Cara Kerja Bisnis Database Agar Cepat Laku dan Aman dari Penipuan

By toiletbisnis | Agustus 24, 2020
cara kerja bisnis database

Bisnis memang banyak sekali macamnya, yang baru-baru ini booming adalah bisnis database.

Apa sih sebenarnya bisnis database itu?

Sebelum mencari tahu cara kerja bisnis database, Anda perlu mencari tahu apa yang dimaksud dengan bisnis database itu sendiri.

Banyak yang penasaran dengan bisnis yang satu ini. Bisnis database merupakan bisnis yang digadang-gadang mampu menghasilkan keuntungan yang lumayan.

Sistem kerja dari bisnis ini adalah bisnis online, jadi sebagai bekal sebelum memulai bisnis ini Anda bisa mempelajari terlebih dahulu mengenai materi pemasaran online atau internet marketing.

Apakah bisnis ini menguntungkan?

Jawabannya adalah ya. Anda hanya perlu mengeluarkan modal satu kali saja untuk membeli database.

Setelah membelinya, Anda bisa menjualnya kembali. Contohnya, Anda membeli sebuah database dengan harga 300 ribu. Setelah itu, Anda bisa menjualnya kembali dengan harga yang sama atau di atasnya.

Anda bisa membayangkan, jika setiap hari ada satu orang saja yang membeli database Anda. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh keuntungan yang lumayan. Bukan hanya bisa dijual, akan tetapi juga bisa Anda gunakan sebagai modal jualan.

Apa itu Bisnis Database?

Bisnis adalah salah satu hal yang berpengaruh atas berkembangnya suatu zaman. Tidak ada manusia yang tidak ingin memiliki bisnis sendiri.

Hal ini karena bisnis dapat menghasilkan keuntungan sendiri. Salah satu bisnis yang patut Anda coba adalah bisnis database. Apa itu bisnis database?

Bisnis database merupakan salah satu bisnis yang bisa dicoba di era modern seperti saat ini.

Secara garis besar, bisnis database ini adalah bisnis yang dijalankan oleh orang-orang dengan mengumpulkan data berupa kontak, HP, nomor WA, dan lain sebagainya melalui sejumlah supplier, penyedia, produsen, perusahaan, dan lain sebagainya.

Sistem kerja untuk memperoleh data-data tersebut adalah ketika ada aplikasi-aplikasi di smartphone yang banyak digemari oleh penggunanya.

Data tersebut akan otomatis diperoleh ketika penggunanya mendaftar pada aplikasi yang umumnya gratis tersebut.

Data-data yang diperoleh tersebut, selanjutnya akan dijual kembali kepada perusahaan yang membutuhkan. Perusahaan membeli data tersebut untuk kebutuhan promosi dan agar lebih dekat dengan calon konsumennya.

Maka dari itu, banyak yang tertarik untuk membeli database ke para penjual database karena data-data tersebut akan sangat berguna bagi perusahaannya.

Keuntungan Berbisnis Database

Siapa sangka jika bisnis database memiliki banyak keuntungan yang dapat diperoleh para pelaku bisnisnya. Berikut sejumlah keuntungan yang dapat diperoleh.

  1. Mudah Dijalankan

Keuntungan pertama yang dapat Anda peroleh adalah bisnis ini sangat mudah dijalankan. Anda hanya cukup memainkan sosial media dan iklan hanya melalui internet saja. Bisnis ini tidak perlu produksi, membuka toko, bahkan menggaji karyawan.

  1. Modal Hanya Sekali

Lain dengan beberapa bisnis yang ada, bisnis ini hanya cukup mengeluarkan modal satu kali saja. Bagaimana maksudnya satu kali saja?

Jadi, para pebisnis ini hanya perlu membeli sebuah file dengan harga di kisaran Rp 350.000,- sampai Rp 500.000,- saja.

Ketika telah membelinya, Anda bisa menjualnya kembali dengan harga yang sama dengan harga ketika membelinya atau bisa juga dengan harga yang lebih tinggi.

Maka dari itu, dikatakan bahwa modal yang dikeluarkan cukup sekali dan berlaku selama seumur hidup.

  1. Prospek yang Bagus

Bisnis merupakan lapangan pekerjaan yang sangat menguntungkan. Sebagai contohnya, bisnis online menjalankan online shop, reseller, atau dropshipper. Di sinilah nanti bisnis database akan sangat menggiurkan.

  1. Bisa Dijual melalui Berbagai Channel

Banyak channel yang bisa Anda gunakan untuk berjualan, antara lain blog, Facebook, Instagram, WhatsApp, dan lain sebagainya.

Di zaman modern seperti saat ini juga sudah banyak channel gratisan yang bisa digunakan untuk menjadi database supplier.

Kerugian Menjalankan Bisnis Database

Selain banyak keuntungan yang dapat diperoleh ketika menjalankan bisnis database.

Ada juga sejumlah kekurangan dari bisnis ini. Berikut beberapa kekurangan bisnis database.

  1. Bisnis yang Dianggap Illegal

Mengapa bisnis database dianggap illegal? Ya, karena seharusnya data pribadi masyarakat tidak seharusnya dikonsumsi secara umum.

Namun, justru di bisnis ini diperjualbelikan tanpa persetujuan dari pemilik datanya. Pelanggaran ini diatur oleh Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 yang mengatur tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

  1. Validitas Data

Salah satu kekurangan yang jelas adalah bisnis ini bisa jadi tidak menjaga validitas data.

Bisnis ini hanya didasarkan atas kepercayaan, namun jika data yang dijual tidak valid maka tidak akan ada pembeli yang datang.

Nah, itulah tadi kelebihan dan kekurangan dari bisnis database. Namun, tidak hanya bisnis database saja karena setiap perusahaan juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jadi, tergantung Anda bagaimana cara menjalankan bisnis Anda tersebut dengan benar.

Cara Jual Database agar Cepat Laku

Sudah membahas mengenai garis besar bisnis database, kemudian kelebihan dan kekurangan bisnis database.

Selanjutnya, akan dibahas mengenai cara jual database agar cepat laku. Berikut tips menjual database agar cepat laku di pasaran.

  1. Menentukan Harga

Harga adalah penentu dari sebuah bisnis yang dijalankan oleh para pebisnis. Biasanya, ada harga ada rupa dari produk yang dijualnya. Maka dari itu, awalnya tentukan harga dari produk yang hendak Anda jual.

Sebaiknya, Anda melabeli harga produk sesuai dengan modal atau lebih dari itu. Jika sudah banyak peminatnya maka Anda bisa menaikkan harga jualnya.

  1. Membuat Grup

Setelah menentukan harga jual, Anda bisa mulai membuat grup untuk menampung para member yang baru.

Biasanya Anda bisa memanfaatkan WhatsApp atau Facebook. Kedua jenis media sosial ini terbilang cukup mudah. Setelah membuat grup, Anda bisa menyajikan berbagai informasi tentang produk Anda. Informasinya bisa berupa foto, video, atau aneka tulisan menarik.

  1. Buat Timeline

Timeline diperlukan dalam penjualan database ini. Timeline harus jelas dan lengkap agar mudah dipahami dan menarik. Contohnya, berilah testimoni, foto produk, dan lain sebagainya.

  1. Promosi

Setelah mempersiapkan segalanya, Anda bisa mulai untuk melakukan promosi. Meski terbilang cukup sulit, Anda bisa melakukan promosi yang menarik dengan memasang iklan di berbagai media sosial. Usahakan Anda selalu melakukan promosi setiap hari dan upload foto yang banyak dengan menyertakan hashtag.

Bagaimana, mudah bukan menjalankan dan menjual bisnis database Anda? Anda bisa memulai bisnis ini dan menargetkan keuntungan yang hendak Anda capai setiap melakukan penjualan database Anda.

Dari situlah Anda bisa memperoleh penghasilan tambahan dan keuntungan yang lumayan dari bisnis database Anda.

Sekarang, tinggal Anda yang memilih hendak menjalankan bisnis database mulai sekarang atau tidak. Karena, setiap bisnis intinya terletak pada niat dan minat yang kuat untuk menjalankannya.

Barulah, mempersiapkan modal yang sekiranya cukup untuk menjalankan bisnis tersebut. Itulah cara kerja bisnis database yang bisa Anda terapkan untuk memulai bisnis tersebut.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *