Cara Mengajukan Proposal Usaha Ke Pemerintah 2021

By Content Writer | Januari 1, 2021
cara mengajukan proposal usaha ke pemerintah

Tidak dapat dipungkiri kalau UKM (Usaha Kecil Menengah) adalah salah satu jenis usaha yang membutuhkan bantuan modal dari pemerintah agar bisa terus bersaing.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan dana bantuan dari pemerintah, salah satunya mengajukan proposal usaha.

Bagaimana cara mengajukan proposal usaha ke pemerintah agar mendapatkan bantuan? Simak ulasan ini sampai akhir!

Baca juga: Contoh Proposal Usaha untuk Diajukan ke Investor

Cara Mendapatkan Modal Usaha Dari Pemerintah

Untuk bisa mendapatkan bantuan modal dari pemerintah, ada beberapa cara yang harus dilakukan, diantaranya sebagai berikut:

Membuat Proposal Usaha

Tentu saja ketika Anda ingin mendapatkan dana bantuan dari pemerintah, cara pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan membuat proposal.

Anda harus bisa membuat proposal sebaik dan semenarik mungkin agar bisnis Anda bisa mendapat bantuan modal dari pemerintah.

Proposal yang dibuat sebaiknya dibuat dalam dua bentuk yaitu hard copy dan soft file untuk lebih memudahkan pengirimannya. Berikut ini merupakan langkah-langkah yang bisa digunakan untuk membuat proposal yang baik:

1. Latar Belakang

Modal usaha memang selalu menjadi permasalahan pelaku usaha mikro dan kecil sejak dulu. Bahkan hal itu tak hanya terjadi ketika hendak memulai usaha saja, namun juga terjadi pada saat hendak melakukan ekspansi bisnis.

Maka dari itu, bantuan modal dari pemerintah akan sangat membantu. Ketika menuliskan latar belakang, sebaiknya Anda jelaskan apa saja yang menjadi kendala dan rencana pengembangan usaha di masa depan sehingga pemerintah akan lebih yakin.

2. Profil Usaha

Kemudian jangan lupa untuk menyantumkan profil usaha Anda. Jelasan kapan berdirinya dan bagaimana usaha itu bisa berkembang serta omzet harian yang biasanya berhasil didapatkan. Jelaskan juga bagaimana sasaran pasarannya dan potensi dari usaha yang ditekuni di masa depan.

3. Permasalahan

Hal selanjutnya yang harus dijelaskan pada proposal yang akan diajukan kepada pemerintah yaitu permasalahan yang sedang dialami oleh usaha yang sedang dilakoni.

Misalnya Anda ingin menambah proses produksi tetapi terhalang oleh terbatasnya jumlah dana yang dimiliki. Tetapi, bisa juga permasalahan lainnya yang berkaitan dengan modal sehingga pemerintah akan lebih yakin bahwa usaha Anda memang sedang membutuhkan bantuan.

4. Perkiraan Kebutuhan Dana

Setelah menjelaskan masalah yang sedang dialami, hal berikutnya yang harus dilakukan adalah menuliskan jumlah perkiraan dana yang Anda butuhkan.

Sertakan juga proyeksi pertumbuhan usaha Anda selama satu hingga lima tahun ke depan. Pada lampiran selanjutnya, lampirkan juga gambaran keuntungan yang bisa didapatkan agar pemerintah bisa lebih yakin.

5. Penutup

Untuk penutup, Anda bisa menuliskan kalimat seperti ini: “Demikian proposal ini saya ajukan. Besar harapan saya agar Bapak/Ibu mempertimbangkan permohonan saya sehingga usaha tersebut bisa terus berkembang. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.”

Mengajukan Ke Dinas Kementerian UKM

Cara mendapatkan bantuan modal usaha dari dinas sosial selanjutnya yang bisa dilakukan setelah memiliki proposal usaha yaitu dengan mengajukannya ke dinas kementerian UKM setempat.

Cara ini merupakan cara menjemput bola, dimana Anda bisa mengajukan permohonan apakah ada dana hibah untuk usaha Anda atau tidak.

Pada saat Anda datang ke Dinas Kementerian biasanya ada beberapa jenis bantuan yang disediakan oleh pemerintah. Untuk mengetahui bantuan mana yang dibutuhkan, Anda bisa mencoba bertanya kepada pihak Kementerian UKM yang ada di sana untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

Mengunjungi Situs Kementerian UKM

Cara mendapatkan modal usaha dari pemerintah selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu dengan mengunjungi situs resmi dari Kementerian UKM. Anda harus rajin mengunjungi situs itu, karena biasanya mereka akan membuat pengumuman soal dana hibah.

Pemerintah biasanya akan memberikan pengumuman tanpa memberitahukan lebih dulu. Apabila sudah ada pengumumannya, maka Anda bisa daftar online dan mengisikan semua data yang diminta.

Kemudian, jangan lupa untuk meng-upload file proposal yang sudah dibuat ke situ resmi Kementerian UKM tersebut. Anda selanjutnya pun akan terdaftar sebagai calon penerima bantuan modal dan menunggu proses seleksi.

Mengikuti Pameran

Biasanya ada banyak pameran yang disediakan untuk para pebisnis atau UKM yang diselenggarakan di berbagai tempat dan didukung oleh banyak sponsor.

Pemerintah umumnya akan mengadakan acara pameran untuk pelaku bisnis UKM, paling tidak akan digelar satu tahun sekali.

Acara-acara seperti ini umumnya akan didatangi oleh pejabat daerah, dan inilah kesempatan yang pas untuk Anda menawarkan produk yang dijual kepada pejabat itu.

Dengan begitu, dinas akan mengetahui kalau Anda merupakan pengusaha UKM yang memang butuh perhatian lebih. Proposal yang sudah dimiliki juga bisa diajukan pada saat pameran.

Tidak hanya di pameran, Anda juga bisa mengajukan pembiayaan usaha kepada Kredit Usaha Rakyat (KUR). KUR adalah layanan kredit yang disediakan oleh pemerintah dan dilaksanakan oleh bank tertentu yang telah ditunjuk dan umumnya, suku bunga yang ditawarkan rendah.

Supaya bisa mendapatkan tambahan modal dari KUR, Anda akan diminta untuk menunjukkan laporan usaha yang dijalani.

Maka dari itu, jangan lupa untuk membuat laporan keuangan yang rapi, baik dan benar agar pihak KUR jadi lebih teryakinkan dan Anda bisa dapat pinjaman dana modal.

4 Tips Membuat Proposal Pengajuan Dana ke Pemerintah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, proposal merupakan hal yang paling penting apabila Anda ingin mendapatkan dana bantuan dari pemerintah.

Maka dari itu, setiap proposal yang dibuat haruslah bersifat lugas dan informatif. Mengapa?

Supaya pemerintah tertarik untuk memberikan dana bantuan kepada usaha Anda, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat membuat proposal pengajuan dana ke pemerintah:

Memperlihatkan Performa

Hal pertama yang paling penting dan perlu untuk diperlihatkan dalam proposal permohonan dana bantuan usaha kepada pemerintah yaitu performa.

Biasanya, pemerintah akan sangat tertarik untuk memberikan dana kepada usaha atau bisnis yang punya performa stabil dan baik. Maka dari itu, Anda harus menyampaikan perihal performa dengan baik pada isi proposal yang ingin diajukan.

Menjelaskan keuntungan yang akan diperoleh

Sekalipun pemerintah akan memberikan dana yang cuma-cuma untuk membantu usaha Anda, mereka pasti tetap akan membutuhkan timbal balik, seperti hal apa yang bisa didapatkan negara lewat usaha yang Anda tekuni.

Maka dari itu, Anda harus menjelaskan soal keuntungan yang bisa didapatkan negara, dengan menjelaskan rencana ke depan Anda soal usaha yang digeluti. Sehingga akan membuat pemerintah jadi lebih tertarik untuk memberikan bantuan modal.

Menjunjung Sikap Profesional

Hal yang satu ini sangat penting untuk dilakukan pada saat Anda mengajukan proposal pengajuan dana. Usahakan untuk tidak mengedepankan perasaan emosi dan lain sebagainya, karena itu akan membuat citra Anda menjadi tidak baik.

Junjunglah selalu logika dan sikap profesionalitas, dengan cara itu pemerintah akan percaya bahwa Anda memang membutuhkan dana tambahan modal atau untuk mengembangkan usaha.

Menjunjung Tinggi Keterbukaan

Selalu menjunjung tinggi keterbukaan merupakan hal yang penting. Apapun informasi yang nantinya dibutuhkan pemerintah soal usaha Anda, maka jelaskan sejelas-jelasnya.

Maka dari itu, Anda dituntut untuk membuat laporan yang jelas dan rapi sedari awal. Dengan cara itu, jika sewaktu-waktu dimintai penjelasan, Anda bisa memberikan laporannya secara rinci.

Demikianlah beberapa tips dan cara mengajukan proposal usaha ke pemerintah yang bisa digunakan apabila Anda memang membutuhkan tambahan dana untuk modal atau mengekspansi usaha jadi lebih besar lagi. Teruslah berusaha dan jangan patah arang!

Baca juga: Cara Mendapatkan Dana Hibah untuk Modal Usaha

Author: Content Writer

Penulis lepas di toiletbisnis.com. Berikan komentar terbaik anda, untuk menyempurnakan blog ini.

3 thoughts on “Cara Mengajukan Proposal Usaha Ke Pemerintah 2021

  1. Pingback: Pinjaman BRI untuk Usaha – Persyaratan, Simulasi, Tabel dan Jaminan

  2. EUis Leni Handayanu

    Saya dulu pernah gagal pinjam k BRI , thn 1909 , baru di lunasi sekitar tahun 2016 , dari itu skrng saya tidak bisa lagi pinjam . saya mengalami pailit sekitar tahun 2009 smpai tahun 2018 , beru skrng ini usaha ada lancar , saya pinjam modal usaha dari PNM , tapi nominal pinjaman terbatas , bagaimana cara nya supaya bisa mendapat pinjaman yang lebih besar

    Reply
  3. Pingback: Contoh Proposal Usaha Singkat dan Lengkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *