Bisnis Laundry Kiloan Untuk Pemula Langsung Buka

By toiletbisnis | September 21, 2019
bisnis loundry kiloan

Sekarang ini bisnis loundry kiloan juga merupakan salah satu jenis usaha yang banyak digemari oleh pengusaha kecil menengah.

Salah satu buktinya ialah Anda bisa melihat banyak sekali usaha jenis ini yang bertebaran di sepanjang jalan baik di kota kecil sekalipun. Bahkan tidak jarang juga yang membuka usaha jenis ini di tempat tinggalnya.

Hal ini juga membuktikan bahwa jenis usaha satu ini memang menjanjikan dan memberikan Anda banyak keuntungan.

Akan tetapi kenyataannya memang dalam mendirikan usaha ini bukan suatu hal yang mudah untuk dilakukan seperti apa yang Anda bayangkan.

Bukan berarti Anda juga dengan mudah mendapatkan keuntungan jika mendirikan usaha jenis ini.

Sebab walaupun Anda melihat banyak sekali orang yang sukses mendirikan usaha loundry ini, ternyata banyak juga yang mengalami kegagalan saat menjalankan bisnis loundry kiloan terutama pemula.

Tentu saja semua itu terjadi karena  pengusaha tersebut masih belum mempunyai pengetahuan yang cukup dan juga tidak punya perencanaan matang dalam mengelola usahanya tersebut.

Oleh karena itu, sebagai pemula yang akan mendirikan usaha loundry sebaiknya banyak-banyak mencari dan belajar mengenai persiapan mendirikan sebuah usaha dan juga pastikan Anda mempunyai modal yang cukup untuk membuka usaha loundry kiloan milik Anda.

Dengan demikian Anda juga bisa mengetahui bagaimana cara membuat usaha laundry Anda mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

Analisis Peluang Usaha Loundry Kiloan

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara sukses untuk menjalankan bisnis loundry kiloan untuk pemula, maka akan lebih baik jika Anda lebih dulu mengetahui peluang dari usaha loundry terlebih dahulu.

Tentu saja Anda perlu melakukan hal ini agar Anda mengetahui target konsumen Anda siapa saja dan pada kalangan mana.

Target konsumen cukup realistis ialah para pekerja kantoran. Pekerja kantoran umumnya tidak akan punya waktu dan cukup sibuk. Sebab akan bekerja selama hampir satu hari penuh yakni mulai jam 7 pagi hingga 5 sore.

Bahkan juga lembur hingga malam. Sedangkan saat weekend pekerja kantoran akan istirahat untuk menghilangkan penat dan tidak ada waktu mencuci.

Sedangkan jika seorang mahasiswa, terutama yang menyewa tempat tinggal juga membuatnya tidak punya waktu untuk mencuci karena sibuk dengan tugas-tugas kuliah yang diberikan oleh dosen.

Ditambah lagi mahasiswa akan mendapatkan uang yang dikirim oleh orang tuanya. Sehingga mereka akan memilih menggunakan jasa bisnis loundry kiloan untuk memudahkannya.

Selain itu, anak kost yang notabene tinggal jauh dari rumah juga merupakan perantauan, baik karyawan pabrik atau mall.

Tentu saja bekerja menjadi prioritas utama, dan hampir tidak mempunyai waktu untuk berlibur. Sehingga jasa loundry kiloan kerap jadi pilihan terbaik untuk anak kost. Atau bisa juga target konsumen pasangan keluarga sibuk bekerja.

Persiapan Membuka Bisnis Loundry

Jika Anda sudah mengetahui target konsumen dari bisnis loundry kiloan yang akan Anda jalankan, maka pasti ada juga sudah punya gambarannya.

Setelah itu Anda bisa mempersiapkan beberapa hal sebelum Anda menjalankan usaha loundry kiloan ini. Tentu saja harus bekerja profesional agar hasil yang Anda berikan bisa membuat pelanggan Anda puas, untuk itu perhatikan hal berikut:

1. Lokasi Strategis

Mencari lokasi yang tepat untuk membuka usaha loundry kiloan memang penting untuk Anda lakukan.

Jika Anda merupakan ibu rumah tangga, maka Anda bisa membuka usaha Anda di rumah. Anda bisa mencari target konsumen sekitar kompleks rumah Anda.

Namun jika Anda ingin menggunakan usaha ini untuk penghasilan utama, maka pastikan loksinya dekat dengan pusat keramaian.

2. Tahu Teknik Mencuci

Saat Anda akan membuka bisnis loundry, maka Anda juga harus tahu bagaimana teknik mencuci yang baik, sebab Anda akan mencuci pakaian orang lain.

Jika Anda tidak teliti dan asal, maka akan banyak pelanggan yang komplain dan bahkan bisa ditinggal pelanggan. Anda juga harus bisa menyetrika dan melipat yang baik.

3. Siapkan Perlengkapan Loundry

Selanjutnya Anda harus mulai menyiapkan semua hal agar Anda bisa mulai menjalankan usaha satu ini. Pastikan Anda mempersiapkan semua keperluan penunjang usaha yang Anda jalankan tersebut.

Sehingga saat Anda mulai membuka, Anda tidak mengalami masalah apapun.

Modal Bisnis Laundry Kiloan

Untuk menjalankan bisnis ini modal di bagi menjadi dua, yakni: Modal tetap (investasi) dan modal bulanan.

Modal investasi adalah modal yang harus anda keluarkan ketika pertama kali memulai bisnis.

Dibawah ini modal investasi yang harus anda keluarkan, estimasi harga di bawah bisa di rubah sesuai kebutuhan bisnis anda.

Modal Investasi

NoMesin / AlatHarga
1Mesin Cuci5.000.000
2Mesin Pengering7.000.000
3Setrika UAP250.000
4Timbangan Digital 30kg400.000
5Meja Kursi500.000
6Spanduk Promosi100.000
7Rak Pengering150.000
8Sikat, Selang, Sprayer150.000
9Ember100.000
10Hanger100.000
T o t a l13.750.000

Maka, total investasi awal menjalankan bisnis ini adalah Rp. 13.750.000.

Sedangkan untuk biaya bulanan bisa anda hitung sendiri sesuai kebutuhan dengan melihat kondisi sekitar. Karena beda tempat, beda biaya bulanannya.

Dibawah ini biaya bulanan yang perlu anda siapkan

Biaya bulanan

  • Detergen, Pewangi, Pemutih Pakaian
  • Plastik Packing
  • Sewa ruko
  • Bayar air
  • Bayar listrik
  • Gaji karyawan
  • Perawatan mesin

Tips Sukses Usaha Loundry Kiloan Untuk Pemula

Mendirikan usaha loundry memang bukan hanya mengenai tempat atau kios yang akan Anda sewa, membeli peralatan untuk membuka usaha, dan kemudian pelanggan akan berdatangan menggunakan jasa Anda.

Anda tidak akan mendapatkan pelanggan jika seperti itu, Anda harus tahu bagaimana cara menarik pelanggan. Oleh karena itu Anda bisa mengikuti tips sukses usaha loundry kiloan berikut:

1. Teknik Pemasaran Efektif

Pelanggan akan datang jika Anda yang menggundang. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan teknik pemasaran dengan efektif seperti melakukan promosi.

Anda bisa membuat brosur, pamflet, dan membagikannya agar semua orang tahu usaha Anda. Atau Anda bisa memanfaatkan sosial media untuk promosi.

2. Layanan Memuaskan

Pelayanan yang memberikan kepuasan pelanggan bisa membuat usaha Anda ramai. Usahakan Anda memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan.

Ramah dengan pelanggan juga merupakan kunci sukses untuk menjalankan sebuah usaha. Usahakan Anda menyelesaikan pesanan tepat waktu agar pelanggan puas dengan layanan Anda.

3. Tarif Sesuai

Mengenai tarif, pastikan Anda juga memasang tarif rata-rata yang ada di daerah Anda membuka usaha. Jangan sampai Anda mematok harga yang terlalu mahal.

Akan lebih baik jika Anda memberikan tarif lebih murah dengan layanan yang memuaskan agar bisa menarik para pelanggan.

4. Menarik Perhatian

Karena usaha laundry yang Anda punya termasuk usaha baru, jadi Anda harus bisa memberikan hal yang bisa menarik perhatian para calon pelanggan.

Misalnya pemberikan diskon untuk berapa kali cuci. Bisa juga dengan memberikan hadiah gratis mencuci berapa kali karena sudah jadi pelanggan tetap.

5. Belajar dengan Ahli (Mencari Guru)

Sebaiknya, sebelum melangkah anda harus berkonsultasi dengan ahli yang telah lebih dulu memulai bisnis ini.

Belajar kisah sukses atua pilunya, sehingga anda bisa mengantisipasinya dengan lebih baik.

Jangan terburu-terburu membeli mesin, tanya lah pada ahli merek mesin apa yang bagus untuk bisnis ini.

6. Harga Yang Kompetitif

Untuk bersaing harga bukan berarti anda menjual jasa dengan harga dibawah pasaran.

Menurunkan harga bukan lah persaingan bisnis yang bagus, tetap lah mamatok harga yang pantas dan tidak menjatuhkan bisnis orang lain.

Alternatif tips ini adalah dengan memberikan bonus namun tanpa mengurangi harga.

7. Managemen Keuangan yang Baik

Memisahkan uang bisnis dengan uang pribadi menjadi tips agar bisa sukses bisnis.

Mengapa?

Karena dengan memisahkan uang bisa menganalisis usaha dari segi keuangan, sehingga bisa menentukan apa langkah selanjutnya.

Anda bisa menentukan kapan waktu untuk membeli mesin baru, menambah karyawan, memperbesar scope usaha juga bisa dilihat jika manajemen keuangan anda baik.

8. Tempat Yang Bersih Dan Higenis

Terakhir, tempat yang nyaman dan bersih menambah nilai tambah untuk bisnis anda.

Jika tempat anda bersih, maka pelanggan anda akan percaya bahwa hasil cucian anda juga bersih.

Perhitungan Keuntungan Bisnis Laundry Kiloan per Bulan

Perkiraan jika adalah satu hari paling tidak ada 100kg pakaian loundy maka.

PENDAPATAN
100kg@Rp. 4.000 x 25 hari10.000.000
PENGELUARAN
Detergen Cair 5 liter@Rp. 40.000 x 280.000
Plastik Packing@Rp. 45.000 x 290.000
Bayar Air100.000
Bayar listrik500.000
Gaji karyawan2.000.000
Perawatan mesin500.000
TOTAL PENGELUARAN3.270.000
KEUNTUNGAN / LABA PER BULAN
PENDAPATAN - PENGELUARAN
10.000.000 - 3.270.000 = 6.730.000

Maka, keuntungan perbulan bisnis usaha laundry adalah Rp. 6.730.000.

Perlu diketahui, perhitungan ini adalah ketika bisnis anda sudah berjalan dengan normal tanpa ada halangan yang berarti.

Perhitungan juga belum termasuk biaya sewa ruko (jika ngontrak).

Masalah yang Kerap Terjadi pada Bisnis Laundry

Jenis apa saja usaha yang Anda jalankan, tentu saja Anda akan mengalami beberapa kendala dan tidak bisa langsung mendapatkan kesuksesan seperti apa yang Anda inginkan.

Saat praktiknya, Anda juga akan mengalami kendala yang bisa menghambat kinerja usaha Anda tersebut, sama halnya dengan usaha loundry kiloan.

Karena bisnis loundry menggunakan alat elektronik, maka mesin cuci juga tidak seterusnya bisa bekerja dengan baik. Ada kalanya mesin cuci, setrika, atau pengering mengalami kerusakan.

Untuk itu Anda harus menyiapkan alat cadangan untuk mengatasi hal tersebut dan rutin merawat alat.

Menjalani usaha loundry tentu saja akan ada limbah air bekas cucian. Hal ini bisa jadi kendala Anda terutama jika lokasi usaha dekat pemukiman yang saluran pembuangan tidak besar.

Bahkan tidak jarang yang mengeluh karena limbah usaha Anda. Pastikan limbah tidak mengganggu masyarakat sekitar.

Di era modern seperti sekarang, bahkan sudah banyak orang yang punya mesin cuci. Bahkan kalangan menengah kebawah juga mampu membeli.

Oleh karena itu Anda sebagai pemula harus bisa menganalisis target pasar dan mencari kolasi strategis. Pastikan lokasi Anda membuka bisnis loundry kiloan strategis.

Penulis : Freelance

One thought on “Bisnis Laundry Kiloan Untuk Pemula Langsung Buka

  1. Pingback: 168+ Bisnis di Tahun 2020 Lengkap: Modal Kecil, Besar, dan Tanpa Modal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *