Apakah Buka Tabungan Emas Pegadaian Rugi?

By Content Writer | Juli 28, 2021
Tabungan Emas Pegadaian Rugi

Takut merugi karena buka tabungan emas di Pegadaian? Pasti merugi jika belum tahu informasi mengenai tabungan emas ini.

Yuk simak informasi di bawah untuk mengetahui apakah benar buka tabungan emas Pegadaian rugi beserta keuntungan, bagaimana cara, tips pentingnya!

Setelah ini anda juga harus baca: Cara Investasi Emas di Pegadaian

Buka Tabungan Emas Pegadaian Rugi?

tabungan emas pegadaian rugi

Emas adalah salah satu logam mulia berharga yang digemari banyak orang karena tidak hanya mempunyai warna cantik sebagai perhiasan tetapi juga ketahanan yang lama atau awet.

Selain digunakan sebagai perhiasan, emas juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai investasi. Pengolahan yang tidak mudah menjadikan emas mempunyai nilai jual yang cukup tinggi.

Sebagai investasi, emas dinilai cukup memudahkan khususnya jika dimanfaatkan untuk menyimpan harta. Sama dengan menabung, nilai aset dari emas ini tidak akan tergerus oleh inflasi.

Memang setiap tahunnya, emas seringkali mengalami kenaikan dan jarang mengalami penurunan. Itu berarti tabungan emas merupakan salah satu alternatif terbaik untuk investasi yang minim risiko.

Pegadaian adalah salah satu badan usaha milik negara atau BUMN yang menawarkan layanan atau jasa peminjaman uang dengan jaminan benda bernilai jual.

Nilai benda ini sebagai penentu besarnya uang yang bisa dipinjamkan oleh Pegadaian. Jika nantinya peminjam mempunyai uang maka bisa menebus kembali benda tersebut.

Tidak hanya itu saja, Pegadaian juga mempunyai layanan tabungan emas yang bisa dilakukan melalui kantor Pegadaian atau aplikasi Pegadaian digital.

Dalam aplikasi Pegadaian Digital Service, seseorang bisa mendaftar dan melakukan penyetoran awal tabungan emas secara online.

Walaupun transaksi dilakukan secara online tetapi emas yang Anda beli tetaplah emas fisik dengan pembelian yang dilakukan secara gabungan antara semua konsumen yang mempunyai saldo tabungan emas tersebut.

Anda juga bisa mendapatkan emas secara fisik ini dengan melakukan order cetak logam mulia melalui kantor atau aplikasi online.

Pilihan order cetak ini pun beragam mulai dari 1 gram hingga 1 kg. Namun, apakah membuka tabungan emas di Pegadaian itu bisa merugi? Berikut ini penjelasan mengenai untung rugi tabungan emas Pegadaian.

Keuntungan Buka Tabungan Emas di Pegadaian

tabungan emas pegadaian rugi

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda rasakan saat membuka tabungan emas di Pegadaian, antara lain:

Emas bisa cair lebih cepat

Keunggulan pertama yang akan Anda dapatkan saat menabung emas di Pegadaian adalah bisa dicairkan dengan cepat dan mudah.

Kapan saja saat Anda membutuhkan uang secara mendesak maka Pegadaian ini bisa membantu untuk mendapatkan dana tersebut dari tabungan emas yang Anda miliki.

Prosesnya pun sangatlah cepat bahkan hanya membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 20 menit saja dan uang pun sudah bisa ada di kantong Anda.

Bisa digadaikan atau dijadikan sebagai barang jaminan

Keuntungan selanjutnya yang bisa Anda dapatkan saat menabung emas di Pegadaian adalah emas tabungan tersebut bisa digadaikan atau dijadikan sebagai barang jaminan.

Pastinya cara ini akan menjadi cara yang paling tepat jika Anda membutuhkan uang mendesak. Cara menggadaikannya pun tidaklah sulit karena Anda bisa melakukannya dengan langsung ke kantor Pegadaian atau melalui aplikasi yang bisa diunduh gratis di Play Store dan App Store.

Transaksi bisa dilakukan melalui aplikasi online

Kemudahan yang akan Anda dapatkan selanjutnya adalah bisa mendaftar dan bertransaksi emas melalui aplikasi digital yang bisa dengan mudah di unduh di Play Store dan App Store.

Aplikasi yang bernama Pegadaian Digital Service ini akan memudahkan Anda apalagi saat ingin melakukan top up atau tambah saldo.

Jadi Anda tidak perlu repot-repot pergi ke kantor Pegadaian untuk mengantarkan uang tabungan emas tetapi hanya tinggal membuka aplikasinya saja secara online.

Berkat adanya aplikasi ini pastinya Anda sudah bisa melakukan top up saldo dimanapun dan kapanpun.

Harganya yang terjangkau

Untuk bisa menabung emas di Pegadaian Anda tidak perlu menyiapkan banyak uang seperti investasi lainnya. Bahkan hanya cukup dengan uang Rp 50.000 saja Anda sudah bisa memulai menabung emas.

Di Pegadaian sendiri Anda bisa membeli emas mulai yang beratnya 0,01 gram hingga yang 100 gram sekalipun setiap harinya. Jadi Anda hanya tinggal menambah pembelian emas saja sama seperti menabung pada umumnya.

Terjamin keamanan dan keasliannya

Keuntungan selanjutnya adalah emas yang Anda beli akan terjamin keamanannya jika menabungnya di Pegadaian.

Pastinya akan jauh lebih terjamin jika dibandingkan dengan menyimpannya di rumah sendiri karena itu berpotensi untuk dicuri atau menghabiskan banyak tempat. Bahkan di Pegadaian, emas yang Anda tabung sudah diasuransikan sepenuhnya.

Tidak kalah penting lagi, jika menabung emas di Pegadaian maka akan menjadikan Anda juga lebih terhindar dari penipuan yang berkedok investasi emas.

Hal ini dikarenakan Pegadaian sendiri sudah menjamin semua emas yang mereka jual sudah mempunyai sertifikat resmi dan dijamin asli.

Kerugian Buka Tabungan Emas di Pegadaian

tabungan emas pegadaian rugi

Adapun beberapa kerugian dalam menabung emas di Pegadaian, antara lain:

Ada biaya penitipan emas

tabungan emas pegadaian rugi

Kerugian selanjutnya adalah saat menabung emas di Pegadaian terdapat biaya penitipan. Layanan menabung emas ini akan dikenakan biaya kurang lebih sebesar Rp 30.000 selama 12 bulan.

Sementara jika Anda baru ingin mendaftar menabung emas di Pegadaian maka akan dikenakan biaya administrasi awal sebesar Rp 10.000. Jika ingin mempunyai emas dalam bentuk fisik maka juga akan dikenakan biaya cetak.

Terdapat berat minimal

tabungan emas pegadaian rugi

Kekurangan dalam menabung emas di Pegadaian adalah adanya berat minimal untuk melakukan pencairan. Untuk melakukan cetak order atau mencairkan emas yang Anda miliki maka Anda harus mempunyai saldo minimal seharga emas sebesar 5 gram.

Sementara untuk biaya transaksi pengiriman uang sendiri jika dilakukan melalui aplikasi maka akan dikenakan biaya admin kurang lebih sebesar Rp 2.500.

Cara Menabung Emas di Pegadaian

tabungan emas pegadaian rugi

Untuk menabung emas di Pegadaian, Anda bisa memilih ingin dengan cara online atau offline dan berikut ini adalah penjelasannya!

Membuka tabungan emas secara online

  • Tahap pertama adalah unduh atau download aplikasi Pegadaian Digital Service di Play Store dan App Store.
  • Setelah itu buka aplikasi dan isi formulir permohonan untuk membuka rekening tabungan emas
  • Lampirkanlah kartu identitas Anda, bisa menggunakan KTP atau paspor.
  • Jika Anda ingin melakukan pencetakan buku tabungan emas maka harus datang langsung ke kantor Pegadaian. Pencetakan ini bisa dilakukan maksimal selama 6 bulan sejak membuka rekening di aplikasi.

Membuka tabungan emas secara offline

  • Tahap pertama adalah datanglah ke kantor Pegadaian atau agen Pegadaian terdekat.
  • Siapkan persyaratan yang dibutuhkan yaitu identitas berlaku bisa KTP atau paspor dan biaya administrasi.
  • Isilah formulir pembukaan rekening.
  • Setelah itu Anda akan menerima buku rekening tabungan emas.

Cara Membeli dan Menjual Emas di Pegadaian

tabungan emas pegadaian rugi

Berikut adalah informasi mengenai bagaimana cara membeli emas di Pegadaian, yaitu:

Anda bisa membeli emas melalui aplikasi online Pegadaian Digital Service dengan minimal jumlah pembelian adalah Rp 50.000 dan maksimal Rp 10.000 dalam satu hari. Proses pembelian emas ini bisa dilakukan jika sudah mempunyai rekening tabungan emas di Pegadaian.

Di aplikasi ini, harga yang tercantum adalah harga jual dan harga beli. Harga jual sendiri merupakan harga Pegadaian menjual emas kepada nasabah sehingga jumlah tersebutlah yang harus dibayar oleh nasabah jika membeli emas.

Sementara harga beli adalah harga Pegadaian membeli emas dari nasabah dan jumlah tersebutlah yang nantinya akan diterima saat nasabah menjual emas.

Cara membeli emas di Pegadaian bisa dilakukan dengan melalui kantor Pegadaian, aplikasi, agen, dan ATM.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa untuk transaksi top up saldo bisa mulai dari 0,01 gram dan maksimal 100 gram per hari per CIF (Customer Identification File).

Adapun pengalaman jual emas di Pegadaian dan berikut ini adalah informasi mengenai caranya:

Saldo emas pada tabungan emas Pegadaian juga bisa dijual kembali atau buyback. Dalam satu hari, penjualan emas hanya bisa dilakukan minimal 1 gram dan maksimal 100 gram.

Untuk melakukan transaksi ini Anda bisa pergi langsung ke kantor Pegadaian atau melalui aplikasi Pegadaian Digital.

Saldo emas harus disisakan setidaknya seharga emas 0,01 gram setelah transaksi buyback agar rekening tabungan emas Anda tetap aktif.

Bagaimana Jika Pemilik Rekening Meninggal Dunia?

tabungan emas pegadaian rugi

Jadi, bagaimana jika Anda sebagai pemilik rekening meninggal dunia? Apakah uang atau emas tersebut akan hangus? Jawabannya tidak!

Saat pemilik rekening tabungan emas meninggal maka rekening akan ditutup atas permintaan ahli waris yang sah.

Saldo pada tabungan tersebut pun akan diserahkan kepada ahli waris yang sesuai dengan ketentuan Pegadaian dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Tips Menabung Emas di Pegadaian

tabungan emas pegadaian rugi

Berikut ini adalah beberapa tips untuk Anda yang ingin atau berencana untuk menabung emas di Pegadaian, antara lain:

Lakukanlah survey atau riset kecil

Pastikan lebih dahulu untuk bisa mengetahui berapa harga emas yang berlaku hari ini.

Untuk memeriksa harga emas ini Anda bisa langsung kunjungi website resmi PT Antam. Harga emas ini nantinya bisa dijadikan sebagai patokan karena biasanya harga emas di Pegadaian akan lebih tinggi kurang lebih sekitar 3% dibandingkan dengan harga yang sudah ditentukan oleh PT Antam.

Sesuaikan emas yang akan dibeli dengan budget yang dimiliki.

Biasanya emas yang ditawarkan Pegadaian cukup beragam seperti 1 gram, 5 gram, 10 gram, hingga 1 kg.

Disiplin saat menabung emas agar bisa mendapatkan keuntungan.

Hal ini berdasarkan dari riset bahwa harga emas jarang turun bahkan akan cenderung mengalami kenaikan pada setiap tahunnya.

Percayalah pada Pegadaian karena mereka menjamin keamanan dan keaslian emas.

Jangan sampai Anda percaya dan akhirnya tertipu dengan investasi bodong yang berkedok tabungan emas. Penipuan tersebut sudah banyak beredar melalui SMS, Facebook, Instagram, atau media sosial lainnya.

Jadi menurut Anda, buka tabungan emas Pegadaian rugi atau tidak?

Jika menurut Anda hal tersebut memang merugikan cobalah cari cara lain untuk menginvestasikan harta dan jika menurut Anda hal tersebut sangatlah berguna atau menguntungkan, selamat mencoba!

Terima kasih banyak sudah bersedia menyimak informasi ini dari awal hingga selesai dan sampai bertemu kembali di lain kesempatan!

Author: Content Writer

Penulis lepas di toiletbisnis.com. Berikan komentar terbaik anda, untuk menyempurnakan blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *