Contoh Win Win Solution Serta Contoh Penyelesaiannya

By Content Writer | Juni 23, 2021
Contoh Win Win Solution

Apakah kamu pernah mendengar kata-kata win-win solution?

mungkin sebagian orang masih cukup asing dalam artikel berikut ini akan kita bahas secara lengkap contoh win win solution, dan juga pengertiannya.

Terutama bagi kamu yang membutuhkan istilah ini untuk negosiasi ataupun melakukan perjanjian dengan orang lain, dan menyelesaikan konflik antara dua ataupun ketiga belah pihak.

Baca juga biar makin ngerti: Hak dan Kewajiban Pelaku Usaha

Pengertian Win Win Solution

Win Solution merupakan salah satu istilah yang digunakan untuk mencari solusi ataupun jalan tengah yang disetujui baik oleh pihak pertama maupun pihak kedua.

Pengertian win-win solution umumnya juga identik dengan sesuatu yang bersifat netral dan menguntungkan kedua belah pihak. Namun juga tidak merugikan kedua belah pihak.

Umumnya win-win solution ini mungkin sesuatu yang tidak diinginkan salah satunya.

Tetapi bisa menjadi jalan yang paling tepat. Terutama ketika ada kondisi dimana terdapat kedua belah pihak yang terus-menerus mengalami konflik ataupun perdebatan dan tidak pernah terselesaikan.

Contoh Kasus Win Win Solution

Berbicara mengenai contoh kasusnya sebenarnya ada beberapa contoh yang bisa kita lihat namun salah satunya adalah produsen yang dilakukan dalam bisnis:

Sebuah perusahaan mengalami kondisi pailit, dimana mereka akan mengalami kebangkrutan dalam jangka waktu 1 tahun.

Ada pekerja yang menuntut untuk bisa mendapatkan gaji mereka secara penuh karena mereka tidak mendapatkan gaji secara penuh selama 2 bulan terakhir.

Namun di sisi lain apabila mereka mendapatkan gaji secara penuh, perusahaan memiliki saldo 0 bahkan sebelum tanggal penutupan/kebangkrutan mereka.

Lantas win win solution yang akan dilakukan adalah seorang negosiator, biasanya akan membantu yang menengahi antara karyawan dan juga perusahaan tersebut untuk tetap menjalankan pembayaran dengan persentase bukan 100%.

Namun bisa dibayarkan secara menyeluruh kepada karyawan hingga pada titik atau waktu kebangkrutan dan perusahaan harus ditutup.

Dengan begitu tidak ada karyawan yang terbengkalai dan perusahaan pun tetap bisa berjalan untuk menyelesaikan produk/jasa ataupun masa tanggung jawab mereka selama 1 tahun.

Hingga adanya pembelian perusahaan baru oleh orang lain atau mungkin pernyataan penutupan perusahaan.

Contoh Penyelesaian Konflik Win Win Solution

Saat membicarakan mengenai penyelesaian konflik, sebenarnya ada banyak contoh penyelesaian jika dilakukan tetapi konflik memang lebih rumit dibandingkan dengan menemukan cara untuk win-win solution untuk negosiasi.

Bahkan jarang negosiator yang bisa memegang pekerjaan dengan baik apabila menengahi kedua pihak yang berkonflik.

Jika diutus menjadi negosiator untuk sebuah konflik, maka kamu akan ditarik oleh salah satu pihak untuk bisa berpihak, padahal tugas kamu menjadi pihak yang netral.

Jelas pekerjaan ini tidak mudah, karena akan ada salah satu pihak yang memaksa untuk bisa memenangkan hal tersebut.

Ada salah satu pihak yang tidak ingin mengalami kekalahan.

Sehingga win-win solution biasanya sulit untuk ditemukan atau bahkan ditawarkan kepada pihak tersebut.

Namun bukan berarti tidak mungkin karena pada dasarnya ada banyak juga loh pihak yang bersengketa.

Sebenarnya tidak ingin mengalami kesulitan ataupun mengalami kondisi kekalahan sehingga mereka mengambil jalan tengahnya.

Informasi lengkap mengenai contoh win win solution yang perlu kamu ketahui.

Sebelum mencoba untuk melakukannya pelajari terlebih dahulu teknik negosiasi dan juga teknik berbagai solusi yang ada di lapangan sehingga kamu tidak akan putus asa atau bahkan kebingungan. Apalagi jika kamu bertemu lawan ataupun orang yang diajak negosiasi dengan strategi yang cukup baik.

Author: Content Writer

Penulis lepas di toiletbisnis.com. Berikan komentar terbaik anda, untuk menyempurnakan blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *