Cara Menjalankan Usaha Sosis Bakar hingga Sukses

By toiletbisnis | November 28, 2019
usaha sosis bakar

Mengapa usaha sosis bakar termasuk jenis usaha yang menjanjikan? Itu karena semua orang rata-rata suka makan sosis bakar. Kalau pentol bakar sudah banyak yang jualan, kalau sosis bakar dapat dibilang masih jarang.

Sekarang mari berpikir secara logika. Penggemar sosis bakar ada banyak, sementara penjualnya sedikit. Ini artinya apa?

Itu artinya kalau pangsa pasarnya masih sangat besar. Persaingan masih rendah. Oleh karena itu sudah tidak perlu berpikir 2x lagi, segera pelajari dan jalankan. Apabila masih bingung, Anda dapat mencoba membaca tips-tips yang akan kami bagikan sekarang ini.

Analisa Perhitungan Profit, dan Biaya untuk Bisnis Sosis Bakar

NoKeteranganHarga
1Meja kursi300.000
2Kompor dan gas
250.000
3Kitchenware200.000
4Grill300.000
5Tupperware100.000
TOTAL1.150.000

Profit Rata-Rata per Bulan

NoKeteranganHarga
1Sosis ukuran kecil 40 sosis40 x 6000 x 30 : 7.200.000
2Sosis ukuran besar 20 sosis20 x 9000 x 30 : 5.400.000
Total pendapatan per bulan12.600.000

Pengeluaran Bulanan

NoKeteranganHarga
1Gaji pegawai
600.000
2Bahan baku dan bahan lain-lain7.000.000
3Sewa tempat500.000
4Operasional800.000
5Biaya penyusutan (2% * investasi)23.000 (Bukan uang)
Total pengeluaran bulanan8.900.000

Dengan data-data keuangan di atas, maka pendapatan bersih Anda setiap bulan dari jualan sosis adalah

Rp 3.700.000,-

Menentukan lokasi berjualan

Sekarang tips yang pertama yang akan kami bagikan adalah terkait penentuan lokasi berjualan. Hal yang satu ini harus benar-benar Anda perhatikan. Memang dapat dibilang bahwa lokasi yang tepat akan menentukan sebuah bisnis sukses atau tidak.

Karena itu Anda harus berjualan di lokasi yang benar-benar strategis. Cari lokasi yang mudah untuk ditemukan oleh orang-orang. Contoh dari lokasi yang tepat untuk berjualan antara lain:

  1. Depan sekolahan
  2. Di dalam mall
  3. Di depan teras minimarket

Tipsnya adalah Anda harus mencari tempat yang paling ramai orang. Dengan begitu calon pelanggan pun akan lebih mudah untuk didapatkan. Kecuali Anda berjualan secara online.

Promosi yang Tepat

Dalam menjual sosis bakar, Anda memerlukan juga promosi, supaya usaha Anda bisa dikenal oleh banyak orang. Untuk promosi Anda bisa mencoba membuat banner yang terlihat menarik, jadi orang-orang yang lewat pun akan penasaran dan membeli sosis bakar Anda.

Selain itu bisa juga dengan promosi menggunakan sosial media, contohnya Instagram. Kalau ada uang Anda boleh membayar sponsored post di IG. Cari yang followernya banyak. Kalau bisa yang IG nya memang niche makanan, sehingga masih nyambung topiknya.

Menentukan Harga Jual

Yang berikutnya adalah menentukan harga jual. Di sini jangan sampai salah. Terkadang banyak orang yang menjual dengan harga terlalu mahal, atau terlalu murah. Keduanya bukan hal yang bagus.

Tetapi memang rata-rata sosis bakar dijual dengan harga terjangkau. Yang penting Anda jangan sampai memasang harga terlalu murah dan tekor. Perhatikan juga harga bahan baku Anda. Di setiap daerah bisa berbeda-beda.

Apabila mau mencari ide berapa harga jual dari sosis bakar ini. Anda bisa mengunjungi pesaing Anda di kota lain atau di lokasi di kota Anda berjualan. Setelah mengetahui berapa harga jual sosis bakar yang ditetapkan pesaing. Anda jangan meniru persis. Sebab bisa jadi harga pokok sosis bakar mereka lebih murah atau lebih mahal.

Disarankan bagi Anda untuk membeli sosis yang berkualitas oke, tetapi agar harga jual tetap bisa ditekan semurah mungkin. Cobalah untuk membeli saos dengan harga lebih murah, namun yang kualitasnya oke.

Ingat untuk jangan mengorbankan kualitas rasa hanya untuk mengejar harga murah saja. Gunakan bahan-bahan yang berkualitas bagus sehingga citarasa tetap terjaga. Khususnya sosis yang digunakan, jangan pilih yang jelek karena rasanya tidak enak.

Membuat Sosis Rumahan

Apabila mau untung yang lebih banyak, maka Anda bisa mencoba membuat sosis rumahan. Jadi tidak perlu beli sosis lagi. Selain itu kualitas bisa dijamin karena Anda buat sendiri.

Selain itu higienitas juga bisa lebih terjaga. Anda pun bisa memasukkan ini dalam promosi Anda. Karena kebanyakan pedagang sosis bakar sekarang ini menggunakan sosis curah. Ini sudah bukan rahasia umum lagi.

Dibanding memakai sosis curah yang rasanya kurang enak, mengapa tidak buat sosis homemade saja? Harganya juga murah, jadi harga jual tetap terjangkau.

Oke langsung saja kita lihat resepnya.

Resep Sosis Homemade

Bahan-bahan

  • Daging sapi 500 gram
  • Gelatin sapi 1 sdm
  • Kaldu jamur 1 sdm
  • Air hangat 50 ml
  • Telur 2 butir
  • Oregano ½ sdt
  • Keju parut 50 gram
  • Tepung tapioka 50 gram
  • Bawang putih (Dihaluskan) 10 siung

Langkah membuat

  1. Pertama-tama larutkan gelatin dalam air hangat.
  2. Mix kesemua bahan hingga rata sempurna.
  3. Masukkan dalam piping bag.
  4. Ambillah es 1 plastik kemudian ikat ujung bawahnya, dan beri sedikit lubang.
  5. Masukkan piping bag berisi adonan ke plastik es. Isi sebanyak ¾ kemudian ikat. Usahakan supaya tidak ada udara di adonan sosis. Kalau tidak nanti sosis homemade Anda akan berlubang.
  6. Lalu didihkan air, sesudah mendidih matikan api.
  7. Masukkanlah adonan sosis dalam air mendidih. Tetapi pastikan kompor sudah dalam keadaan mati. Tunggulah air mendidih tersebut hingga jadi dingin, nanti adonan akan mengeras.
  8. Panaskanlah kukusan nasi, sesudah panas, bukalah plastik sosis, masukkan dalam kukusan.
  9. Kukus untuk jangka waktu setengah jam. Selesai!

Mudah sekali bukan? Lagipula tidak membutuhkan alat pembuat sosis yang harganya mahal. Cukup pakai alat-alat dapur seadanya Anda sudah bisa membuat sosis homemade sendiri.

Untuk daging boleh diganti dengan daging hewan yang lain, contohnya daging ayam, atau mungkin daging bebek? Jadi bisa buat sosis bebek panggang tuh. Unik dan rasanya dijamin enak!

Jualan Sosis Bakar Online

Apabila Anda tinggal di kota besar, boleh mencoba strategi ini. Jadi Anda tidak memerlukan sewa tempat yang mahal. Tidak perlu bayar karyawan untuk jaga stand.

Bahkan Anda bisa melakukannya sebagai usaha freelance. Jadi made by order. Dengan kata lain Anda berjualan secara online. Anda promosikan juga secara online. Nanti jika ada yang pesan baru buat.

Untuk pengiriman, biasanya di kota besar kan sudah ada jasa Grab Food, atau GoFood. Nah, Anda bisa mendaftar sebagai merchant di kedua aplikasi raksasa tersebut. Di jaman sekarang orang-orang semakin malas mencari makan di luar.

Mereka lebih memilih menggunakan kedua aplikasi ini. Apalagi jika sudah ada promo, wah bisa ramai banget orderan.

Jikalau Anda membutuhkan pegawai, maka bisa mencari pegawai untuk membantu membuat sosis bakar. Khususnya jika orderan sudah semakin banyak. Ada banyak kelebihan dari berjualan seperti ini. Yang pasti Anda tidak usah khawatir bayar sewa tempat bulanan.

Dalam waktu jangka panjang, Anda akan berhemat banyak. Orderan pun banyak. Jadi bisa menjadi salah satu alternatif pilihan strategi.

Jika anda ingin cari artikel tentang bisnis modal kecil, maka saya rekomendasikan untuk membaca daftar bisnis modal kecil berikut ini:

One thought on “Cara Menjalankan Usaha Sosis Bakar hingga Sukses

  1. Pingback: 168+ Bisnis di Tahun 2020 Lengkap: Modal Kecil, Besar, dan Tanpa Modal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *