Cara Memulai Bisnis Kosmetik Online Menjadi Agen, Supplier dan Distributor

By Content Writer | Februari 23, 2021
Cara Memulai Bisnis Kosmetik Online

Di masa pandemi seperti sekarang ini, tidak sedikit orang yang memutar otak guna mencari cara untuk meningkatkan kembali perekonomian rumah tangganya yang sempat menurun.

Sebagian dari mereka memilih untuk menambah pendapatan rumah tangganya dengan berjualan online, khususnya berjualan kosmetik.

Oleh sebab itu, informasi mengenai cara memulai bisnis kosmetik online akhir-akhir ini banyak dicari orang, apalagi ketika melihat orang-orang di sekitarnya yang sudah lebih dulu memulai bisnis kosmetik dan ternyata mereka mendapat keuntungan yang cukup banyak dari kegiatan ini.

Baca juga: Usaha Omset 1 Juta Per Hari

Kosmetik sendiri seperti yang sudah kamu tahu adalah salah satu kebutuhan yang wajib dimiliki oleh sebagian wanita.

Namun, meskipun target pasar dari bisnis ini adalah wanita, hal ini tidak membuat pemilik bisnis kosmetik haruslah seorang wanita, siapapun bisa memulai bisnis kosmetik yang penting mereka bisa menjalankan bisnis dengan baik, memiliki tekad yang kuat, pekerja keras, dan memahami seluk beluk kosmetik dan kesehatan serta perawatan tubuh.

Kosmetik termasuk barang yang selalu dicari, dan memiliki peluang besar untuk mendapatkan keuntungan yang tidak sedikit dari penjualannya.

Maka dari itu, beberapa waktu belakangan ini sudah ada banyak ibu-ibu rumah tangga, para pelajar, para mahasiswa/mahasiswi dan lainnya yang memilih jalur ini untuk menambah pemasukan.

Di Indonesia sendiri, saat ini jenis kosmetik yang paling digandrungi oleh banyak kalangan adalah jenis kosmetik yang berasal dari negeri ginseng alias Korea Selatan.

Selain kosmetik, skincare asal Korea Selatan juga akhir-akhir ini sedang diminati oleh kebanyakan wanita di Indonesia.

Skincare Paling Diminati

Cara Memulai Bisnis Kosmetik Online

Nah, untuk kamu-kamu yang sedang mencari supplier skincare Korea di Indonesia yang terpercaya, kamu bisa mendapatkan jawabannya disini:

Korean Noona

Online shop yang satu ini adalah salah satu supplier skincare Korea terpercaya yang ada di Indonesia. Korean Noona telah berdiri sejak tahun 2008 dan menjamin bahwa mereka adalah supplier tangan pertama produk-produk kecantikan yang berasal dari Korea di Indonesia. Barang-barang yang dijual disini harganya cukup terjangkau.

Kamu bisa menemukan online shop ini di Shopee. Toko ini menawarkan merek kosmetik dan skincare yang beragam, jadi pembeli dapat memilihnya sesuai kebutuhan masing-masing. Selain itu, toko ini juga menawarkan beragam versi, seperti sample, travel size, full size, dan lain sebagainya.

Beauty Glowing

Beauty Glowing juga termasuk dalam supplier skincare Korea ternama di Indonesia. Stok barang yang dijual disini selalu tersedia banyak, jadi kamu tidak perlu khawatir akan kehabisan. Mulai dari merek-merek terkenal asal Korea tersedia di toko ini.

Toko ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menjadi reseller produk-produk kecantikan asal Korea, karena toko ini disebut-sebut memiliki harga yang paling murah jika dibandingkan dengan online shop lainnya. Untuk mengaksesnya, kamu bisa mengunjungi situs resminya langsung atau lewat instagramnya @beautyglowing.

Beauty Haul

Toko ini dapat menjamin bahwa barang-barang yang dijualnya adalah produk-produk original atau asli, jadi kamu tidak perlu meragukannya lagi. Namun, berbeda dengan toko-toko yang telah disebutkan sebelumnya, toko ini juga menyediakan produk-produk kecantikan yang berasal dari negara-negara lainnya seperti negara-negara Eropa dan negara-negara Amerika.

Toko ini memiliki fitur menarik yang dapat menguntungkan sang pembeli. Mereka menawarkan harga yang murah untuk produk-produk yang rusak selama proses pengiriman dari luar negeri ke Indonesia. Untuk mengakses toko ini, kamu bisa mengunjunginya di Instagram toko ini @beautyhaulindo.

Paporus shop

Online shop ini mengawali karirnya dengan berjualan di Instagram sejak tahun 2011, bahkan sebelum aplikasi Instagram populer. Sebelum itu, mereka mengenalkan dan menawarkan produk-produk yang dijualnya melalui aplikasi Facebook. Jadi, karena toko ini sudah memiliki jam terbang yang tidak sebentar, kamu tidak perlu ragu lagi untuk berbelanja kosmetik atau skincare disini.

Mirielle Beaute

Toko ini terjamin menjual produk-produk kecantikan yang asli/original. Kamu bisa mencari merek-merek produk kecantikan yang sangat terkenal disini. Untuk mengaksesnya kamu bisa mengunjungi Instagram Mirielle Beaute yang bernama @miriellebeaute.

Cara menjadi reseller kosmetik Korea

Cara Memulai Bisnis Kosmetik Online

Untuk menjadi reseller kosmetik Korea, kamu juga memerlukan beberapa cara untuk diikuti.

Sebab, bisnis jenis satu ini telah marak bermunculan di Indonesia, sehingga kalau kamu tidak membuat strategi yang baik saat melakukan bisnis ini, bisnismu bisa terkubur dari bisnis-bisnis milik orang lain yang ada di bidang yang sama.

Berikut beberapa cara supaya bisa menjadi reseller kosmetik Korea yang memiliki profit besar:

Harus mengenali tren yang sedang berjalan

Menentukan produk yang akan dijual pasti akan sangat berpengaruh dalam keberlangsungan bisnis yang dijalankan, dan tidak terkecuali dalam bisnis kosmetik.

Maka dari itu, alangkah baiknya jika kamu memahami dan mengenali tren kosmetik atau skincare apa yang sedang berlaku saat ini, sehingga ketika kamu menjualnya, peminatnya pun akan berdatangan dengan sendirinya.

Membuat rencana bisnis

Sebelum memulai sebuah bisnis, kamu diharuskan dan sangat disarankan untuk membuat rencana bisnis atau biasa disebut dengan business plan.

Hal ini sangat penting dilakukan karena dengan adanya rencana bisnis, penjual dapat menentukan strategi yang bagus untuk membuat bisnis terus berkembang.

Jadi, untuk menjadi reseller kosmetik Korea, kamu juga perlu mengikuti cara ini.

Pastikan supplier kamu terpercaya dan profesional

Karena disini kamu hanya berperan sebagai reseller, jadi kamu perlu mencari supplier yang terpercaya dan sudah profesional.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi pembeli merasa kecewa setelah membeli barang di kamu.

Tetapkan harga yang menarik

Harga adalah salah satu yang sudah pasti akan diperhitungkan oleh pembeli pada saat ingin membeli suatu barang jenis apapun, tak terkecuali kosmetik dan skincare Korea.

Biasanya, para pembeli akan mencari-cari harga yang paling terjangkau dan sesuai dengan hasil yang diterimanya, jadi seorang penjual diharuskan untuk menetapkan harga yang menarik supaya bisa mendapatkan pelanggan yang cukup banyak.

Manfaatkan sosial media dengan baik

Karena jaman sekarang sudah sangat canggih, contohnya dengan adanya sosial media yang memiliki banyak fungsi untuk kehidupan manusia, jadi kamu bisa memanfaatkan sosial media untuk menjual atau mempromosikan barang jualanmu.

Tarik perhatian followers dengan postingan-postingan menarik mengenai barang-barang. Melalui sosial media, penjual bisa menjangkau pasar yang lebih luas lagi.

Buat toko dengan desain yang menarik

Sebuah toko pasti harus memiliki desain yang menarik dan dapat membuat orang penasaran untuk mengunjunginya.

Begitu pun juga toko reseller kosmetik Korea. Desain tokomu semenarik mungkin hingga banyak orang jadi penasaran untuk mengunjunginya.

Berikan pelayanan yang maksimal

Cara ini juga bukan hanya untuk diterapkan di bisnis reseller kosmetik Korea, tapi juga harus diterapkan di semua jenis bisnis lainnya.

Sebab, dengan memiliki pelayanan yang maksimal, itu akan menjadi salah satu alasan seorang pelanggan akan kembali lagi ke tokomu.

Jadi, cara ini akan menguntungkan untuk membuat profit yang besar.

Cara memulai bisnis skincare

Cara Memulai Bisnis Kosmetik Online

Seperti halnya dengan pasar bisnis kosmetik, pasar bisnis skincare yang terbilang luas juga memiliki kompetitor yang tidak sedikit, sehingga itu bisa menjadi kendala untuk tokomu bisa terus berkembang.

Maka dari itu, untuk memulai bisnis skincare kamu diharuskan mengambil langkah yang tepat supaya dapat memiliki peluang yang besar untuk sukses.

Berikut cara-cara untuk memulai bisnis skincare yang dapat kamu ikuti dengan mudah:

Produk skincare berbeda yang menarik

Cara ini dapat kamu lakukan dengan beberapa opsi yang bisa dipilih, seperti:

  • Menciptakannya sendiri. Untuk membuat produk skincare sendiri, kamu diharuskan untuk memiliki laboratorium dan pabriknya sendiri, dan tentunya kedua hal tersebut harus sesuai dengan persyaratan pemerintah yang ada.
  • Bekerja sama dengan maklon skincare. Opsi yang kedua ini lebih mudah untuk dilakukan daripada opsi yang pertama, karena opsi itu tidak mengharuskan kamu menyediakan sumber daya untuk membuat produk tersebut.
  • Membeli produk skincare yang sudah jadi alias menjadi reseller. Untuk kamu yang memilih opsi yang ketiga, kamu hanya perlu memikirkan strategi penjualan dan pemasaran yang baik.

Produk yang berbeda yang lebih baik

Karena saat ini di Indonesia sendiri sudah ada banyak bisnis skincare yang bermunculan, jadi pastikan skincare yang kamu jual memiliki nilai yang berbeda dan tentunya lebih baik jika dibandingkan dengan toko-toko lainnya.

Mengikuti aturan yang berlaku

Langkah ini tentu harus kamu lakukan, hal ini bukan hanya untuk bisnis skincare namun juga untuk jenis bisnis lainnya.

Sebab, untuk dapat melepas produk skincaremu lebih luas lagi, kamu tentu harus memenuhi peraturan yang sudah ada supaya tokomu bisa dipercaya oleh banyak orang.

Tentukan tujuan bisnismu secara keseluruhan

Sebelum memulai suatu bisnis apapun, pastikan kamu sudah menentukan tujuan dari bisnismu itu. Apa yang ingin kamu raih dari bisnismu?

Berapa target finansial realistis dari bisnismu?

Pertanyaan-pertanyaan ini harus kamu rencanakan dengan matang-matang supaya kamu bisa menciptakan bisnis skincare yang mencapai target.

Persempit target konsumen

Karena bisnis skincare sudah memiliki banyak kompetitor, jadi kamu disarankan untuk mempersempit target konsumen produkmu dengan cara yang lebuh spesifik, karena sebuah produk apapun itu tentu tidak mungkin memenuhi kebutuhan semua manusia.

Ciptakan sendiri merek, kemasan, dan label

Merek, kemasan, dan label adalah faktor-faktor penting yang harus kamu perhatikan ketika ingin memulai sebuah bisnis, tak terkecuali bisnis skincare.

Jadi pastikan kamu sudah menciptakan merek, kemasan, dan label yang unik dan ramah pelanggan.

Terapkan strategi harga

Untuk cara yang satu ini, pastikan kamu menerapkan strategi yang benar. Ada tiga jenis harga yang perlu kamu tetapkan, yaitu harga eceran, harga produksi, dan harga grosir.

Buat harga-harga tersebut menarik supaya dapat menarik perhatian banyak orang.

Buat website sendiri

Cara ini dilakukan untuk mengenalkan produk-produk yang kamu jual lebih luas lagi. Dengan mempunyai website sendiri, semua orang bisa lebih mudah lagi untuk mengaksesnya. Pastikan kamu juga menawarkan banyak promo disini.

Tingkatkan traffic ke website

Kamu juga harus meningkatkan traffic visitor atau pengunjung yang datang ke websitemu. Cara ini bisa kamu lakukan dengan menyediakan artikel-artikel menarik mengenai dunia skincare sehingga bisa membuat banyak orang tertarik untuk mengunjungi website tokomu.

Kelola akun sosial media dengan baik

Di jaman yang modern ini, kamu bisa memanfaatkan sosial media untuk aktivitas berjualan. Kelola akun sosial media tokomu untuk semakin mendekatkan diri kepada para konsumen.

Beriklan dan promosi

Seorang penjual tidak boleh merasa bosan untuk mengiklankan produk-produk yang dijualnya. Hal ini pun berlaku untuk para pebisnis skincare.

Selain itu, untuk distributor skincare Korea di Indonesia sendiri sudah berjumlah cukup banyak dan mudah ditemukan. Contohnya Testerkorea, Yeppene, dan lain-lainnya.

Cara menjadi agen kosmetik

Cara Memulai Bisnis Kosmetik Online

Profesi sebagai agen kosmetik juga semakin ke sini semakin banyak peminatnya.

Namun, yang perlu kamu ingat adalah untuk melakukan profesi ini juga diperlukan beberapa langkah yang harus kamu perhatikan, yaitu:

Menyiapkan anggaran yang cukup

Langkah pertama yang harus kamu terapkan sebelum menjadi agen kosmetik adalah menyiapkan anggaran yang cukup apalagi untuk bisnis kosmetik yang tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Mengenali produsen dan jenis produknya

Kamu harus mengenali produsen dan produk yang kamu jual, seperti dedikasinya, sistemnya, proses produksinya, efek produk, kelebihan produk, kualitas produk, dan lain sebagainya.

Hal ini akan membantu bisnismu terus berkembang karena produk kosmetik termasuk dalam produk yang sensitif ketika dipasarkan.

Menguji produk

Di luaran sana masih banyak orang yang menjual produk kosmetik yang tidak tahu hasil ujinya seperti apa.

Nah, kamu tentu tidak boleh meniru hal ini, pastikan kamu sudah menguji produk kosmetik yang kamu jual dan mengetahui hasilnya secara langsung.

Hal ini harus dilakukan supaya tidak ada kekecewaan yang datang dari pelangganmu dan ketika hal itu terjadi tentu bisnismu akan terus mengalami perkembangan yang signifikan.

Cara menjadi reseller kosmetik

Cara Memulai Bisnis Kosmetik Online

Sebenarnya, cara untuk menjadi reseller kosmetik juga sama dengan cara menjadi reseller kosmetik Korea yang telah disebutkan tadi.

Tahapannya sama persis untuk dilakukan calon reseller kosmetik. Jadi, kamu hanya perlu memahami lagi apa yang sudah tertulis disana.

Sebab, yang menjadi perbedaan disini hanyalah jika reseller kosmetik Korea hanya menjual produk kosmetik yang berasal dari negara Korea, sedangkan reseller kosmetik bisa menjual jenis kosmetik apapun dan dari negara manapun.

Nah, sekarang kita sudah sampai di penghujung artikel. Kesimpulannya, memulai suatu bisnis tidaklah susah untuk dilakukan, begitu pun juga dengan memulai bisnis skincare dan kosmetik.

Yang terpenting, kamu harus mengikuti langkah-langkah dan peraturan-peraturan yang sudah ada dengan baik, maka bisnismu akan berjalan dengan lancar dan menguntungkan.

Mulailah berbisnis skincare atau kosmetik dari sekarang, karena bisnis ini disebut-sebut memiliki keuntungan yang cukup banyak, sehingga pendapatan dari sini bisa kamu jadikan tambahan dalam menjalani hidup di masa pandemi seperti sekarang ini.

Apalagi di jaman sekarang, teknologi sudah menjadi sangat canggih, jadi kamu bisa berjualan secara online tanpa harus bertemu banyak orang.

Seperti yang sudah kamu baca, cara memulai bisnis kosmetik online tidak rumit kok, jadi kamu bisa langsung mencobanya sendiri.

Semoga artikel ini bisa membantu banyak orang dan memberikan manfaat yang berlimpah ke banyak orang.

Terima kasih telah menyempatkan waktumu untuk membaca artikel ini.

Author: Content Writer

Penulis lepas di toiletbisnis.com. Berikan komentar terbaik anda, untuk menyempurnakan blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *