Cara Ternak Bebek Petelur. Sedikit Saingan Profit Lebih Banyak!

By Content Writer | Mei 12, 2020
cara ternak bebek petelur

Cara ternak bebek petelur kok bisa sedikit saingan? Itu karena masih banyak orang yang tidak mengerti akan potensi bisnis yang satu ini.

Banyak yang hanya berfokus pada beternak ayam petelur. Padahal telur bebek juga banyak dikonsumsi. Mari baca selengkapnya.

Baca juga : Ide Usaha Ternak

Baik kamu pemula sekalipun setelah membaca artikel ini pasti mengerti. Baik ayo langsung saja.

Cara ternak bebek petelur

1. Biaya investasi

Kamu harus menyiapkan uang untuk membayar biaya investasi. Biaya tersebut antara lain biaya untuk pembuatan kandang ternak, dan biaya untuk peralatan yang akan kamu butuhkan untuk menjalankan usaha ternak bebek petelur ini.

Bisa menggunakan lahan pribadi untuk membangun kandang ternak. Usahakan jangan lahan sewa. Karena nanti akan sayang sudah keluar biaya banyak untuk membangun kandang ternak tersebut.

Saat membangun kandang harus dipastikan jika luas lahan itu sesuai kandang yang mau dibangun. Kandang dan lahan wajib memadai.

Kisaran biaya membuat kandang bebek petelur Rp 5.000.000,00. Bisa lebih juga. Perkiraan biaya untuk membeli peralatan Rp 2.000.000,00.

Peralatan yang harus dibeli antara lain alat minum, alat makan, alat pemanas buatan, alat membersihkan kandang, dan penerangan kandang.

2. Biaya operasional

Antara lain:

  • Upah pegawai

Apabila memang dikelola bersama keluarga besar. Maka upah pegawai bisa dihilangkan dan kamu bisa lebih hemat.

  • Biaya air listrik

Air dan listrik ini akan selalu dibutuhkan untuk menjalankan peternakan bebek petelur. Jadi wajib ada.

  • Biaya pakan ternak

Kalau ada uang lebih bisa membeli pakan jadi pabrikan. Kalau tidak boleh membuat sendiri. Kelebihan membuat pakan sendiri lebih murah.

  • Biaya vitamin dan obat

Ketika memelihara bebek petelur ini maka kesehatan bebek harus diperhatikan dengan seksama. Kalau bebek sakit maka harus diberi obat hingga sembuh. Dan pemberian vitamin untuk menjaga agar bebek memiliki daya tahan yang bagus.

  • Biaya pembibitan

Biaya untuk membeli bibit ternak bebek petelur. Biasanya minimal 50 bebek petelur. Disesuaikan lahan dan kandang yang dimiliki.

3. Menyiapkan bibit

Ada beberapa cara yang dapat kamu pilih, antara lain:

  • Memelihara induk bebek

Dengan awalnya membeli induk bebek. Setelah dipelihara induk bebek akan menghasilkan telur tetas.

  • Membeli telur tetas

Boleh juga dengan membeli telur tetas. Ini adalah telur dari indukan bebek yang telah dibuahi bebek/bebek jantan.

  • Beli DOD

DOD bebek petelur ini terkenal akan kualitasnya yang baik. Di mana berasal dari proses penetasan terbaik. Ciri dari DOD bebek berkualitas adalah:

  • Bulu terlihat terang dan cerah
    • Berasal dari indukan berkualitas
    • Anggota tubuh tidak cacat dan lengkap
    • Kaki bersih terlihat berlapis minyak
    • Mata bersinar dan cerah
    • Tak ada kotoran menempel pada anus bebek

4. Prosedur pemeliharaan

Biasanya peternakan bebek petelur ini dilakukan di kawasan pedesaan. Namun sekarang sudah bisa dilakukan di kota. Dengan teknik berbeda.

Yakni dengan cara budidaya bebek petelur tanpa air. Cara ini memungkinkan peternak untuk memelihara bebek petelur di lahan yang sempit sekalipun.

Caranya yakni bebek petelur tidak diumbar bebas. Dipelihara di dalam kandang. Namun memang kamu harus menyiapkan modal lebih.

Sebab biaya pakan yang dibutuhkan jadi lebih banyak, dibandingkan metode semi intensif di pedesaan.

5. Pemberian pakan

Pakan dan minum harus diberikan dengan takaran yang tepat. Pakan dapat diberikan dengan bentuk kering atau dicampur air.

Agar bebek tidak stress sebaiknya pemberian pakan dilakukan orang yang sama. Jangan berganti-ganti orang.

Berikan tambahan vitamin sesekali. Supaya meningkatkan palatabilitas bebek petelur yang kamu pelihara.

Pemberian pakan untuk bebek petelur dapat dilakukan jam 07:00 pagi, yang kedua pada jam 15;00. Di mana ini diatur berdasar pada usia bebek.

Pakan bebek berdasarkan usia

  • 1 minggu = Konsentrat
  • 2 s/d 4 minggu = Tepung ikan + Bekatul / Dedak
  • 3 minggu s/d 1 bulan = Pakan ditaburkan. Agar bebek terbiasa.
  • >= 2 bulan = Pakan campuran jagung, bungkil kedelai, dedak padi, bungkil kelapa, dan lain-lain.
  • >= 3 bulan = Pakan + ad libitum

Jumlah pakan berdasar jumlah bebek yang dipelihara

Antara jumlah pakan dengan jumlah bebek yang kamu pelihara harus disesuaikan. Di mana jika bebek petelur yang dipelihara itu jumlahnya 100 ekor dan usia 1,5 bulan maka kamu dapat memberikan 10 kg pakan.

Kalau umur bebek petelur 3 bulan maka berikan pakan sebanyak 9 kg. Untuk umur 5 bulan berikan pakan sebanyak 15 kg.

Jumlah tempat pakan dan tempat minum

Jumlah tempat pakan harus cukup. Begitu pula jumlah tempat minum. Jadi jangan karena menghemat anggaran kemudian menguranginya.

Sesuaikan dengan berapa jumlah ternak yang dipelihara. Tujuannya adalah mencegah perebutan makanan dan minuman. Nanti yang tidak kebagian akan kurus dan kurang produktif.

Sesuaikan juga jumlah makanan beserta kadar protein, disesuaikan dengan kebutuhan ternak. Di mana ini berdasar pada faktor usia bebek petelur dan juga produksi telur.

6. Panen telur

Ketika sudah mencapai umur 2 bulan, maka bebek pun akan mulai bertelur. Kamu dapat melakukan panen telur ketika pagi hari. Pada pukul 06:00 pagi s/d 10:00 pagi.

Memang di sini yang merupakan produksi utama adalah telur. Namun ketika usia bebek petelur tidak produktif lagi maka akan diafkir. Kemudian regenerasi.

Bebek pejantan juga dimanfaatkan dagingnya lagi untuk dijual. Kotoran itik juga merupakan pupuk kandang yang laris.

7. Pengawetan telur bebek

Telur bebek yang dipanen perlu untuk melalui proses pengawetan. Merupakan aktivitas pascapanen.

Semua peternak bebek harus memahami teknik pengawetan telur bebek ini. Karena kalau tidak diawetkan maka telur bebek akan cepat jadi rusak atau busuk.

Untuk metodenya terdapat beberapa macam. Antara lain:

  • Natrium Silikat

Pengawetan dengan menggunakan natrium silikat ini caranya rendam telur bebek di dalam larutan tersebut. Natrium silikat yang digunakan yang berkonsentrasi 10%.

Rendam selama 1 bulan. Ciri dari natrium silikat ini tidak berwarna, kental, dan tidak berbau.

  • Larutan garam

Bahan yang mudah didapatkan ini juga cocok digunakan untuk yang ingin mengawetkan telur bebek dengan metode sederhana dan bahan yang murah.

Cukup larutkan garam di dalam air. Konsentrasi 25 – 45%. Lalu rendam telur bebek yang baru panen di dalam larutan garam. Rendam 3 minggu.

  • Air hangat

Metode berikutnya adalah dengan menggunakan air hangat. Caranya rendam telur bebek yang baru kamu panen dalam air hangat. Sesudah direndam maka telur bebek dapat bertahan sampai 20 hari.

  • Daun jambu biji

Yang terakhir adalah menggunakan daun jambu biji. Dengan bahan ini maka kulit dari telur bebek akan berubah warna jadi kecoklatan.

Waktu untuk telur bebek dalam kondisi bagus sesudah direndam memakai daun jambu biji cukup lama. Bisa awet sampai 1 bulan.

Itulah cara ternak bebek petelur. Dari biaya-biaya yang dibutuhkan, pakan, kandang, lahan, hingga cara mengawetkan telur bebek. Semoga bermanfaat.

lanjutkan membaca
Author: Content Writer

Penulis lepas di toiletbisnis.com. Berikan komentar terbaik anda, untuk menyempurnakan blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *