk menjalankan usaha yang sesuai dengan minat dan hobi Anda, pastinya akan jauh lebih mudah untuk melakoninya.

Selain itu, Anda juga bisa jadi lebih fokus dan menjalankannya dengan sepenuh hati. Dengan begitu, peluang untuk meraih kesuksesan akan semakin terbuka lebar.

Meminta dukungan keluarga

Setiap ibu rumah tangga yang ingin menjalankan bisnis rumahan, sangat penting baginya untuk meminta dukungan dari keluarga, terutama suami.

Apabila keluarga Anda sudah memberikan dukungannya baik itu materil ataupun nonmateril, tentunya akan sangat membantu dalam menjalankan bisnis yang digeluti.

Mengatur waktu untuk berbisnis

Tips berikutnya yang harus dilakukan oleh kalangan ibu rumah tangga yang ingin memulai bisnis rumahannya yaitu harus bisa mengatur waktu dengan baik lebih dulu.

Apabila Anda bisa mengatur waktu dengan baik setiap menjalankan bisnis, maka segalanya akan berjalan seimbang. Baik itu kebutuhan dari anggota keluarga dan kebutuhan bisnis.

Memiliki tekad yang kuat

Tidak dapat dipungkiri dibutuhkan tekad yang kuat setiap kali Anda hendak memulai sebuah bisnis.

Sebab untuk memulai sebuah bisnis bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan.

Mengapa? Karena akan ada banyak hal yang harus disiapkan dan diperhitungkan. Apalagi setiap usaha yang digeluti itu mempunyai resikonya masing-masing,

sehingga dibutuhkan konsistensi dan tekad yang besar dan kuat untuk tetap menjalankannya.

Author: Content Writer

Penulis lepas di toiletbisnis.com. Berikan komentar terbaik anda, untuk menyempurnakan blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *